You are on page 1of 26

BAB I PENGANTAR PLSBT Mata kuliah PLSBT dilatarbelakangi oleh perlunya penggabungan mata kuliah dari rumpun ilmu

-ilmu sosial dasar(ISD), ilmu-ilmu budaya dasar (IBD) dan ilmu-ilmu alamiah dasar (IAD). PLSBT sebagai Mata Kuliah Umum (MKU) bukan merupakan mata kuliah pendidikan akademik atau pendidikan keterampilan, melainkan merupakan pendidikan umum. Materi-materi yang dibahas dalam perkuliahan PLSBT pada tataran kajian(studi) dan pengetahuan (knowledge), bukan pada tataran disiplin ilmu (science) tertentu seperti ekologi, psikologi, sosiologi, atau biologi. Pengetahuan masih bersifat umum sedangkan ilmu sudah bersifat khusus apalagi untuk disiplin ilmu tertentu. Disiplin ilmu itu semakin mengerucut, semakin tajam, semakin mengkhususkan pada objek yang lebih spesial (khusus). Secara sederhana ilmu adalah pengetahuan yang sudah tersusun, diklasifikasikan, diorganisasi, disistematisasi dan diinterprestasi yang menghasilkan kebenaran objektif yang sudah diuji dan dapat diuji ulang secara ilmiah (Astim Riyanto, 2000). Sementara pengetahuan adalah segala sesuatu atau hal yang diketahui melalui tangkapan pancaindera, rasio, firasat, intuisi dan pengetahuan sikap. Syarat-syarat sebuah ilmu mejadi sebuah ilmu yang berdiri sendiri, apabila telah memiliki ketentuan sebagai berikut: 1. Memiliki objek tertentu. 2. Memiliki metode atau cara kerjanya tertentu (yang bersifat deduksi atau induksi). 3. Memiliki kegunaan. 4. Tersusun secara sistematis. 5. Uraiannya logis. 6. Bersifat universal. 7. Memiliki pengertian-pengertian khusus. 8. Memiliki masyarakat ahli (community scholar) atau pakar ilmu tersendiri. PLSBT adalah sebuah kajian, maka ia menyangkut seluruh disiplin yang ada dan relevan sepanjang permasalahan yang ada. PLSBT materinya mencakup topik-topik inti manusia sebagai mahluk individu, manusia sebagai mahluk sosial, manusia dalam konteks budaya, manusia dalam konteks lingkungan dan manusia dalam konteks ilmu pengetahuan teknologi dan seni. 1. Macam-macam pedekatan pemecahan masalah: a. Pendekatan monodisipliner : pendekatan yang hanya menggunakan satu ilmu. b. Pedekatan interdisipliner: pendekatan pemecahan masalah dengan mennggunakan dua ilmu atau lebih. 2. Metode pemecahan masalah: a. Metode riset b. Metode pemecahan masalah c. Metode inquiri BAB II MANUSIA SEBAGAI MAHLUK IDIVIDU DAN MAHLUK SOSIAL Manusia Sebagai Mahluk Individu

Dalam bahasa Latin individu berasal dari kata idividium yang berarti yang tak terbagi, jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang kecil atau terbatas. Manusia sebagai mahluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur jiwa dan raga. Jika unsur-unsur tersebut sudah tidak menyatu maka seseorang tidak lagi dikatakan sebagai individu. Jika seseorang hanya tinggal fisik, raga atau jasmaninya saja maka ia tidak dikatakan sebagai individu. Manusia Sebagai Mahluk Sosial Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari pengaruh orang lain. Seorang manusia, selama ia hidup tidak akan terlepas dari pengaruh masyarakat, di rumah, di sekolah, dan lingkungan yang lebih besar manusia tidak akan lepas dari pengaruh orang lain. Oleh karea itu, manusia dikatakan sebagai mahluk sosial, yaitu mahluk yang di dalam kehidupannya tidak bisa melepaskan diri dari penngaruh orang lain. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik saling mempengaruhi antara idividu, kelompok sosial dan masyarakat. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial: 1. Kerjasama (cooperation). Kerjasama timbul akibat orientasi perorangan terhadap kelompoknya dan kelompok lainnya. 2. Akomodasi (accommodation) yaitu adanya suatu keseimbangan dalam interaksi antara orang perseorangan dan kelompok manusia, sehubungan dengan norma-norma sosial dan nilai-nilai sosial yang berlaku di masyarakat. Sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang belajar untuk menerapkan pegaruh serta mendapatkan pengaruh dari orang lain atau suatu kelompok tertentu. Sosialisasi bisa dalam masyarakat, masyarakat setempat atau masyarakat multikultural. BAB III PERUBAHAN SOSIAL DAN PEMBANGUNAN Perubahan sosial merupakan gejala yang melekat di setiap masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat akan menimbulkan ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang ada dalam masyarakat, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak sesuai fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan. a. Teori klasik perubahan sosial Pemikiran para tokoh klasik tentang perubahan sosial dapat digolongkan ke dalam beberapa pola, perubahan sosial pola linear, perubahan sosial pola siklus, dan perubahan sosial gabungan beberapa pola. b. Teori modern perubahan sosial Ada tiga teori modern perubahan sosial yaitu teori modernisasi, teori ketergantungan (dependencia) dan teori sistem dunia. Pembangunan dan modernisasi sering kali bertukar tempat. Bahkan dalam beberapa konsep kedua hal ini memiliki kesamaan ciri. Konsep pembangunan menngandung makna sebuah perubahan positif yang direncanakan, terarah, dan dilakukan dengan sadar/disengaja. Modernisasi merupakan usaha penyesuaian hidup dengan kontelasi dunia sekarang ini.

Etos kebudayaan: ciri kebudayaan dari suatu masyarakat atau suku tertentu. Wujud budaya dapat dilihat sebagai wujud konkret yaitu: a. Nilai: sesuatu yang baik yang selalu diinginkan. dengan keyakinan. Perilaku: cara bertindak atau bertingkah laku tertentu dalam situasi tertentu. berdasarkan kebenaran atau kenyataan semata. gagasan. Materi: budaya merupakan hasil dari aktivitas. Tanpa ilmu tidak akan lahir teknologi. Sistem pengetahuan: suatu akumulasi dari perjalanan hidup manusia. BAB IV MANUSIA DAN KEBUDAYAAN Manusia dalam kehidupan sehari-harinya tidak lepas dari kebudayaan. BAB V ILMU PENGETAHUAN. Teknologi adalah segenap keterampilan manusia menggunakan sumber daya alam untuk memecahkan masalah-masalah yagn dihadapinya dalam kehidupan. alat produksi. Pandangan hidup: pedoman bagi suatu masyarakat atau bangsa dalam menjawab atau mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya. tanpa teknologi ilmu sulit berkembang pesat. . Contohnya adalah hambatan budaya seperti keterkaitan orang Jawa terhadap tanah yang mereka tempati. 6. Substansi (isi) utama budaya: 1. alat transportasi dan sebagainya. SENI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA Ilmu pengetahuan. 3. dicita-citakan dan dianggap penting oleh seluruh manusia sebagai anggota masyarakat.Proses pembangunan tidak selalu berjalan mulus. baik ilmu maupun teknologi membutuhkan sentuhan seni dalam pengembangannya. Budaya berasal dari budi dan daya yang berarti cipta. Persepsi: suatu titik tolak pemikiran yang tersusun dari seperangkat kata-kata yang digunakan untuk memahami kejadian atau gejala dalam kehidupan. karena manusia adalah pencipta dan pengguna kebudayaan itu sendiri. c. teknologi dan seni ketiga istilah itu sangat berkaitan erat dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Kepercayaan: mengandung arti yang lebih luas daripada agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Ada budaya-budaa yang menghambat pembangunan itu sendiri. perbuatan. 4. 2. rasa dan karsa. dan karya manusia dalam masyarakat. Sistem budaya merupakan komponen dari kebudayaan yang bersifat abstrak dan terdiri dari pikiran-pikiran. TEKNOLOGI. Bahasa: bahasa hasil budi daya manusia yang berfungsi sebagai alat berpikir dan alat berkomunikasi. Sains adalah ilmu yang teratur (sistematik) yang dapat diuji atau dibuktikan kebenarannnya. 5. Bentuk materi berupa pakaian. b. Tanah yang turun-temurun diyakini sebagai berkah kehidupan. Pengetahuan adalah hal tahu atau pemahaman sesuatu yang bersifat spontan tanpa mengetahui seluk beluknya lebih dalam. karena dihadapkan pada beberapa permasalahan mentalitas atau budaya.

