You are on page 1of 23

“KABUYUTAN SEBAGAI TRADISI DAN TATA NILAI KI SUNDA”

Gagasan-gagasan Dasar Kekeluagaan Terdapat banyak sekali model tradisi menjaga hubungan kekerabatan di Nusantara yang sudah barang tentu tidak bisa disebutkan secara satu persatu. Mungkin akhir-akhir ini yang bisa dikenal cukup luas adalah adat atau budaya pelagandong di maluku, sehubungan pernah terjadinya konflik yang cukup tajam dan menyangkut perkara yang sangat sensitif terkait unsur SARA, naum demikiana dengan budaya kekerabatan yang dimiliki masyarakat Maluku, konflik tersebut bisa dengan segera diatasi. Sehubungan dengan banyaknya manfaat yang juga telah dibuktikan efekti itas dari budaya menjaga hubungan kekerabatan ini !alaupun dalam keadaan konflik terberat sekalipun, sehingga kiranya budaya kekerabatan ini perlu lebih digali lebih jauh. "iluar masalah penyelesaian konflik, alangkah sayangnya apabila budaya kekerabatan ini bila tidak kita manfaatkan untuk hal-hal lain yang sudah barang tentu tidak kurang manfaatnya mulai dari tahapan kelompok kecil yang paling sederhana, misal dalam pemberdayaan ekonomi keluarga, berlanjut pada penataan pranata ekonomi masyarakat baru menginjak pada tahapan sosial yang lebih luas dan kemasyarakatan dengan demikian pembinaan bera!al dari batu pijakan dari tingkat yang paling kecil dan sederhana yaitu sebuah keluarga yang kemudian berlanjut menjadi sebuah keluarga besar, sehingga lebih jauh membentuk kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bentuk keluarga besar Republik #ndonesia, layaknya sebuah keluarga besar sebagai contoh adalah tertera dalam dasar Negara kita pada sila ke-$ %&ersatuan #ndonesia' dan sila ke-( yaitu %)emanusiaan yang adil * beradab yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam &ermusya!aratan &er!akilan'. "alam kaitan ini, permasalah yang terjadi sudah menjadi keharusan menggunakan landasan &ermusya!aratan dimana hal ini merupakan norma-norma, kebiasaan yang sudah berlaku dan telah berjalan selama ribuan tahun sebagai tata nilai yang telah menjadi perilaku kehidupan masyarakat kita. "engan hampir punahnya budaya yang telah memberikan ketahanan hidup masyarakat kita, kiranya diperlukan upaya-upaya pelestarian dan bila memungkinkan upaya lebih
Nu Jauh Urang deukeutkeun, Geus Deuket urang Raketkeun, Geus Raket Teras Layeutkeun, Geus Layeut Geuwat Paheutkeun, Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid!

lanjut berupa re italisasi dan membudayakan kembali tata nilai yang telah nyata memba!a bangsa kita ke depan gerbang kemerdekaan dan lebih lanjut memasuki gerbang kemerdekaan tersebut yang kemudian mengisinya dengan berlandaskan tata nilai dan peri kehidupan yang sesuai dengan adat kebiasaan, yaitu budaya dan tradisi kekerabatan. Arti penting budaya kekerabatan ini malah telah mendapatkan perhatian pihak asing, misalnya melalui dana bantuan yang diberikan Negara +epang melalui ,N trust-fund untuk budaya &elagandong. -ila pihak asing telah memberikan perhatian tentang arti pentig budaya kekerabatan, alangkah lebih baiknya bila juga bisa mendapat perhatian lebih dari pihak pemerintahan melalui departemen terkait yang bisa disalurkan melalui berbagai sarana dan fasilitas untuk menunjang program pemerintah untuk kepentingan yang lebih tinggi yaitu pembangunan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat secara umum dan tidak hanya pada sebatas penyelesaian konflik yang telah atau potensi konflik yang akan terjadi. Sebagai #lustrasi selain adat &elagandong atau dalam contoh lain adat &eladarah atau lainnya, beberapa falsafah hidup dan contoh persatuan yang berkembang pada masayararakat kita yang lain, misal yang terdapat pada suku )ei. "alam interaksi kehidupan sehari-hari pada masyarakat )ei, terdapat tiga nilai perekat, yakni. falsafah ain ni ani yang dimaknai sebagai bentuk persaudaraan/ falsafah foing fo kut fauw fo banglu. Nilai foing fo kut ini bermakan menghimpun beberapa mayang kelapa lalu diikat jadi satu, dengan tujuan mendapatkan hasil pembakaran yang menghasilkan cahaya untuk menerangi kehidupan, sedangkan fauw fo banglu, bermakna kemampuan menciptakan %peluru' untuk dapat membentengi diri dalam menghadapi serangan012/ dan filosofi wuut ain mehe ni ngifun, manut ain mehe ni tilur, yang bermakna bah!a semua orang )ei berasal dari satu keturunan.0$2 3alsafah hidup yang telah berlaku dalam masyarakat )ei tersebut sudah barang tentu tidak terlepas dari pola hidup yang berjalan seiring dalam format menjaga ikatan keluarga dan kekerabatan,dimana inti dari adat-istiadat orang )ei adalah kekeluargaan. )ekeluargaan pada masyarakat )ei dimaknai dalam arti yang luas yaitu mencakup seluruh dimensi kehidupan manusia, dan tidak hanya terbatas pada bentuk kekeluargaan secara biologis. Semangat kekeluargaan dan kekerabatan di )ei yang diikat dengan hukum adat terujud dalam relasi Yanur-Mangohoi, Koi-Maduan, dan Teabel.
Nu Jauh Urang deukeutkeun, Geus Deuket urang Raketkeun, Geus Raket Teras Layeutkeun, Geus Layeut Geuwat Paheutkeun, Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid!

mengatur. serta mempercayakan diri kepada atasannya dan melayani. yakni Tea yang artinya menggores dan Bel yang berarti darah yang mengalir. -entuk-bentuk kekerabatan masyarakat )ei seperti yang telah dijelaskan di atas. Maduan adalah orang yang selalu memberikan bantuan. Yanur-Mangohoi diikat dalam suatu perka!inan dan berlaku terus selama belum ada kematian dari salah satu pihak. . -entuk kekerabatan ini berlandaskan rasa percaya yang tinggi. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. &erjanjian adat mengkondisikan semua orang untuk saling membantu dan mengaggap orang lain sebagai keluarga sendiri. Geus Deuket urang Raketkeun. Ket!ga Teabel. Maduan berarti tuan atau pemilik. yakni. Koi-Maduan dapat dipakai dalam beberapa konteks. bentuk kekerabatan ini merupakan suatu kesatuan orangorang yang diikat dalam perka!inan adat. dan bertanggungja!ab atas kepentingan ba!ahannya. semangat solidaritas. Fam merupakan suatu kelompok kekerabatan yang bersifat patrilineal. di dalamnya terdapat relasi atasan dan ba!ahan. memiliki beberapa kesamaan gagasan dasar yakni sikap hidup kolektif. misalnya dalam perka!inan dan perjanjian sosial-ekonomi. +adi Teabel adalah bentuk kekerabatan atau perjanjian yang diikat oleh %aliran darah'. namun implikasi dari sistem ini juga ada dalam upacara kematian.nsur yang utama dari budaya ini adalah solidaritas antara saudara yang menunjuk pada dua hal. istilah ini terdiri dari dua kata. namun dalam prakteknya. &ihak atasan bertindak sebagai yang menguasai. dan kekeluargaan. sedangkan pihak penerima bantuan disebut Koi yang artinya ba!ahan atau abdi. ada dua hal yang perlu diuraikan. mengutamakan suatu persaudaraan yang diikat dalam keluarga. Artinya perka!inan dua orang menjadi tanggungja!ab dua keluarga besar 4fam5. dilayani dan diperhatikan. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . dan kemampuan untuk terlibat dalam kehidupan orang lain dalam kesepakatan adat. Nu Jauh Urang deukeutkeun. Sistem kekerabatan ini sebenarnya mau mengangkat derajad semua orang sebagai saudara yang harus dihargai. Semua orang terikat dalam relasi kekeluargaan tanpa membedakan agama. sikap untuk membantu orang6kampung lain yang terlibat dalam perjanjian itu. Kedua Koi-Maduan. Geus Raket Teras Layeutkeun. secara harfiah. menuntut hak. Meskipun islilah ini hanya dikenakan dalam konteks perka!inan. Yanur-Mangohoi. terkadang yang terjadi adalah dominasi atasan terhadap ba!ahan. -erdasarkan itu.Pertama. sedangkan pihak ba!ahan !ajib tunduk dan taat.

