You are on page 1of 10

MAKALAH PENGOBATAN TRADISIONAL “Aplikasi Pengobatan Gurah di daerah Giriloyo, Wukirsari,Jogjakarta”

DI SUSUN OLEH : Arini Syarifah Sukhaebah Roni Zulzani Khotimah 0908010067 0908010070 0908010074 0908010076

FAKULTAS FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 2012

Wukirsari. Salah satu dari pengobatan tradisional yang banyak digunakan masyarakat adalah pengobatan tradisional gurah. Oleh karena itu. A. Namun. . meskipun upaya peningkatan kesehatan berupa pelayanan kesehatan primer atau kesehatan berdasarkan kedokteran atau sistem medic modern terutama dalam masyarakat pedesaan masih terus digalakkan. Efek dari gurah sendiri dapat memperlancar pernafasan terutama buat yang sering pilek/sinus/mungkin juga asma. Hal itu disebabkan karena biaya rumah sakit saat ini semakin mahal. dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku dalam masyarakat.Jogjakarta.Jogjakarta. Wukirsari. apalagi bagi masyarakat yang ekonominya kurang mampu tentu akan sangat kesulitan untuk bisa berobat ke rumah sakit. dengan tujuan memperindah suara. saat ini sebagian masyarakat cenderung lebih memilih untuk berobat pada pengobatan tradisional daripada harus berobat ke rumah sakit yang biayanya mahal dan obat-obatnya pun tidak semuanya terbuat dari bahan alami. Tapi ada juga yang melakukan gurah. beracun dan mengandung berbagai kuman penyakit dalam tubuh melalui dikeluarkanya slem (dahak/lendir) yang ada di rongga hidung dan tenggorokan. Pengobatan tradisional gurah adalah pengobatan dengan cara membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor. Pengobatan tradisional juga sebagai salah satu bagian daripada upaya meningkatkan dan mencapai kesehatan dalam masyarakat sehingga bisa bertahan dan berkembang dalam masyarakat. ketrampilan turun temurun. Latar Belakang Menurut Keputusan Mentri tahun 2003 pengobatan tradisional adalah pengobatan dan/atau perawatan dengan cara. saat ini faktanya rumah sakit yang seharusnya memberikan pelayanan bagi masyarakat untuk membantu mengobati dan memberikan perawatan kesehatan bagi masyarakat sudah berubah menjadi „momok‟ bagi masyarakat. Pada makalah ini akan dibahas mengenai penggunaan pengobatan tradisional gurah yang ada di daerah Giriloyo. Hal ini tidak bisa dipungkiri dalam realita kehidupan masyarakat. sehingga biayanya menjadi beban bagi masyarakat yang ingin berobat. dan/atau pendidikan/pelatihan.Aplikasi Pengobatan Gurah di daerah Giriloyo. obat dan pengobatnya yang mengacu kepada pengalaman.

rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut: 1. Sejauh mana masyarakat menggunakan pengobatan tradisional gurah? . Apakah yang dimaksud dengan pengobatan tradisional gurah? 2. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang masalah di atas.B. Bagaimana proses dan mekanisme pengobatan gurah ? 3.