Manusia adalah mahluk yang paling canggih. Paham Keyainan Ketuhanan.Teknologi mempunyai dua komponen utama yaitu: 1. lingkungan) dalam satu kesatuan yang dipadukan oleh adanya arus materi dan energi. kehalusannya. tak hidup. paham ini menyimpulkan bahwa manusia sebagai mahluk yang tunduk pada alam. termasuk manusia lainnya. Beberapa paham yang menyangkut hubungan manusia dengan alam: 1. tidak lagi dipandang sebagai faktor yang menentukan.) seperti tari. A software aspect. alam saebagai faktor yang menentukan. Ekosistem dapat diartikan sebagai sistem ekologi suatu tempat tertentu yang merupakan jalinan hidup antara komponen-komponennya (hidup. optimisme teknologi. fungsi tubuh serta karakteristik pertumbuhan tubuh yang berbeda dengan mahluk lainnya. ukir dan sebagainya. dsb. A hardware aspect. Manusia memiliki bentuk fisik. Dengan kualita kelebihann inilah manusia dapat tumbuh dan berkembang menguasai alam. 2. karena memiliki kelebihan dibanding mahluk-mahluk hidup lainnya. meliputi peralatan yang memberikan pola teknologi sebagai objek fisikal atau material. Agar manusia dapat hidup seimbang dengan lingkungannya maka harus menjaga keseimbangan ekosistem. 2. paling sempurna. dapat menghasilkan orang-orang yang tidak percaya kepada Tuhan Yang Mahakuasa (atheis). 4. BAB VI INTERAKSI MANUSIA DENGAN LINGKUNGAN Manusia secara biologis tergolong dalam homo sapiens. jika tidak diwaspadai. Paham Optimisme Teknologi. benda nyata ataupun abstrak. Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi keindahannya. kemajuan dan penerapan teknologi telah membawa kemajuan pemanfaatan sumber daya alam bagi kepentingan pembangunan yang menjadi penopang kesejahteraan umat manusia. benda mati. lukis. 3. Paham Posibilisme. serta suasana yang terbentuk karena terjadinya interaksi di antara elemen-elemen di alam tersebut. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia baik berupa benda hidup. meliputi sumber informasi yang memberikan penjelasan mengenai hal-hal peralatan fisik atau material tersebut. Paham Determinisme. . lingkungan sebagai faktor yang berpengaruh terhadap manusia.

Jelaskan mengapa plsbt termasuk dalam rumpun mata kuliah umum ? PLSBT termasuk dalam rumpun mata kuliah umum karena memiliki tujuan yang sama dengan mata kuliah umum yakni menitikberatkan pada usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa.Jelaskan apa yang melatarbelakangi lahirnya mata kuliah plsbt? Lahirnya PLSBT dilatarbelakangi oleh kompleknya masalah lingkungan. pengembanan kepribadian b. tapi pemecahan ini secar parsial(sebagian) dan tidak utuh. Dapat memahami ilmu-ilmu yang yang terspesialisasi dari waktu ke waktu -. Dengan kemampuan ini diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengetahuan. termasuk ke dalamnya kajian ekologi manusia . memahami dan mengenal nilai-nilai keagamaan. Memberi kesadaran bahwa masalah sosial budaya bersifat kompleks tidak dapat dipecahkan berdasarkan satu disiplin ilmu tertentu. masalah sosial. masalah budaya. Masalah-masalah yang timbul tersebut telah banyak dibicarakan dan dibahas. Memiliki bekal pengatahuan untuk menyadari kenyataan masalah sosial budaya -. Untuk mengatasi hal-hal yang terjadi di masyarakat -. Dengan demikian PLSBT berfungsi untuk merekat dan melahirkan kebersamaan dalam hal memecahkan masalah-masalah dalam berbagi disiplin ilmu. terutama manusia dengan lingkungannya. melainkan harus dipecahkan secara interdisipliner (semua mata ilmu) 4. dan masalah yang ditimbulkan oleh efek ilmu dan teknologi. permasalahan lingkungan. Banyak dimensi dan aspek lain yang menyebabkan timulnya masalah tersebut. PLSBT merupakan sebuah pengetahuan bukan displin ilmu tertentu. dan teknologi tidak hanya didekati dari segi pencarian alternatif pemecahan permasalahnnya saja. 2. Memahami perkembangan masyarakat yang kompleks dan persoalan yang begitu rumit -. lingkungan : aspek interaksi antara makhluk hidup. kemasyarakatan. pendidikan : proses pedewasaan. Pengetahuan yang bersifat umum sedangkan ilmu berifat khusus. Oleh karena itu lahir lah mata kuliah PLSBT. sosial. lingkungan. budaya. 5. Jelaskan ruang lingkup pembahasan plsbt a. 3. tingkah laku dan tindakannya yang mencerminkan kepribadian indonesia. yang merupakan kajian ekologi. Berikan penjelasan yang lengkap kontribusi apa yang anda harapkan dari plsbt terhadap lulusan jurusan anda masing2! -.1. Apakah plsbt itu suatu disiplin ilmu atau bukan jelaskan! PLSBT bukan suatu disiplin ilmu karena PLSBT terdiri dari beberapa ilmu. sehingga mampu menunjukan sikap. Sumber masalah tersebut bukan berasal dari faktor tunggal. tetapi juga dari segi pendidikan (pendidikan PLSBT) yang akan ditanamkan kepada mahasiswa. dan kenegaran serta memiliki pandangan yg luas dan kepekaan terhadap berbagai masalah yang dihadapi masyarakat indonesia.

apa saja syarat2 disiplin ilmu? a. Antropologi objek formalnya adalah aspek fisik dan budaya manusia dalam konteks sosialnya c. dan mendistribusikan kekuasaan Objek fomal dari ilmu-ilmu kealaman : a. multidisipliner. atau transdisipliner dibanding dengan . dan bidang ilmu sosial lainnya. objek formal ilmu fisika. ruang. diinterpretasi yang menghasilkan kebenaran objektif yang sudah diuji dan dapat diuji ulang secara ilmiah. memiliki pengertian-pengertian khusus h. tersusun secara sistematis e. dan waktu dalam konteks kealaman. e. melainkan cara berfikir deduktif sebagi sarana dalam kegiatan berbagai disiplin ilmu d. budaya : aspek budaya yang merupakan asil ungkapan dan pngembangan akal budi manusia dengan prosesnya. maupun ilmu2 sosial budaya! Ojek formal dari ilmu-ilmu sosial : a. bersifat universal g. uraiannya biologis f. memiliki masyarakat ahli (community scholar) atau apakr ilmu sendiri. diorganisasi. e. Berikan alasan mengapa masalah2 yang timbul dalam masyarakat lebih tepat dipecahkan dengan menggunakan pendekatan interdisipliner. disistematisasi. apa yang disebut ilmu? Ilmu adalah pengetahuan yang sudah tersusun. memiliki metode atau cara kerjanya tertentu (bisa bersifat deduksi dan induksi) c. gerak. objek formal sosiologi adalah aspek relasi antarmanusia dalam konteks sosialnya. Ilmu komunikasi objek formalnya adalah aspek prnyataan manusia dalam konteks sosialnya f. b. memiliki kegunaan d. ilmu2 kealaman. psikologi sosial. 8. sosial : aspek interaksi sosial dan sosialisasi yang merupakan kajian sosiologi. yaitu bagaimana manusia mendapatkan kekuasaan. khususnya antropologi budaya dan bidang humaniora. e. Ilmu hukum objek formalnya ialah prilaku manusia yang berhubungan dengan masalah keteraturan dalam konteks sosialnya. matematika bukanlah merupakan ilmu. yang merupakan kajian antropologi. 6. mempertahankan kekuasaan. d. yaitu mengenai zat. objek formal arkeologo yaitu mengkaji tentang benda-benda purbakala pada masa lalu c. 7. jelaskan objek2 kajian dari masing2 disiplin ilmu baik yang termasuk dalam rumpun ilmu2 sosial. teknologi : salah satu unsur budaya yang merupakan penerapan praktis ilmu pengetahuan yang membawa dampak kemajuan kesejahteraan (positif) dan ketimpangan (negatif) dalanm kehidupan manusia.c. Objek formal ilmu ekonomi adalah aspek kebutuhan material manusia dalam konteks sosialnya d. diklasifikasikan. memiliki objek tertentu b. astronomi objek formalnya ialah tentang perkembangan benda-benda yang ada di angkasa b. Biologi objek formalnya adalah makhluk hidup dan organisme dalam konteks kealaman 9. Ilmu politik objek formalnya adalah aspek kekuasaan.