sikap kolektif orang )ei. 7ubungan antar pribadi selalu didasarkan atas hubungan %saudara'. Geus Deuket urang Raketkeun. yanyanat fo yananat. perjanjian. apabila aturan atau hukum dilanggar. itu juga merupakan kebutuhan untuk menentukan sebutan masing-masing pihak dalam menggunakan bahasa Sunda. "alam tindakan kolektif 4sosial5 orang )ei selalu memprioritaskan aspek hukum. saudara yang berhubungan untuk generasi tujuh ke ba!ah atau ertikal. maka akibatnya kekerabatan atau kekeluargaan menjadi %ternodai. Semua orang dilihat sebagai saudara dari satu keluarga. renggang. tetapi ketaatan orang )ei kepada hukum demi kekerabatan. "alam keluarga Sunda. )eataatan terhadap hukum ini didasarkan pada cita-cita agar kekerabatan semakin ter!ujud. "idalam kehidupan bersama. #tulah suatu kecenderungan dalam sikap kolektif orang )ei. bahkan bisa hilang6terputus. kesimpulan yang selalu diambil adalah %kamu dan saya adik-kakak'. yang berarti taat kepada hukum demi hukum itu.” #ni bermakna bah!a keluarga )ei memiliki struktur yang memaksa setiap anggota keluarga untuk memiliki status sendiri. bahkan memutlakannya. le!at pertanyaan %siapa orang tuamu'. hukum adat selalu dijunjung tinggi diatas segalanya. in u Nu Jauh Urang deukeutkeun. &eraturan. :aitu anak. Kedua.Pertama. kebersamaan yang berpusat pada keluarga. mangohoi fo mangohoi. warin fo warin. #nti dari struktur ini adalah menempatan orang tua sebagai atasan dan anak sebagai ba!ahan. Satu kecenderungan dasar masyarakat )ei dalam menelusuri hubungan kekeluargaaa dalam pergaulan. dan kesepakatan yang diikat dalam hukum harus ditaati agar kekerabatan bisa bertahan. yanur fo yanur. meskipun sebenarnya tidak ada hubungan darah dalam arti sempit. Geus Raket Teras Layeutkeun. yaan fo yaan. misalnya. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Terkait hal diatas apakah kita juga memiliki budaya menjaga kekerabatan dan pertalian keluarga9 &ancakaki merupakan s!stem kekera"atan mas#arakat Sunda yang didasarkan pada hubungan seseorang dalam sebuah komunitas keluarga yang menjadi adat istiadat dan kebiasaan yang penting dalam hidup urang Sunda. 8ara seperti ini sama saja dengan menepatkan orang lain dalam struktur keluarganya. pertama. 7al ini jelas dalam struktur keluarga ala )ei le!at istilah “Teen fo teen. ayah yang bertindak sebagai kepala keluarga. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . dalam suku Sunda dikenal adanya pan akaki yaitu sebagai istilah-istilah untuk menunjukan hubungan kekerabatan. #katan kekeluargaan yang kuat dalam suku Sunda sangat mempengaruhi dalam adat istiadat. karena selain menggambarkan sifat-sifat urang Sunda yang ingin selalu bersilaturahim. Namun perlu dipahami bah!a kekerabatan karena ketaatan kepada hukum bukan berarti sikap legalistis. "alam sistem keluarga atau kekerabatan dalam suku Sunda bersifat birateral yaitu garis keturunan ditarik dari pihak ayah dan ibu bersama. 8ontohnya.

saatnya kita ber-pancakaki. +adi. pancakaki menunjukkan hubungan seseorang dalam garis keluarga 4perenahna jelema ka jelema deui anu sakula!arga ata!a kaasup baraya keneh5. pancakaki juga bisa diartikan sebagai proses penelusuran hubungan seseorang dalam jalur kekerabatan 4mapay perenahna kabarayaan5. >. )edua. dalam )amus . kapilanceuk. ketika kita mengunjungi suatu daerah.4cucu5. Antara saya dan Anda. ternyata dulur. -agi urang Sunda ki!ari. -iasanya hal ini terjadi ketika seseorang nganjang ke suatu daerah dan di sana ia menemukan bah!a antara si pemilik rumah dan dirinya ada ikatan persaudaraan. Silaturahim juga merupakan salah satu penentu masuk surga dan terciptanya keharmonisan interaksi. )ita pasti mengenal istilah kekerabatan. buyut. karena bisa jadi rakyat miskin yang tak bisa makan di luar sana adalah kerabat dan saudara kita yang bersumber dari satu mata air yang sama. Semua berasal dari Nabi Adam AS. "imana &enelusuran garis keturunan 4sakeseler5 dalam kha. ?irik kiri-kanan. &ertama.mum -asa Sunda 4<==$5. Geus Deuket urang Raketkeun. Sebab. emang. tetapi juga menelusuri dari mana asal diri kita. mungkin kalau ber-pancakaki. pihak yang dikunjungi akan membuka percakapan. Secara empiris. ada peribahasa bah!a dunia itu tidak selebar daun kelor. aki ti gigir. incu. dalam ajaran agama. umpamanya bisa mendapatkan kesadaran bah!a sebetulnya mereka berasal dari rakyat dan memegang jabatan berarti pula memegang amanat keluarga. jangan-jangan ada keluarga dekat atau jauh. Geus Raket Teras Layeutkeun. anggahwareng atau "anggawareng. seperti indung. )arena itu. buyut! piut. aki. Minimal sadulur jauh. kait#iwur atau gatung#iwur. )arena itu.anah kesundaan diistilahkan dengan $an%akak!. sesungguhnya seluruh umat manusia sesungguhnya bersaudara@ Nu Jauh Urang deukeutkeun. bapa.jang teh ti mana jeung putra saha 4Adik itu dari mana dan anak siapa59> #ni dilakukan untuk mengetahui asal-usul keturunan tamu sehingga pribumi akan lebih akrab atau !anoh dengan semah guna mendobrak kekikukan dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Sistem kekerabatan ini merupakan simbol dari tali silaturahmi khas Sunda 4 pan akaki5 ini sesuai dengan ajaran agama yang mengajarkan umatnya untuk menyebarkan keselamatan. Maka. anak. ber-pancakaki tidak hanya dilakukan untuk menelusuri garis keturunan. pancakaki diartikan dengan dua pengertian. alo. udeg-udeg. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. dan nini ti gigir. nini. seorang pengusaha dan pejabat. euceu. pancakaki pada pengertian ini adalah proses pengorekan informasi keturunan untuk menemukan garis kekerabatan yang sempat putus. suan. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . Secara definisi. bao. Maka. semua manusia bersaudara. bibi. kapiadi.

anah kesundaan diistilahkan dengan $an%akak!. lalu $llah menyelamatkan kamu #ekalian daripadanya. keberkahan yang agung. &emikianlah $llah menerangkan ayat-ayat-'ya kepadamu. yaitu. menjaga tali silaturahmi merupakan bentuk taAarrub yang paling berharga. &enelusuran garis keturunan 4sekeseler5 dalam kha. dua orang yang baru bertemu akan saling bertanya tentang asal-usul atau dalam bahasa sunda Bibit Buit. ketaatan yang paling agung. maka $llah memper#atukan hatimu. Menurut A&!$ R's!d! ()**+. yaitu. Silaturrahim juga merupakan ketaatan kepada Allah dan ibadah besar. &ancakaki sebagai produk ke"uda#aan Sunda mempunyai peran penting dalam menciptakan relasi sosial dan komunikasi interpersonal yang harmonis dalam komunitas dan merupakan adat istiadat dan kebiasaan yang penting dalam hidup urang Sunda. serta petunjuk takutnya hamba kepada Rabb-Nya.$. "alam kaitan kehidupan beragama. pancakaki memiliki pengertian hubungan seseorang dengan seseorang yang memastikan adanya tali keturunan atau persaudaraan. dimana dalam percakapan umum. yaitu tradisi bernama &ancakaki. dan ingatlah akan nikmat $llah kepadamu ketika kamu bermu#uh-mu#uhan.<C$. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun.• Pertal!an Kekera"atan Se"aga! Landasan P!&ak "alam Tradisi Sunda terdapat tradisi yang sangat penting. Berpegang teguhlah pada tali allah dan "anganlah kalian ber erai berai. "imana hal ini merupakan simbol dari tali silaturahmi khas Sunda 4pancakaki5. mendatangkan manfaat yang besar dan menyeluruh di dunia dan akhirat dimana hal ini sesuai dengan perintah Allah seperti terdapat dalam BS. juga menggambarkan sifat-sifat urang Sunda yang ingin selalu bersilaturahim. seperti terdapat dalam firman Allah yang lain. Geus Raket Teras Layeutkeun. dengan ber-pancakaki sebetulnya kita 4urang Sunda5 tengah membina silaturahim dengan setiap orang. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . agar kamu mendapat petun"uk. "alam )amus . +adi. Nu Jauh Urang deukeutkeun. memiliki kedudukan yang paling tinggi. Geus Deuket urang Raketkeun.mum -asa Sunda 4<==$5. lalu men"adikan kamu karena nikmat $llah orang-orang yang ber#audara% dan kamu telah berada di tepi "urang neraka. yaitu pancakaki menunjukkan hubungan seseorang dalam garis keluarga 4perenahna jelema ka jelema deui anu sakula!arga ata!a kaasup baraya keneh5.. istilah lain yang ditemukan yang berkaitan dengan )abuyutan adalah )ata -uyut itu sendiri yang berarti Ayah dari )akek kita. karena selain merupakan kebutuhan untuk menentukan sebutan masing-masing pihak dalam menggunakan bahasa Sunda.

