Nama : Hanifah Nur Syafitri NIM : M0213040 Judul Jurnal

:

Kajian Fenomena Resonansi Gelombang pada Beberapa Alat Musik dan Animasinya dalam Ponsel Menggunakan Flashlite
Latar Belakang : Fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang menarik untuk dipelajari. Salah satu cabang ilmu yang mempelajari hal ini adalah fisika. Metode pembelajaran untuk menjelasan fenomena fisika terutama yang masih dianggap abstrak atau sulit oleh siswa dapat dilakukan secara virtual dengan bantuan perangkat multimedia seperti komputer dan telepon selular (ponsel). ponsel tidak hanya sebagai alat komunikasi saja, tetapi telah berkembang menjadi alat untuk mencari informasi baik secara offline maupun online : Pembuatan aplikasi modul belajar dengan materi tentang resonansi gelombang pada beberapa alat musik. :  Metodologi penggunaan ponsel untuk pengaplikasian Resonansi : Ada 4 bagian utama yaitu:

Tujuan

Metodologi

1. Bagian awal dan petunjuk
Terdiri dari cover atau halaman muka, tujuan yang ingin dicapai, dan halaman menu yang berisi tombol-tombol pengarah menuju ke bagian yang diinginkan halaman petunjuk, materi, dan bagian test atau kuis. 2. Bagian Materi Materi yang diberikan terdiri dari 4 bagian yaitu Bunyi sebagai gelombang mekanik, resonansi gelombang, resonansi pada gitar, dan resonansi gelombang, resonansi pada gitar, dan bergerak dan beberapa juga disertai efek suara untuk mendukung penjelasan yang diberikan. 3. Bagian Test Test dibuat sebanyak 10 soal berbentuk pilihan ganda dengan 4 pilihan. Skor akan ditampilkan dibagian akhir tes  Metodologi penulis mengkajian produk tersebut dengan

: Aplikasi modul resonansi gelombang pada alat musik ini tidak dapat dijalankan pada semua jenis ponsel namun terbatas hanya pada jenis ponsel smartphone dan jenis ponsel yang mensupport flashlite dan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS4 Dari hasil kuisioner yang diberikan. yang dalam hal ini salah satu aplikasinya adalah modul pembelajaran tentang resonansi gelombang. Modul juga didukung dengan adanya animasi yang menarik serta penjelasan yang mudah difahami. kritik dan saran siswa. Aplikasi ini dapat dijalankan pada ponsel jenis smartphone yang mendukung flashlite dan diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu media sumber belajar bagi siswa. Selain itu materinya juga terdapat dalam kurikulum pembelajaran yang diajarkan di sekolah. sehingga melalui beberapa tampilan animasi yang diberikan dapat memberikan gambaran secara fisis tentang gelombang dan peristiwa resonansi. Adanya aplikasi pembelajaran dalam ponsel seperti modul pembelajaran tentang resonansi gelombang dianggap dapat membantu siswa dalam belajar karena materi tersebut masih dianggap abstrak oleh sebagian besar siswa. sebagaimana ditampilkan dalam dapat digambarkan bahwa sebagian besar siswa tidak tahu bahwa ponsel dapat digunakan sebagai media belajar dengan memasang suatu aplikasi pembelajaran. Masih banyak siswa yang baru mengetahui bahwa ponsel dapat dijadikan sebagai sumber belajar sehingga aplikasi semacam ini perlu dikembangkan khususnya untuk mempelajari resonansi.Hasil dan pembahasan Kesimpulan memberikan kuisioner terhadap siswa Mekanisme pengambilan data kuisioner adalah dengan mengkondisikan siswa dalam beberapa kelompok kemudian tiap kelompok diperlihatkan aplikasi melalui ponsel dan mencobanya. Dengan demikian aplikasi semacam ini merupakan sebuah terobosan baru dalam pengembangan media pembelajaran. : Adobe Flash CS4 dapat digunakan untuk membuat aplikasi tentang resonansi gelombang dalam beberapa alat musik yang ditampilkan dalam bentuk modul belajar dan di dalamnya terdapat animasi. mereka mengharapkan aplikasi pembelajaran semacam ini dapat dikembangkan dan ditambah lagi jenisnya untuk materi yang lain serta dapat dipasang pada ponsel jenis lain. Hal tersebut dapat dilihat bahwa prosentase responden yang baru mengetahui bahwa ponsel dapat dipasang aplikasi pembelajaran sangatlah besar. Dari komentar. Pengoperasian aplikasi modul pembelajaran tentang resonansi gelombang juga relatif mudah dipelajari dan mudah pula digunakan oleh siswa. .