LATIHAN KAKI Tn M [31 Desember 1955] [57 tahun, 9 bulan, 28 hari] FLEKSI DAN EKSTENSI PERGELANGAN TANGAN 1.

Atur posisi lengan pasien dengan menjauhi sisi tubuh dan siku menekuk dengan lengan. 2. Pegang tangan pasien dengan satu tang dan tangan yang lain memegang pergelangan tangan pasien. 3. Tekuk tangan pasien ke depan sejauh mungkin.

PRONASI FLEKSI BAHU 1. Atur posisi tangan pasien disisi tubuhnya. 2. Letakkan satu tangan perawat di atas siku pasien dan pegang tangan pasien dengan tangan lainnya. 3. Angkat lengan pasien pada posisi semula.

FLEKSI DAN EKSTENSI SIKU 1. Atur posisi lengan pasien dengan menjauhi sisi tubuh dengan telapak mengarah ke tubuhnya. 2. Letakkan tangan di atas siku pasien dan pegang tangannya mendekat bahu. 3. Lakukan dan kembalikan ke posisi sebelumnya.

ABDUKSI DAN ADDUKSI BAHU 1. Atur posisi lengan pasien di samping badannya. 2. Letakkan satu tangan di atas siku pasien dan pegang tangan pasien dengan tangan lainnya. 3. Gerakkan lengan pasien menjauh dari tubuhnya kearah kita (Abduksi). 4. Gerakkan lengan pasien mendekati tubuhnya (Adduksi) 5. Kembalikan ke posisi semula.

PRONASI DAN SUPINASI LENGAN BAWAH 1. Atur posisi lengan bawah menjauhi tubuh pasien dengan siku menekuk. 2. Letakkan satu tangan pada pergelangan pasien dan pegang tangan pasien dengan tangan lainnya. 3. Putar lengan bawah pasien sehingga telapaknya menjauhinya. 4. Kembalikan ke posisi semula. 5. Putar lengan bawah pasien sehingga telapak tangannya menghadap ke arahnya. 6. Kembalikan ke posisi semula.

ROTASI BAHU 1. Atur posisi lengan pasien menjauhi tubuh dengan siku menekuk. 2. Letakkan satu tangan di lengan atas pasien dekat siku dan pegang tangan pasien dengan tangan yang lain. 3. Gerakkan lengan bawah ke bawah sampai menyentuh tempat tidur, telapak tangan menghadap ke bawah. 4. Kembalikan posisi lengan ke posisi semula. 5. Gerakkan lengan bawah ke belakang sampai menyentuh tempat tidur, telapak tangan menghadap ke atas. 6. Kembalikan lengan ke posisi semula.

Kembalikan ke posisi semula 4. Kembalikan ke posisi semula. Kembalikan ke posisi semula. ABDUKSI DAN ADDUKSI PANGKAL PAHA. di atas lutut. . 3. Letakkan satu tangan kita di bawah lutut dan satu tangan pada tumit. Lanjutkan menekuk lutut ke arah dada sejauh mungkin. gerakkan kaki menjauhi badan pasien. 4. 2. Putar kaki keluar sehingga bagian telapak kaki menjauhi kaki yang lain. Kembalikan ke posisi semula. FLEKSI DAN EKSTENSI LUTUT. 4. Jaga posisi kaki lurus. Kembalikan ke posisi semula. Ke bawahkan kaki dan luruskan lutut dengan mengangkat kaki ke atas. 2. 5. 2. tekuk pada lutut dan pangkal paha. Angkat kaki. Letakkan satu tangan di bawah lutut dan pegang tumit dengan tangan yang lain. 3.FLEKSI DAN EKSTENSI JARI-JARI 1. 2. Pegang separuh bagian atas kaki dengan satu jari dan pegang pergelangan kaki dengan tangan satunya. 4. Gerakkan kaki mendekati badan pasien. Kembali ke posisi semula. 4. Letakkan satu tangan pada pergelangan kaki dan satu tangan yang lain 2. 1. angkat kaki kurang lebih 8 cm dari tempat tidur. Putar kaki ke arah arah kita. INFERSI DAN EFERSI KAKI 1. ROTASI PANGKAL PAHA 1. sementara tangan lain memegang kaki. 5. Putar kaki ke dalam sehingga telapak kaki menghadap ke kaki lainnya. 3. 3. Luruskan jari-jari kemudian dorong ke belakang. 5. 1. Pegang jari-jari kaki dengan satu tangan. Bengkokkan (tekuk) jari-jari kaki ke bawah 3. 5. Putar kaki menjauhi arah kita.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful