You are on page 1of 35

HIPERTIROID DAN HIPOTIROID

Posted by: kyfi on: Maret 16, 2011
 

In: Uncategorized Comment!

I.Pengertian a. Hipertiroid - Pengeluaran hormone tiroid yang berlebihan diperkirakan terjadi akibat stimulasi abnormal kelenjar tiroid oleh immunoglobulin dalam darah - Hipertiroidi ialah sekresi hormone tiroid yang berlebihan, dimanifestasikan melalui peningkatan metabolisme.

b.Hipotiroidisme - Hipotiroidisme ialah sekresi tiroid yang tidak adekuat selama perkembangan janin dan neonatus yang nantinya akan menghambat pertumbuhan fisik dan mental (kretinisme), karena penekanan aktivitas metabolic tubuh secara umum.Pada orang dewasa hipotiroidisme memiliki gambaran klinik berupa letargi,proses berfikir yang lambat dan perlambatan fungsi yang menyeluruh - Keadaan yang ditandai dengan terjadinya hipofungsi tiroid yang berjalan lambat dan diikuti oleh tanda-tanda kegagalan tiroid.

II. Etiologi a. Hipertiroid Tiroiditis dan penggunaan hormone tiroid yang berlebihan

b. Hipotiroid Tiroiditis autoimun (tiroiditis Hashimoto), dimana system imun menyerang kelenjar tiroid.

Tipe 1. hipotiroidisme primer : atau tiroidal yang mengacu pada disfungsi kelenjar tiroid 2. Hipotiroidisme sentral : disfungsi tiroid disebabkan oleh kegagalan kelenjar hipofisis, hipotalamus 3. Hipotiroidisme sekunder / pituitaria : sepenuhnya oleh kelainan hipofisis 4. Hipotiroidisne tertier : kelainan hipotalamus yang mengakibatkan sekresi TSH tidah adekuat atau penurunan TRH

III. Patofisiologi 1. Hipotiroid

Kelainan hipotalamus defisiensi tiroid

Hipertiroidisme

ibu penderita

Tiroiditis autoimun

stimulasi TRH preparat antitiroid

Terapi pembedahan kelenjar tiroid

Sistem imun merangsang

Sekresi TSH tidak sekresi TSH adekuat

Hipotiroid

1. Hipertiroid

Penyakit Grave

Tiroiditis

Golter multinodular toksik

Tumor

Manifestasi Klinis 1. Hipertiroid .jamur. parasit autoimun tiroid Kadar TSH Inflamasi pada kelenjar tiroid masuk aliran darah hipertiroidisme IV.Merangsang aktivitas tiroid Bakteri.

2.disorientasi. Mungkin terjadi fibrilasi atrium dan dekompensasi jantung dalam bentuk gagal jantung kongestif. 6. 3. Hipotiroid Gejala dini hipotiroid tidak spesifik. Osteoporosis dan fraktur 10. 7. Gelisah (peka rangsang berlebihan dengan emosional). terutama pada pasien lansia. 8. tidak dapat duduk dengan tenang. 3. berakhir dengan pemulihan spontan dalam beberapa bulan atau tahun 11. dan perubahan fungsi usus (diare) 7.otot secara abnormal mudah letih. penurunan berat badan progresif. akhirnya gagal jantung 12. tekanan darah sistolik (bukan diastolic) meningkat. Kelelahan yang ekstrim Kerontokan rambut Kuku rapuh kulit kering rasa baal parestasia pada jari-jari tangan suara kasar atau parau gangguan haid (menoragia atau menorrhea) disamping hilangnya libido Pada hipotiroid berat mengakibatkan: . 2.amenore. nadi cepat dalam istirahat dan latihan. Pasien lansia mungkin mengeluhkan kulit kering gatal-gatal menyebar 4. mudah marah. namun terdapat tanda-tanda dan gejala yang meliputi: 1.1. menderita karena palpitasi. Gejala lain mencangkup peningkatan nafsu makan dan masukan diet.hangat dan lembab. delirium. 5. Gelisah dapat disebabkan oleh pemberian hormone tiroid yang berlebihan untuk mengobati hipertiroidisme 1. 9. kelemahan. 8. Mungkin menunjukkan eksoftalmus 6. kulit kemerahan dan mudah menjadi lunak. ketakutan. 4. sangat gelisah. Toleransi terhadap panas buruk dan banyak berkeringat. Kisaran nadi antara 90 dan 100 kali permenit. Penyekit dapat ringan dengan eksaserbasi dan remisi. Mungkin berkembang perilaku tidak mempunyai belas kasihan kelompok menyebabkan tubuh kurus. Mungkin teramati tremor halus tangan 5.

Meningkatkan kolesterol 2. 6. 5. 7. Pemeriksaan Penunjang a. Pada hipotiroidisme lanjut dapat menyebabkan dimensia disertai perubahan kognitif dan kepribadian yang khas. Hipertiroid Terjadi krisis tirotoksik (tyroid storm) b. suhu tubuh dan frekuensi nadi subnormal kenaikan berat badan kulit menjadi tebal rambut menipis dan rontok wajah tampak tanpa ekspresi dan mirip topeng rasa dingin meski lingkungan hangat apatis konstipasi kenaikan kadar kolesterol serum. penyakit jantung koroner. 3. V.Serta efusi pleura dan efusi pericardial. aterosklerosis. fungsi ventrikel kiri jelek. Koma miksedema menggambarkan stadium hipotiroidisme yang paling ekstrim dan berat.1. Hipertiroidisme | T4 Serum . 4. Hipotiroid 1.Respirasi dan apnea dapat terjadi. dimana pasien mengalami hipotermi dan tak sadarkan diri. Iskemia / infark miokard VI. 2. 9. Komplikasi a. 8.

5 hinnga 150 nmol/L) | T3 Serum Kadar T3 serum biasanya dalam keadaan normal-rendah.Kadar T4 serum merupakan tanda yang akurat untuk menunjukkan adanya hipertiroid. Hipotiroidisme | T4 Serum Penentuan T4 serum dengan tekhnik radio immunoassay pada hipotiroid ditemukan kadar T4 serum normal sampai rendah. | Tes TSH (Thyroid Stimulating Hormon) Pada hipertiroid ditemukan kenaikan kadar TSH serum | Tes TRH (Thyrotropin Releasing Hormon) Tes TRH akan sangat berguna bila Tes T3 dan T4 tidak dapat dianalisa.35).Normal T3 serum adalah 70-220 mg/dl (1.5 dan 11.10 nmol/L).15 hingga 3. ambilan T3 lebih besar dari 35% (meningkat).Pada hipertiroidisme akan ditemukan penurunan kadar TRH serum. | Tes T3 Ambilan Resin Pada hipertiroid.10 nmol/L) . | T3 Serum Kadar T3 serum biasanya meningkat.5 hingga 150 nmol/L).25 hingga 0. b.15 hingga 3.5 mg/dl (58.5 dan 11.Normal ambilan t3 ialah 25% hingga 35% (fraksi ambilan relative: 0.5 mg/dl (58.T4 serum normal antara 4.Ditemukan peningkatan T4 serum pada hipertiroid.Normal kadar T3 serum adalah 70 hingga 220 mg/dl (1. | Tiroslobulin Pemeriksaan Tiroslobulin melalui pemeriksaan radio immunoassay.Normal kadar T4 serum diantara 4.Kadar tiroslobulin meningkat pada hipertiroid.

