FARMASI

UNIT PELAYANAN OBAT GUDANG OBAT

SRI HIDAYANI SSI, APT

PENUNJANG KESEHATAN OBAT-OBATAN ALAT KESEHATAN MEDIS NON-MEDIS .

       Sistem perencanaan Permintaan o Sistem perencanaan Penerimaan o Standarisasi peralatan teknis Penyimpanan puskesmas Distribusi Pengendalian penggunaan Pencatatan dan pelaporan .

Perkiraan jenis dan jumlah obat dan perbekalan kesehatan yang mendekati kebutuhan 2.Tujuan: untuk perencanaan 1. Meningkatkan penggunaan obat secara rasional 3. Meningkatkan efisiensi penggunaan obat .

Tujuan: memenuhi kebutuhan obat di masingmasing unit pelayanan kesehatan sesuai dengan pola penyakit di wilayah kerjanya. .

.

 tujuan: agar obat yang diterima sesuai dengan kebutuhan berdasarkan permintaan yang diajukan oleh puskesmas. .

-tumpukkan dus sebaiknya harus sesuai dengan petunjuk. Pengaturan penyimpanan obat: -obat disusun secara alfabetis -obat dirotasi dengan system FIFO dan FEFO -obat disimpan pada rak -Obat disimpan pada lantai harus diletakkan di atas palet.Tujuan: agar obat yang tersedia di unit pelayanan kesehatan mutunya dapat dipertahankan. -cairan dipisahkan dari padatan. vaksin suppositoria disimpan dalam lemari pendingin. -sera. • .

Tujuan: memenuhi kebutuhan obat sub unit pelayanan kesehatan yang ada diwilayah kerja puskesmas dengan jenis mutu jumlah dan tepat waktu. . Penyaluran/distribusi adalah kegiatan pengeluaran dan penyerahan obat secara merata dan teratur untuk memenuhi kebutuhan sub-sub unit pelayanan kesehatan.

Pengendalian obat terdiri dari:  Pengendalian persediaan  Pengendalian penggunaan  Penanganan obat hilang .Tujuan: Agar tidak terjadi kelebihan dan kekosongan obat di unit pelayanan kesehatan dasar.

Tujuan: • Bukti bahwa suatu kegiatan yang telah dilakukan. • Sumber data untuk melakukan pengaturan dan pengendalian. . • Sumber data untuk pembuatan laporan. Sarana pencatatan dan pelaporan: Sarana yang digunakan untuk pencatatan dan pelaporan obat di Puskesmas adalah LPLPO dan kartu stok.