You are on page 1of 15

MAKALAH PENGOLAHAN LIMBAH OPEN DUMPING

Disusun oleh : Gita Hanipah Muthia eptiani "is#a A$elia %an&'a )an* D+i %ah*a 062110041 06211004! 0621100(4 0621100(2

P"OG"AM ,-DI KIMIA .AK-L,A MA,EMA,IKA DAN ILM- PENGE,AH-AN ALAM -NI)E" I,A PAK-AN BOGO" 201/

Penyusun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini. Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. )aran dan kritik yang membangun untuk penyusunan makalah di masa datang sangat penyusun harapkan.A PENGAN. *emikian penyusun berharap semoga makalah ini dapat berman+aat./ Penyusun . "ogor.A" Puji dan syukur penyusun panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat-Nya. Makalah pengolahan limbah disusun untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah pengolahan limbah. Pengolahan limbah merupakan mata kuliah pilihan yang wajib diikuti oleh mahasiswa ni!ersitas Pakuan "ogor #akultas Matematika dan $lmu Pengetahuan %lam program studi kimia semester &$$ 'tujuh(. sehingga makalah pengolahan limbah ini selesai tepat waktu. *esember .-.KA.

2ara pembuangan yang umum dilakukan di $ndonesia dan dilakukan secara sederhana dimana sampah dihamparkan di suatu tempat terbuka tanpa penutupan dan pengelolaan. 2ukup sulit memperoleh lahan yang luas dan memenuhi syarat-syarat untuk TP% di kota. )istem open dumping merupakan sistem pembuangan sampah yang tertua dan paling sederhana yang sering dipakai di Negara berkembang. dan lahan kota yang semakin sempit. dan sumber penyakit karena dapat menjadi tempat berkembangnya !ektor penyakit seperti lalat dan tikus. Metode penumpukan ini menimbulkan banyak masalah pencemaran diantaranya bau. . . sehingga TP% terpaksa ditempatkan di pinggiran kota atau bahkan di luar kota. et.mencemari air. )istem open dumping adalah suatu sistem pengelolaan sampah tanpa memperhatikan aspek kesehatan lingkungan dimana sampah dibiarkan terbuka dan menumpuk pada suatu lokasi pembuangan akhir '*amanhuri. Metode ini pada prinsipnya hanya membuang sampah dan menumpuk begitu saja tanpa ada penutupan. Peningkatan !olume sampah menyebabkan kebutuhan lahan penimbunan di TP% semakin meningkat..001(.--/(. )elain itu yang paling dirugikan dan selama ini tidak dirasakan oleh masyarakat adalah telah dikeluarkannya miliaran rupiah untuk mengelola TP% 'Tiwow. 2ara ini tidak dianjurkan 3arena memiliki dampak negati!e yang tinggi terhadap kesehatan lingkungan.BAB I PENDAH-L-AN Pada dasarnya pola pembuangan sampah yang dilakukan dengan sistem tempat pembuangan akhir 'TP%( yang beroperasi saat ini sudah tidak rele!an lagi dengan pertambahan penduduk yang pesat. Pembuangan yang dilakukan dengan pembuangan sampah terbuka dan di tempat terbuka juga berakibat meningkatnya intensitas pencemaran. kotor. al. 4al tersebut mengakibatkan jarak TP) yang umumnya dekat dengan sumber timbunan terhadap TP% cukup jauh waktu tempuhnya 'time trip( dan biaya transportasi yang dibutuhkan lebih besar akibat .

sehat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan. .7 tahun . serta dapat mengubah perilaku masyarakat.(.--. . 2ara penyelesaian yang ideal dalam penanganan sampah di perkotaan adalah dengan pengelolaan sampah terpadu. )eperti yang tercantum dalam ndang-undang 6$ Nomor .--7 tentang Pengelolaan )ampah bahwa sampah telah menjadi permasalahan nasional sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensi+ dan terpadu dari hulu ke hilir agar memberikan man+aat secara ekonomi.jauhnya jarak tersebut '5iranegara.