Mungkin digunakan untuk mengontrol efek saraf simpatis yang terjadi pada hipertiroidisme.| Tes T3 Ambilan Resin Pada hipotiroidisme. dan intoleransi panas . Pengobatan yang paling umum digunakan adalah propitiourasil (propacil. takikardi. 4. Tujuan farmakoterapi untuk menghambat pelepasan atau sintetis hormone 2. Obat anti tiroid merupakan kontraindikasi pada kehamilan akhir. PTU). resiko untuk gondokkan dan kretinisme pada janin. atau metimazol (tapazole) 3. 2. diikuti dengan penghentian obatan secara bertyahap selama beberapa bulan. 1. VII. maka hasil tesnya kurang dari 25% (0. Farmakologi terapi dengan obat antihipertiroid. Iridasi termasuk pemberian I atau I untuk mendapatkan efek destruksi pada kelenjar tiroid 3. Hipertiroidisme Tidak ada pengobatan yang ditujukan untuk menghilangkan gejala penatalaksanaan bergantung pada etiologi hipertiroidisme. ansietas. 2. Agen Beta-Adrenergik 1. Penatalaksanaan a. tremor.25) | Tes TRH (Thyrotropin Releasing Hormon) Pada hipotiroid yang disebabkan oleh keadaan kelenjar tiroid maka akan ditemukan peningkatan kadar TSH serum. Propandol digunakan untuk kegelisahan. Tetapkan dosis rumatan. Pembedahan dengan pengangkatan sebagian besar kelenjar tiroid Farmakoterapi 1.

I diberikan untuk menghancurkan sel-sel tiroid yang overaktif . Hal-hal yang bisa dilakukan pada pasien dengan hipotiroid antara lain: | pemeliharaan fungsi vital | gas darah arteri | pemberian cairan dilakukan dengan hati-hati karena bahaya intoksikasi air.Radioaktif Iodin ( I) 1. dengan cara mengganti hormone yang hilang.Livotiroksin sintetik (Synthroid atau levothroid) merupakan preparat terpilih untuk pengobatan hipotiroidisme dan supresi penyakit goiter nontoksik. Hipotiroid Tujuan primer penatalalaksanaan hipotiroidisme ialah memulihkan metabolisme pasien kembali kepada keadaan metabolic normal.Dosis terapi penggantian hormonal berdasarkan pada konsentrasi TSH dalam serum pasien. | infus larutan glukosa pekat | terapi kortikosteroid . I merupakan kontraindikasi dalam kehamilan dan ibu menyusui karena radio iodine menembus plasenta dan sekresikan ke dalam ASI.Preparat tiroid yang dikeringkan jarang digunakan karena sering menyebabkan kenaikan sementara konsentrasi T3 dan kadang-kadang disertai dengan gejala hipertiroidisme. b. 2.

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Dengan Hipertiroidme .

Makanan / Cairan Gejala : kehilangan berat badan yang mendadak. Pengkajian a. c. sirkulasi kolaps. makan banyak. Aktivitas / istirahat Gejala : insomnia. d. murmur. diare. depresi. takikardia. dan muntah Tanda : pembesaran tiroid. sensitivitas meningkat.otot lemah. Intregitas Ego Gejala Tanda : mengalami stress yang berat baik emosional maupun fisik. mual. Tanda : atropi otot b. Kelelahan berat. nafsu makan meningkat.I.gangguan koordinasi. syok. nyeri dada (angina) : disritmia (vibrilasi atrium). kehausan. Eliminasi Gejala : urin dalam jumlah banyak. edema non – fitting PATOFISIOLOGI HIPOTIROID Filed Under: Endokrin — putri_rahza — 1 Comment . e. irama gallop. : emosi labil. peningkatan tekanan darah. Sirkulasi Gejala Tanda : palpitasi.

1. tiourasil. Jika tidak ada aktivitas yang signifikan dari kelenjar tiroid enam bulan setelah perawatan yodium ber-radioaktif. bersama dengan ukuran dan aktivitas dari kelenjar tiroid.2 Etiologi 1. 1. 2010 2. perkembangan. Ibu kurang mendapat bahan goitrogen (yodium. Pada daerah-daerah dari dunia dimana ada suatu kekurangan yodium dalam makanan. Sebab-sebab bawaan (kongenital) 1. Pengobatan yodium radio-aktif Pasien-pasien yang telah dirawat untuk suatu kondisi hipertiroid (seperti penyakit Graves) dan menerima yodium ber-radioaktif mungkin menimbulkan sedikit jaringan tiroid yang tidak berfungsi setelah perawatan. Hipotiroid yang sangat berat disebut miksedema. 2. Kemungkinan dari ini tergantung pada sejumlah faktor-faktor termasuk dosis yodium yang diberikan. dengan akibat terjadinya defisiensi hormon tiroid dalam darah. Akibatnya adalah hipotiroid. hipotiroid yang berat dapat terlihat pada 5% sampai 15% dari populasi. Hormon tiroid mempengaruhi pertumbuhan. Malfungsi hipotalamus dan hipofisis anterior Malfungsi hipotalamus dan hipofisis anterior akan menyebabkan rendahnya kadar TRH (Thyroid Stimulating Hormone) dan TSH (Thyrotropin Releasing Hormone).1 Definisi Hipotiroid (hiposekresi hormon tiroid) adalah status metabolik yang diakibatkan oleh kehilangan hormon tiroid. 1.2009) Hipotiroid adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada salah satu tingkat dari aksis hipotalamus-hipofisis-tiroid. ataupun gangguan respon jaringan terhadap hormon tiroid. (Baradero. Malfungsi kelenjar tiroid Kadar HT yang rendah akan disertai oleh peningkatan kadar TRH dan TSH karena tidak adanya umpan balik negatif oleh HT pada hipofisis anterior dan hipotalamus.August 29. dan banyak proses-proses sel. . hormon tiroid yang tidak memadai mempunyai konsekuensi-konsekuensi yang meluas untuk tubuh. dsb) Kekurangan yodium jangka panjang merupakan penyebab tersering dari hipotiroidisme di negara terbelakang. yang akan berdampak pada kadar HT (Hormon Tiroid) yang rendah. biasanya diperkirakan bahwa tioroid tidak akan berfungsi lagi secara memadai.

