RENCANA KERJA DAN SYARAT

CV. LAJUNA CONSULTANT

BAB XII PEKERJAAN KUNCI DAN PENGANTUNG

Pasal 1

: Ruang Lingkup Pekerjaan Kunci dan Pengantung ini meliputi semua pekerjaan pintu, jendela dan ventilasi yang dapat dibuka dan ditutup.

Pasal 2

: Kunci Dan Pengantung 1. Kunci, Engsel, Pegangan, Grendel dan Hak Angin adalah sesuai dengan yang disyaratkan dalam Spesifikasi Teknis Pekerjaan Kozen Aluminium. 2. Jika tidak ditentukan dengan jelas dalam Spesifikasi Teknis Pekerjaan Kozen Aluminium, Gambar Bestek, dan BQ maka Kunci, Engsel, Pegangan, Grendel dan Hak Angin adalah dari jenis seperti disebutkan dibawah ini : a. b. c. d. e. f. g. h. i. j. k. Pintu Aluminium Buka Dua Pintu Aluminium Buka Satu Pintu Kayu Buka Dua Kunci Tanam Pintu Kayu Engsel Pintu Kupu2 Engsel Jendela Kupu2 Hak Angin Jendela Pegangan Jendela Pegangan Pintu Buka Dua Pegangan Pintu Buka Satu Grendel Jendela : : : : : : : : : : : Tanam, Bahan Stainless Steel Tanam, Bahan Stainless Steel 2xPutar, Bahan Stainless Steel Bahan Stainless Steel Uk. 4” Bahan Stainless Steel Uk. 3” Bahan Stainless Steel Bahan Stainless Steel Bahan Stainless Steel Bahan Stainless Steel Bahan Stainless Steel Type Kodok, Stainless Steel

1
SPESIFIKASI TEKNIS – Lanjutan Pembangunan Pengembangan dan Perluasan Laboratorium Mikrobiologi, Terapeutik dan Pangan

RENCANA KERJA DAN SYARAT

CV. LAJUNA CONSULTANT

2. Material atau bahan Stainless Steel adalah material atau bahan yang tidak berkarat serta tidak bisa berinteraksi dengan Medan Magnet. 3. Kontraktor Pelaksana harus mengajukan brosur dan cara pemasangan minimal dari dua merk yang berbeda kepada Konsultan PENGAWAS untuk disetujui. 4. Kunci dan pegantung pintu dan jendela harus dipasang menurut aturan pemasangan yang diajurkan oleh pabrik pembuat yang tercantum pada brosur yang diajukan oleh Kontraktor Pelaksana. 5. Kunci 1 X putar dan 2 x putar untuk pintu aluminium dan panel kayu dipasang dengan ketinggian 100 cm dari permukaan lantai atau sesuai Gambar Bestek. 6. Pegangan pintu dipasang dengan ketinggian 110 cm dari permukaan lantai atau 10 cm diatas posisi pemasangan kunci. 7. Engsel pintu harus dipasang minimal 3 engsel untuk satu daun pintu dengan jarak pemasangan engsel pertama setinggi 40 cm dari muka lantai dan jarak pemasangan engsel ke tiga sejarak 40 cm turun dari permukaan kozen teratas sedangkan engsel kedua adalah pada posisi pertengahan antara engsel pertama dan ketiga. 8. Grendel jendela harus dipasang minimal 2 grendel untuk satu daun jendela serta ventilasi. Grendel dipasang pada rangka jendela dan ventilasi bagian bawah. 9. Pengangan jendela dipasang pada posisi tengah dari rangka daun jendela yaitu di rangka bagian bawah jendela diantara dua grendel. 1. Alat Pemegang dan Pengunci a. Kunci dan Pegangan Pintu • Umum Kunci untuk semua pintu keluar dan dalam (kecuali pintu kaca dan pintu KM/WC) harus sama atau setara dengan merek Griff, Wilka atau Dexxon.

2
SPESIFIKASI TEKNIS – Lanjutan Pembangunan Pengembangan dan Perluasan Laboratorium Mikrobiologi, Terapeutik dan Pangan

RENCANA KERJA DAN SYARAT

CV. LAJUNA CONSULTANT

Semua kunci harus terdiri dari: Kunci tipe silinder yang terbuat dari bahan kuningan, dengan 3 (tiga) buah anak kunci. Hendel/pegangan bentuk gagang, kenop atau tarik (pull) diatas pelat atau rose yang terbuat dari bahan alumunium, kecuali bila ditentukan lain dalam Gambar Kerja. Badan kunci tipe tanam (mortice lock) yang terbuat dari bahan baja lapis dengan jenis dan ukuran yang disesuaikan dengan jenis bahan daun pintu (besi, kayu alumunium), yang dilengkapi dengan lidah siang (latch bolt), lidah malam (dead bolt), lubang silinder, face plate, lubang untuk pegangan pintu dan dilengkapi strike plate.