Vulkanologi. c. ilmu-ilmu sosial (IIS). Pertambangan. Pertambangan. b. arsitektur dan Geodesi. penyelesaiaan masalahnya melalui berbagai disiplin ilmu mulai dari Ekonomi. multidisipliner. Interdisipliner Pendekatan Interdisipliner ialah pendekatan dalam pemecahan suatu masalah dengan menggunakan tinjauan berbagai sudut pandang ilmu serumpun yang relevan atau tepat guna secara terpadu.kimia . Misalnya masalah lumpur di Sidoarjo bila di pecahkan melalui rumpun ilmu-ilmu kealaman (IIK) maka menggunkan ilmu Geologi. Yang dimaksug serumpun yakni ilmu-ilmu yang berada dalam rumpun ilmu tertentu. Biasanya untuk keperluan kedalaman pembahasan orang itu hanya bisa menggunakan satu ilmu saja diluar keahliannya. Ilmu-ilmu yang relevan yang digunakan adlah ilmuilmu Kealaman (IIK). Contoh masalah lumpur Sidoarjo (Lapindo). atau Ilmu-ilmu Budaya (IIB). Pendekatan Multidisipliner Pendekatan Multidisipliner ialah pendekatan dalam pemecahan suatu maslah dengan menggunakan berbagai sudut pandang banyak ilmu yang relevan. yang hanya dengan pendekatan satu ilmu saja. Arsitektur dan lain-lain. Karena masalah-masalah yang timbul merupakan masalah yang kompleks sehingga untuk memecahkan masalah yang kompleks tersebut tidak bisa memakai pendekatan monodisipliner. Pisikologi. jelaskan perbedaan dari masing2 pendekatan tsb di atas dengan menggunakan masing2 contoh yang diambil dari masalah plsbt a.menggunakan pendektan monodisipliner. Geografi. Lalu akan ditemukan cara pemecahan masalah lumpur Sidoarjo secara tepat. atau transdisipliner menggunakan sudut pandang dari berbagai macam ilmu sehingga didapat pemecahan yang lebih baik lagi. Sebgai contoh dokter mencari solusi pencegahan flu burung dengan menggunakan ilmu kedokteran serta ilmu biologi. Sedangkan dengan pendekatan interdisipliner. . Geologi. fisika. Pendekatan Transdisipliner Pendekatan Transdisipliner ialah pendekatan dalam pemecahan suatu masalah dengan menggunakan tinjauan ilmu yang relatif dikuasai dan relevan dengan masalah yang akan dipecahkan tetapi berada di luar keahlian sebagai hasil pendidikan formal dari orang yang memecahkan masalah tersebut. yaitu rumpun ilmu-ilmu kealaman (IIK). 10. ilmu-ilmu Sosial (IIS). dan ilmu-ilmu budaya (IIB).

tapi pemecahan ini secar parsial(sebagian) dan tidak utuh. dan masalah yang ditimbulkan oleh efek ilmu dan teknologi.melalui mana dia menjadi anggota masyarakat sedangkan sosialisasi sekunder ( secondry socialization ) adalah sebagai proses berikutnya yang memperkenalkan individu yang telah disosialisasi ke sector baru dari dunia obyektif masyarakatnya. masalah sosial. Jelaskan apa yang melatarbelakangi lahirnya mata kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi ? Jawaban : Lahirnya PLSBT dilatarbelakangi oleh kompleksnya masalah lingkungan. permasalahan lingkungan. Banyak dimensi dan aspek lain yang menyebabkan timulnya masalah tersebut.AWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER 1. Sumber masalah tersebut bukan berasal dari faktor tunggal. masalah budaya. tetapi juga dari segi pendidikan (pendidikan PLSBT) yang akan ditanamkan kepada mahasiswa.penekanan pada kepatuhan anak pada orang tua dan keluarga sebagai signifant other.dengan cirri penekanan pada penggunaan materi dalam hukuman dan imbalan. budaya. dan pada pola partisipatori ( partisipasi ) dimana anak diberi kebebasan penekanan diletakkan . b. Dengan demikian PLSBT berfungsi untuk merekat dan melahirkan kebersamaan dalam hal memecahkan masalah-masalah dalam berbagi disiplin ilmu. Bagaimana pola – pola sosialisasi itu ? jelaskan ! Jawaban : Pola sosialisasi ada dua yaitu : pola yang represi ( dengan kekerasan/ hukuman ) artinya bahwa pada penggunaan hukuman terhadap kesalahan. a. Masalah-masalah yang timbul tersebut telah banyak dibicarakan dan dibahas. Oleh karena itu lahir lah mata kuliah PLSBT. Apa perbedaan antara sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder ? Jawaban : Sosialisasi primer ( primary socialization ) adalah sosialisasi pertama yang dijalani individu semasa kecil. dan teknologi tidak hanya didekati dari segi pencarian alternatif pemecahan permasalahnnya saja. 2. sosial.

b) Memiliki struktur sosial yang terbagi – terbagi ke dalam lembaga – lembaga yang bersifat non – komplementer. 3. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat multicultural. antara lain :  Teori hubungan masyarakat. c. Jika hanya pola represi yang diterapkan maka anak akan menjadi tertekan namun jika pola sosialisasi yang diterapkan hanya pola partisipator saja maka akan membuat anak kebingungan dan menyalahgunakan kebebasan yang telah diberikan. memiliki pandangan bahwa konflik yang sering muncul di tengah masyarakat disebabkan polarisasi yang terus terjadi. Analisis oleh Anda kasus tersebut dilihat dari konsep sosialisasi dan konsep lainnya yang mendukung ! Jawaban : kasus bunuh diri terjadi karena terjadi kesalahan dalam proses sosialisasi yang dialaminya terutama sosialisasi primer dan sekunder. c) Kurang mengembangkan consensus di anatara para anggota masyarakat tentang nilai – nilai sosial .pada interaksi dan keluarga menjadi generalized other.  Teori kesalahpahaman antar budaya. Banyak kasus yang muncul di masyarakat belakangan ini.  Teori identitas yang melihat bahwa konflik yang mengeras di masyarakat tidak lain disebabkan identitas yang terancam yang sering berakar pada hilangnya sesuatu atau penderitaan masa lalu yang tidak terselesaikan. Teori transformasi yang memfokuskan pada penyebab terjadi konflik adalah ketidaksetaraan dan ketidakadilan yang munculsebagai masalah sosial budaya dan ekonomi. teori ini melihat konflik disebabkan ketidakcocokan dalam cara – cara berkomunikasi diantara budaya yang berbeda. perbedaan bisa dilatarbelakangi SARA bahkan pilihan ideology politiknya. atau etnik muncul sebagai sebuah konflik ? Jawaban : Untuk menyikapi masalah tersebut ada beberapa teori yang menunjukkan penyebab konflik tersebut terjadi. Jelaskan mengapa masalah perbedaan kultur. namun sekarang ini sering muncul berbagai konflik horizontal. Di samping itu juga pola sosialisasi sangat berperan dalam masalah ini. agama. diantaranya kasus bunuh diri pada anak – anak. Maka antara pola represi dan pola partisipasi haruslah ada keseimbangan. ketidakpercayaan dan permusuhan diantara kelom[ok yang berbeda. Kesalahan dalam sosialisasi ini akan menyebabkan anak tertekan dan akan mengalami perang batin sehingga memutuskan cara untuk bunuh diri untuk menyelesaikan masalahnya. Hal ini juga disebabkan oleh sifat dasar yang selalu dimiliki oleh masyarakat majemuk sebagaimana dijelaskan oleh Van de Berghe : a) Terjadinya segmentasi ke dalam kelompok – kelompok yang sering kali memiliki kebudayaan yang berbeda.