Banyak sekali macam-macam pengobatan tradisional salah satunya adalah pengobatan tradisional gurah. Proses pengobatan gurah sendiri sangat mudah. Adapun data diperoleh melalui penelitian yang dilakukan oleh Krisna et al pada tahun 2011. Pengobatan tradisional gurah merupakan pengobatan secara tradisional dengan membersihkan dan mengeluarkan lendir yang kotor dari dalam tubuh seseorang dengan cara menggunakan kekuatan batiniah (doa) sebelum menggurah pasien dan disertai ramuan-ramuan herbal yaitu menggunakan daun atau kulit segunggung. Gurah Dalam tradisi warga masyarakat gurah dilakukan dengan meneteskan ekstrak daun Sirgunggu (Clerodendron Serratum) ke lubang hidung atau melalui mulut pasien. Bantul. C. Responden untuk mendapatkan data mengenai proses dan mekanisme pengobatan gurah di Wukir Sari. berdasarkan resep nenek moyang. Dalam meng “gurah” tidak hanya sekedar meneteskan ramuan kedalam hidung namun memang ada syarat atau ritual tertentu yang harus dilakukan oleh si Pegurah. Kemudian serbuk srigunggu tadi dicampuri dengan air untuk dilarutkan. yakni pertama kalinya menyiapkan ramuannya terlebih dahulu yaitu akar srigunggu yang sudah ditumbuk dan dihaluskan.Jogjakarta. Wukirsari. baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. adat-istiadat. Yogyakarta bernama Ibu Hastuti dimana beliau merupakan batra gurah didaerah tersebut. atau kebiasaan setempat.1 Pengobatan Tradisional Gurah Pengobatan tradisional adalah pengobatan yang menggunakan obat-obatan yang diolah secara tradisional. Pembahasan C. Namun.C.Setelah menyiapkan obatnya seorang pasien yang akan berobat gurah dipersilakan untuk berbaring terlentang terlebih dahulu diatas dipan yang sudah disediakan. imogiri. setelah itu ia akan diberi tetesan dari serbuk srigunggu (Clerodendron . responden yang kami wawancara hanya melakukan parktik Gurah melalui satu arah. yakni hanya melalui hidung saja.2 Proses dan Mekanisme Pengobatan Gurah di daerah Giriloyo. turun-temurun. agar hasil dari gurah tersebut bisa berhasil dengan sangat memuaskan. kepercayaan.

com/2010/04/terapi gurah.blogspot. Ketika tengkurap itu pasien akan dipijat refleksi oleh ibu hastuti. 2010) Setelah beberapa detik tetesan itu akan masuk ke dalam tubuh pasien. Disini nantinya tubuh pasien lama kelamaan akan merasa sedikit panas karena ramuan yang diteteskan tadi sudah mulai bereaksi. Pemijatan ini dilakukan untuk membantu mempercepat keluarnya lendir kotor dari tubuh pasien tersebut agar lendir-lendir yang kotor itu bisa keluar sebanyak-banyaknya.html. pasien akan tengkurap sekitar 45-60 menit. Kemudian pasien pindah posisi menjadi tengkurap tetapi tetap di tempat itu. Gambar 1 : Proses Pengobatan Tradisional Gurah Sumber : (http://terapiholistikpangestubersama.Setelah sekitar 45-60 menit dan lendir sudah .serratum). yang sudah dilarutkan dengan air matang tadi yang akan diteteskan melalui hidungnya.

batang berongga.) Moon) Tumbuh liar pada tempat-tempat terbuka atau agak terlindung. tinggi 1 – 3 m. bertangkai pendek. Daun tunggal. kedua permukaan . maka pasien sudah selesai dalam menjalani pengobatan ini dan boleh bangun dari tengkurap. Adapun klasifikasi dari sirgunggu adalah sebagai berikut : Klasifikasi Menurut Steenis (1981). letak berhadapan. pertulangan menyirip.700 m dpl. tebal dan kaku. ujung dan pangkal runcing.com/2007/12/16/senggugu/ . berbongkol besar.keluar. Perdu tegak. (Clerodendrum serratum (L. bisa ditemukan di hutan sekunder. yakni dari tumbuhan srigunggu yang langsung didapat dari hutan. tepi jalan atau dekat air yang tanahnya agak lembap dari dataran rendah sampai 1. pinggir kampung. bentuk bundar telur sampai lanset. Senggugu diduga tumbuhan asli Asia tropik. Kingdom Divisio Subdivisio Class Order Family Genus Species :Plantae : Spermatophyta : Angiospermae : Dicotyledoneae : Solanales : Verbenaceae :Clerodendron :Clerodendron serratum Spreng.wordpress. 2007) Ramuan yang digunakan dalam pengobatan tradisional ini adalah herbal. tepi bergerigi tajam. Gambar 2 : Morfologi Segunggu (clerodendron serratum) (Sumber:http://tanamanherbal. akar warnanya abu kehitaman. padang alang-alang.