-

Kunci dan Pegangan Pintu Kaca Kunci tipe silinder yang terbuat dari bahan kuningan, dengan 3 (tiga) buah anak kunci harus sesuai atau setara dengan buatan Griff, Wilka atau Dexxon dan dari tipe yang direkomendasikan untuk pintu kaca dengan patch lock fitting. Alat pemegang terdiri dari: -

Patch Fitting untuk bagian atas Patch Fitting untuk bagian bawah
Semuanya buatan Griff, Wilka atau Dexxon yang disetujui Konsultan Manajemen Konstruksi (PENGAWAS).

Patch Lock untuk rumah kunci

-

Pegangan pintu harus sesuai atau setara dengan buatan Griff, Wilka atau Dexxon kecuali bila ditentukan lain dalam Gambar Kerja.

Kunci dan Pegangan Pintu WC Kunci KM/WC harus sesuai atau setara dengan merek Griff, Wilka atau Dexxon, dan terdiri dari :

3
SPESIFIKASI TEKNIS – Lanjutan Pembangunan Pengembangan dan Perluasan Laboratorium Mikrobiologi, Terapeutik dan Pangan

RENCANA KERJA DAN SYARAT

CV. LAJUNA CONSULTANT

-

Selot pengunci di atas pelat di bagian atas pelat di bagian sisi dalam pintu, dengan indikator merah/putih di bagian sisi luar pintu. Hendel bentuk gagang di atas pelat. Badan kunci yang dilengkapi lidah pengunci (latch bolt), lubang untuk selot pengunci dan hendel, face plate dan strike plate.

-

b. Engsel Kecuali ditentukan lain, engsel untuk pintu kayu dan alumunium tipe ayun dengan bukaan satu arah, harus dari tipe kupu-kupu berukuran 102 mm x 76 mm x 2mm, dengan tipe yang disesuaikan dengan berat setiap daun pintu, semuanya buatan Griff, Wilka atau Dexxon. Kecuali ditentukan lain, engsel untuk pintu baja tipe ayun dengan bukaan satu arah harus sesuai atau setara dengan Griff, Wilka atau dexxon, atau sesuai standar pabrik pembuat pintu baja. Kecuali ditentukan lain, engsel untuk semua jendela harus dari tipe friction stay, dari Griff, Wilka atau Dexxon, dari ukuran yang sesuai dengan ukuran dan berat jendela. Engsel atas pintu kaca tahan panas (tempered glass) harus berupa pin yang bersatu dengan pemegang panel kaca seperti disebutkan dalam butir 4.2.1. dalam Spesifikasi Teknis ini. c. Hak angin / Friction Stay Hak angin untuk jendela yang menggunakan engsel tipe kupukupu harus dari Griff, Wilka atau Dexxon yang disetujui oleh konsultan Manajemen Konstruksi (PENGAWAS). d. Pengunci Jendela Pengunci jendela untuk jendela dengan engsel tipe friction stay harus jenis spring knib dari Griff, Wilka atau Dexxon. e. Gerendel Tanam Semua pintu ganda harus dilengkapi dengan gerendel tanam yang sesuai atau setara dari Griff, Wilka atau Dexxon.

4
SPESIFIKASI TEKNIS – Lanjutan Pembangunan Pengembangan dan Perluasan Laboratorium Mikrobiologi, Terapeutik dan Pangan

RENCANA KERJA DAN SYARAT

CV. LAJUNA CONSULTANT

f. Gembok Gembok harus yang setara dalam warna solid brass untuk pintu-pintu pelayanan atau sesuai petunjuk dalam Gambar Kerja, kecuali bila di tentukan lain. g. Door Closer dan Foor Hinges • Kecuali ditentukan lain, semua pintu pada ruang-ruang tertentu harus dilengkapi hold open arm, seperti merek Griff, Wilka atau Dexxon disesuaikan dengan berat daun pintu.

• •

Floor hinge merangkap door closer digunakan pada pintu
kaca yang dapat membuka ke 2 (dua) arah.

Floor hinge ini harus dilengkapi antara lain dengan pelat penutup.cover plate, tangkai bawah/bottom stop dan engsel atas/top hinges, seperti merek Griff, Wilka atau Dexxon.

h. Door Stop atau Penahan pintu Door Stop harus setara dalam warna solid brass untuk pintupintu pelayanan atau sesuai petunjuk dalam Gambar Kerja, kecuali bila di tentukan lain. i. Warna/Lapisan Semua alat pemegang dan pengunci harus berwarna polished stainless steel, kecuali ditentukan lain.

5
SPESIFIKASI TEKNIS – Lanjutan Pembangunan Pengembangan dan Perluasan Laboratorium Mikrobiologi, Terapeutik dan Pangan