Perubahan – perubahan yang terjadi di dalam masyarakat akan menimbulkan ketidaksesuaian antara unsur-unsur sosial yang ada di dalam masyarakat. Kurangnya perhatian atau pengawasan Pemerintah terhadap pembangunan . f) Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok terhadap kelompok lain. Dalam bidang pendidikan siswa ataupun mahasiswa tidak hanya terpaku oleh buku saja sebagai sumber namun bisa mencari artikel dan jurnal melalui internet. Contohnya tayangan televisi menimbulkan perubahan dalam pola kegiatan manusia sesuai dengan jam tayang. Kemajuan dalam dunia teknologi dan informasi telah menimbulkan perubahan yang sangat besar dalam masyarakat kita. 4.yang bersifat dasar. Ambil salah satu kasus perselisihan perburuhan yang bisa anda ambil dari sumber media masa atau internet. sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak sesuai fungsinya bagi masyrakat yang bersangkutan.pembangunan yang ada di Negara ini sehingga dapat meningkatkan suatu perubahan yang mendasar. Perubahan komunikasi dan interaksi manusia akibat mobile phone dan banyak lagi kasus lainnya. Analisis kasus tersebut dengan pendekatan multiaspek dan metode kwantitatif ! Jawaban : Contoh kasus : Demonstrasi buruh menuntut kenaikan upah atau gaji. Jelaskan dan analisis oleh anda perubahan social yang diakibatkan oleh kemajuan dalam bidang informasi teknologi ! Jawaban : Perubahan sosial merupakan gejala yang melekat disetiap masyarakat. Mengapa pembangunan di Negara kita tidak selalu berjalan mulus bila dikaitkan dengan masalah budaya / mentalitas bangsa? Jawaban : Karena adanya faktor. 5. Jadi kemajuan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia untuk melakukan segala aktifitasnya. 6. d) Secara relative sering kali terjadi konflik di antara kelompok yang satu dengan yang lainnya. Perubahan sosial dalam bidang teknologi informasi contohnya penggunaan internet mengakibatkan lebih mudah dan cepat mendapat informasi sehingga memperlancar dalam bidang pekerjaan dan pendidiakan.faktor budaya atau sikap mental yang menghambat proses pembangunan baik yang bersifat psikologis. e) Secara relative integrasi sosial tumbuh di atas paksaan dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi.  Kurangnya dukungan masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan yang berhubungan dengan pembangunan itu sendiri. persepsi yang keliru. Dengan prinsip menggunakan alat teknologi itu sesuai dengan fungsinya yang baik dan benar. tradisi dan sikap mental yang tidak mendukung. Dilihat dari Pendekatan multiaspek : .

Menurut Koentjaraningrat. 3. Budaya gotong rotong tidak selalu bernilai positif. Menurut Herkovits. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi.Apakah buruh di Negara kita itu perlu mendapatkan perlindungan HAM ? a. menurut saya bahwa kebudayaan itu merupakan keseluruhan aspek hidup manusia baik material maupun non – material. rasa.Tidak c. Contohnya gotong royong dalam korupsi sangat tidak dibenarkan dan menghambat pembangunan. Metode kwnatitatifnya berupa pengajuan angket.Apakah kekayaan penentu dalam setiap kehidupan? a..Ya b.Ya b. .Apakah hukum di Negara kita tengtang keadilan hidup manusia telah berhasil tuntas ? a. bahkan dikatakan sebagai salah satu mentalitas yang menghambat pembangunan. …… 7. Faktor psikologi : ada masyarakat yang telah terpenuhi kebutuhannya hanya ingin kepuasan tersendiri untuk ikut berdemo dan juga bahwa adanya persaingan kemewahan yang ingin memegahkan diri di sekitar lingkungan masyarakat.Tidak c. Faktor hukum : penegakan keadilan yang belum setara terhadap para pekerja buruh. cara untuk mengembangkan kebudayaan Indonesia! Jawaban : Sebelum membahas tentang cara mengembangkan perlu kita ketahui dahulu pengertian kebudayaan itu sendiri. Perlunya ditingkatkan sosialisasi yang baik bila adanya sebuah gotong royong di lingkungan masyarakat dan sekitarnya 8.Ya b. Dari berbagai pengertian di atas.milik diri manusia dengan belajar 2. dan cipta masyarakat.Apakah harga merupakan hal yang utama dalam kebutuhan? a. 4.. …….Tidak c. Bagaimana pendapat anda. bahwa kebudayaan itu adalah keseluruhan system gagasan. 3. 2.Faktor ekonomi : bahwa meningkatnya harga sembako yang membuat kehidupan sehari – hari terancam. 1.Tidak c. mengatakan bahwa kebudayaan adalah semua hasil karya. 1. ……. …….Ya b. Mengapa? Jelaskan budaya atau mentalitas apa lagi saja yang bisa menghambat pembangunan! Jawaban : Karena budaya gotong royong tidak selalu diperlukan dalam pembangunan sehingga ada saatnya budaya gotong royong bisa menghambat proses pembangunan. kebudayaan adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan manusia.

Meningkatkannya kemakmuran materi dan kesehatan masyarakatnya. keindahannya.Teknologi merupakan terapan dari ilmu. mengapa? Jawaban : Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia. 9. Adanya seni membantu proses pengembangan teknologi kearah yang lebih maju sesuai dengan selera masyarakat. seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu ( dilihat dari segi kehalusannya. Pengetahuan dan teknologi memungkinkan terjadinya perkembangan keterampilan dan kecerdasan manusia. • Merusak pikiran manusia tentang adanya gambar – gambar dan film – film pornografi. Dengan cara meningkatkan kebudayaan yang ada di Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di Negara lain semakin indah dimana berbagai suku dengan kebudayaan yang berbeda yang kita miliki. Dengan cara meningkatkan sumber daya alam yang kaya yang kita miliki. Berilah contoh dan jelaskan dampak penyalahgunaan IPTEKS oleh manusia! Jawaban : Contoh 1 Penggunaan internet tidak sesuai dengan fungsinya. Hal ini karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memungkinkan : Tersedianya sarana dan prasarana penunjang kegiatan ilmiah. • Kurangnya minat siswa atau mahasiswa untuk membaca buku yang ada yang mengakibatkan terjadinya copy paste dalam pengerjaan tugas – tugas. dan sebagainya ).kita mampu mengolah segala yang ada. selanjutnya dampak negatife yang ditemukan yaitu : • Merosotnya mental pendidikan anak yang belum tahu betul penggunaan internet dengan baik yang bisa menghambat pertumbuhan anak.Dengan cara memanfaatkan perkembangan IPTEK yang telah maju dan melebarkan jaringan komunikasi bagi masyarakat yang telah tertinggal atau terasing. kita bangga menjadi warga Indonesia. Karena dengan adanya sentuhan-setuhan nilai seni teknologi berkembang dengan baik. indah dan bermutu. 10. Hal itu mendapat dukungan dari masyarakat untuk meningkatkan sebuah teknologi yang menjamin sebuah teknologi harus diperhatikan. Dampak positif yang kita dapat adalah kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet. . dan keduannya memerlukan sentuhan nilai nilai seni dalam aplikasinya. Dengan terlebih dahulu mengatasi hambatanhambatan dalam pengembangan kebudayaan seperti etnosentrisme dan lainnya.