e. Hashimoto’s adalah suatu penyakit autoimun dimana sistim imun tubuh secara tidak memadai menyerang jaringan tiroid. 1. Terapi untuk kanker yang jarang dijumpai ini antara lain adalah tiroidektomi. Ketika peradangan disebabkan oleh suatu tipe tertentu dari sel darah putih yang dikenal sebagai suatu limfosit. yang mungkin berakibat pada tingkat-tingkat darah dari hormon tiroid yang rendah. Hashimoto’s Thyroiditis Penyebab yang paling umum dari hipotiroid di Amerika adalah suatu kondisi yang diwariskan/diturunkan yang disebut Hashimoto’s thyroiditis. lithium (Eskalith. Sebab-sebab yang didapat (acquired): 1. Tiroidektomi merupakan pengangkatan kelenjar tiroid sewaktu operasi. Induksi obat-obatan Obat-obatan yang digunakan untuk merawat suatu tiroid yang aktif berlebihan (hipertiroid) sebenarnya mungkin menyebabkan hipotiroid. Pada kasus-kasus ini. potassium iodide (SSKI. 1. Kondisi ini dinamakan menurut Dr. yang diikuti oleh suatu fase hipotiroid yang dapat berlangsung sampai enam bulan. tetapi tidak selalu menyebabkan hipotiroidisme.1. kelenjar tiroid biasanya membesar (gondokan) dan mempunyai suatu kemampuan yang berkurang untuk membuat hormon-hormon tiroid. 2000). thyroid peroxidase (antibodi-antibodi anti-TPO). Obat psikiatris. Pada kondisi ini. Hakaru Hashimoto yang pertama kali menjelaskannya pada tahu 1912. kondisinya dirujuk sebagai lymphocytic thyroiditis. dan Lugol’s solution dapat menyebabkan perubahan-perubahan dalam fungsi tiroid. Contoh-contoh darah yang diambil dari pasien-pasien dengan penyakit ini mengungkapkan suatu jumlah yang meningkat dari antibodi-antobodi pada enzim ini. Karsinoma tiroid dapat sebagai penyebab. semua pengobatan ini dapat menyebabkan hipotiroidisme. Tiroidektomi. adalah bukan tidak biasa menemukan bahwa seorang pasien dengan Hashimoto’s thyroiditis mempunyai satu atau lebih penyakit autoimun lainnya seperti diabetes atau pernicious anemia (kekurangan B12). Hashimoto’s dapat diidentifikasikan dengan mendeteksi antibodi-antibodi anti-TPO dalam darah dan atau dengan melakukan suatu thyroid scan. biasanya ada suatu fase hipertiroid (dimana jumlah-jumlah hormon tiroid yang berlebihan bocor keluar dari kelenjar yang meradang). (Price. 1. yang biasanya akan diikuti oleh hipotiroid. pemberian obat penekan TSH. . Idiopatik. Lithobid) adalah juga diketahui merubah fungsi tiroid dan menyebabkan hipotiroid. 1. obat-obat yang mengandung suatu jumlah yang besar dari yodium seperti amiodarone (Cordarone). 2. Obat-obat ini termasuk methimazole (Tapazole) dan propylthiouracil (PTU). Pima). Menariknya. Tiroiditis limfositik menahun Thyroiditis merujuk pada peradangan kelenjar tiroid. Kondisi ini diperkirakan mempunyai suatu basis genetik. Defisiensi yodium (gondok endemik). Selain itu. atau terapi iodium radioaktif untuk menghancurkan jaringan tiroid. Karena basis untuk penyakit autoimun mungkin mempunyai suatu asal yang umum.

↓ T4 bebas). timbul sesudah usia 1 atau 2 tahun c. Hipotiroidisme dapat terjadi akibat malfungsi kelenjar tiroid. Berdasarkan usia awitan hipotiroid dibedakan menjadi tiga. maka kadar HT yang rendah akan disertai oleh peningkatan kadar TSH dan TRH karena tidak adanya umpan balik negatif oleh HT pada hipofisis anterior dan hipotalamus. Hipotiroidisme dewasa atau maksidema 2. 2000). produksi panas tubuh. fungsi syaraf. Kadar HT yang rendah akan disertai kadar TSH dan TRH yang tinggi karena minimnya umpan balik. lemak. Goiter : Tiroiditis Hashimoto. Pada defisiensi iodium terjadi gondok karena sel-sel tiroid menjadi aktif berlebihan dan hipertrofik dalam usaha untuk menyerap semua iodium yang tersisa dalam darah. . Apabila hipotiroidisme terjadi akibat malfungsi hipofisis. Hipotiroidisme tersier. Sintesis hormon tiroid diatur sebagai berikut :    Hipotalamus membuat Thyrotropin Releasing Hormone (TRH) yang merangsang hipofisis anterior. karbohidrat. 2. Kekurangan yodium jangka panjang dalam makanan. metabolisme protrein. Hipotiroidisme congenital atau kreatinin disebabkan oleh kekurangan hormon tiroid sebelum atau segera sesudah lahir.4 Patofisiologi Hipotiroid dapat disebabkan oleh gangguan sintesis hormon tiroid atau gangguan pada respon jaringan terhadap hormon tiroid. fase penyembuhan setelah tiroiditis. Sekunder : kegagalan hipotalamus (↓ TRH. 2000) : 1. serta kerja daripada hormon-hormon lain. dan TRH. ↓ T4 bebas) atau kegagalan pituitari (↓ TSH. TSH yang berubah-ubah. TRH dari hipotalamus tinggi karena. menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme goitrosa). kondisi setelah pemberian yodium radioaktif atau radiasi eksternal. Hipofisis anterior mensintesis thyrotropin (Thyroid Stimulating Hormone = TSH) yang merangsang kelenjar tiroid. Apabila disebabkan oleh malfungsi kelenjar tiroid. Gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid. tidak adanya umpan balik negatif baik dari TSH maupun HT. 2. atau hipotalamus. Hipertiroidisme juvenilis. TSH. Hipotiroidisme yang disebabkan oleh malfungsi hipotalamus akan menyebabkan rendahnya kadar HT. Primer : lebih mengacu kepada disfungsi kelenjar tiroid itu sendiri. 2. jika sepenuhnya disebabkan oleh hipofisis. 1. maka kadar HT yang rendah disebabkan oleh rendahnya kadar TSH. Non-goiter : destruksi pembedahan. agenesis. amiodaron 3.Gondok endemik adalah hipotiroidisme akibat defisiensi iodium dalam makanan. 4. dan vitamin-vitamin.3 Klasifikasi 1. defisiensi yodium. yaitu (Suddart. Kelenjar tiroid mensintesis hormon tiroid (Triiodothyronin = T3 dan Tetraiodothyronin = T4 = Thyroxin) yang merangsang metabolisme jaringan yang meliputi: konsumsi oksigen. (Price. hipofisis.

penurunan kebutuhan kalori. Metabolisme yang terganggu juga berdampak pada turunnya suhu tubuh karena produksi kalor yang menurun sehingga terjadi intoleransi suhu dingin. Gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid. disritrmia dan hipotensi. menyebabkan hipotiroidisme. Gangguan pada sistem sirkulasi juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem neurologis yaitu berupa terjadinya gangguan kesadaran karena suplai oksigen yang menurun ke otak. menyebabkan pembesaran kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme goitrosa). darah. Kelambanan. Perubahan-perubahan dalam fungsi reproduksi 7. dan gerakan yang canggung lambat 2. Namun. tetapi tampaknya terdapat kecenderungan genetik untuk mengidap penyakit ini. Defisiensi iodium juga dapat meningkatkan risiko pembentukan kanker tiroid karena hal tersebut merangsang proliferasi dan hiperplasia sel tiroid. terutama masa anak-anak. Pajanan ke radiasi. menyebabkan produksi ADP dan ATP akan menurun sehingga menyebabkan kelelahan serta terjadinya penurunan fungsi pernapasan yang berujung pada depresi ventilasi dan timbul dyspneu kemudian pada tahap lebih lanjut kurangnya jumlah ATP dan ADP dalam tubuh juga berdampak pada sistem sirkulasi tubuh terutama jantung karena suplai oksigen ke jantung ikut berkurang dan terjadilah bradycardia.Pada tiroiditis Hashimoto. Dengan adanya gangguan metabolisme ini. pemberian obat penekan TSH. juga disebut tiroiditis otoimun. Kulit kering dan bersisik serta rambut kepala dan tubuh yang tipis dan rapuh Manifestasi klinis per sistem: .5 Manifestasi Klinis 1. Semua pengobatan ini dapat menyebabkan hipotiroidisme. pembesaran jantung (jantung miksedema). kelenjar tiroid seringkali membesar dan hipotiroidisme terjadi beberapa bulan kemudian akibat rusaknya daerah kelenjar yang masih berfungsi. Karsinoma tiroid dapat. terutama di bawah mata dan di pergelangan kaki 4. Konstipasi 6. Baik yodium radioaktif maupun pembedahan cenderung menyebabkan hipotiroidisme. Penurunan kecepatan metabolisme. Pembengkakkan dan edema kulit. 2. Penyebab tiroiditis otoimun tidak diketahui. atau terapi iodium radioaktif untuk mengbancurkan jaringan tiroid. Penyebab yang paling sering ditemukan adalah tiroiditis Hashimoto.Penyakit Hashimoto. Gondok endemik adalah hipotiroidisme akibat defisiensi iodium dalam makanan. Hal ini menyebabkan penurunan HT disertai peningkatan kadar TSH dan TRH akibat umpan balik negatif yang minimal. Selain itu gangguan metabolisme juga menyebabkan gangguan pada fungsi gastrointestinal dan pada akhirnya dapat menyebabkan menurunnya fungsi peristaltik usus sehingga menimbulkan konstipasi. dan penurunan curah jantung 3. Pada defisiensi iodiurn terjadi gondok karena sel-sel tiroid menjadi aktif berlebihan dan hipertrofik dalarn usaha untuk menyerap sernua iodium yang tersisa dalam. tetapi tidak selalu. Karena sebab-sebab yang dijelaskan di atas maka akan terjadi gangguan metabolisme. terjadi akibat adanya otoantibodi yang merusak jaringan kelenjar tiroid. Kadar HT yang rendah akan disertai kadar TSH dan TRH yang tinggi karena minimnya umpan balik. Penyebab kedua tersering adalah pengobatan terhadap hipertiroidisme. terapi untuk kanker yang jarang dijumpai ini antara lain adalah tiroidektomi. Penurunan frekuensi denyut jantung. perlambatan daya pikir. adalah penyebab kanker tiroid. penurunan nafsu makan dan penyerapan zat gizi dari saluran cema 5.Kekurangan yodium jangka panjang dalam makanan.