Pi _ Hj EZ H \ Ke E k Hd KR Ha El E mL Kn EN Kk HJ K LU H ` E FX Ef Pb Eo KT PQ H Fp H Kfb H. Rahim 4kekerabatan5. 41CC~ . al--ukhari <C6$}C dan Muslim no. "alam perspektif bahasa Arab. hendaklah ia menyambung silaturahmi'. -eliau Shallallahu halaihi !a sallam bersabda. Geus Raket Teras Layeutkeun.5 &alam Budaya (unda. "ilihat dari aspek tarkib. pe!akilan klan5 dapat kita lihat seperti pada lampiran di belakang. Rasulullah Shallallahu halaihi !a sallam bersabda. Allah letakkan di qArsy. padahal Rasulullah sa! bersabda.(ilih $#uh . Geus Deuket urang Raketkeun.DFG E HI EJ KL M H NO P Q H NR P FS HT HU H V KW PX YZ H Q HN K[ H ST HU H \ H] H NT P Q^ H_ EX E` P La Hb H^ Hcb H Q H Nd Pe E T Hf H Tg EJ YLU H dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan.(ilih $#ah . dan mereka takut kepada Rabbnya dan takut kepada hisab yang buruk.m! se"aga! se"ua.(ilih *awangi. dan barangsiapa yang memutuskan aku niscaya Allah memutuskan hubungan dengannya.w PN Kx Py Hz E a Kr HJ K FX E{ |x Hd Yr Hb P V Pj Ea Y JL H >Rahim bergantung di Arys seraya berkata Barangsiapa yang menyambung hubunganku niscaya Allah menyambungnya. • Pengert!an S!latura. Ar-Rahim. <C•}5 silaturahim atau silaturahmi bermakna tali persahabatan atau persaudaraan. ilustrasi model per!akilan berdasarkan ikatan keluarga dan pertalian nasab tersebut 4baca.> 4MuttafaAun halaih.m! "alam )amus -esar -ahasa #ndonesia 41CC~ . (QS. P L_ ` Pr Hs Ht H uv Er Hs Ht Hf Kb HU H ` P L_ Pd H] H U H uv Ed H] H U H f Kb H . •<C5 mengungkap bah!a silaturahmi itu sebagai terjemahan #ndonesia dari bahasa Arab VjaJL {d] . adalah salah satu nama Allah. Nu Jauh Urang deukeutkeun. -agaimana tidak. 1}}}. dimana hal ini juga bisa menjadi model pengembangan organisasi -amus Sunda di kemudian hari. • -en&aga Tal! S!latura. Ar-Ra'd !"# Rasulullah Shallallahu halaihi !a sallam mengaitkan antara menyambung silaturahmi dgn keimanan terhadap Allah * hari Akhir. $r-rahman $r-rahim #elan"utnya di#ulukeun dalam kalimat) (ilih $#ih . Ke/a&!"an Memperhatikan hal tersebut ternyata dapat kita lihat jalan persatuan sunda hanya bisa ditempuh melalui pendekatan ikatan dan pertalian nasab dalam keluarga 4silsilah5. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . Ahmad €arson dan Muhammad 3airu. %-arangsiapa nan beriman kepada Allah * hari Akhir.

$. &an kata rahim diartikan +kerabat” karena kerabat itu keluar dari #atu rahim yang #ama. Nu Jauh Urang deukeutkeun. V‚‚jaJL {d‚‚]merupakan tarkib idhofi. Ahmad €arson 41CC1 . Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . • Pem"ag!an S!latura. menunaikan hak-hak yang !ajib dan yang sunnah. Makna Silaturahmi -erdasarkan dua pengertian pada dua point di atas.ntuk memahami makna silaturahmi. aku ambil namamu dari namaku. kemurahan hati5. !ajib disambungkan dengan cara saling menasehati. :ang bayi itu punya sifat disayangi pada saat dalam perut dan menyayangi orang lain setelah keluar dari perut ibunya.lafad. peranakan dan kerabat. ketika Allah S!t menciptakan rahim. ( . 1=•5 mengutip pendapat #mam Al-Burthubi yang menjelaskan bah!a silaturahmi yang mesti disambungkan itu terbagi kepada dua bagian. kemudian makna silaturahmi. • Sedangkan sulaturahmi khusus yaitu dengan cara memberi nafakah kepada kerabat. yang isinya menyebutkan. (•$5 mengartikan. hubungan. ( . menyayangi dan memperhatikan kondi#i mereka. Geus Raket Teras Layeutkeun. 1=}5 mendefinisikan bah!a silaturahmi adalah kia#an tentang berbuat baik kepada kerabat yang memiliki hubungan na#ab dan kerabat ber#ikap lembut. maka makna silaturahmi secara harfiah adalah menyambungkan kasih-sayang atau kekerabatan yang menghendaki kebaikan. <. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Al-Raghib 41CC• . {d‚‚] merupakan mashdar dari \‚‚]U . yaitu tarkib 4susunan5 yang terdiri dari mudhof 4{d]5 dan mudhof ilaih 4VjaJL5. Geus Deuket urang Raketkeun. yaitu silaturahmi umum dan silaturahmi khusus. siapa yang menghubungkan padamu Aku menghubungkannya dan siapa yang memutuskan denganmu Aku memutuskannya'. maka kami terlebih dahulu akan menjelaskan tentang makna {d] dan VjaJL . berlaku adil. V‚‚‚jZ adalah rahim.m! As-Shonhani 4<==1 . #ni memberi isyarat bah!a rahmah-rahim mengandung makna AlRiAAatu 4belas-kasihan5 dan Al-#hs„n 4kederma!anan. Al-Raghib 41CC• . . Makna Rahim Ahmad €arson 41CC1 . 1. %Aku al-Rahman dan engkau al-Rahim. <}•1-<}•$5 mengartikan bah!a {d] adalah perhubungan. #a berfirman. 1<•5 juga mengutip sabda Nabi. 1<} 5 mengkaitkan kata rahim dengan rahim al-marƒah 4rahim seorang perempuan5 yaitu tempat bayi di perut ibu. • Silaturahmi umum yaitu rahim dalam agama. Sementara itu #mam As-Shonhani 4<==1 . Makna Shillah ?afad. pemberian dan karunia.