serta partikel neutron kainnya hasil pembelahan inti. Masih banyak contoh lain seperti polusi dan klonasi / kloning. Pada waktu itu banyak korban berjatuhan. Karena dengan adanya pencemaran udara akan menyebabkan pemanasan global. Bahaya yang ditimbulkan adalah radiasi yang ditimbulkan oleh sinar alpha. Saya banyak mendapat pembelajaran yang memberikan pengembangan pemikiran tentang pemecahan masalah. Yang dimana dengan adanya efek rumah kaca ini sinar ultra violet yang dapat membahayakan manusia tidak akan disaring lagi oleh lapisan ozon. Penyebabnya adalah debu – debu radioaktif yang berasal dari bom nuklir serta reactor – reactor atom. Semoga ilmu yang diberikan Bapak dapat saya terapkan di kehiduapn sehari.Cik Suabuana. KATA TERIMAK KASIH Selaku saya sebagai mahasiswa mengucapkan terima kasih kepada Bapak Drs.Contoh 2 NUKLIR Meledaknya bom di Hirosima dan Nagasaki mengakhiri Perang Dunia II. karena radiasi akibat senjata nuklir masih dapat dirasakan sampai sekarang. Bila hal ini terjadi pada gen maka gen akan menyebabkan terjadinya mutasi gen yang berakibat kanker. Akhirnya untuk menghentikan kekejaman. tetapi kejadian tidak berhenti disitu. Contoh 3 Efek Rumah Kaca Efek rumah kaca ini disebabkan oleh adanya pencemaran udara yang banyak mengandung zat – zat yang dapat mengubah suhu udara.M. dan perusakan. penghancuran. Efek yang ditimbulkan oleh radioaktif adalah terjadinya perubahan struktur zat serta pola reaksi kimianya. yaitu adanya efek rumah kaca. begitu seterusnya. sehingga akan langsung menuju bumi dan selanjutnya akan diam dan bersirkulasi di bumi.hari dan bagi masyarakat. . dan gamma.Pd selaku dosen Pendidikan Lingkungan Sosial dan Budaya ( PLSBT ). yang telah baik dan selalu bersemangat memberikan pengajaran bimbingan perkuliahan tentang kehidupan. sehingga merusak sel tubuh. beta.

kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat sehat dan kesempatan serta rahmat dan hidayahnya yang senantiasa tercurahkan kepada kita yang tak terhingga ini. sahabatnya. Sholawat serta salam kita panjatkan kepada junjungan Nabi besar kita Muhammad SAW dan keluarganya.MAKALAH DAMPAK NEGATIF TRANSPORTASI DARAT DAN PENANGGULANGANNYA Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi Disusun Oleh : Krisiyanto 0604373 Kelas : IPS Reguler PROGRAM S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA KAMPUS CIBIRU BANDUNG 2009 KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur. beserta pengikutnya sampai akhir zaman amin ya robal alamin. .

Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan.3 Mengolah Masalah Transportasi Darat BAB III PENUTUP 3.2 Dampak Yang di Timbulkan 2.Saya menyampaikan terima kasih kepada dosen mata kuliah PLSBT.1 Latar Belakang Masalah 1.4 Metode dan Prosedur 1. yang telah membimbing dalam pembuatan makalah ini dan semua pihak yang telah membantu dalam pembuatan makalah ini.2 Rumusan Masalah 1.2 Saran DAFTAR PUSTAKA .1 Hakekat Transportasi Darat 2. sehingga saya dapat menyelesaikannya makalah ini dengan tepat waktu.3 Tujuan 1.1 Kesimpulan 3.5 Sistematika Penulisan BAB II PEMBAHASAN 2. Oleh karena itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah ini di masa yang akan datang. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. April 2009 Penulis DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1. Bandung.

sehingga bertambahnya jumlah lalu lintas berpengaruh besar terhadap lingkungan.bagi lingkungan. dibarengi dengan meningkatnya daya beli masyarakat terhadap kendaraan bermotor memicu meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. 1.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang tersebut. Transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia adalah sala satunya transportasi darat.4 Metode dan Prosedur .1 Latar Belakang Masalah Transportasi merupakan urat nadi Pembangunan Nasioanal untuk melancarakan arus manusia barang maupu informasi sebagai penunjang tercapainya pengalokasian sumber-sumber perekonomian secara optimal untuk itu jasa transportasi harus cukup tersedia secara merata dan terjangkau daya beli masyarakat. Perubahan tata guna lahan akan berpengaruh terhadap kondisi fisik tanah. Saat ini di indonesia sedang manghadapi masalah yang cukup rumit berkaitan dengan transportasi darat. Kebutuhan lahan yang sangat luas untuk sistem transportasi darat ini mempunyai pengaruh besar terhadap pola tata guna lahan. maka diperoleh permasalahan antara lain: 1.BAB I PENDAHULUAN 1. Sedangkan sistem lalu lintas mendekati jenuh. terutama di daerah perkotaan. serta masalah sosial dan ekonomi. Sistem transportasi darat yang berkembang semakin cepat menuntut perubahan tata jaringan jalan yang dapat menampung kebutuhan lalu lintas yang berkembang tersebut. 1. Jumlah penduduk yang semakin bertambah. Bagaimana mengolah masalah yang di timbulkan oleh transportasi darat ? 1. Pemilihan sistem transportasi yang salah untuk wilayah perkotaan dapat mengakibatkan terjadinya permasalahanpermasalahan bagi masyarakat maupun linglungan. Bagaimana hakekat transportasi darat ? 2. Di sini masalah lingkungan perlu diperhatikan. Pertambahan penduduk dan luas kota menyebabkan jumlah lalu lintas juga meningkat. Perkembangan tata jaringan jalan baru akan membutuhkan ketersediaan lahan yang lebih luas. Sarana transportasi darat berkembang mengikuti fenomena yang timbul. Bagaimana dampak negatif yang di timbulkan oleh transportasi darat ? 3.3 Tujuan Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi serta untuk wawasan dan ilmu kami tentang dampak negatif berkembangnya transportasi darat.. Perkembangan teknologi di bidang transportasi dapat menuntut adanya perkembangan teknologi prasarana transportasi darat berupa jaringan jalan.

1. Rumusan Masalah 1.2 Dampak Negatif Yang di Timbulkan 2.4. Latar Belakang Masalah 1. Sistematika Penulisan BAB II PEMBAHASAN 2. Hakekat Transportasi Darat .3.1 Hakekat Transportasi Darat 2. Tujuan 1.2 Saran DAFTAR PUSTAKA BAB II PEMBAHASAN 2.Metode yang digunakan penulis dalam penyusunan makalah ini yaitu dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber buku dan browsing di internet.1 Kesimpulan 3.5.3 Mengolah Masalah Transportasi Darat BABA III PENUTUP 3.1.2.5 Sistematika Penulisan Makalah ini disusun dengan menggunakan kaidah penulisan makalah secara umum yaitu : KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.1. Metode dan Prosedur 1.