daun-daunan.00:(.( )ampah yang berasal dari tempat-tempat umum )ampah ini berasal dari tempat-tempat umum. ". *e+inisi sampah )ampah adalah semua 8at9benda yang sudah tidak terpakai lagi baik beasal dari rumah tangga maupun sisa-sisa proses industri'Entjang.daun-daun dari kebun atau taman. plastik dan mumnya sampah ini bersi+at kering dan mudah . sebagainya.pasir.BAB II I I 10 a$pah %.stasiun kereta api dan sebagainya. sisa-sisa makanan baik yang sudah dimasak atau yang belum.daun. )umber-sumber sampah .--:(. sobekan dan. )ampah menurut )oekidjo '.departemen. terminal bus. perabot rumah tangga. . terbakar 'rubbish( <( )ampah yang berasal dari jalan raya )ampah ini berasal dari pembersih jalan. perusahaan. tempat-tempat hiburan.plastik.batu-batuan. pasar.debu.pakaian-pakaian bekas. seperti. yang umumnya terdiri dari kertaskertas. bekas pembungkus berupa kertas.. dan sebagainya. /( )ampah yang berasal dari perkantoran )ampah yang berasal dari perkantoran.( )ampah yang berasal dari pemukiman '*omestic 5aste( )ampah ini terdiri dari bahan-bahan padat sebagai hasil kegiatan rumah tangga yang sudah dipakai dan dibuang seperti. sampah ialah suatu bahan atau benda padat yang sudah tidak dipakai lagi oleh manusia atau benda-benda padat yang sudah tidak digunakan lagi dalam suatu kegiatan manusia dan dibuang. perdagangan . pendidikan.

. )ampah >rganik.dan sebagainya.pasir. a. :( )ampah yang berasal dari pertambangan )ampah ini berasal dari daerah pertambangan atau sejenisnya tergantung dari jenis usaha pertambangan itu sendri.batang padi. potongan tekstil.<? g. kotorankotoran ternak. sampah-sampah pengepakan kaleng dan sebagainya.tanah. @elas. kayu. =( )ampah yang berasal dari pertanian9perkebunan )ampah ini berasal dari perkebunan atau pertanian. 3adar air.batang jagung.1( )ampah yang berasal dari industri )ampah ini berasal dari kawasan industri.sisa sayursayuran. misalnya.? e. a.1 kg9kapita9hari dengan komposisi sampah sebagai berikut')udrajat.=1-:1? Bumlah produksi sampah pada suatu daerah bergantung pada beberapa +aktor antara lain.kepadatan serta akti!itas penduduknya b. Aain-lain.:1-01? b.? +.sisa-sisa makanan. Menurut perkiraan !olume produksi sampah yang dihasilkan per orang untuk daerah di $ndonesia rata-rata sekitar -.. logam./? d. ranting kayu yang patah dan sebagainya. sebagai berikut.. 3ertas.jerami. Plastic . misalnya.bangkai binatang. Bumlah. termasuk sampah yang berasal dari pembangunan industri dan sampah yang berasal dari proses produksi. plastik. )ystem pengumpulan dan pembuangan sampah yang digunakan barang.--=(. 3ayu. . misalnya.=? c. batu-batuan.sisa-sisa pembakaran dan sebagainya 7( )ampah yang berasal dari perternakan dan perikanan )ampah yang berasal dari perternakan dan perikanan ini berupa.

Pengumpulan sampah're+use collection( Merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan sampah dari tempat penyimpanan sampah sebelum diangkut dan dibuang. %dapun tempat sampah yang dipakai syaratnya adalah. maka diperlukan suatu pengelolaan sampah yang cukup baik. *ibangun diatas pemukiman setinggi kendaraan pengangkut sampah sampah yang baik meliputi tiga ilmu kesehatan hal pokok. )umber sampah 20 Pen1elolaan sa$pah ntuk mengurangi dampak yang dapat ditimbulkan oleh sampah. %. )osial ekonomi g.pengelolaan '%8rul. 5aktu +. )yarat tempat pengumpulan sampah adalah. *alam lingkungan. • • 3onstruksinya kuat dan tidak bocor Mempunyai tutup sehingga dapat mencegah bau yang ditimbulkan dan menghindari lalat. @eogra+i e. Penyimpanan sampah're+use storage( Yaitu tempat sampah sementara sebelum sampah itu dikumpulkan kemudian diangkat dan dibuang.yaitu . 3ebiasaan masyarakat i. Musim9iklim h. Pengambilan bahan-bahan yang ada pada sampah untuk dipakai kembali d. Teknologi j. *alam hal ini penyimpanan sampah sebaiknya disediakan tempat sampah yang berbeda berdasarkan jenis sampah..c.00-(. misalnya pemisahan sampah organik dan non-organik. ".