5––5 V P ۡb Ž H Fj H Z^ HL Kۡ N Ps r •ٓ x Hy PU H • EZ ‘ H J’ ۡ ۡ ˆR EL K U• PG E“ y P ۡ Q^ H V P kJ ” ۡ YN Hۡ y H Q• E V P kG ” ۡ Hۡ ‰ H H W \R Hۡ ˆ‚i H‰ K^ HU H V KW Pi Y ‚] H ‘ HR H ‚` P LV P ‚W Pv Hr HJ Hf H Tg E ‚J YL — H ‚˜ EJ HU K^ P. sehingga tidaklah mengherankan apabila terdapat istilah “$ebih berharga kulit lasun (musang# yang berada di tempat sampah dari pada ra%a putra yang meniggalkan &abuyutan dan tidak bisa mempertahankan kabuyutannya.' )arena itu juga berarti telah memutus tali silaturahmi. >-acalah firman Allah S€T. seperti yang disampaikan Abdullah bin Abi Aufa. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Geus Raket Teras Layeutkeun. yaitu sebuah perintah untuk tidak bercerai berai. …j V EZ H † P‡ E Ft HV KW Ek KR En …N Kt H ˆd H‰ H { Pi Hj Ka Y JL w PŠ Ev Ky H‹ H >Rahmat tidak turun kepada kaum yang pada mereka ada yang memutuskan silaturrahim .m!0 • Rasulullah sa! bersabda. ia berkata. <}• dan dijelaskan oleh muhaAAiA bah!a Syaikh al-Albani mengatakan bah!a hadits ini dhahif dalam "hahif al+amih no <(•$.<C$. +adi dalam makna kekerabatan yang berkaitana erat dengan budaya &ancakaki dalam tradisi Sunda. )uhammad !!-!+# Nu Jauh Urang deukeutkeun. beliau bersabda. hAku mendengar Rasulullah bersabda.5 • Be"era$a Pen#e"a" Ter$utusn#a Tal! S!latura. &ent. al-ukhari <C6$(~ dan Muslim no."engan demikian Tradisi &ancakaki pada Adat Sunda adalah merupakan sebuah kebudayaan Sunda dalam menjaga Tali Silaturahim untuk terciptanya keharmonisan interaksi interpersonal dalam hidup bermasyarakat. Geus Deuket urang Raketkeun. V KŽ Pb H F‚j HZ K^ H LN‚r Ps •x Hy PU H • E Z K™ HL K u‚R E LU• P ‚G E“ Ky P Q^ HV K” Pk KJ YN H ‚y H Q• EV K” Pk KG H‰ H \ KW HR H Kš V PZ H Fe H X K^ H )aka apakah kiranya %ika kamu berkuasa kamu akan membuat kerusakan dimuka bumi dan memutuskan hubungan kekeluargaan .> 4MuttafaAun halaih. dari Nabi Muhammad.$5.> 47adits ini diri!ayatkan oleh Abu ?aits as-SamarAandi no. 1}}•. maka menjaga )abuyutan adalah berarti menjaga tali silaturahmi dan seperti yang diperintahkan dalam 4BS. )ereka itulah orang-orang yang dila'nati Allah dan ditulikan-*ya telinga mereka dan dibutakan-*ya penglihatan mereka. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! .5 "an orang yang memutuskan tali silaturrahim terancam tidak bisa masuk surga. |‡ † E Ft H{ Hv YŒ HJ KL \ Pl P• KT H‹ H >(idak bisa masuk surga orang yang memutuskan (silaturrahim 5. Namun pengarang mengatakan bah!a hadits ini diri!ayatkan oleh Muslim dan tidak menjelaskan nomor hadits. (QS. "ari Abu Muhammad +ubair bin Muthhim. €allahu Ahlam.

#nilah hubungan maksimal yang bisa kita kenal. begitupun terjadi antara Rasululah Muhammad S. Geus Deuket urang Raketkeun. baik keatas terlebih saudara menyamping.(u%uh (urunan-. tapi cukup jarang dari kita yang cukup sayang kepada -uyut.• &erbedaan AAidah.ntuk identifikasi kandungan nilai-nilai dalam Nu Jauh Urang deukeutkeun. . Suatu keberuntungan bila kita masih bisa bertemu dengan -uyut kita dan sungguh sangat jarang dari kita yang bisa kenal sampai ketingkat diatasya. cucu dan buyut kita. Geus Raket Teras Layeutkeun. yaitu menjaga nilai-nilai kebaikan dari ayah-ibu. yang mana )akek-Nenek kita mendapatkannya dari -uyut kita. jarak dan kesibukan serta rentang !aktu yang sudah sedemikian panjang dan keluarga yang sudah demikian sangat besar membuat kita ini seperti orang lain antara satu dengan lainnya namun demikian kenyataaan bah!a kita memiliki hubungan pertalian darah adalah sesuatau keadaan yang tidak dapat kita pungkiri. &ada kenyataanya !arisan berbentuk materi lebih memberikan kontribusi dalam bentuk perselisihan dalam lingkungan keluarga kita Salah satu dimensi paling penting lain dalam nilai-nilai uni ersal kebudayaan Tatar Sunda adalah apa yang terangkum dalam istilah kabuyutan. • )arena terjadinya kehilangan informasi dan jejak asal-usul kita 4pareumeun obor5. dari -uyut sampai ke -uyut dan kita berada pada generasi tengah. • Bu#ut se"aga! Pe/ar!s tata n!la!1 €arisan paling berharga dari orang tua kita adalah berupa nilai-nilai kebaikan. sebagai contoh kejadian ini pernah dialami Nabi Nuh dengan puteranya )an›an. Tiga keturunan dari atas dan tiga keturunan keba!ah. "alam salah satu naskah kuno Sunda dikatakan bah!a anak bangsa yang tidak mampu mempertahankan kabuyutan-nya jauh lebih hina dibanding kulit musang yang tercampak di tempat sampah. kakek-nenek dan buyut serta meneruskan nilai-nilai kebaikan tersebut kepada anak.€ dengan pamannya Abu +ahal. dari Ayah#bu dan )akek-Nenek.A. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . yaitu generasi ke-(. )ekayaan alam telah kita ambil habis untuk kepentingan membuat tabungan keuangan dan demi kepentingan !arisan kepada anak atau cucu kita. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. namun kita telah lupa untuk me!ariskan kekayaan alam kita kepada buyut kita. yaitu -ao. dst. ?eluhur-leluhur Sunda sangat me!anti-!antikan anak keturunan dan masyarakatnya agar mereka benar-benar menjaga dan memelihara kabuyutan. Sebuah ke!ajaran bila kita menyayangi anak atau bahkan cucu kita. inilah hakekat menjaga !arisan .

pendidikan dan pembelajaran. Nilai pokok kabuyutan yang terdapat dalam kon ensi regional maupun internasional telah menunjukkan bah!a semangat kabuyutan merupakan sesuatu yang uni ersal. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . sepanjang tidak bertentangan dengan kebijakan yang telah digariskan. +a!a Timur. "alam hal ini. perencanaan sosial. memerintah Raja Airlangga. prinsip keterlibatan 4partisipasi5 masyarakat dari &-M. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. dan siapa berbuat apa 4baik dinas. Sri +aya -hupati telah menetapkan sebagian dari Nu Jauh Urang deukeutkeun. sebagaimana catatan sejarah juga mengindikasikannya. seorang raja Sunda. filologi dan arkeologi. &ada gilirannya. &engertian ini meliputi unsur. kebijakan yang diperlukan. &rinsip pembangunan kebudayaan yang mesti dilibatkan tiada lain adalah. ilmu pengetahuan dan teknologi. kandungan bahan pengembangan sain dan teknologi. "alam prasasti tersebut. kabuyutan akan terkait erat dengan unsur ekonomi. Salah satu keuntungan dari strategi mengkaitkan program dan kegiatan kabuyutan kepada program-program yang bersifat internasional semacam Agenda 1< adalah peluang untuk mendapat sumber alternatif pembiayaan. Geus Deuket urang Raketkeun. #nformasi berbagai alternatif pendanaan dari luar &emerintah. &rabu Sri +aya -hupati memerintah bersamaan saat di )ediri. bahasa dan sastera. "alam kaitan ini. kabuyutan berati segenap kandungan nilai-nilai. “Ka"u#utan” 8atatan atau peninggalan sejarah Sunda tertua yang memuat istilah kabuyutan sejauh ini adalah sebuah prasasti yang dikenal dengan prasasti 8ibadak. )etiga prinsip tersebut akan lebih memberikan rumusan yang kongkret mengenai indikator pencapaian sasaran stratejik 4outcome5. dan lembaga &emerintah/ s!asta. sasaran stratejik. dan ketiga langkah R) 4pemahaman yang mendalam sehingga menimbulkan kesadaran. Geus Raket Teras Layeutkeun. prinsip penguatan dan pemberdayaan nilai-nilai dari &--. "imensi kabuyutan sangat memenuhi kriteria untuk dituangkan ke dalam perencanaan tujuan stratejik. hingga program dan kegiatan guna pencapan misi -amus Sunda. yang dibuat antara <CC•-<C<• M. maupun masyarakat luas5. lembaga masyarakat. • Se&ara. &rasasti ini merupakan peninggalan Sri +aya -upati. sosial dan politik. kesenian/ dan kandungan sejarah. aspek sosial dan budaya yang telah dan mungkin dapat dikembangkan dari kandungan kabuyutan secara fisik. Strategi Nasional &embangunan -erkelanjutan œ yang merupakan tindak lanjut kon ensi dunia tentang lingkungan 4)TT -umi 1CC15 œ merupakan salah satu conto acuan program dimaksud. program semacam Agenda 1< #ndonesia. badan. Penggunaan Ist!la. &abuyutan dalam makna lingkungan sosial budaya. dan kreati itas budaya5.nilai pokok kabuyutan ini penting kiranya untuk mengenal penggunaan istilah kabuyutan dalam sejarah.

