Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) SATUAN PENDIDIKAN MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER MATERI POKOK ALOKASI WAKTU : SMPN 3 Tarusan : Bahasa Inggris : VII/2 :Teks lisan dan tulis berupa sapaan pamitan serta responnya. : 3 x 40’

dan

A. TUJUAN PEMBELAJARAN: Siswa terampil dalam menggunakan ungkapan sapaan dan pamitan serta responnya dalam kehidupan siswa sehari-hari dengan menggunakan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya dengan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab. Sikap : siswa berprilaku santun dan peduli dalam menggunakan ungkapan sapaan dan pamitan serta responnya.. Pengetahuan: Siswa mengguna ungkapan sapaan dan pamitan serta responnya dalam kehidupan seharihari. Keterampilan: Siswa terampil mengkomunikasikan ungkapan sapaan dan pamitan dalam kehidupan siswa sehari-hari

B. KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR  KOMPETENSI DASAR: 1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar. 2.1 Berprilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadil dengan guru dan teman. 3.1 Memahami teks lisan berupa sapaan dan pamitan, serta responnyai. 4.1 Menyusun teks lisan untuk mengucapkan dan merespon sapaan dan pamitan dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.  INDIKATOR (pencapaian KD(KI 3 dan KI 4) 1. Siswa menggunakan struktur teks yang benar dengan percaya diri. 2. Siswa menggunakan ungkapan sapaan dengan santun

Good afternoon (2) Kata tanya How? (3) Ucapan. percakapan dll yang relevan F. Siswa menyelesaikan semua penugasan tepat waktu dengan percaya diri dan penuh tanggungjawab 4. menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas. (1) Ungkapan sapaan ( Hello/Hi. ejaan.Good morning. MEDIA PEMBELAJARAN: Gambar. MATERI PEMBELAJARAN Fungsi sosial: Mengenal ungkapan sapaan. menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN Pendahuluan a. tekanan kata. Siswa menggunakan unsur kebahasaan dalam menanyakan dan menyatakan ungkapan sapaan dengan tepat. D. Siswa terampil menanyakan dan menyatakan ungkapan sapaan C. mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang sudah dipelajari dan terkait dengan materi yang akan dipelajari. Struktur teks: . d. mengantarkan peserta didik kepada suatu permasalahan atau tugas yang akan dilakukan untuk mempelajari suatu materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai. dan tulisan tangan. METODE PEMBELAJARAN:  Discovery learning  Project based learning E. b. c. . SUMBER BELAJAR Kurikulum 2013 dan buku teks yang relevan G.3.Ciri – cirinya termasuk apa yang ada didalamnya  Hello/Hi.Benda yang ditampilkankan .  Good morning !  How are you ? Unsur kebahasaan: . 5. intonasi.

siswa mempertany akan antara lain perbedaan antara penyebutan dan pertanyaan sapaan di pagi hari dan malam hari . Guru memancing siswa untuk bertanya   What are they doing? When do dialogue happen? Mengeksplorasi  Siswa berusaha memainkan peran tentang unkapan sapaan  Guru memancing siswa untuk mengungkapkan sapaan. GURU  Guru memberikan model ungkapan sapaan Guru memberikan sebuah percakapan singkat sederhana Siswa mengulangi ucapan guru Mempertanyakan  Dengan bimbingan dan arahan guru.Pertemuan 1 (2 x 40’) SISWA Mengamati  Siswa meperhatika ungkapan sapaan. .

menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.thank you. d. di dalam dan di luar kelas.  Memberikan beberapa contoh penggunaan is. are’ .    Hello Tom…. melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. b. dan e. memberikan tugas. Etc Mengasosiasi  Siswa membandingkan ungkapan menyebutkan dan menanyakan ungkapan pagi dan malam. Mengomunikasikan  Siswa mempraktekan ungkapan sapaan dengan bahasa Inggris. dalam bahasa Inggris dengan ungkapan keharusan dalam bahasa ibu atau bahasa Indonesia. baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.  Memberi tugas dalam bentuk proyek yaitu mempraktekan dialogue di rumah.  Siswa membandingkan antara ungkapan menyebutkan dan menanyakan ungkapan sapaan. c. Penutup : a. How are you ? Fine. Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.

.

. mengeksplorasi.Nama Kegiatan Tanggal Pelaksanaan Nama NIS Format Penilaian Individu : ____________________________________________ : ____________________________________________ : ____________________________________________ : ____________________________________________ NO ASPEK YANG DI NILAI KNOWLEDGE Kosa kata (vocabulary 1 Kelancaran (fluency) 2 Ketelitian (accuracy) 3 Pengucapan (pronunciation) 4 Intonasi (intonation) 5 Pemahaman (understanding 6 Pilihan kata (diction) 7 Attitude Rasa hormat (respect 1 Jujur (honest) 2 Peduli (care) 3 Berani (brave) 4 Percaya diri (confidence) 5 Berkomunikasi baik (communicative) 6 Peduli sosial (social awareness) 7 Ingin tahu (curiosity ) 8 Action 1 2 Total Rata-Rata Kerja sama (team work) Melakukan tindak komunikasi (communicative action) NILAI Penilaian proses dimulai sejak aktivitas mengamati. mengasosiasi serta mengkomunikasikan mempertanyakan.

pd Rosa Oktaviana .FORMAT PENILAIAN KELAS NAMA KEGIATAN TANGGAL PELAKSANAAN KELAS : : : NO NAMA 1 2 3 Rata-Rata ASPEK YANG DI NILAI 1 2 3 TOTAL 4 5 Mengetahui : Kepala SMPN 3 Tarusan Tarusan Agustus 2013 Guru Mata Pelajaran Siska Wati S.