Selain itu ektrak etanol kulit akar tumbuhan sirgunggu ini juga berkhasiat sebagai trakeospasmolitik (melonggarkan jalan napas).santri yang belajar di Al. lebar 4 – 14 cm. ). ketika itu santri. Dari pemakaian yang turun temurun oleh penggurah serta penelitian yang telah dilakukan memang sirgunggu mendukung penggunaannya sebagai pengencer lendir yang disebabkan oleh infeksi maupun asma.berambut halus. bulat telur.Muna diperintah oleh kyai nya untuk Qiroah dengan suara yang merdu. Sari dalam air dari kulit akar sirgunggu ini juga berkhasiat sebagai pengencer lendir (mukolitik).Jogjakarta Menurut responden dalam penelitian Krisna et all pada tahun 2011. keluar dari ujung-ujung tangkai. Imogiri. C. Khasiat sebagai antibakteri Staphylococcus betahaemolyticus. pengobatan tradisional gurah dimulai dari cerita sebuah Pondok Pesantren yang bernama Pondok Al. yaitu 3‟. Perbanyakan dengan biji. para santri kesulitan dalam suara akhirnya kyai tersebut memberikan pengobatan gurah pada murid nya agar bisa membuat suara yang merdu. telah dilakukan ternyata mengandung senyawa yang berkhasiat sebagai antiinflamasi. setelah tua hitam.2004²). Perbungaan majemuk bentuk malai yang panjangnya 6 – 40 cm. didaerah Giriloyo. Namun.Muna. 2002¹). 1997³). warnanya putih keunguan. makin tinggi konnsentrasinya makin besar pengaruh pengencerannya (Wahyono. 4‟ dihidroksi flavonol (Wahyono.3 Penggunaan Pengobatan Gurah di Masyarakat Giriloyo. Berbagai macam motivasi banyak dilakukan para pasien berobat menggunakan pengobatan Gurah di tempat ibu Hastuti namun yang paling mendominasi orang yang berobat di tempat ibu Hastuti adalah para pasien sudah bosan dengan pengobatan medis . Senyawa yang bertanggung jawab terhadap khasiat inflamasi tersebut termasuk golongan flavonoid. juga ditunjukkan pada ekstrak etanol dari kulit akar sirgunggu ini (Wahyono. masih muda hijau. Wukirsari.responden dalam penelitian tersebut. Penelitian terhadap kulit akar tumbuhan sirgunggu yang tumbuh di daerah Giriloyo. Buah buni. panjang 8 – 30 cm. yaitu pengaruh relaksasi pada otot polos trakea marmut yang sebelumnya diberi spasmogen metakolin (Wahyono. yaitu salah satu jenis bakteri yang bertanggung jawab terhadap radang tenggorok. warnanya hijau. Dan sampai sekarang ritual itu sering dilakukan di Giriloyo salah satunya oleh ibu Hastuti.

. pernah ada rombongan yang berjumlah sampai 40 orang. “Daya tampung pengobatan yang ada ini bisa 12 orang sekaligus. Biasanya Hari Sabtu sore dan Minggu pasien paling banyak.Namun yang terpenting dari semuanya adalah karena pengobatan secara tradisional ini memang menggunakan obat yang secara alami dari tumbuhan sehingga orang lebih tertarik karena tidak menimbulkan efek samping dari pengobatan ini. dan datang secara rombongan. bila yang datang rombongan besar harus antri” ungkap beliau. Ada juga yang disebabkan kerena penasaran dengan hasil dari pengobatan tradisional sehingga mereka tertarik untuk mencobanya dan ingin membandingkan hasilnya antara pengobatan tradisional dengan pngobatan yang dilakukan secara medis.di Rumah Sakit yang tidak memberika hasil yang maksimal terhadap penyakit yang mereka derita selama ini. ditambah lagi biaya rumah sakit yang cukup mahal membuat masyarakat menjadi enggan untuk berobat ke medis dan memilih berobat secara tradisional. Pasien terbanyak adalah penyanyi untuk membenahi atau mempertahankan suaranya. kalau dikalangan santri para Qori / Qori’ah agar bening dan nyaring dalam membaca Al-Qur’an.

