Page |1

Sistematika Penulisan Makalah Studi Kasus (Karya Ilmiah)
Perkembangan sistem pembelajaran dalam dunia pendidikan menuntut mahasiswa agar lebih aktif di dalam maupun di luar kelas. Penyusunan penulisan makalah diharapkan dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam memilah informasi, mengidentifikasi dan menganalisis suatu masalah. Proses tersebut kemudian disintesis dengan menuliskannya pada karya ilmiah. Salah satunya dalam bentuk makalah. Makalah adalah salah satu bentuk karya tulis ilmiah yang membahas suatu masalah berdasarkan penyelidikan, baik penelitian lapangan, tes laboratorium, maupun kajian pustaka. Makalah mempunyai aturan dalam penulisannya, karena yang akan ditulis itu adalah sebuah karya ilmiah, sehingga penulisannya pun harus menggunakan bahasa yang ilmiah. Sistematika penulisan makalah adalah salah satu hal yang sangat penting dan harus diperhatikan sebelum membuat makalah. Meskipun setiap bidang ilmu bisa dijabarkan dalam sebuah makalah, bukan berarti semua makalah itu dibuat seragam. Sistematika makalah yang sama itu hanya kerangkanya saja, dari segi isi dan cara penyampaiannya tidaklah sama. Makalah berfungsi untuk memberikan informasi penting terkait salah satu fenomena ilmu, memberikan uraian konsep dalam sebuah ilmu yang dibuat secara sistematis. Membuat makalah berarti memperjelas penyampaian teori, sehingga mahasiswa bisa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Melalui makalah, materi yang sifatnya teoritis diuraikan kembali berdasarkan kesesuaian yang ada antara teori dengan aspek praktisnya.

Fungsi Sistematika Penulisan Makalah
1. Sebagai pedoman bagaimana cara membuat makalah. 2. Membuat aturan penulisan dalam sebuah makalah, apa saja yang harus ada dan bagaimana membuatnya 3. Sistematika penulisan makalah memberikan acuan bagaimana menggunakan bahasa yang baik dan benar untuk sebuah karya ilmiah.

Sistematika Penulisan Makalah
COVER DEPAN KATA PENGANTAR DAFTAR ISI

Bahan Mata Kuliah : Dosen : Hafrizal Okta Ade Putra, SE. MM

Bahan Mata Kuliah : Dosen : Hafrizal Okta Ade Putra. 3. tetapi jangan libatkan alasan yang bersifat pribadi atau alasan subjektif.PENUTUP Bab ini terdiri atas : 1. Implikasi Berisi dampak yang mungkin timbul dari pembahasan. 4. 3. Masalah atau topik bahasan Berisi intisari topik yang ingin dibahas. 2. Latar belakang Berisi alasan mendasar pemilihan topik. Sistematika penulisan Berisi garis besar yaitu apa yang di tulis mulai dari pendahuluan. Seperti data yang berupa angka. atau deskripsi verbal yang dianggap sangat penting. BAB III . apa yang ingin dicapai dan deskripsi sasaran penulisan. 2.PEMBAHASAN Bab ini berisi penjelasan tentang topik dan sub topik dengan menyertakan data-data pendukung atau referensi. gunakan bahasa yang singkat dan jelas. Saran Berisi tentang rekomendasi atau tindak lanjut kepada pihak-pihak terkait. MM .PENDAHULUAN Bab ini terdiri atas : 1. sampai menutup. BAB II . Kesimpulan Berisi intisari dari hasil pembahasan dalam kalimat yang jelas. LAMPIRAN Berisi hal-hal yang bersifat pelengkap yang dipakai dalam proses penulisan makalah. grafik. dan juga dapat dituliskan dalam bentuk poin-poin. SE.Page |2 BAB I . isi. Tujuan penulisan Berisi maksud tulisan. Dapat berupa paparan teoritis maupun paparan praktis. DAFTAR PUSTAKA Berisi catatan semua sumber yang digunakan dalam menulis makalah.

SE. Bahan Mata Kuliah : Dosen : Hafrizal Okta Ade Putra.com/sistematika-penulisan-makalah. (http://www.htm.anneahira.Page |3  Anne Ahira. diakses 7 Maret 2012). “Sistematika Penulisan Makalah Sebagai Karya Tulis Ilmiah”. MM .

Related Interests