- Terdapat lubang !entilasi bertutup kawat kasa untuk mencegah masuknya lalat Tidak menjadi sarang lalat dan tikus Tempat tersebut mudah tercapai. dan kehidupan organisme lainnya yang bertindak sebagai !ektor penyakit. 4al tersebut dikarenakan sampah dapat merugikan kesehatan masyarakat. tikus. Pengelolaan sampah yang baik dan layak bukan saja dapat meningkatkan kebersihan maupun estetika lingkungan. TP% dibangun tidak dekat dengan sumber air bersih Tidak dibangun pada daerah yang sering terkena banjir Terletak jauh dari pemukiman penduduk *iupayakan jalan menuju TP% dibuat jalur sendiri TP% sebaiknya dialokasikan mengarah ke hilir. 4al tersebut dikarenakan sampah dapat sebagai sumber makanan.km. tetapi tidak terlalu dekat dengan pantai untuk menghindari pencemaran perairan dimana jarak minimal ke pantai adalah . akan tetapi juga dapat meniadakan atau menghambat berkembang biaknya !ektor berbagai penyakit menular yang dapat merugikan kesehatan masyarakat.. Pembuangan sampah're+use disposal( Pembuangan sampah merupakan proses terakhir dalam pengelolaan sampah dimana kedalamannya termasuk pengangkutan sampah dan sekaligus pula pemusnahan sampah. . %dapun syarat tempat pembuangan akhir sampah adalah. sarang9tempat tinggal serta sebagai media yang baik untuk perkembangan kehidupan makhluk seperti kehidupan serangga. baik oleh masyarakat pemakai ataupun oleh kendaraan pengakut sampah 2. nyamuk. Pembuangan sampah dilakukan pada tempat pembuangan akhir'TP%( yang biasanya ditempatkan di daerah tertentu sehingga tidak mengganggu kesehatan manusia. lalat.

. nyamuk dll. kolera dan berbagai penyakit lain. gas metana yang dihasilkan dari pembusukan sampah di TP% juga membantu perusakan o8on . kecoa. baik itu dari pencemaran air tanah oleh Aeachate 'air sampah yang dapat menyerap kedalam tanah(. >pen dumping sangat potensial dalam mencemari lingkungan. Metode pembuangan akhir. thypus.e'3u#a4 Open dumping sistem adalah sistem pembuangan sampah terbuka di TP% yang hanya dibiarkan menggunung tanpa ada upaya pengolahan lebih lanjut. bau serta binatang seperti tikus. Pada tahap ini sampah dikumpulkan dan ditimbun bagitu saja dalam lubang yang dibuat pada suatu lahan. lalat. terbagi menjadi.( .Penyakit yang dapat ditimbulkan oleh karena cara-cara penanganan sampah yang tidak baik adalah penyakit disentri. )istem pembuangan sampah terbuka inilah yang masih banyak diterapkan di $ndonesia. )elain menimbulkan bau yang tidak sedap dan memicu munculnya banyak penyakit.(. kali lipat dari pada gas karbon dioksida'2>.. padahal open dumping merupakan sistem yang sudah sangat tidak sesuai dengan perkembangan teknologi . diare.( /( Metode Open dumping Metode 2ontrolled Aand+ill 'Aahan rug Terkendali( Metode )anitary Aand+ill /. Meto&e Open dumping 2Lahan -'u1 .