sebagai pengelola transportasi Pada dasarnya.Transportasi atau perangkutan adalah perpindahandari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat pengangkutan. ke lima unsur di atas saling terkait untuk terlaksananya transportasi.Jenis dan spesifikasi kendaraan . kondisi sarana dan konstruksi prasarana. yang membutuhkan transportasi b) Barang. Transportasi darat di pilih berdasarkan faktor-faktor : . baik yang digerakkan oleh tenaga manusia. atau mesin. yaitu terjaminnya penumpang atau barang yang diangkut akan sampai ke tempat tujuan dalam keadaan baik seperti pada saat awal diangkut. yang diperlukan manusia c) Kendaraan.Ketersediaan mode . Berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No.Faktor sosial-ekonomi Adapun jenis –jenis dari transportasi angkutan darat adalah : 1.Jarak perjalanan . yaitu : a) Manusia.Ukuran kota dan kerapatan permukiman . sebagai prasarana transportasi e) Organisasi. 35 Tahun 2003 . Transportasi darat atau perangkutan darat adalah pemindahan / pengangkutan orang atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan alat pengangkutan melalui jalan darat. Angkutan Jalan Angkutan adalah pemindahan orang dan/atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan. sebagai sarana transportasi d) Jalan. Dalam hal ini perlu diketahui terlebih dulu ciri penumpang dan barang. sapi. serta pelaksanaan transportasi.Tujuan perjalanan . hewan (kuda. Unsur-Unsur Dasar Transportasi Ada lima unsur pokok transportasi. kerbau).

d) Bemo Bemo adalah kendaraan bermotor beroda tiga yang mulai digunakan di Jakarta pada awal tahun 1960-an. kehadiran becak di perkotaan dapat mengganggu lalu lintas karena kecepatannya yang lamban dibandingkan dengan mobil maupun sepeda motor. Nama kendaraan ini berasal dari nama penemunya. Karena itu kendaraan angkutan yang aslinya di negara asalnya Jepang digunakan untuk mengangkut barang. namun di beberapa negara ada pula taksi jenis van yang dapat mengangkut lebih banyak penumpang atau muatan. f) Delman Delman adalah kendaraan transportasi tradisional yang beroda dua. Becak merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara dan tidak menyebabkan kebisingan. baik dengan maupun tanpa perlengkapan pengangkutan bagasi. Meskipun begitu. Tidak seperti bus yang mempunyai halte sebagai tempat perhentian yang sudah ditentukan. 2. maka Angkutan Jalan diklasifikasikan sebagai berikut: a) Bus Bus adalah setiap kendaraan bermotor yang dilengkapi lebih dari 8 (delapan) tempat duduk tidak termasuk empat duduk pengemudi. tiga atau empat yang tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan kuda sebagai penggantinya. b) Taxi Taxi Adalah angkutan umum yang menggunakan mobil untuk mengangkut penumpangnya. yaitu Charles Theodore Deeleman. c) Mikrolet Mikrolet adalah istilah yang merujuk kepada kendaraan umum dengan rute yang sudah ditentukan. Angkutan Rel Adapun jenis transportasi rel adalah : . e) Becak Becak (dari bahasa Hokkien: be chia “kereta kuda”) adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. mikrolet dapat berhenti untuk menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja. Mulanya bemo diharapkan dapat menggantikan peranan becak yang dianggap tidak manusiawi karena memanfaatkan tenaga manusia sebagai penggeraknya. seorang litografer dan insinyur di masa Hindia Belanda. Taksi umumnya menggunakan mobil jenis sedan.Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan.

Kereta umumnya dilengkapi dengan sistem listrik. salah satu dampak yang di timbulkan adalah meningkatnya polusi udara. Secara umum definisi polusi udara adalah perbedaan komposisi udara aktual dengan kondisi udara normal dimana komposisi udara aktual tidak mendukung kehidupan manusia. Pada awalnya kereta hanya diberi tempat duduk dan tidak diberi atap (untuk kelas ekonomi) atau diberi atap (untuk kelas khusus). 108. Walaupun bensin tanpa timbal telah tersedia di beberapa wilayah di Indonesia. 2. namun ketidaktersediaan bensin tanpa timbal di hampir seluruh wilayah Indonesia belum dapat mendukung penerapan teknologi tersebut. Spesifikasi bahan bakar yang tersedia di Indonesia mengikuti spesifikasi bahan bakar yang berlaku saat ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas (Migas) No. Di daerah atau negara-negara tertentu kereta dilengkapi dengan tempat tidur untuk perjalanan malam hari. Emisi Kendaraan Bermotor Kendaraan bermotor merupakan salah satu sumber pencemaran udara yang penting di daerah perkotaan. sistem hiburan audio visual.2 Dampak Negatif Yang di Timbulkan Oleh Transportasi Darat Berkembangnya alat transportasi darat menyebabkan dampak yang negatif maupun dampak yang positif bagi manusia maupun bagi lingkungan. Dengan kualitas bahan bakar sesuai dengan spesifikasi tersebut sulit untuk mewajibkan produsen kendaraan bermotor memasang peralatan pereduksi emisi (katalis) pada kendaraan. dan toilet.K/72/DJM/1999 juga memperbolehkan kandungan belerang hingga 5000 ppm dan angka setana minimum 48 pada bahan bakar solar. Kondisi emisi kendaraan bermotor sangat dipengaruhi oleh kandungan bahan bakar .a) Kereta Kereta adalah kendaraan beroda yang merupakan bagian dari sebuah rangkaian kereta api dan digunakan untuk mengangkut penumpang. kereta umumnya tertutup dan tidak dilengkapi dengan kabin / kamar tersendiri sebagaimana kereta yang umum dijumpai saat ini di Indonesia. Bahan atau zat pencemaran udara sendiri dapat berbentuk gas dan partikel. Adapun dampak negatif yang di timbulkan oleh berkembangnya transportasi darat adalah sebagai berikut : 1).30 gram/liter serta tekanan uap (Reid Vapour Pressure) 62 kPa pada suhu 37. karena bahan bakar jenis tersebut merupakan prasyarat bagi penggunaan teknologi kendaraan yang mutakhir yang mampu mengurangi emisi kendaraan secara signifikan. K/72/DDJM/1997 yang memperbolehkan kandungan timbal hingga 0. Ada banyak sumber pencemaran udara yang salah satunya yang terbesar adalah dari sektor transportasi seperti : a. b. SK Dirjen Migas No. Polusi Udara Seiring dengan berkembangnya sistem transportasi darat.8 °C untuk bahan bakar bensin. Kualitas Bahan Bakar Minyak Ketersediaan bensin tanpa timbal (unleaded gasoline) dan minyak solar dengan kandungan belerang rendah merupakan faktor kunci dalam penurunan emisi kendaraan. 113.

SO2. makin banyak jumlah emisi gas buang total. Makin banyak volume kendaraan yang beroperasi di jalan. Ini dapat berarti gangguan secara fisik maupun psikologis. c. Pada pembakaran sempurna. yaitu pengurangan volume kendaraan dan pengurangan kepadatan lalu lintas. Polutan yang dihasilkan kendaraan bermotor yang menggunakan BBM antara lain CO. Polusi suara atau pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup di sekitarnya. Polusi Suara Bertambanya jumlah kendaraan yang tidak tekendali dan sistem pembangnan pemukiman penduduk yang dekat dengan jalan raya. 2).dan kondisi pembakaran dalam mesin. . NO2. Tingginya emisi kendaraan bermotor disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah:         Sistem kontrol emisi kendaraan bermotor tidak diterapkan Pelaksanaan Pengujian Kendaraan Bermotor berkala untuk kendaraan umum tidak berjalan efektif Pemeriksaan emisi kendaraan di jalan sebagai bagian dari penegakan hukum (terkait dengan pemenuhan persyaratan kelaikan jalan) belum diterapkan Kendaraan bermotor tidak diperlengkapi dengan teknologi pereduksi emisi seperti katalis karena tidak tersedianya bahan bakar yang sesuai untuk penggunaan katalis tersebut Kualitas BBM yang rendah Penggunaan kendaraan berteknologi rendah emisi yang menggunakan bahan bakar alternatif masih belum memadai Pemahaman tentang manfaat perawatan kendaraan secara berkala yang dapat menurunkan emisi dan meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar masih kurang Disinsentif terhadap kendaraan-kendaraan yang termasuk dalam kategori penghasil emisi terbesar belum diperkenalkan. Secara langsung. akan mengakibatkan tidak tentram dan nyamannya penduduk sekitar akibat polusi suara yang ditimbulkan oleh suara kendaraan bermotor. Lebih jauh. Sistem Transportasi dan Manajemen Lalu Lintas Sistem manajemen transportasi dan tata ruang perkotaan mempengaruhi pola pergerakan manusia dan kendaraan di suatu kota yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas udara. Hampir semua bahan bakar mengandung polutan dengan kemungkinan pengecualian bahan bakar sel (hidrogen) dan hidrokarbon ringan seperti metana (CH4). polusi suara seperti ini dapat menyebabkan ketulian secara fisik dan tekanan psikologis. tekanan psikis akan menyebabkan penyakit-penyakit lainnya muncul pada manusia. HC. dan partikulat. namun kondisi ini jarang terjadi. Pencemaran suara diakibatkan suara-suara bervolume tinggi yang membuat daerah sekitarnya menjadi bising dan tidak menyenangkan. emisi paling signifikan yang dihasilkan dari kendaraan bermotor berdasarkan massa adalah gas karbon dioksida (CO2) dan uap air. Pengendalian pencemaran udara melalui peningkatan sistem transportasi terfokus pada dua aspek. Suara bising yang terus-menerus dengan tingkat kebisingan yang relatif tinggi dapat mengakibatkan dampak yang merugikan kesehatan manusia.