Sistem reproduksi: pada wanita terjadi perubahan menstruasi seperti amenore. konstipasi. bingung. gangguan memori. 3.atau masa menstruasi yang memanjang 1. disritmia. 1. Tabel : Skor Apgar pada hipotiroid kongenital Gejala klinis Hernia umbilicalis Kromosom Y tidak ada (wanita) Pucat. toleransi terhadap aktivitas menurun.1. peningkatan berat badan. 4. Psikologis: apatis. Radiologis USG atau CT scan tiroid (menunjukkan ada tidaknya goiter). TSH. Sistem neurologi: intelektual yang melambat. hipotermi Tipe wajah khas edematus Skore 2 1 1 2 . pucat. 1. Sistem integumen: kulit dingin. rambut kering. 3. kuku menebal. Sistem gastrointestinal: anoreksia. menarik diri. letargi atau somnolen. bersisik dan menebal. paranoid. depresi. kontraksi dan relaksasi yang melambat 2. rambut rontik dan pertumbuhannya buruk. perhatian kurang. X-foto tengkorak (menunjukkan kerusakan hipotalamus atau hipofisis anterior). dan Tiroid scintigrafi. 2. hipotensi. tetapi tidak adanya gejala atau tanda yang tampak. dingin. Pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui fungsi tiroid biasanya menunjukkan kadar T4 yang rendah dan kadar TSH yang tinggi. tidak menyingkirkan kemungkinan hipotiroid kongenital. Metabolik: penurunan metabolisme basal. kasar. Sistem pulmonari: hipoventilasi. 1. dan TRH akan dapat mendiagnosis kondisi dan lokalisasi masalah di tingkat susunan saraf pusat atau kelenjar tiroid. pembesaran jantung. dipsnea 2. intoleransi terhadap dingin. Skor Apgar Hipotiroid Kongenital Dicurigai adanya hipotiroid bila skor Apgar hipotiroid kongenital > 5. 1. distensi abdomen. agitasi. penurunan suhu tubuh. berbicara lambat dan terbatabata. Laboratorium Pemeriksaan darah yang mengukur kadar HT (T3 dan T4). kering.6 Pemeriksaan Diagnostik 1. hilang pendengaran. pertumbuhan kuku buruk. Sistem muskuloskeletal: nyeri otot. Sistem kardiovaskular: bradikardi.

a. kering Fontanella posterior terbuka (>3cm) Konstipasi Berat badan lahir > 3. makan-makanan yang tidak mengandung pengawet juga diperlukan. Pengobatan 2. antara lain memberi cukup yodium dalam setiap makanan.7 Pencegahan 1. Padahal kita selama ini memasak makanan pada suhu yang panas saat menambah garam yang mengandung yodium. 1. Terapi sulih hormon.5 kg Kehamilan > 40 minggu Total 1 1 1 1 1 1 1 1 15 2. Selain itu. Asupan kalori disesuaikan apabila BB perlu di kurangi. Tetapi selama ini ternyata cara kita mengelola yodium masih cenderung salah. Aktivitas Kelelahan akan menyebabkan pasien tidak bisa melakukan aktivitas hidup sehari-hari dan kegiatan lainnya. diberikan dosis seperti tabel berikut : . Diet Makanan yang seimbang dianjurkan.8 Penatalaksanaan 1. obat pilihannya adalah sodium levo-thyroxine.Makroglosi Hipotoni Ikterus lebih dari 3 hari Kulit kasar. Kegiatan dan istirahat perlu diatur agar pasien tidak menjadi sangat lelah. Yodium mudah rusak pada suhu tingggi. sehingga yodium yang kita masak sudah tidak berfungsi lagi karena rusak oleh panas. Kegiatan ditingkatkan secara bertahap. 2. sebaiknya kita menambahkan garam pada saat makanan sudah panas dan cukup dingin sehingga tidak merusak kandungan yodium yang ada pada garam. Bila fasilitas untuk mengukur faal tiroid ada. perawat perlu memantau asupan makanan dan cairan. Apabila pasien mengalami letargi dan defisit perawatan diri. Untuk itu.

Tekanan pada laring dapat mengakibatkan suara serak. Dalam keadaan darurat (misalnya koma miksedema). Kematian dapat terjadi apabila tidak diberikan HT dan stabilisasi semua gejala dengan segera. hipoglikemia. Pembedahan Tiroidektomi dilaksanakan apabila goiternya besar dan menekan jaringan sekitar. hipotensi. dosis dapat ditingkatkan bertahap atau dengan dosis pemberian + 100 μg/m2/hari. 1. maka kita akan mendapatkan penderita yang cebol dan mungkin imbesil. mukanya bulat dan raut mukanya (ekspresi) seperti orang bodoh sedangkan hidungnya besar dan pesek. T4. Pada waktu ini kulit kasar dan warnanya agak kekuningan. Pertumbuhan tulang juga terlambat. Koma miksedema Koma miksedema adalah situasi yang mengancam nyawa yang ditandai oleh eksaserbasi (perburukan) semua gejala hipotiroidisme termasuk hipotermi tanpa menggigil. dapat dilakukan therapeutic trial sampai usia 3 tahun dimulai dengan dosis rendah dalam 2-3 minggu. bibirnya tebal. Bila fasilitas untuk mengukur faal tiroid tidak ada. Sedangkan keadaan psikis berbeda-beda biasanya antara agak cerdik dan sama sekali imbesil. dan TSH yang dapat berbeda tergantung dari etiologi hipotiroid.Umur 0-3 bulan Dosis g/kg BB/hari 10-15 3-6 bulan 6-12 bulan 1-5 tahun 2-12 tahun > 12 tahun 8-10 6-8 5-6 4-5 2-3 1. 1.9 Komplikasi 1. 2. hormon tiroid bisa diberikan secara intravena. Bila ada perbaikan klinis. . 1. hipoventilasi. 2. Penyesuaian dosis tiroksin berdasarkan respon klinik dari uji fungsi tiroid T3. mulutnya selalu terbuka dan juga lidah yang tebal dikeluarkan. Tekanan pada trakea dan esofagus dapat mengakibatkan inspirasi stridor dan disfagia. Pada waktu lahir tidak ditemukan kelainan tetapi pada umur 2-3 bulan sudah bisa timbul gejala lidah tebal dan jarak antara ke dua mata lebih besar dari biasanya. Kepala anak besar. dan penurunan kesadaran hingga koma. Gangguan pertumbuhan dan perkembangan (Kretinisme) Jika hipotiroidisme yang berat sudah terjadi sewaktu hidup fetal.

