A.

Penggertian mangrajul huruf Kata makharijul huruf berasal dari bahasa Arab, yang terdiri dari dua kata, yaitu sebagai berikut :

1. Makharij(‫)مخارج‬ Kata ini adalah jama’ dari kata makhraj(‫)مخرج‬yang berarti tempat keluar

2. Al-Huruf (‫)الحروف‬ Kata ini adalah a!a" dari al-harfu yang berarti huruf#$adi !enurut bahasa yang di!aksud dengan !akhari ul huruf itu ialah te!%at&te!%at keluarnya huruf# 'edangkan !enurut istilah dala! il!u ta (id, yang di!aksud dengan !akhari ul huruf yaitu te!%at&te!%at atau letak keluarnya huruf&huruf hi aiyah ketika !e!bunyikannya#'ebagai se)rang !usli!, !e!%ela ari il!u tentang !akhari ul huruf ini sangatlah %enting# *engan !e!%ela ari il!u ini, akan da%at !e!bunyikan huruf&huruf Arab dengan te%at sesuai dengan te!%at keluarnya +makhraj-nya), sehingga dapat membaca al-Quran dengan fasih dan benar. Hal ini karena al-Quran diturunkan dalam bahasa Arab. empat bunyi suatu huruf itu keluar, dapat kita ketahui dengan cara mematikan atau mensukunkan huruf tersebut yang sebelumnya didahului dengan huruf hidup.!"nt"h # untuk mengetahui makhraj $kaf (,-., !aka huruf /kaf. tersebut disukun 0 di!atikan dengan didahului huruf hidu%#

merupakan satu kata yang sangat pantas penulis ucakan kepada Allah & '. yang karena bimbingannyalah maka penulis bisa menyelesaikan sebuah karya tulis (akalah ini dibuat dengan berbagai "bser)asi dalam jangka *aktu tertentu sehingga menghasilkan karya yang bisa dipertanggungja*abkan hasilnya. &aya menyadari bah*a masih sangat banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. &aya mengucapkan terimakasih kepada pihak terkait yang telah membantu saya dalam menghadapi berbagai tantangan dalam penyusunan makalah ini. deaember -.misbahul akbar .% Kata pengantar &yukur alhamdulillah. dan sem"ga makalah ini bisa memberikan sumbangsih p"sitif bagi kita semua matang glumpangdua . +leh karna itu saya mengundang pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini. erima kasih.%/ 0enulis m.

1.(enjelaskan hukum bacaan Al-2uran sesuai dengan makrajul huruf &egala puji bagi Allah. pada hari itu bumi menceritakan beritanya 3 . uhan semesta alam karena sesungguhnya uhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya .

a. (aksudnya tempat pengertian dari makh"rijul huruf adalah tempat 5tempat keluar huruf Hijaiyah. empat-tempat keluar Huruf Hijaiyah ada 6 tempat. d. 0engertian (akharajul Huruf (akhr"j artinya tempat keluar. yaitu# 7ubang tengg"r"kan dan mulut (Al-8aufu) engg"r"kan (Al-Hal2i) (ulut (Al-7isan) 9ua bibir (Asy-&yafataini) 0angkal hidung (Al-Kh"isum) - . e. dalam hal ini dikenal dengan istilah makh"rijul huruf maupun shifatul huruf. -.A.(akhrajul huruf Apabila kita membaca huruf hijaiyah hendaklah kita memperhatikan masalah yang sangat penting yaitu pengucapannya. b. sebab bila salah dalam mengucapkan kata-kata bahasa Arab bisa mempengaruhi arti kata4kalimat yang dimaksudkan "leh kalimat tersebut. c. %. Agar bacaan kata4kalimat bahasa Arab kita sesuai dengan dimaksudkan tidak menyimpang artinya maka perlu kiranya kita mempelajari makh"rijul huruf berserta shifatul huruf.

....===..........3 (embaca A7-Qur’an 9engan (akrajul Huruf ?ang 1enar========.................==...9A: A....% (akrajul Huruf 9an 0eggertian (akrajul Huruf...====.... <&< Kata 0engantar======================...........=...6 .>ama->ama (akrajul Huruf==============... 0enggertian mangrajul huruf================......==/ (enjelaskan Hukum 1acaan Al-Qur’an &esuai 9engan (akrajul Huruf===..

C @ G F E D I H J K @ M L N O Q R U T S N W V Z Y X ] \B [ \ Q 3 6 Asy-&yafatani Al-Kh"isum 0angkal lidah dekat anak lidah dengan langit-langit yang lurus diatasnya b. Pjung lidah agak ke dalam sedikit h. &alah satu tepi lidah dengan gigi geraham atas e. 0angkal lidah dengan langitlangit yang lurus diatasnya agak keluar sedikit dari makhr"j Q"f c. Pjung lidah dengan r"ngga antar gigi atas dan gigi ba*ah dekat dengan gigi atas j. 7idah bagian depan setelah makhr"j 9h"d dengan gusi f. Pjung lidah dengan pangkal dua buah gigi yang atas i.1# 2a!a&2a!a 3akhra ul 4uruf 2) % / 2a!a&2a!a 3akhr) Al-8aufu Al-Hal2i Al-7isan 5e!%at 6eluar 7ubang mulut dan tengg"r"kan huruf panjang engg"r"kan ba*ah atas tengah dan 4uruf A -B . Pjung lidah dengan ujung dua buah gigi yang atas 1again tengah dengan bibir ba*ah dengan ujung du buah gigi yang atas dan ba*ah bersama-sama 0angkal lidah / . 7idah tengah dengan langitlangit yang lurus diatasnya d. Pjung lidah dengan gusi atas agak keluar sedikit dari tempat keluar huruf 7am g.

(embaca Al-Quran 9engan (akrajul Huruf ?ang 1enar 6 .!.