)ungai dan pipa air minum mungkin teracuni karena bereaksi dengan 8at-8at atau polutan sampah. Tabel Perbandingan )kema Aahan rug '*amanhuri. 2airan yang dihasilkan akibat proses penguraian 'leachate( dapat mencemari sumber air. 4. Aindi mengandung 8at-8at berbahaya bagi tubuh seperti adanya kandungan 4g. *ampak bagi lingkungan .seperti sekarang ini... /. bau dan debu. Merupakan sumber dan tempat perkembangbiakan organisme penyebar penyakit. <. @as yang dihasilkan dalam proses penguraian akan terperangkap di dalam tumpukan sampah dapat menimbulkan ledakan jika mencapai kadar dan tekanan tertentu. Bika lindi tersebut tidak ditata dengan baik. tergantung jenis sampah yang dibuang di TP% tersebut. • Personil lapangan relati+ • sedikit.. *ampak bagi manusia . Penyumbatan badan air. maka dapat menyebar ke dalam tanah dan masuk ke aCui+er air tanah yang dapat menyebabkan pencemaran air tanah . • 3ekurangan Terjadi pencemaran udara oleh gas. sistem ini semakin dirasakan sangat tidak e+ekti+. =.. 6esiko kebakaran cukup besar Mendorong tumbuhnya sarang . Aahan yang luas akan tertutup oleh sampah dan tidak dapat digunakan untuk tujuan lain. "iaya operasi dan perawatan • yang relati+ rendah. . )eiring bertambahnya !olume sampah yang dihasilkan warga setiap harinya.--<( )kema Aahan rug Open Dumping • • • 3elebihan Teknis pelaksanaan mudah. 1. Aindi merupakan limbah cair yang berasal dari sampah basah atau sampah organik yang terkena air hujan. Pencemaran air tanah oleh air lindi. .).

Timbulan gas metan dan air• lindi terkontrol dengan baik sehingga tidak mencemari • Timbulan gas metan dapat diman+aatkan sebagai• sumber energi. lalat.00--an merupakan perbaikan atau peningkatan dari cara open dumping tetapi belum sebaik sanitary landfill.--7(. tetapi dalam metode controlled landfill penerapannya Controlled lebih landfill mendekati atau lahan sanitary urug landfill terkendali 'Mogopiyaibonews. area lahan urug dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti areal parkir.. diperkenalkan oleh *epartemen Pekerjaan mum pada awal tahun . Aahan dapat digunakan• kembali setelah dipakai. %plikasi . %plikasi sistem pelapisan dasar 'liner( yang rumit. !ektor penyakit 'tikus. )etelah selesai• pemakaiannya. 40 Meto&e Conctrolled landfill )istem pengolahan sampah controlled landfill ini merupakan kombinasi antara sistem open dumping dan sistem sanitary landfill. Pada skema ini pelapis dasar berupa lapisan geomembran.• • Controlled landfill • • • Sanitary Landfill • • • *ampak negati+ terhadap• lingkungan dapat diperkecil. lapangan gol+. >perasi lapangan relati+ lebih sulit. "iaya aplikasi pipa-pipa pengumpul dan penyalur air lindi 'leachate( dan intalasi pengolah air lindi. %plikasi sistem lapisan penutup akhir. "iaya aplikasi pipa penyalur gas metan dan instalasi pengkon!ersian gas metan menjadi sumber energi. nyamuk(. Mengurangi estetika lingkungan. %plikasi tanah penutup harian yang mahal. Estetika lingkungan cukup• baik. "iaya operasi dan perawatan cukup besar. Memerlukan personalia lapangan yang cukup terlatih. Aahan tidak dapat digunakan kembali.• dan kebutuhan lain.

)etelah masa lahan abis. Pengawasan sampah dari aspek kesehatan lingkungan dilakukan untuk memantau dampak pembuangan sampah terhadap kemerosotan mutu lingkungan pemukiman yang mungkin terjadi dan dapat menimbulkan gangguan atau bahaya terhadap kesehatan masyarakat. • Pencemaran lingkungan oleh adanya sampah • Meningkatnya tingkat kepadatan !ektior penyakit dan binatang penggu yang berkembang biak disampah (0 Meto&e anita'* lan&5ill Sanitary landfill adalah metode yang lebih modern dibandingkan dengan metode open dumping. Sanitary landfill juga merupakan lahan urug yang telah memperhatikan aspek sanitari lingkungan. Pada metode ini ada beberapa kelebihannya yaitu sampah tidak merembes ketanah karena sudah diberi alas palstik dan lapisan tanah yang diberikan tiap hari itu dapat mencegah menyebarkanya gas metan ke udara.penyebaran debu. )elain itu. kemudian sampah dihamparkan hingga lalu dipadatkan untuk kemudian dilapisi dengan tanah penutup harian setiap akhir operasi dan dipadatkan kembali setebal .antara lain. Aalu pada bagian . gas metana yang dihasilkan juga dapat diolah sehingga dapat diman+aatkan sebagai sumber bahan bakar yang pastinya bernilai ekonomis.-?-. dan sampah ringan yang dapat mencemari lingkungan sekitarnya.tanah penutup harian dilakukan setiap 1-: hari. )ampah diletakkan pada lokasi cekung.--0(. leachate 'air lindi atau air limbah sampah( yang dihasilkan dapat tertangani dengan baik dengan menggunakan mikroorganisme dalam proses pengolahannya sehingga tidak mencemari lingkungan. )ampah dikumpulkan dan ditimbun dilahan yang sebelumnya telah dilapisi oleh plastik kemudian ditambahkan tanah lempung lalu sampah dimasukan kemudian dipadatkan dan yang terakhir adalah pada permukaan atas sampah ditaburi tanah tiap harinya. *engan menggunakan sistem ini.1? dari ketebalan lapisan sampah untuk mencegah berkembangnya !ektor penyakit.. dilakukan penutupan akhir')ari.