Gejala klinis dari neonatal hiperthyroidisme atau tirotoksikosis neonatal biasanya muncul pada hari kesepuluh setelah kelahiran.1% neonatus yang lahir dari ibu dengan penyakit Graves. Kejadian penyakit Graves pada ibu kurang lebih 0. dia menyatakan bahwa kondisi tersebut terjadi sejak masa janin dalam kandungan pada ibu yang menderita Thyrotoksikosis.2 % pada kehamilan dan gejala klinis neonatal hiperthyroidisme muncul pada 0. neonatal. Terdapat perbedaan respon terhadap antibodi thyroid maternal dari janin meskipun pada bayi kembar. Sehingga bila terjadi gangguan fungsi pada hormon thyroid pada masa janin dan neonatus selain menggangu metabolisme juga mengganggu pertumbuhan dan maturasi organ organ yang tergantung pada hormon thyroid. 1Diagnosis dan penanganan dini dari neonatal hiperthyroidisme sangat penting untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur. kematian janin dan kecacatan . thyrotoxicosis | at 19:43 | TIROTOKSIKOSIS NEONATAL PENDAHULUAN Penyakit thyroid auto imun sering terjadi pada kehamilan. Hal ini terjadi karena terdapat perbedaan pada metabolisme dan uptake dari antibodi maternal tersebut. Disebutkan bahwa antibodi maternal terutama terhadap TSH-R (Thyroid Stimulating Hormon Reseptor) dari ibu dengan Grave’s disease secara bebas dapat melewati plasenta dan mempengaruhi kelenjar thyroid dari janin pada pertengahan kehamilan atau Trimester kedua.TIROTOKSIKOSIS NEONATAL Author: Dokter Anakku | Filed Under: endokrinologi. 1 Neonatal hiperthyroidisme akibat antibodi maternal pertama kali dilaporkan oleh White pada tahun 1912. 2 Hormon thyroid sangat penting untk pertumbuhan dan maturasi dari tulang serta otak.

Stimulating Antibody (TSAb). 15 bayi (6.Reseptor Antibody (TRAb) sebagian besar adalah TSH. Antibodi ini menghambat kerja TSH dengan cara berkompetisi pada ikatan dengan reseptor TSH serta merangsang kerja dari TSH-Stimulating Antibody (TSAb) dan menghambat kerja TSH-Stimulating Blocking antibody (TSBAb) dari TSH. Seorang wanita dengan Thyrotoksikosis melahirkan dua bayi dan keduanya meninggal beberapa hari kemudian oleh karena hiperthyroidisme berat. Jumlah dari TRAb dapat berubah ubah selama masa kehamilan.Stimulating Antibody (TSAb) dengan kejadian tirotoksikosis neonatal. Pada masa kelahiran dan beberapa bulan setelah lahir TSH. Hiperthyroidisme juga masih dapat muncul pada janin dengan ibu yang mendapat terapi bila titer antibodi ibu sangat tinggi.3 Transfer transplasental dari TSH–Receptor Antibodi (TRAb) adalah pada sekitar minggu ke dua puluh kehamilan.PATOFISIOLOGI Sekitar tahun 1960 dilaporkan pertama kali mengenai hubungan antara TSH. Penelitian pertama mengenai antibodi yang dapat menghambat kerja dari TSH dilakukan oleh Adam dan Purves pada tahun 1956. Antibodi maternal terhadap TSH Receptor (TSH – R) ini mengaktifkan kerja TSH-R yang berada pada sel epitel kelenjar thyroid. 2. Komplikasi . Serum dari ibu pada waktu itu mengandung titer antibodi yang sangat tinggi. Pada suatu penelitian dari 230 kehamilan dengan hiperthyroid. 2. Kondisi demikian memang dapat muncul sekitar 1% dari kehamilan. 1 Imunoglobulin G dari ibu dapat melewati plasenta pada akhir timester ketiga kehamilan termasuk anti thyroid antibodi dari ibu. Pada ibu dengan hiperthyroidisme yang tidak terkontrol maka bayi dapat lahir mati.4 DIAGNOSIS TIROTOKSIKOSIS NEONATAL Hiperthyroidisme berkembang di janin pada pertengahan kehamilan pada ibu yang tidak mendapat terapi antithyroid. Sejak saat itu menyusul beberapa laporan kasus dari hiperthyroidisme neonatal yang berhubungan dengan antibodi maternal.5%) menderita IUGR. Kecil masa kehamilan dan lahir prematur. Resiko prematuritas meningkat dari 11% menjadi menjadi 55% pada ibu tanpa terapi dan resiko lahir mati meningkat dari 5% menjadi 24%.

exopthalmus • Jantung : takikardi. lemah • Oftalmologi : edem periorbital. perbesaran kelenjar timus. Tetapi biasanya gejala klinis neonatal hiperthyroidisme muncul pada usia 10 hari. dan nilai TBII 30% atau lebih selama kehamilan. gagal jantung. limfadenopati.pada janin meningkat signifikan pada ibu yang menderita hyperthyroid sampai dua bulan kehamilan.2 • Kecil Masa Kehamilan • Gondok • SSP : iritabilitas. kraniosinostosis. hipertensi pulmonal • Gejala hipermetabolisme : penurunan berat badan. aritmia. jitteriness. Faktor resiko lain terjadinya Intra Uterine Growth Retardation (IUGR) dalam penelitian ini meliputi Thyrotoksikosis pada ibu selama 30 minggu atau lebih pada masa kehamilan. onset terjadinya Graves sebelum usia 20 tahun pada ibu. termasuk diantaranya adalah : 1. Gejala lambat dapat muncul pada usia janin 45 hari dan menetap selama 6 bulan. riwayat Graves lebih dari 10 tahun pada ibu. . Janin dapat menunjukkan gejala klinis pada bulan pertama kehidupan. diare. 2 Antibodi maternal TRAb terus merangsang kelenjar thyroid bayi sampai masa kelahiran menghasilkan gangguan fungsi thyroid janin. Gejala klinis dari neonatal hiperthyroidisme dapat ringan sampai berat (Thyrotoksikosis). mikrosefali • Lain lain : akrosianosis persisten. flushing • Hipermaturitas tulang. memar dan petekiae Gejala gejala tersebut sering mirip dengan adanya suatu infeksi kongenital seperti toksoplasmosis. hepatosplenomegali. penarikan kelopak mata. berkeringat.