Untuk mengurangi faktor kendaraan perawatan dan perbaikan kendaraan diperlukan.3 Mengelolah Masalah Transportasi Darat . Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. tanpa di imbangi dengan pembangunan sarana dan prasarana yang memadai akan menimbulkan betumpuknya kendaraan dijalan sehingga mengakibatkan kemacetan. karena kecepatan perjalanan yang rendah. kelelahan logam yang mengakibatkan bagian kendaraan patah. Meningkatkan stress pengguna jalan.3). Selain mempunyai beberapa damak negatif yang ditimbulkan oleh adanya transportasi darat. karena pada kecepatan rendah konsumsi bahan bakar lebih rendah. Meningkatnya kecelakaan lalu-lintas Pesatnya kendaran bermotor yang lalu lalang dijalan raya tanpa diimbangi dengan kesadaran pengguna kendaraan untuk tertib berlalu-lintas akan mengakibat terjadinya kecelakaan lalulintas. aman. Meningkatkan polusi udara. 4). 2. Kecelakaan lalu-lintas menelan korban jiwa sekitar 1.. perawatan yang dilakukan terhadap kendaraan. Faktor yang mempengaruhi kecelakaan faktor kendaraan yang paling sering terjadi adalah ban pecah. peralatan yang sudah aus tidak diganti dan berbagai penyebab lainnya. misalnya Jakarta dan Bangkok. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar. sistem tansportasi juga ini juga mempunyai beberapa dampak positif bagi kehidupan manusia. disamping itu adanya kewajiban untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor secara reguler. Keseluruhan faktor kendaraan sangat terkait dengan technologi yang digunakan. b) Mempercepat lalulintas orang dan barang Dengan adanya alat transportasi. terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk. Adapun mengenai beberapa dampak positif yang ditimbulkan oleh adanya transportasi darat secara umum adalah: a) Mengatasi kesenjangan jarak dan komunikasi Transportasi dalam hal ini perlu untuk mengatasi kesenjangan jarak dan komunikasi antara tempat asal dan tempat tujuan. nyaman dan terintegrasi. Kemacetan lalu lintas memberikan dampak negatif yang besar yang antara lain : Kerugian waktu. Kadang kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka-luka atau kematian manusia atau binatang. Kemacetan Pertumbuhan kendaraan bermotor yang cepat di kota-kota besar. Kecelakaan lalu-lintas adalah kejadian di mana sebuah kendaraan bermotor tabrakan dengan benda lain dan menyebabkan kerusakan. Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di kota-kota besar di Indonesia. maka pergerakan lalu lintas barang dan orang akan menjadi lebih cepat. Pemborosan energi.2 juta manusia setiap tahun menurut WHO. rem tidak berfungsi sebagaimana seharusnya.

Sistem transportasi darat yang berkembang dengan pesat memerlukan pengelolaan dan penataan yang baik dan benar. meliputi model transportasi. pengamanan penghuni sepanjang jalan. ada beberapa hal yang perlu dijalankan. Perencanaan sistem transportasi harus disertai dengan pengadaan prasarana yang sesuai dan memenuhi persyaratan dan kriteria transportasi antara lain volume penampungan. Penghematan energi dan reduksi emisi pencemar dapat dioptimalkan secara terpadu dalam perencanaan jalur. pertimbangan utama diterapkan adalah bahwa aliran lalu lintas berjalan dengan selancar mungkin. kecepatan ratarata. Tabir akustik atau tunggul tanah dan jalur hijau sepanjang jalan raya akan mereduksi tingkat kebisingan lingkungan pemukiman yang ada di sekitar dan sepanjang jalan. Dalam perencanaan. Dalam konteks ini. Permukaan jalan halus. Rekayasa lalu lintas. 2. persyaratan spesifikasi dasar prasarana jalan yang digunakan sangat menentukan. jarak tempuh per kendaraan per tujuan (vehicle mile trip dan passenger mile trip). kecepatan rata-rata. aliran puncak. keamanan pengguna jalan. di antaranya. akan mengurangi emisi pencemaran debu akibat gesekan ban dengan jalan. Pemilihan model transportasi ditentukan dengan mempertimbangkan salah satu persyaratan pokok. Efek sektor transportasi terhadap lingkungan perlu dikendalikan dengan melihat semua aspek yang ada di dalam sistem transportasi. sarana. dan bahan bakar yang digunakan. dan seterusnya. penghijauan. pencemaran udara. Pengendalian pada sumber (mesin kendaraan). 1. dan penerangan. mulai dari perencanaan sistem transportasi. dan dengan waktu tempuh yang sekecil mungkin. Data mengenai pola dan siklus berkendaraan yang tepat di Indonesia belum tersedia hingga saat ini. jenis mesin kendaraan. . pola aliran lalu lintas. kebisingan. dan reduksi pencemar udara yang lebih besar. untuk mencapai sistem transportasi darat tersebut. seperti yang dapat di uji dengan model asal-tujuan (origin-destination). Dalam mencapai sistem transportasi yang ramah lingkungan dan hemat energi. Dengan meminimumkan waktu tempuh dari setiap titik asal ke titik tujuannya masing-masing akan dapat dicapai efisiensi bahan bakar yang maksimum. Rekayasa lalu lintas khususnya menentukan jalannya sistem transportasi yang direncanakan. Selain itu harus juga memenuhi persyaratan lingkungan yang meliputi jenis permukaan. oleh karena itu dalam pembangunan dan pengembangannya perlu memperhatikan efeknya terhadap manusia dan lingkungan. yaitu pemindahan barang dan manusia dilakukan dalam jumlah yang terbesar dan jarak yang terkecil. Untuk mencapai sistem rtanportasi yang ideal. pola berkendara (driving pattern/cycle) pada dasarnya dapat direncanakan melalui rekayasa lalu lintas. dan juga akan mengurangi emisi pencemar udara keluar batas jalan kecepatan tinggi. Transportasi massal merupakan pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan transportasi individual. misalnya.