atas timbunan tanah penutup harian tersebut dapat dihamparkan lagi sampah yang kemudian ditimbun lagi dengan tanah penutup harian. . yang dilengkapi dengan pipa pengumpul dan penyalur air lindi yang terbentuk dari proses penguraian sampah organik. 3emudian demikian seterusnya hingga terbentuk lapisan-lapisan sampah dan tanah. "agian dasar konstruksi sanitary landfill dibuat lapisan kedap air. penimbunan sampah dengan tanah dilakukan hanya ketika telah mencapai periode tertentu pada sistem controlled landfill. Terdapat juga penyalur gas untuk mengolah gas metan yang dihasilkan dari proses degradasi limbah organik. Bika pada sanitary landfill penimbunan sampah dengan tanah setiap hari. Metode ini merupakan cara yang ideal namun memerlukan biaya in!estasi dan operasional yang tinggi'6ahmasari. @ambar . langkah ini tentunya jauh lebih e+ekti+ menanggulangi masalah yang diakibatkan oleh timbunan sampah yang menumpuk di TP% dengan sistem open dumping seperti dulu. Masih minimnya anggaran yang tersedia menjadikan conctrolled landfill sebagai pilihan sementara yang diambil oleh beberapa kota atau kabupaten di $ndonesia saat ini. Sanitary landfill Perbedaan pengolahan sampah dengan sistem Controlled landfill dan sanitary landfill terletak pada intensitas penimbunan sampahnya dengan tanah..--0(. Namun begitu..

.( . bisanya di TP%. ' Open dumping sangat potensial dalam mencemari lingkungan.( . Pada tahap ini sampah dikumpulkan dan ditimbun bagitu saja dalam lubang yang dibuat pada suatu lahan.. %da . Sanitary landfill adalah metode yang lebih modern dibandingkan dengan metode open dumping. 'Pada metode ini ada beberapa kelebihannya yaitu sampah tidak merembes ke tanah karena sudah diberi alas plastik dan lapisan tanah yang diberikan tiap hari itu dapat mencegah menyebarkanya gas metan ke udara. nyamuk dll. Open dumping yaitu metode penimbunan terbuka dan sering disebut metode kuno. . lalat. baik itu dari pencemaran air tanah oleh Aeachate 'air sampah yang dapat menyerap kedalam tanah(. )ampah dikumpulkan dan ditimbun dilahan yang sebelumnya telah dilapisi oleh plastik kemudian ditambahkan tanah lempung lalu sampah dimasukan kemudian dipadatkan dan yang terakhir adalalah pada permukaan atas sampah ditaburi tanah tiap harinya.BAB III IMP-LAN )ampah yang dihasilkan oleh manusia sangat banyak sekali sehingga bila tidak ditangani dengan serius akan menimbulkan banyak masalah. metode yang digunakan untuk menangani smapah yaitu. kecoa. bau serta binatang seperti tikus.

/ D ../1 5$"( .1 5$"( http./ D .DA..-.wordpress.--7.99www. -/ *esember .99rahmasari.AKA Puti )rikomala.-. -/ *esember .9karawang-tinggalkan-pengolahansampah-open.antaranews.com9.Pengaruh Sistem Open dumping Di Lokasi Pembuangan Akhir (Lpa) Terhadap andungan Logam !erat Pada Air Tanah Dangkal Di Sekitarnya" Burusan Teknik Aingkungan #akultas Teknik ni!ersitas %ndalas http..dumping ' )elasa.==.A" P...--09-/9-:9metode-pembuangan-akhir-sampah9 ' )elasa...com9berita9/=..