rubella. FT3. ibu yang mengkonsumsi obat anti thyroid pada saat hamil dan pada ibu dengan antibodi maternal tinggi memerlukan observasi ketat di rumah sakit dan pemeriksaan FT3. trombositopeni. Semua bayi dari ibu dengan Thyrotoksikosis resiko tinggi atau rendah harus dilakukan pemeriksaan titer antibodinya. Angka kematian dilaporkan sekitar 12 – 16% dan biasanya oleh karena gagal jantung yang diperkirakan oleh karena stimulasi beta drenegik yang menghasilkan kegagalan output jantung. Dalam sebuah penelitian dari 75 bayi yang menderita hiperthyroidisme. Hipertensi dapat terjadi pada minggu kedua dan ketiga kehamilan. Oleh karena ibu dengan Thyrotoksikosis dan sudah mendapat pengobatan anti thyroid atau sudah mengalami operasi pengangkatan kelenjar thyroid (bedah atau radioaktif iodine) dengan hasil faal thyroid yang normal atau bahkan hipothyroid masih bisa memiliki titer antibodi Thyroid (TRAb) yang tinggi. Diare. Menilai klasifikasi faktor resiko bayi tidak cukup hanya dengan nilai faal thyroid dari ibu saja. Konfirmasi kadar maternal TRAb selama kehamilan. Sangat jarang thyrotoksikosis pada bayi menetap. dehidrasi. trombositopeni dan infeksi merupakan penyulit lain. FT4 dan TRAb dengan supresi terhadap TSH. obstruksi trakea akibat perbesaran kelenjar gondok. Bayi menjadi euthyroid secara klinis pada minggu ke 48. 14 pasien (19%) mempunyai gejala klinis yang bertahan sampai 6 bulan dan 10 pasien (13%) mempunyai gejala klinis yang bertahan lebih dari setahun dimana berhubungan dengan non imun hiperthyroidisme yang berhubungan dengan mutasi pada reseptor TSH. Diamana terdapat peningkatan hasil dari T4. 1 Bayi dengan faktor resiko hiperthyroidisme di kenali dari adanya riwayat ibu dengan Thyrotoksikosis dan kadar Thyroid Receptor Antibodi (TRAb) selama kehamilan. 1 Tirotoksikosis neonatal biasanya membaik setelah minggu ke 8 sampai 20. Eksoftalmus dapat dijelaskan dengan akibat adanya reseptor TSH retroorbital yang menyebabkan hipertrofi jaringan. jaundice dan proptosis. . • Ibu dengan riwayat Thyrotoksikosis dan telah diterapi dengan radioaktif iodine atau operasi. Bayi dengan faktor resiko hiperthyroidisme kongenital seperti bayi pada pada ibu dengan penyakit Graves. T3. Gejala dapat bertahan selama lebih dari 8 minggu pada lebih 88% pasien tapi biasanya akan membaik sendiri dalam 2 – 4 bulan. sitomegalovirus. Bayi resiko tinggi : • Bayi dari Ibu dengan Thyrotoksikosis dan dalam terapi antithyroid (Carbimazole atau Propylthiourasil). FT4 dan TSH diperiksa pada usia 10 hari dan 14 hari pasca kelahiran. 6 Langkah Skrining dan Monitor Tirotoksikosis neonatal 6 1. FT4 serta TSH. 1 Distribusi jenis kelamin dari hiperthyroidisme neonatal adalah sama. a. 1 Berdasarkan penelitian terbaru bahwa neonatal hiperthyroidisme non imun oleh karena mutasi dari reseptor TSH berhubungan dengan munculnya gejala hepatosplenomegali.

Bayi dengan resiko yang dapat diabaikan • Bayi dari Ibu dengan hipothyroidisme (kecuali akibat tindakan bedah atau radioaktif iodine). Dan diulang bila terdapat gejala yang mendukung 6 1.6 Pengobatan yang diberikan meliputi anti thyroid seperti Propyl Thiouracyl (PTU) dan carbimazole (metimazole) yang menghambat sintesis hormon thyroid dan menghambat perubahan T4 menjadi bentuk aktif T3. Bila TRAb lebih dari 15U/L. Berikan Ringan. FT4.03% pasien. Larutan iodium dapat menghambat sintesis hormon thyroid. beri terapi bila bayi hiperthyroid e) Evaluasi pada hari ke 10 dan 14 setelah bayi dipulangkan TERAPI TIROTOKSIKOSIS NEONATAL Perlu diingat bahwa Tirotoksikosis neonatal adalah suatu keadaan transien atau sementara yang dapat sembuh sendiri. b. Bila kurang dari 15u/l. Masa paruh dari TRAb adalah sekitar 6 minggu. Bila TRAb kurang dari 15 U/L dan tidak ada riwayat penyakit thyroid neonatal tidak perlu tindakan 5.Bayi resiko rendah • Bayi dari ibu dengan riwayat Thyrotoksikosis di masa lalu dan telah diterapi dengan anti thyroid dan faal thyroid sudah normal serta sudah tidak diterapi lagi. maka ini merupakan indikasi waspada untuk bayi dan bagian anak harus diberi informasi sesegera mungkin setelah bayi lahir. a. takikardi c) Cek FT4 dan TSH dalam 48 jam d) Evaluasi faal thyroid pada hari kelima : T3. TSH. 3. TRAb. a. c. terapi sesuai dengan derajat klinis Observasi ketat. Bila positif maka harus diulang pada Trimester ketiga kehamilan. Darah lengkap diperiksa setelah 1 minggu pengobatan. a) Bayi dirawat inap b) Monitor tanda dan gejala klinis hyperthyroid : penurunan berat badan. Tanyakan riwayat Thyroid neonatal sebelumnya 4. diare. FT4. Terapi diberikan kurang lebih 8 – 12 minggu.terdapat riwayat penyakit thyroid neonatal Bayi dapat dipulangkan Monitor tanda dan gejala klinis Hiperthyroid di rumah Evaluasi faal Thyroid pada hari kelima : TSH. Tidak perlu (Gomella. TRAb TRAb 6. 2. 1 Monitor yang perlu dilakukan yaitu : Darah lengkap : Karbimazole dapat menyebabkan agranulositosis pada 0. Beta bloker selain dapat mengontrol gejala klinis yang muncul juga dapat menghambat perubahan T4 menjadi T3. T3. pemberian 2009)7 terapi . Tetapi gejala klinis tirotoksikosis neonatal yang muncul harus segera ditangani dan merupakan keadaan emergensi pada neonatus.