Energi transportasi. Persyaratan pengendalian pencemaran seperti yang diterapkan Amerika Serikat (AS) telah terbukti membawa perubahan-perubahan besar dalam perencanaan mesin kendaraan bermotor yang beredar di dunia sekarang ini. Dalam hal pembangunan dan pengembangan sistem transportasi darat yang ideal untuk kehidupan. Sebenarnya pemerintah sebagai pihak regulator sudah memberlakukan beberapa peraturan guna menanggulangi atau meminimalisir dampak negatif yang di akibatkan adanya sistem transportasi darat.Jenis kendaraan yang digunakan sebagai alat transportasi merupakan bagian di dalam sistem transportasi yang akan memberikan dampak bagi lingkungan fisik dan biologi akibat emisi pencemaran udara dan kebisingan. diperlukan syarat bahan bakar. meliputi pemasangan (katup) PCV palse sistem karburasi. Perubahan-perubahan yang dilakukan dalam rencana mesin. Sedangkan teknologi retrofit disyaratkan dengan pemasangan alat Retrofit Catalitic Converter untuk mereduksi emisi HC dan NOX dan debu (TSP). Aspek perencanaan perkotaan dan sistem transportasi akan menjadi faktor generik dampak yang umumnya timbul. khusus yaitu bebas timbal. Berdasarkan kondisi saat ini dimana dapat dilihat bahwa transportasi sangat berpengaruh terhadap pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor. Selain itu dalam rangka upaya pengendalian emisi gas buang. Sejak tahun 1970. dan after burner untuk menurunkan emisi. khususnya dalam upaya mengurangi tingkat kemacetan dan mencegah semakin meningkatnya kadar polutan udara oleh asap kendaraan bermotor dan kebisingan. Teknologi ini membawa implikasi yang besar terhadap sistem BBM. akan memungkinkan pembakaran sempurna dan efisiensi energi yang tinggi. Kedua jenis pencemaran ini sangat ditentukan oleh jenis dan kinerja mesin penggerak yang digunakan. bila peralatan retrofit digunakan. dikeluarkan persyaratan-persyaratan yang ketat oleh pemerintah Federal untuk mengendalikan emisi kendaraan bermotor dan efisiensi bahan bakar. sirkulasi uap bahan bakar minyak (BBM) untuk mengurangi emisi tangki BBM. Selama aspek sistem transportasi yang memadai dan sesuai terlaksana dalam konteks perencanaan kota yang ada. Pemberi insentif bagi kendaraan bermotor yang berpopulasi rendah antara lain : . diharapkan sistem transportasi perkotaan. pencemaran udara termasuk dalam mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas. akan sesuai dengan yang diharapkan. melalui manajemen transportasi. perlu diambil langkahlangkah konkrit dan dukungan berupa : 1. khususnya penggunaan energi. sistem pemantikan yang memungkinkan pembakaran lebih sempurna. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut. 3. juga sangat ditentukan oleh jenis BBM yang digunakan. Besarnya intensitas emisi yang dikeluarkan kendaraan bermotor selain ditentukan oleh jenis dan karakteristik mesin. Seperti halnya penggunaan LPG. efisiensi energi dan pencegahan dampak bagi lingkungan dapat dilakukan. karena TEL tidak dapat lagi ditambahkan dalam BBM. bersamaan dengan krisis energi dan fenomena pencemaran udara di Los Angeles Smog.

Pemberian keringanan pajak untuk Bea Masuk peralatan Konversi (Conversion Kit). 5. menambah lajur lalu lintas sepanjang hal itu memungkinkan.No.1.. BAB III PENUTUP 3. Mengingat permasalahan pencemaran udara terutama di kota -kota besar telah telah menyebabkan menurunnya kualitas udara yang menggangu kenyaman bahkan telah menyebabkan gangguan kesehatan dan keseimbangan iklim global. Pertamina dan Polri.21 tahun1997. merubah sirkulasi lalu lintas menjadi jalan satu arah. biasanya yang paling dominan membatasi arus belok kanan. sedangkan Pemda akan berperan sekali sebagai penanggung jawab pelaksanaannya dan Bappenas sebagai penanggung jawab pendanaannya. Departemen Tenaga Kerja. meningkatkan kapasitas persimpangan melalui lampu lalu lintas. 2. Penentuan harga jual Bahan Bakar yang berwawasan lingkungan (Mogas Unleaded dan Gas) de ngan harga menarik bagi konsumen. 4. mengembangkan inteligent transport sistem. meningkatkan kapasitas jalan / prasarana seperti: memperlebar jalan. juga diperlukan dukungan dari lintas seketoral. Pembatasan lalu lintas tertentu memasuki kawasan atau jalan tertentu. serta Bapedalda.1 Kesimpulan . Pembatasan kendaraan pribadi seperti : Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi menuju suatu kawasan tertentu seperti yang direncanakan akan diterapkan di Jakarta melalui Electronic Road Pricing (ERP). Keringanan pembebasan pajak untuk kendaraan bermotor yang menggunakan gas berupa PBBKB (Pajak Bahan Bakar Kendaran Bermotor). membuat jalan tol. Dalam upaya mengatasi persoalan kemacetan . PERPU. 2. persimpangan tidak sebidang / flyover. Untuk menanggulangi hal tersebut upaya-upaya pengendalian pencemaran udara perlu dilakukan oleh semua pihak yang terkait dan berkepentingan antara institusional yang meliputi : beberapa Departemen Teknis terkait (Departemen Perhubungan. Pembatasan pemilikan kendaraan pribadi melalui peningkatan biaya pemilikan kendaraan. Departemen Keuangan dan Kementerian Pekerjaan Umum). Selain itu. Peraturan Pemerintah yang mewajibkan kepada Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) untuk setiap kendaraan baru yang diproduksi sudah dilengkapi/dipasang Catalytic Converter serta alat konversi untuk kendaraan niaga dan angkutan umum. 3. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memecahkan permasalahan kemacetan lalu lintas antara lain : 1. mengurangi konflik dipersimpangan melalui pembatasan arus tertentu. Sehingga harga jualnya dapat ditekan dan terjangkau oleh masyarakat. Keringanan Pajak Kendaraan (STNK) khusus kendaraan berbahan bakar Gas (BBG atau LPG) selama periode tertentu.

diantaranya efek tehadap lingkungan dan manusia. DAFTAR PUSTAKA Effendi. Oleh karena itu. (1999).Transportasi merupakan urat nadi Pembangunan Nasioanal untuk melancarakan arus manusia barang maupu informasi sebagai penunjang tercapainya pengalokasian sumber-sumber perekonomian secara optimal untuk itu jasa transportasi harus cukup tersedia secara merata dan terjangkau daya beli masyarakat. pola aliran lalu lintas. polusi suara. dan meningkatnya angka kecelakaan lalu-lintas. kemacetan. (2007) . Bandung : AlfaBeta Sumaatmadja. Jakarta : Universitas Terbuka . juga diperlukan dukungan dari lintas seketoral. Permasalahan yang dapat ditimbulkan oleh berkembang pesatnya transportasi darat antara lain polusi udara. Sarana transportasi darat berkembang mengikuti fenomena yang timbul. Nursid. Bandung : UPI PRESS Sumaatmadja.2 Saran Transportasi sudah selayaknya ada untuk memberi kemudahan dalam kehidupan manusia. kita sebagai manusia sudah seharusnya bijak dalam menggunakan alat transportasi. Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi. Adapun mengenai efek terhadap lingkungan dan manusia perlu dikendalikan dengan melihat semua aspek yang ada di dalam sistem transportasi. perkembangan masyarakat dan Budaya. perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pemilihan sistem transportasi yang salah dapat mengakibatkan terjadinya permasalahan-permasalahan bagi masyarakat maupun lingkungan. Selain itu. Manusia Dalam Konteks Sosial Budaya dan Lingkungan Hidup. Ridwan dan Elly Malihah. Bandung : Yasindo Multi Aspek Hermawan. Tetapi dalam perkembangannya transportasi ini juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan manusia itu sendiri. Sudah sepatutnya kita sadar akan pentingnya arti transportasi dalam kehidupan ini. mulai dari perencanaan sistem transportasi. agar masalah atau dampak negatif dari tranportasi darat dapat di minimalisir sekecil mungkin. dan bahan bakar yang digunakan. meliputi model transportasi. Namun kita juga harus sadar akan berbagai dampak negatif yang ditimbulkannya. Perspektif Global. Nursid dan Kuswaya Wihardit. (2006) . jenis mesin kendaraan. 3. (1998) . Adapun untuk menanggulangi berbagai permasalahan yang ditimbulkan oleh sektor transportasi darat. Karena sebenarnya pemerintah sebagai pihak regulator sudah memberlakukan beberapa peraturan guna menanggulangi atau meminimalisir dampak negatif yang di akibatkan adanya sistem transportasi darat. Ruswandi dkk. sarana.