PEMBAHASAN PRAKTIKUM IRIGASI DAN DRAINASE 2013

ACARA 1 1. 2. 3. 4. 5. Apa yang dimaksud air irigasi? Jelaskan kriteria air irigasi yang baik! Jelaskan Foto alat, cara kerja, fungsi, satuan! Sebut dan jelaskan kriteria air yang baik berdasarkan sifat biologi, kimia, dan fisika! Bahas hasil pengamatan dan bandingkan dengan literatur!

ACARA 2 1. 2. 3. 4. Jelaskan fase-fase pertumbuhan tanaman padi dan kebutuhan air masing-masing fase! Jelaskan fungsi mengetahui kebutuhan air bagi tanaman! Sebut dan jelaskan metode penggenangan air pada lahan sawah! Sebut dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan air di suatu areal tanaman! 5. Sebut dan jelaskan cara pemberian air pada tanaman padi! 6. Bahas hasil pengamatan dan bandingkan dengan literatur! ACARA 3 1. 2. 3. 4. 5. Apa yang dimaksud dengan debit air? Jelaskan manfaat pengukuran debit air! Sebut dan jelaskan metode-metode pengukuran debit air! Sebut dan jelaskan macam penampang saluran irigasi! Sebut dan jelaskan macam-macam sekat ukur dan sekat ukur mana yang paling banyak digunakan di Indonesia, jelaskan! 6. Bahas hasil pengamatan dan bandingkan dengan literatur! ACARA 4 1. Apa yang dimaksud kapasitas lapang menurut literatur dan manfaat mengetahui kapasitas lapang! 2. Jelaskan yang dimaksud dengan: a. Titik layu permanen b. Air kapiler c. Air tersedia d. Kadar air tanah e. Air higroskopis 3. Jelaskan apa yang akan terjadi pada tanaman apabila jumlah air yang tersedia pada tanah: a. Berlebih b. Sedikit 4. Sebut dan jelaskan macam-macam lengas tanah

transpirasi. Jelaskan manfaat air bagi tanaman! Jelaskan pengertian kebutuhan air menurut jenisnya! Apa yang dimaksud dengan evaporasi. dan evapotranspirasi Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya evaporasi. 5. 4. transpirasi dan evapotranspirasi? Jelaskan proses terjadinya evaporasi. 2. Jelaskan perbedaan evaporasi dan transpirasi! 7. 3. transpirasi. Bahas hasil pengamatan! . dan evapotranspirasi! 6.5. Bahas hasil praktikum dan bandingkan dengan literatur! ACARA 5 1.

FORMAT COVER LAPORAN LAPORAN PRAKTIKUM IRIGASI DAN DRAINASE (AGT) ACARA I KUALITAS AIR Oleh : Nama NIM Rombongan Kelompok : : : : KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN FAKULTAS PERTANIAN PURWOKERTO 2013 .

3.FORMAT LAPORAN I. Pembahasan Simpulan dan Saran A. Latar Belakang B. III. . IV. Laporan ditulis tangan dikertas folio bergaris Tiap bab ditulis pada lembar terpisah Penulisan laporan tidak boleh bolak-balik Penomoran. Halaman Cover Pendahuluan A. 4. pengutipan dan daftar pustaka disesuaikan dengan petunjuk penulisan PKL dan skripsi. Tujuan Tinjauan Pustaka (min. NB: 1. Alat dan Bahan (paragraph) B. Saran Daftar Pustaka (min 4 dari jurnal dan buku/diutamakan sumber dari jurnal) Lampiran (biodata dan lembar acc-an) II. 2. Prosedur Kerja (poin pasif) Hasil dan Pembahasan A. 1 hlm) Metode Praktikum A. V. Hasil Pengamatan (ditulis kembali dari acc-an) B. Simpulan (mengikuti tujuan praktikum) B.

Related Interests