. &enggunaan istilah kabuyutan dapat ditelusuri lebih lanjut dalam sejarah. %Amanat žalunggung' adalah peninggalan raja Sunda &rabuguru "armasiksa 4<<~} . dibuat oleh Sri 4aya Bhupati Ra%a Sunda dan %angan ada yang melanggar ketentuan di sungai ini. http. diantaranya yang memuat istilah kabuyutan.. ulah 4larangan5. # +a!a -arat.66!!!. sebagai kabuyutan. yaitu Naskah 8iburuy atau Naskah žalunggung yang terkenal sebagai %Amanat žalunggung' atau %Amanat &rabuguru "armasiksa'. . $isunda%yahoogroups"#om .Sungai Sanghyang (apak. Amanat ini berupa cecekelan hirup 4pegangan hidup5. 3nilah saat ra%a Sunda )ahara%a Sri 4aya Bhupati 4ayamanahen 5isnumurti Samara2i%aya Sakala buana-mandal es2ara nindita 1arogo 2ardana 5ikramotunggade2a membuat tanda di sebelah (imur Sanghyang (apak. Raja &ajajaran yang pertama dan termashur pada sekitar abad <( M. alias Oman Abdurahman. #stilah kabuyutan selanjutnya terdapat dalam naskah kuna Sunda peninggalan abad ke-<$. 7. Geus Raket Teras Layeutkeun. #stilah kabuyutan juga terdapat dalam &rasasti )ebantenan 4&)b5 •. &royek &enerbitan Sejarah +a!a -arat. Geus Deuket urang Raketkeun. dan kudu 4keharusan5 yang harus dipegang teguh oleh semua urang Sunda agar jaya sebagai bangsa. urangsunda%yahoogroups"#om. yaitu nasehat-nasehat beliau kepada anak keturunannya dan semua rakyatnya.<1=~ M5. +ilid ke-$.php9idŸ<<~ ( Nu Jauh Urang deukeutkeun. adalah. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . •$1 dalam arsip Museum Nasional. ?ebih jelasnya. dan disebut pula sebagai )ropak No.com6artikel. • 7arus dijaga kemungkinan orang asing dapat merebut kabuyutan 4tanah yang disakralkan5.R. 1CC151. Rintisan &enelusuran Masa Silam Sejarah +a!a -arat. Naskah 8iburuy ditemukan di daerah 8iburuy.Selamat. 7idayat Suryalaga. Ketua Lembaga Jajar Paku Desa (LJPD) untuk Kemitraan dan Penguatan Masyarakat Pedesaan .. dalam tahun Saka /0! bulan &artika tanggal "! bagian terang hari 1ariyang&li2on-Ahad 2uku (ambir. domisili di Bandung. peneliti pada Bujangga Manik Research Center (BMRC). 1 Tulisan tentang Kabuyutan oleh Manar. omanarah%gmail"#om Saleh "anasasmita dkk. Amanat 6alunggung 7rabuguru 8armasiksa.R. #si naskah kuno ini menunjukkan bah!a dalam budaya Sunda telah terdapat pandangan hidup atau isi ajaran hidup sejak abad <$ œ <} M. yaitu tempat yang memiliki pantangan 4larangan5 untuk ditaati oleh segenap rakyatnya. narasumber/moderator ebsite/ milist http!// "sundanet"#om. <=•(.sundanet. -andung "rs. namun ternyata dijumpai pula dalam sejarah peradaban suku bangsa selain Sunda. žarut Selatan. di ba!ah ini dikutipkan kabuyutan dari Raja Sri +aya -hupati dalam prasasti tersebut<. yaitu prasasti nomer } peninggalan Sribaduga 4&rabu Sili!angi5. tidak saja di kalangan masyarakat Sunda. 4angan ada yang menangkap ikan di bagian sungai ini mulai dari batas daerah &abuyutan Sanghyang (apak dibagian hulu. Naskah ini ditulis pada daun nipah sebanyak • 4enam5 lembar yang terdiri atas <1 4dua belas5 halaman/ mengunakan aksara Sunda )uno 47. 7idayat Suryalaga. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. pemerintah &ropinsi "aerah Tk. e&mail address! o'arahman%yahoo"#om .

unggul perang. berjaya. kabuyutan sebagai tempat yang suci atau tempat yang disakralkan beserta segala kandungan isinya. situs atau prasasti. &ada abad <}-<• M•5/ $ ( } • “&abuyutan.66!!!. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Agus Aris Munandar.langsing.66arkeologi. } • Nama tempat suci di ka!asan luar Tatar Sunda.net6inde¡<.!ikipedia.ac. (. 8egahlah kabuyutan jangan sampai dikuasai orang asing. 7arian &ikiran Rakyat .ui. Selasa. di 6unung 6ede dan 6unung 7angrango. 7eran 7enting data dari &arya Sastra 4a2a &una dalam &a%ian Arkeologi 1indu-Buddha 9andi 7endharmaan ("+-"0)#.php9idŸ ie! ne!s*ct ne!sŸ<(• "r. tempat yang disucikan atau disakralkan. di 4menurut5 masyarakat Tatar Sunda$. • • • • -ila terjadi perang. bisa me!ariskan kekayaan sampai turun temurun. http.66!!!.id6 Nu Jauh Urang deukeutkeun. +angan tidak berbakti kepada leluhur yang telah mampu mempertahankan tanahnya 4kabuyutan-nya5 pada jamannya.fib.html &rasasti Astana žede )a!ali http. http. harian %)ompas'.• Siapa saja yang dapat menduduki kabuyutan 4tanah yang disakralkan5 žalunggung.mumnya dikaitkan dengan makna utamanya sebagai tempat suci. 1CC}. "r. baik yang tampak (tangible# maupun tak tampak (inatngible# • . ?ebih berharga kulit lasun 4musang5 yang berada di tempat sampah dari pada raja putra yang tidak bisa mempertahankan kabuyutan-nya. • -akna Ka"u#utan &emahaman yang mendalam terhadap sejarah penggunaan istilah kabuyutan akan melahirkan beberapa tingkatan makna kabuyutan. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . &rof. Geus Deuket urang Raketkeun. "alam kaitan konteks demikian. maka terdapat tingkatan-tingkatan makna kabuyutan sebagai berikut. akan beroleh kesaktian. penggunaan istilah %kabuyutan Majapahit' oleh -ujangga Manik. <$ Agustus 1CC1. situs atau tempat keramat. meliputi makna aslinya maupun pengembangan pemaknaan dalam rangka re italisasi 4nilai-nilai5 kebudayaan.net6gunung6artikel6kabuyutan. pertahankanlah kabuyutan yang disucikan itu. ".66id. namun orang yang menggunakannya adalah orang Sunda 4lihat misalnya. seorang sejara!an Sunda yang hidup kl. Ayatrohaedi. Geus Raket Teras Layeutkeun. http.org6!iki6&rasasti Astana žede %Situs dan -enda 8agar -udaya Menurut Masyarakat Sunda'. Ayatrohaedi.