Kedua jenis hiperthyroidisme neonatal ini dapat menyebabkan kelainan neurologis. Ibu biasanya mempunyai riwayat penyakit auto imun dengan hasil faal thyroid bisa normal. Gangguan belajar moderat berhubungan dengan adanya kraniosinostosis. Penyakit Graves pada bayi harus dimonitor secara ketat untuk mencegah komplikasi dari antibodi maternal yang . kraniosinostosis.4 pada usia 3. PROGNOSIS Follow up jangka panjang pada neonatus dengan hiperthyroidisme menunjukkan adanya gangguan intelektual pada 50 – 100% kasus dengan hiperthyroidisme imun. Propanolol 1 – 2 mg/kgBB /hari dibagi dua tau empat dosis dan kadang dapat digunakan digitalis untuk mencegah gangguan jantung 2. pertumbuhan ukuran kelenjar gondok. 1 Hiperthyroidisme pada janin diterapi dengan memberikan Propyl Thiouracyl (PTU) pada ibunya dan memonitor denyut jantung. kedua bayi kembar tersebut menderita mikrosefali. Sedang. gangguan visual motor dan perseptual motor juga sering ditemukan. Kemampuan belajar juga terganggu pada kasus dengan mutasi TSH reseptor.5 – 7. Gejala klinis hiperthyroidisme yang muncul pada neonatus merupakan suatu keadaan emergensi. 1 KESIMPULAN Hiperthyroidisme pada janin dan neonatus berhubungan dengan Thyroid Stimulating Immunoglobulin (TSI) dari ibu yang melewati plasenta ke bayi. Dalam sebuah penelitian pada bayi kembar dengan hiperthyroidisme. Non imun hiperthyroidisme berkaitan dengan mutasi TSH reseptor diturunkan secara dominan dan menyebabkan hiperthyroidisme permanen.3mg iodide/drop) 1 drop/8 jam 2. Hipertiroid non auto imun memerlukan pengangkatan total atau sebagian dari kelenjar tiroid. Hiperthyroidisme pada neonatal biasanya diterapi secara umum dengan PTU. Kraniosinostosis dominan melibatkan sutura koronalis dan sagitalis sehingga bagian frontalis kepala lebih menonjol dan tidak menyebabkan kelainan lingkar kepala atau meningkatkan tekanan intrakranial. Lugol (8. Iodine dan Propanolol. Berikan salah satu dari ketiga obat dibawah ini : 1.5 – 1 mg/kgBB/hari) dibagi 3 dosis c. hipo atau hiperthyroid selama kehamilan.b. Neonatal hiperthyroidisme autoimun biasanya membaik sendiri dalam 2 – 4 bulan tetapi hiperthyroidisme non autoimun bisa memerlukan pengangkatan kelenjar thyroid. (0. Obat obatan diatas dapat ditambahkan dengan Prednisone 2 mg/kgBB/hari. Tatalaksana secara tepat dan dini dapat mencegah kerusakan yang berat pada bayi. mood yang tidak stabil. Hiperaktifitas. Propiltiourasil (5 – 10 mg/kg/hari) dibagi 3 dosis 3. Berat. Metimazole. dilatasi ventrikel lateralis dan IQ 6.5 tahun. Pada kondisi tertentu.

699 670 Related Articles : HIPERTIROID DAN HIPOTIROID Posted by: kyfi on: Maret 16. Gomella LT.e305-e309 3. Buckingham B. Rev. Pediatr. 1 DAFTAR PUSTAKA 1. Neonatology. McGraw Hill. Kokotos F.1.melewati plasenta dan manifestasi klinis dari hiperthyroidisme kongenital. .27. Rev. Hyperthyroidism. Neonatal Graves Disease Caused by Transplacental Antibodies. 2006.1. Javett B et al.1-6 7. 2011   In: Uncategorized Comment! I.103 2. Pediatr. The Hyperthyroid Fetus and Infant. Pediatrics 1959.65-73 6. Hernandez IM et al. Hyperthyroidism. Sills I N. QMH _Thyrotoxicosis_Neonates.Pengeluaran hormone tiroid yang berlebihan diperkirakan terjadi akibat stimulasi abnormal kelenjar tiroid oleh immunoglobulin dalam darah .24.155-157 5. NeoReviews 2008. et al. 1994.Pengertian a.Hipertiroidi ialah sekresi hormone tiroid yang berlebihan. NEONATAL THYROTOXICOSIS. Hipertiroid .417-421 4. Heuchan A M. dimanifestasikan melalui peningkatan metabolisme.15. 2009. NeoReviews 2000. 2007.9.

Hipotiroidisme .b. karena penekanan aktivitas metabolic tubuh secara umum.Keadaan yang ditandai dengan terjadinya hipofungsi tiroid yang berjalan lambat dan diikuti oleh tanda-tanda kegagalan tiroid.Pada orang dewasa hipotiroidisme memiliki gambaran klinik berupa letargi. Hipotiroidisme sekunder / pituitaria : sepenuhnya oleh kelainan hipofisis 4. Hipotiroidisne tertier : kelainan hipotalamus yang mengakibatkan sekresi TSH tidah adekuat atau penurunan TRH III. dimana system imun menyerang kelenjar tiroid. hipotiroidisme primer : atau tiroidal yang mengacu pada disfungsi kelenjar tiroid 2. Patofisiologi . II. Tipe 1.Hipotiroidisme ialah sekresi tiroid yang tidak adekuat selama perkembangan janin dan neonatus yang nantinya akan menghambat pertumbuhan fisik dan mental (kretinisme). Hipotiroidisme sentral : disfungsi tiroid disebabkan oleh kegagalan kelenjar hipofisis. Hipotiroid Tiroiditis autoimun (tiroiditis Hashimoto).proses berfikir yang lambat dan perlambatan fungsi yang menyeluruh . hipotalamus 3. Etiologi a. Hipertiroid Tiroiditis dan penggunaan hormone tiroid yang berlebihan b.

Hipotiroid Kelainan hipotalamus defisiensi tiroid Hipertiroidisme ibu penderita Tiroiditis autoimun stimulasi TRH preparat antitiroid Terapi pembedahan kelenjar tiroid Sistem imun merangsang Sekresi TSH tidak sekresi TSH adekuat Hipotiroid .1.

Hipertiroid Penyakit Grave Tiroiditis Golter multinodular toksik Tumor Merangsang aktivitas tiroid Bakteri. parasit autoimun tiroid Kadar TSH Inflamasi pada kelenjar tiroid masuk aliran darah .jamur.1.

penurunan berat badan progresif. 3. 8. namun terdapat tanda-tanda dan gejala yang meliputi: . Toleransi terhadap panas buruk dan banyak berkeringat. Pasien lansia mungkin mengeluhkan kulit kering gatal-gatal menyebar 4.amenore. berakhir dengan pemulihan spontan dalam beberapa bulan atau tahun 11. ketakutan. Penyekit dapat ringan dengan eksaserbasi dan remisi. tekanan darah sistolik (bukan diastolic) meningkat.hangat dan lembab. sangat gelisah. kelemahan. akhirnya gagal jantung 12. Hipertiroid 1. 2. Gejala lain mencangkup peningkatan nafsu makan dan masukan diet. Mungkin menunjukkan eksoftalmus 6. mudah marah. Hipotiroid Gejala dini hipotiroid tidak spesifik. 9. Manifestasi Klinis 1. Kisaran nadi antara 90 dan 100 kali permenit. Gelisah (peka rangsang berlebihan dengan emosional). Gelisah dapat disebabkan oleh pemberian hormone tiroid yang berlebihan untuk mengobati hipertiroidisme 1. Osteoporosis dan fraktur 10. menderita karena palpitasi. Mungkin berkembang perilaku tidak mempunyai belas kasihan kelompok menyebabkan tubuh kurus. dan perubahan fungsi usus (diare) 7. kulit kemerahan dan mudah menjadi lunak. Mungkin terjadi fibrilasi atrium dan dekompensasi jantung dalam bentuk gagal jantung kongestif.otot secara abnormal mudah letih. nadi cepat dalam istirahat dan latihan. tidak dapat duduk dengan tenang. delirium. terutama pada pasien lansia. Mungkin teramati tremor halus tangan 5.hipertiroidisme IV.disorientasi.