3. 4. .trakeospasmolitik (melonggarkan antibakteri Staphylococcus betahaemolyticus ( salah satu jenis bakteri yang bertanggung jawab terhadap radang tenggorok) dan pengencer lendir (mukolitik) 2.Jogjakarta karena pengobatan gurah relatif murah dan umumnya bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Mekanisme pengobatan tradisional gurah sendiri adalah pasien diminta tidur telentang. menengah. Gurah merupakan cara pengobatan secara tradisional yang bertujuan untuk mengeluarkan lendir dari dalam tubuh seseorang dengan menggunakan ramuan herbal yaitu dari Akar pohon Sirgunggu (clerodendron serratum) yang mempunyai efek sebagai antiinflamasi. Wukirsari. kesimpulan Dari penjelasan diatas kami dapat menarik suatu kesimpulan bahwa : 1. pasien disuruh tengkurap lalu beberapa menit kemudian keluar lendir. baik dari kalangan bawah.D. kalau dikalangan santri para Qori / Qori‟ah agar bening dan nyaring dalam membaca Al-Qur‟an. di Alasan masyarakat menggunakan pengobatan tradisional gurah ibu Hastuti Giriloyo. Pasien terbanyak adalah penyanyi untuk membenahi atau mempertahankan suaranya. melalui hidung di teteskan ramuan obat gurah setelah di minta menggeleng gelengkan kapalanya selama kurang lebih 3 detik. maupun atas.

Isolasi Senyawa Utama Dari Kulit Akar Clerodendron Serratum Serta Daya Antibakteri Terhadap Staphylococcos Betahaemolyticus. http://terapiholistikpangestubersama.Krisna Eby Et all. Yogyakarta . 2004. Universits Islam Sunan Kalijaga. Isolasi Dan Karakterisasi Senyawa Yang Berkhasiat Trakeospasmolitik Dari Kulit Akar Senggugu (Clerodendron Serratum Spreng).http://tanamanherbal. Isolasi Senyawa Aktif Dari Kulit Akar Clerodendron Serratum Spreng Yang Berkhasiat Sebagai Antiinflamasi. Universitas Gadjah Mada. 1998. Flora. Laporan Penelitian.Gurah Pengobatan Tradisional Dengan Latar Belakang Islam. Isolasi Senyawa Bioaktif Dari Kulit Akar Dan Kulit Batang Clerodendron Serratum Spreng Yang Berkhasiat Sebagai Mukolitik. Universitas Gadjah Mada. Laporan Penelitian. Proyect Grant Que Project Fakultas Farmasi.Senggugu. Tentang Penyelenggaraan Pengobatan Tradisional Steenis. 1997.blogspot.wordpress.html Dewantara .Laporan Penelitian.com/2010/04/terapigurah. Wahyono1) . PT Pradnya Paramita. Yogyakarta Wahyono2) . Laporan Penelitian. untuk sekolah di Indonesia.com/2007/12/16/senggugu/ Anonim. CGGJ van. Universitas Gadjah Mada. 2002.2010. Laporan Penelitian. 2007.2011. Jakarta.Terapi Gurah. 1981.Yogyakarta Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1076/Menkes/Sk/Vii/2003. Yogyakarta Wahyono3) . Yogyakarta Wahyono4) . Universitas Gadjah Mada.DAFTAR PUSTAKA Anonim.