homestead. Minggu.net6inde¡<.ringingrocks.org6!!!6lontar 4lihat rujukan nomor 115 ?ontar . sebagaimana catatan se%arah %uga mengindikasikannya.php9idŸ ie! ne!s*ct ne!sŸ1$• ol16usada¤1Cila6pages6page<1. žuntur.italisasi.sada Ti!ang http. • Nama desa-desa di +a!a di masa lalu dan %-uyut' atau %"hari' adalah nama pemimpin desa 4kabuyutan5 tersebut <1 +. atau pantangan dari leluhur sebagaimana dalam adat masyarakat -aduy<•/ • Ka"u#utan se"aga! N!la! P'k'k Ke"uda#aan Tatar Sunda Nilai-nilai pokok atau dimensi paling penting dari suatu kebudayaan adalah nilai-nilai yang uni ersal yang akan diterima oleh bangsa apa pun di dunia ini/ atau nilai-nilai yang kebenarannya tidak perlu diperdebatkan lagi dan yang diperlukan hanyalah aplikasi atau ~ 4lihat rujukan nomor <15 Nama salah satu gunung di komp. 7engertian ini meliputi unsur pendidikan dan pembela%aran. bahasa dan sastera.htm 7arian )edaulatan Rakyat.• Tempat-tempat suci yang dinamakan kabuyutan tersebut dapat berupa pertapaan ~. =ilologi dan arkeologi. bermakna leluhur yang berdiam di )ahiyangan<(/ atau nama suatu jenis penyakit<} <.com6pustaka6usadati!ang.com6files6Sejarah6b$(. sungai=.66!!!.66!!!.66!!!. atau ka!asan kerajaan<C yang secara geografis dapat dijumpai sampai di luar !ilayah +a!a -arat sekalipun<<. tabu. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . <C-~-1CC} http. -rebes. 8alam kaitan ini.66!!!. kandungan bahan pengembangan sain dan teknologi.go.pu. http.htm Sungai )abuyutan.go.sada Ti!ang. http. Geus Deuket urang Raketkeun.arkeologi. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun.66pasundan. http. http. kesenian: dan kandungan se%arah. &abuyutan dalam arti tempat tinggal (atau kampung halaman atau tanah air dalam arti sempit#: dan tanah air (regional maupun nasional# beserta segenap kekayaan alam dan sosial budayanya dan makna lainnya yang merupakan makna re. aspek sosial dan budaya yang telah dan mungkin dapat dikembangkan dari kandungan kabuyutan secara =isik. kabuyutan berati segenap kandungan nilai-nilai.htm¥top Arca "omas -aduy.esdm. ž. &abuyutan dalam makna lingkungan sosial budaya dan )engandung arti Sebagai Aturan. digunakan untuk menyebut larangan yang ditetapkan oleh leluhur. &abuyutan Sebagai 6aris &ekerabatan • -erarti leluhur atau karuhun atau nenek moyang<$ • "alam kepercayaan masyarakat -ali.babadbali. ilmu pengetahuan dan teknologi.htm • = <C << <1 <$ <( <} <• Nu Jauh Urang deukeutkeun.66!!!. gunung•. Geus Raket Teras Layeutkeun. si.id6infopeta68¢NT£NT6pangan6$$pangan.com6article. • -erasal dari kata %buyut'.kedaulatan-rakyat. 1.php9sidŸ1C•<1 ?ontar .66!!!.id6gunungapi#ndonesia6guntur6 4lihat rujukan nomor <C5 )abuyutan &ajajaran http.

yaitu Anak. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun.tidak semataNu Jauh Urang deukeutkeun. ajaran dan tata nilai keluarga kepada $ generasi diba!ah kita.menekankan pentingnya budaya sebagai poros pembangunan. • Ka"u#utan dalam Pem"angunan Ke"uda#aan "alam konteks )emasyarkatan. Terdapat dua hal penting dan lebih utama yang berkaitan dengan )abuyutan.pengamalannya. %pembangunan berbasis masyarakat 4&-M5'. • Ka"u#utan Dalam -akna Tata N!la! Aturan dan Larangan1 "alam pemaknaan )abuyutan yang berkaitan dengan tata nilai atau aturan bermasyarakat. peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. Sehingga penjagaan sebanyak ~ generasi sangat mudah dan masuk akal untuk dilakukan. %-erbasis -udaya' dalam &-. )abuyutan sebagai sebuah tata nilai. yaitu menjaga Tata Nilai yang di!ariskan oleh tiga generasi diatas kita 4¢rang Tua. norma dan kesejahteraan keluarga sepanjang tujuh generasi secara langsung. dimana dalam makna ini penjagaan sebetulnya dilakukan tiga generasi ke atas yaitu kepada )akek hingga -uyut dan tiga generasi ke ba!ah yaitu ke 8ucu dan -uyut dan kita yang berada pada generasi diantara keduanya 4generasi ke-(5. de!asa ini mulai di!acanakan juga %pembangunan berbasis budaya' 4&--5. yaitu. dan %re italisasi kebudayaan'. dalam masyarakat sunda dikenal istilah menjaga keturunan hingga tujuh turunan. yaitu. "alam kenyataannya. &-. )akek6 Nenek sampai -uyut5 dan meneruskan tradisi. <. karena setiap kegiatan uamt manusia sudah barang tentu harus terangkum dalam ruang dan !aktu. &ada dasarnya ketiga konsep tersebut fokus kepada hal yang sama. %pembangunan berbasi budaya 4&--5'. ternyata sangatlah tidak mudah untuk menjaga nilai. maka bangsa tersebut berpeluang untuk meraih kembali kejayaannya. )abuyutan dalam makna kekerabatan. Apabila suatu bangsa berhasil mere italisasi nilai-nilai pokok budayanya. namun demikian hal tersebut sebetulnya sangat mungkin dilakukan apabila berkaitan dengan istilah )abuyutan. #ncu sampai kepada -uyut. akhir-akhir ini berkembang beberapa model atau konsep pembangunan yang saling terkait dan hampir sama maksudnya. Nilai-nilai pokok adalah landasan. Arti atau makna )abuyutan sebagai sebuah tempat adalah merupakan sebuah konsekuensi logis. Sebagai respon terhadap krisis kebudayaan. sumber. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . Geus Raket Teras Layeutkeun. Geus Deuket urang Raketkeun. "engan kata lain. dan muara dimensi-dimensi atau nilai-nilai penting lainnya dari suatu kebudayaan. aturan atau berkaitan dengan larangan-larangan seperti yang terdapat pada suku -aduy. Tiga diantaranya adalah. 1.

hanya bersandar pada nostalgia.mata mengejar kemajuan ekonomi 4%pertumbuhan' atau gro2th5.. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Geus Deuket urang Raketkeun.. žeura benahan batur Sa-)AS. Tuluy benahan batur Sa-"A&.lebih fokus pada kekuatan dan penguatan nilai-nilai budaya sebagai poros seluruh akti itas pembangunan. melainkan lebih mengutamakan nilai-nilai yang mendasari sekaligus menjadi inti kekuatan kehidupan masyarakat. asa aing uyah kidul %eung komo %adi %elema nu agul ku payung butut yang sombong. &-.R. diharapkan akan membuat pada tegaknya kembali pranata sosial masyarakat sunda sehingga bisa memba!a dampak positif pada tatanan hukum bermasyarakat dan bernegara di republik #ndonesia. mari kita sama-sama mengingat dalil yang sangat sesuai dengan ajaran )i Sunda. (Saha nu 2a2uh kana 3ngsun@diri-na pasti 2a2uh ka 6ustina. +ika &-M lebih menekankan pada proses keterlibatan masyarakat dalam pembangunan.R. seu!eu si!i dan sekeseler sarundayan. mulai dari tingkat perencanaan. Mari kita sama-sama mengembalikan adab sunda pada seluruh tatanan masyarakat utamanya pada diri urang sunda sendiri.R. Siapa yang mengenal akan 8irinya ? tentu dia akan )engenal (uhannya. Sangat jauh dari niat menggurui.bertujuan untuk membangun ketangguhan budaya bangsa agar bangsa tersebut terhindar dari krisis kebudayaan yang merupakan sumber dari berbagai krisis. MAN AR¢3A NA3SA7. geus kitu beresan batur Sa-S. Geus Raket Teras Layeutkeun. Ka"u#utan T&!$ageran Melalui )abuyutan Tjipageran marilah kita merekatkan kembali tali silaturahmi dan mulai mengingat-ngingat kembali bah!a sebenarnya kita semua adalah saudara yang sudah kehilangan tali persaudaraan dan 7areumeun >bor.-3AB¢" AR¢3A R¢--A7. mengingat-ingat masa lalu tanpa mulai berbuat nyata bagi ke%ayaan dan kemaslahatan umat manusia kedepan# )1 LANDASAN 2IL3S32I -enahan -atur sa-)ujur 4diri kita5..# (Sudah barang tentu orang yang mengenal (uhannya tidak akan men%adi orang yang takabur. maka &-. pelaksanaan. termasuk krisis ekonomi. penga!asan 4monitoring5 dan e aluasi. -agaimana pula kita bisa melangkah dalam kegelapan dan tanpa cahaya penerang9 )abuyutan Tjipageran bukan sebuah organisasi karena silaturahmi dan meyambung tali persaudaraan tidak pernah memerlukan sebuah organisasi. Nu Jauh Urang deukeutkeun.R.M. semua adalah saudara sakokocoran. -eres Sa Sumur karek Sa-?£M-. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! .