penyakit jantung koroner.1. Koma miksedema menggambarkan stadium hipotiroidisme yang paling ekstrim dan berat. 5. Pada hipotiroidisme lanjut dapat menyebabkan dimensia disertai perubahan kognitif dan kepribadian yang khas. 7. 2. suhu tubuh dan frekuensi nadi subnormal kenaikan berat badan kulit menjadi tebal rambut menipis dan rontok wajah tampak tanpa ekspresi dan mirip topeng rasa dingin meski lingkungan hangat apatis konstipasi kenaikan kadar kolesterol serum. aterosklerosis. 8. 6. 3. 9. 4.Serta efusi pleura dan efusi pericardial. Kelelahan yang ekstrim Kerontokan rambut Kuku rapuh kulit kering rasa baal parestasia pada jari-jari tangan suara kasar atau parau gangguan haid (menoragia atau menorrhea) disamping hilangnya libido Pada hipotiroid berat mengakibatkan: 1.Respirasi dan apnea dapat terjadi. Komplikasi a. Meningkatkan kolesterol . 7. dimana pasien mengalami hipotermi dan tak sadarkan diri. Hipotiroid 1. fungsi ventrikel kiri jelek. 6. 8. 4. 5. V. 3. Hipertiroid Terjadi krisis tirotoksik (tyroid storm) b. 2.

| Tiroslobulin Pemeriksaan Tiroslobulin melalui pemeriksaan radio immunoassay.25 hingga 0.Normal ambilan t3 ialah 25% hingga 35% (fraksi ambilan relative: 0. ambilan T3 lebih besar dari 35% (meningkat).35). Hipertiroidisme | T4 Serum Ditemukan peningkatan T4 serum pada hipertiroid.Kadar tiroslobulin meningkat pada hipertiroid. Iskemia / infark miokard VI.Pada hipertiroidisme akan ditemukan penurunan kadar TRH serum.Normal T3 serum adalah 70-220 mg/dl (1.Kadar T4 serum merupakan tanda yang akurat untuk menunjukkan adanya hipertiroid. Pemeriksaan Penunjang a. | Tes TSH (Thyroid Stimulating Hormon) Pada hipertiroid ditemukan kenaikan kadar TSH serum | Tes TRH (Thyrotropin Releasing Hormon) Tes TRH akan sangat berguna bila Tes T3 dan T4 tidak dapat dianalisa.15 hingga 3. | Tes T3 Ambilan Resin Pada hipertiroid.5 mg/dl (58.5 dan 11.2.10 nmol/L).T4 serum normal antara 4.5 hingga 150 nmol/L). | T3 Serum Kadar T3 serum biasanya meningkat. .

Iridasi termasuk pemberian I atau I untuk mendapatkan efek destruksi pada kelenjar tiroid 3.Normal kadar T3 serum adalah 70 hingga 220 mg/dl (1. Farmakologi terapi dengan obat antihipertiroid. Hipotiroidisme | T4 Serum Penentuan T4 serum dengan tekhnik radio immunoassay pada hipotiroid ditemukan kadar T4 serum normal sampai rendah. Penatalaksanaan a. 1. atau metimazol (tapazole) .5 dan 11.10 nmol/L) | Tes T3 Ambilan Resin Pada hipotiroidisme. PTU). Hipertiroidisme Tidak ada pengobatan yang ditujukan untuk menghilangkan gejala penatalaksanaan bergantung pada etiologi hipertiroidisme.15 hingga 3. maka hasil tesnya kurang dari 25% (0. VII.5 mg/dl (58.b. 2. Tujuan farmakoterapi untuk menghambat pelepasan atau sintetis hormone 2.Normal kadar T4 serum diantara 4.5 hinnga 150 nmol/L) | T3 Serum Kadar T3 serum biasanya dalam keadaan normal-rendah.25) | Tes TRH (Thyrotropin Releasing Hormon) Pada hipotiroid yang disebabkan oleh keadaan kelenjar tiroid maka akan ditemukan peningkatan kadar TSH serum. Pembedahan dengan pengangkatan sebagian besar kelenjar tiroid Farmakoterapi 1. Pengobatan yang paling umum digunakan adalah propitiourasil (propacil.

4. Mungkin digunakan untuk mengontrol efek saraf simpatis yang terjadi pada hipertiroidisme.Dosis terapi penggantian hormonal berdasarkan pada konsentrasi TSH dalam serum pasien. | infus larutan glukosa pekat | terapi kortikosteroid . 2. takikardi. Agen Beta-Adrenergik 1.Livotiroksin sintetik (Synthroid atau levothroid) merupakan preparat terpilih untuk pengobatan hipotiroidisme dan supresi penyakit goiter nontoksik. I diberikan untuk menghancurkan sel-sel tiroid yang overaktif . Propandol digunakan untuk kegelisahan. Hipotiroid Tujuan primer penatalalaksanaan hipotiroidisme ialah memulihkan metabolisme pasien kembali kepada keadaan metabolic normal.Preparat tiroid yang dikeringkan jarang digunakan karena sering menyebabkan kenaikan sementara konsentrasi T3 dan kadang-kadang disertai dengan gejala hipertiroidisme.3. Hal-hal yang bisa dilakukan pada pasien dengan hipotiroid antara lain: | pemeliharaan fungsi vital | gas darah arteri | pemberian cairan dilakukan dengan hati-hati karena bahaya intoksikasi air. dan intoleransi panas Radioaktif Iodin ( I) 1. dengan cara mengganti hormone yang hilang. resiko untuk gondokkan dan kretinisme pada janin. ansietas. diikuti dengan penghentian obatan secara bertyahap selama beberapa bulan. 2. Tetapkan dosis rumatan. b. tremor. Obat anti tiroid merupakan kontraindikasi pada kehamilan akhir. I merupakan kontraindikasi dalam kehamilan dan ibu menyusui karena radio iodine menembus plasenta dan sekresikan ke dalam ASI.

multi traurna. sesuai keburuhan normal (6) Makanan diberikan dalam bentuk mudah cerna Macam Diet dan Indikasi Pemberian Diet Energi Tinggi prorein Tinggi diberikan kepada pasien: 1. Kurang Energi prorein (KEP) 2.Diet Energi Tinggi Protein Tinggi yuksehat. Tujuan Diet Tujuan Diet Energi Tinggi Protein Tinggi adalah untuk : Memenuhi kebutuhan energi dan protein Yang meningkat untuk mencegah dan mengurangi kerusakan jaringan tubuh Menambah berat badan hingga mencapai berat badan normal Syarat Diet Syarat-svarat Diet Energi Tinggi Protein Tinggi adalah: (1) Energi tinggi. telur dan daging atau dalam bentuk minuman Enteral Energi Tinggi Protein Tinggi. Sebelum dan setelah operasi tertentu. Protein: 125 g (2.info. pasien dapat diberikan salah satu dari dua macam Diet Energi Tinggi Protein Tinggi (ETPT) Diet Energi Tinggi Protein Tinggi Energi: 2600 kkal. hamil. yaitu sisa dari kebutuhan energi total (5) Vitamin dan mineral cukup.Diet Energi Tinggi Protein Tinggi. Diet ini diberikan bila pasien relah mempunyai cukup nafsu makan dan dapat menerima makanan lengkap. serta selama radioterapi dan kemoterapi 3. Diet diberikan dalam bentuk Makanan Biasa ditambah bahan makanan sumber protein tinggi seperti susu. Diet Energi Tinggi Protein Tinggi (ETPT) adalah diet yang mengandung energi dan prorein di atas kebutuhan normal. Hipertiroid. yaitu 2. yaitu 40-45 kkal/kg BB (2) Procern tinggi. Menurut keadaan.0-2. Luka bakar berat dan baru sembuh dari peayakit dengan panas tinggi.5 g/kg BB (3) Lemak cukup. yaitu 10-25 % dari keburuhan energi total (4) Karbohidrat cukup.5 g/kg BB) seperti di bawah: I (ETPT I) (2 g/kg BB) II (ETPT II) . 4. Protein: 100 g Diet Energi Tinggi Protein Tinggi Energi: 3000 kkal. dan post-partum di mana kebutuhan energi dan protein meningkat.