Semoga masyarakat Sunda kelak bisa menjadi agen penggerak dan roda pendorong pembangunan yang bersumber pada kearifan local suku sunda pada khususnya dan adat istiadat suku-suku nusantara umumnya. karek meresan batur Sažupernur. )abuyutan Tjipageran menjadi peletak dan pondasi serta !adah pemersatu aspirasi seluruh komponen masyarakat sunda yang tinggal di bumi &ara-7yang.Mun geus bisa meresan batur Sa-)asur jeung Sa-?embur. Geus Raket Teras Layeutkeun. Mendorong usaha-usaha serta meng-encourage masyarakat sunda untuk mengeluarkan pendapat. sehingga memberikan kenyaman bagi urang sunda pada khususnya yang hidup di bumi &ara-7yang dan masyarakat #ndonesia serta manusia pada umumnya dengan bersumber pada kearifan lokal 4masyarakat sunda5 7a ala!kum Salam 7r1 7"1 Nu Jauh Urang deukeutkeun. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! .NžžA? #)A-an #ndonesia. budaya dan kemajuan seluruh budaya di nusantara sebagai bentuk ke--7#N£)A T. 51 6ISI Me!ujudkan pembangunan yang berkelanjutan yang selaras dan serasi dengan lingkungan hidup dan daya dukung alam. Melalui )abuyutan Tjipageran mari kita menyusun perbedaan dan keragaman untuk kita cari penyelarasannya hanya bagi kepentingan perencanaan serta pembangunan seluruh struktur dan infrastruktur baik dalam bentuk fisik dan non fisik yang matang yang merepresentasikan keinginan seluruh stake holder masyarakat sunda. Melalui )abuyutan Tjipageran mimpi-mimpi dan harapan masyarakat urang sunda. baik untuk jangka pendek. keinginan dan pilihan masa depan masyarakat sunda kedepan. Geus Deuket urang Raketkeun. žeus kitu karek mikiran Sa-NAžARA. diletakan dan digantungkan sehingga posisi dan peran serta urang sunda menjadi jelas pada tatanan masyarakat #ndonesia serta )emanusiaan pada umumnya. Menjadi pelopor dan pendorong bagi suku-suku lain di bumi perti!i dalam penggalian kembali serta penerapan adat istiadat. )abuyutan Tjipageran diharapkan menjadi !adah aspirasi seluruh masyarakat sunda khususnya dan misi kemanusiaan pada umumnya. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. 41 -ISI )eragaman pendapat dan bahkan pertentangan pendapat adalah khasanah dan kekayaan masyarakat. harapan. menengah maupun jangka panjang.

Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Geus Raket Teras Layeutkeun. bilih aya cara nukacandak ti desa nu kabantun ti kampung nukajingjing ti patepitan. tibubudak silih ala nyawa. tilelembut silih ala umur. Nu Jauh Urang deukeutkeun. Jeng dulur mah tong nepikeun tileletik silih ala pati. bilih teu sapuk sareng mamanahan. tilelemet getreng. Geus Deuket urang Raketkeun. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . Maklum ciri sabumi cara sadesa.Ka"u#utan 8!$ageran PAPATAH KOLOT URANG KANGGO PANGEMUT PIKEUN URANG SADAYA. DINA RARAGAD NYALUYUKEUN TEKAD – UCAP . Punten nu kasuhun.LAMPAH Kalayan hapunten bilih kirang tata kirang titi duduga peryoga cologog sareng sajabina.

iren. saksian heula diri sorangan kusorangan weh. teu ngoprek moal nyapek. geuning percuma tanpa dibarengan ku kaimanan jeung kata2waan kanu kawasa.. kagagahan anu rongkah. indung ngandung salapan bulan melendung. dudupak. teu ngarah moal ngarih. kaum buruh teu ripuh. bilih teu sapuk sareng mamanahan. jail. Geus Raket Teras Layeutkeun. )"awadhu* -. nu dagang ge sugema.. maki. jeung pedit #. . para tani sugih mukti. moal waka wangsul saacan kenging ridho /usti. lah nuduh kanu jauh. 3. pangasten. 3. ngahudangkeun kanu sare.ajan (uuk hideung jadi bodas. tapi indung henteu pundung sabab ta2dir tinu maha 3gung. )pro7okator* '.1. ujub. kaniaya. rang kabeh teh 4eket dengdeng. laksana aya tinu maha kawasa. dudupak. pidik. $ing diajar nulung kanu butuh. dada antel kana bumi. jangjangan oray. rang kabeh teh 4eket dengdeng. "eu ngakal moal ngakeul. Kalayan hapunten bilih kirang tata kirang titi duduga peryoga cologog sareng sajabina. buluan belut. negrak bari teu katembong. towong rampog. tilelemet getreng. simuat. dageuning anu bakal karasamah anging kadar ti pangeran. (akal bagja dimana hiji nagara geus $epi paling. Jeng dulur mah tong nepikeun tileletik silih ala pati. Pangarti nu jadi ciri. papak sarua. pidik. takabur. %. '. aya naon jeung aya saha! "ina diri sorangan. nu caket geura raketan nu dekeut geura deueusan. maki. teu ngarah moal ngarih. Maklum ciri sabumi cara sadesa. Pek geura panggihan silaturahmi teh jeung diri sorangan. nyaci. tibubudak silih ala nyawa. 10.1ndung anu ngandung bapa nu ngayuga. manusa kadar rencana. . pangasten. nudigawe simpe hate. ngumpat. )$arua* 2. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . Kabul aya tinu maha agung. #. $aban&saban robah mangsa ganti wanci ilang bulan kurunyung taun. (eurat nyuhun beurat nanggung beurat narimakeunnana. nyaci. kapangkatan nu dipiwegah. simuat. .4akyatna dititah gotong royong Nu Jauh Urang deukeutkeun. )Kecap nuhun* +. nyaangan kanu poekeun. "ong Kabobodo tenjo. karyawan sarenang. 5ta dina hate maneh leungitkeun si6at sirik. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Punten nu kasuhun. mere kanu daek. teu ngoprek moal nyapek. ulah nyawang kanu anggang. rurumpat. jail. papak sarua. rurumpat. iren. kaniaya. nalang kanu susah. ngajait kanu titeuleum.yumput buni tinu caang. bilih aya cara nukacandak ti desa nu kabantun ti kampung nukajingjing ti patepitan. cirina satangtung diri. takabur. kasemaran tingali. nganteurkeu kanu sieun %. sok mineng kabandungan manusa sanajan ngalamun salaput umur kahayang patema&tema kareup hanteu reureuh&reureuh. Geus Deuket urang Raketkeun. 5ta dina hate maneh leungitkeun si6at sirik. 2. Kade loba jalma nu jadi (ibit rurujit. )$arua* "eu ngakal moal ngakeul. ulah waka nyaksian batur. jeung pedit 1. Moal jauh tina wujud moal anggang tina awak. ujub. 1ndung rurusuh. tilelembut silih ala umur. ngumpat.

Kudu hade gogog hade tagog )3ppearance harus dijaga agar punya per6ormance yg okeh dan harus consitent dengan perilakunya =@ John 4obert Power melakukan training ini mereka punya Personality "raining. dititah nyumbang teu nararantang. :irections. dlsb* 13. (obot pangayun timbang taraju )8ogic. 2. dlsb*.yaur kudu diukur nyabda kudu di unggang )communication skill. Ka cai jadi saleuwi kadarat jadi salogak )Kompak< team work*. ngenah nyanding. bermakna. Nu Jauh Urang deukeutkeun. berbicara harus tepat. (engkung ngariung bongkok ngaronyok )team works ? solidarity dalam hal menghadapi kesulitan< problems< masalah harus di sol7e bersama*. "ong . Para ratu mikayunyun. omat ulah lali tina purwadaksina )integrity harus mengikuti etika yang ada* +. kalo mo ngambil sesuatu harus seijin yg punya*. (ru dijuru. . para menak mikaserab. kolot ngeso.1ndit kudu bari cicing. /oal. "ong Kumeok memeh dipacok. ngenah nyandung. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. bro dipanto. 3. %. '. 11. dlsb*. mem6itnah. lumampah ulah ngalengkah. Kudu nepi memeh indit )Planning ? $imulation. ngenah nyandang. silih asah jeung silih asuh )harus saling mencintai. Kudu silih asih.teu popolotot. . ngalayah di tengah imah.yaliarakeun taleus ateul )jangan menyebarkan isu hoaA.. biyuni hayam kabiri. make sure semuanya di prepare dulu*. logic. -. Hubungan Dengan Sesama Manus a 1. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! . . lah lunca linci luncat mulang udar tina tali gadang. buncir leuit. Pondok jodo panjang baraya )siapapun walopun jodo kita tetap persaudaraan harus tetap dijaga* 10. )mundur sebelum berperang* 10. common sense. bodas ceuli. harus tiba sebelum berangkat. +. 12. . Mission. semua yang dilakukan harus penuh pertimbangan 6airness. 8ain palid ku cikiih lain datang ku cileuncang )9ision. dititah bebersih teu cecerengir. deungeun&deungeun mikadeudeuh..geduk cikur kedah mihatur nyokel jahe kedah micarek )"rust = ngak boleh korupsi. tidak asbun*. Geus Raket Teras Layeutkeun. menepati janji ? consitent*. dlsb. A. jelas. Geus Deuket urang Raketkeun. $acangreud pageuh sagolek pangkek )>ommitment.. -. budak era. memberi nasihat dan mengayomi*. dlsb. #. nilep. kudu ada tujuan yg jelas sebelum melangkah*. maling. loba duit.

u lain kudu dilainkeun nu enya kudu dienyakeun )speak the truth nothing but the truth*. melak hade jadi hade melak goreng jadi goreng )Dukum Cang Maha Kuasa adalah selalu menjaga hukum&2nya. 1+.goprek. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! .1#. Hubungan Dengan Tu"an #Yang Ma"a Kuasa$ 1. Mulih kajati mulang kaasal )semuanya berasal dari Cang Maha Kuasa yang maha murbeng alam. di teliti. 23. :ihin pinasti anyar pinanggih )semua kejadian telah ditentukan oleh Cang Maha Kuasa yang selalu menjaga hukum&hukumnya*. lah nyaliksik ku buuk leutik )jangan memperalat yang lemah< rakyat jelata* lah kumeok memeh dipacok )Ksatria. mun teu ngakal moal ngakeul. semua orang akan kembali keasalnya*. lah pagiri& giri calik. 22. lah ngukur baju sasereg awak )Bbjekti7itas.eangan luang tipapada urang )(elajar mencari pengetahuan dari pengalaman orang lain*. 1'. semangat pantang mundur*. 3. Geus Deuket urang Raketkeun.gulik.. "araje nangeuh dulang pinande )setiap tugas harus dilaksanakan dengan baik dan benar*. . . apa yang ditanam itulah yang dituai. Kudu bisa kabula kabale )/awul. >ai karacak ninggang batu laun laun jadi dekok )Persistent. !. . 2%. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. Kudu paheuyeuk& heuyeuk leungeun paantay&antay tangan )saling bekerjasama membangun kemitraan yang kuat*. keukeuh. kemana aja bisa menyesuaikan diri*. 2. lah taluk pedah jauh tong hoream pedah anggang jauh kudu dijugjug anggang kudu diteang )maju terus pantang mundur*. 21. segalanya harus pakai akal dan harus terus di ulik. jangan melihat dari hanya kaca mata sendiri*. Geus Raket Teras Layeutkeun. 1-. . kalo sudah diteliti dan dijadikan sesuatu yang berman6aat untuk kehidupan*. 1%. Mun teu ngoprek moal nyapek. mun teu ngarah moal ngarih )4esearch ? :e7elopment. 2#. 20. pagirang& girang tampian )jangan berebut kekuasaan*. kalau kita Nu Jauh Urang deukeutkeun. jangan mundur sebelum berupaya keras*. 1. Melak cabe jadi cabe melak bonteng jadi bonteng.

harus serasi dengan alam. rang kudu jadi ajug ulah jadi lilin )Jangan sampai kita terbakar oleh ucapan kita. C. $isunda%yahoogroups"#om . 2. seperti layaknya lilin yang memberikan penerangan tapi ikut terbakar abis bersama api yang dihasilkan*. /unung teu meunang di lebur. 8euweung ruksak. Manuk hiber ku jangjangna jalma hirup ku akalna )/unakan akal dalam melangkah. Bmat urang kudu bisa ngaji diri )kita harus bisa mengkaji diri sendiri jangan suka menyalahkan orang lain* +. kalau kita menanam keburukan maka keburukan pula yg didapat. Geus Raket Teras Layeutkeun. buyut teu meunang di rempak )$ustainable :e7elopment E /unung tidak boleh dihancurkan. domisili di Bandung.*. Hubungan Dengan A%am 1. narasumber/moderator ebsite/ milist http!// "sundanet"#om. e&mail address! o'arahman%yahoo"#om . Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. peneliti pada Bujangga Manik Research Center (BMRC). "atangkalan dileuweung teh kudu di pupusti )Pepohonan di hutan ituh harus di hormati. harus dibedakan istilah dipupusti )dihormati* dengan dipigusti )di "uhankan* banyak yang salah arti disini*. . '. Ketua Lembaga Jajar Paku Desa (LJPD) untuk Kemitraan dan Penguatan Masyarakat Pedesaan. buat apa Cang Maha Kuasa menciptakan akal kalau tidak digunakan sebagai mestinya*. cai beak. misalnya kita memberikan nasihat yagn baik kepada orang lain tapi dalam kenyataan sehari& hari kita terbakar oleh nasihat&2 yang kita berikan kepada yang lain tsb.menanam kebaikan walaupun sekecil elektron tetep akan dibalas kebaikan pula. Geus Deuket urang Raketkeun. omanarah%gmail"#om Nu Jauh Urang deukeutkeun. sagara teu meunang di ruksak. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! .. sumber air harus dimaintain kalo tidak maka manusia akan sengsara*. kira&2 apa yang sudah kita tanam selama ini sampai&2 1ndonesia nyungseb seeeeeb *! * #. %. manusa balangsak )hutan harus dijaga. urangsunda%yahoogroups"#om.imu luang tina burang )semua kejadian pasti ada hikmah< man6aatnya apabila kita bisa menyikapinya dengan cara yang positi7e*. laut tidak boleh dirusak dan sejarah tidak boleh dilupakan. Da&'a( Pus'a)a Tulisan tentang Kabuyutan oleh Manar. 3. alias Oman Abdurahman.

Geus Raket Teras Layeutkeun.net6inde¡<.Saleh "anasasmita dkk.R.66arkeologi.go.66!!!. Geus Layeut Geuwat Paheutkeun. http.fib. +ilid ke-$.org6!!!6lontar ol16usada¤1Cila6pages6page<1. Geus Paheut ‘IKET’ ku Kali ah Tauhid! .ac. http. Agus Aris Munandar.go.php9idŸ ie! ne!s*ct ne!sŸ<(• "r. 7arian &ikiran Rakyat .com61C<16C(6papatah-kolot-baheula-part-ii.com6files6Sejarah6b$(.com6article.net6gunung6artikel6kabuyutan. <=•(.66sindangsosonoan.66!!!. 7idayat Suryalaga. <C-~-1CC} http.66!!!. http.id6infopeta68¢NT£NT6pangan6$$pangan. "r. si. Rintisan &enelusuran Masa Silam Sejarah +a!a -arat. http.id6 4lihat rujukan nomor <15 Nama salah satu gunung di komp. di 6unung 6ede dan 6unung 7angrango. 7.66!!!. 7eran 7enting data dari &arya Sastra 4a2a &una dalam &a%ian Arkeologi 1indu-Buddha 9andi 7endharmaan ("+-"0)#. http.66!!!.htm 4lihat rujukan nomor 115 ?ontar .pu. Minggu. http. -andung "rs. harian %)ompas'.htm¥top Arca "omas -aduy.kedaulatan-rakyat.66id.blogspot.com6pustaka6usadati!ang.html Nu Jauh Urang deukeutkeun.htm Sungai )abuyutan. -rebes.ringingrocks. Amanat 6alunggung 7rabuguru 8armasiksa.sada Ti!ang.babadbali.id6gunungapi#ndonesia6guntur6 4lihat rujukan nomor <C5 )abuyutan &ajajaran http.htm 7arian )edaulatan Rakyat.arkeologi. žuntur.php9idŸ<<~ “&abuyutan. Selasa. pemerintah &ropinsi "aerah Tk.php9idŸ ie! ne!s*ct ne!sŸ1$• http. &rof. Ayatrohaedi.66!!!. <$ Agustus 1CC1.net6inde¡<. ž. Geus Deuket urang Raketkeun.com6artikel.!ikipedia.org6!iki6&rasasti Astana žede %Situs dan -enda 8agar -udaya Menurut Masyarakat Sunda'.homestead. 1CC}. Ayatrohaedi. http.ui.esdm. &royek &enerbitan Sejarah +a!a -arat.66!!!. # +a!a -arat. http.langsing.html &rasasti Astana žede )a!ali http.sundanet.66pasundan.php9sidŸ1C•<1 ?ontar .sada Ti!ang http.66!!!.66!!!.