You are on page 1of 9

*egiatan Belajar

#
DESKRIPSI MODUL
Modul ini merupakan bagian akhir dari pembelajaran bahasa Indonesia. Modul ini berisi tentang bimbingan bagi Anda yang ingin menambah keterampilan berbahasa. Setelah mempelajari modul ini, diharapkan Anda dapat menerapkan ”Teknik Pembuatan Resensi Buku”. Modul ini sangat penting untuk dikuasai karena dengan memahami teknik pembuatan resensi, Anda akan menjadi lebih kritis dalam menghadapi karya tulis seseorang. Melalui pemahaman materi ini diharapkan agar Anda menjadi kritis dan kreati sehingga bisa menghasilkan karya yang bagus layak jual. !ntuk mendapatkan hasil maksimal, pelajari modul ini sebaik"baiknya. Modul ini dapat anda pelajari selama #$% jam pelajaran termasuk untuk mengerjakan tes mandiri dan&atau tugas"tugas yang ada. !ntuk mempermudah belajar sebaiknya Anda lebih meningkatkan rasa per'aya diri Anda. Selamat belajar, semoga materi modul ini dapat menambah (a(asan dan memoti)asi Anda untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan latihan menjelaskan teknik pembuatan resensi buku. Selamat belajar, semoga modul ini dapat menambah (a(asan dan memoti)asi Anda untuk selalu meningkatkan pro esionalisme.

RESENSI BUKU
TUJUAN PEMBELAJARAN
S

etelah selesai mempelajari kegiatan belajar terakhir, peserta diharapkan dapat menjelaskan pengeritan resensi, man aat resensi, substansi resensi, dan teknik penulisan resensi.

MATERI POKOK

#+,

• • • •

Pengertian Resensi Man aat Resensi Substansi Resensi Teknik Penulisan Resen Resensi buku sering diistilahkan dengan -Timbangan Buku”. Resensi atau

1. Pengertian Resensi Buku timbangan buku merupakan tulisan yang memberikan penilaian terhadap suatu buku yang baru diterbitkan. Penulis resensi membuat penilain apakah buku baru itu baik atau tidak untuk diba'a. !lasan"ulasan yang diuraikan dalam resensi adalah jenis buku, keaslian ide, bentuk, isi dan bahasa, serta simpulan. Resensi di koran berbeda dengan jurnal ilmiah. Resensi di koran biasanya berupa bedah buku dengan isi ringkasan buku, tujuan tulisan, latar belakang penulis, kesimpulan, kelemahan dan keunggulan tulisan serta kata&kalimat yang digunakan sering tidak baku atau populer dan diperuntukkan untuk masyarakat umum. Resensi di jurnal ilmiah ditambah teori lain yang diungkapkan penulis lain dan bahasa yang digunakan bahasa baku serta untuk kalangan tertentu .biasanya terpelajar/.

#+0

2. Manfaat Resensi Buku Berdasarkan pengertian di atas, resensi buku bisa diman aatkan sebagai berikut. a. Membantu pemba'a .publik/ yang belum berkesempatan memba'a buku yang dimaksud atau membantu mereka yang memang tidak punya (aktu memba'a buku. b. Membantu pemba'a .publik/ agar mengetahui kelemahan dan kelebihan buku yang diresensi. Pengetahuan tersebut dapat digunakan pemba'a tentang 'ara menulis buku yang baik. '. Membantu pemba'a .publik/ agar mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan. 1engan begitu, pemba'a akan mengetahui alasan tidak tertulis .undercover/ penulisan buku tersebut. d. Membantu pemba'a .publik/ agar mengetahui perbandingan buku yang telah dihasilkan penulis yang sama atau buku"buku karya penulis lain yang sejenis. Peresensi yang baik tidak hanya mengulas isi buku apa adanya akan tetapi mereka juga menghadirkan karya"karya sebelumnya yang telah ditulis oleh pengarang yang sama atau juga menghadirkan buku"buku karya penulis lain yang sejenis. e. Bagi penulis buku yang diresensi, hasil resensi bisa digunakan sebagai masukan berharga bagi proses kreati kepenulisan selanjutnya karena tak jarang peresensi memberikan kritik yang tajam baik itu dari segi 'ara dan gaya kepenulisan maupun isi dan substansi bukunya. . Bagi penerbit, hasil resensi bisa dijadikan (ahana koreksi karena biasanya peresensi juga menyoroti soal font, mutu 'etakan, dan unsur penerbitan lainnya. 3. Substansi Resensi Se'ara garis besar resensi buku yang baik setidak"tidaknya memuat hal"hal yang penting dan perlu diketahui oleh pemba'a, antara lain sebagai berikut. #. 1ata Buku atau Identitas Buku a. 2udul buku 2udul buku harus ditulis lengkap. 2ika buku yang diresensi merupakan buku terjemahan, sebaiknya juga ditulis judul asli buku tersebut. b. Penulis atau pengarang Tulis nama penulis atau pengarang. 2ika buku yang diresensi merupakan buku
#+3

terjemahan, penulis buku asli dan penerjemah harus ditulis. Tulis editor jika dalam buku tersebut ada editornya. '. 4ama penerbit dan tempat terbit. d. 5etakan dan tahun terbit. e. Tebal buku dan jumlah halaman .ditambah roma(i/. %. 2udul Resensi 2udul resensi boleh sama dengan judul buku, boleh juga tidak sama dengan judul buku tetapi tetap dalam konteks buku tersebut. +. Ikhtisar Isi Buku 1alam meresensi buku, seorang peresensi harus menuliskan buku yang hendak diresensi. Berkaitan dengan hal ini, terdapat dua pola yang dapat dipakai. Pertama, ikhtisar adalah bentuk singkat dari suatu karangan atau rangkuman. Ikhtisar merupakan bentuk singkat karangan yang tidak mempertahankan urutan karangan atau buku asli. *edua, ringkasan adalah suatu bentuk tulisan yang tidak harus mempertahankan urutan karangan atau buku aslinya. ,. *elebihan dan *ekurangan Buku Penulis resensi harus memberikan penilaian mengenai kelebihan dan kelemahan buku yang diresensi. Penilaian harus disertai dengan ulasan se'ara objekti dan jujur. Penilaian dapat didasarkan pada teori atau perspekti tertentu. 0. Simpulan Penulis resensi harus mengemukakan simpulan dari buku yang diresensi dan himbauan kepada pemba'a. 2angan lupa 'antumkan nama penulis selaku peresensi. ,. Teknik Penulisan Resensi Teknik pembuatan resensi adalah berikut. #/ Tulis data buku atau identitas buku Tulis nama penulis&pengarang .jika buku yang diresensi merupakan buku terjemahan, penulis buku asli dan penerjemah harus ditulis/, judul lengkap .jika buku yang diresensi merupakan buku terjemahan/, editor .jika ada/, tempat .kota/ penerbit, penerbit, bulan atau tahun terbit dan jumlah halaman .ditambah roma(i/.
#+6

%/ Buat judul resensi 2udul resensi bisa berupa judul buku akan tetapi boleh tidak sama dengan judul buku. 2udul resensi harus tetapi tetap dalam konteks buku itu. +/ Ba'a buku se'ara mendalam dan kritis Memba'a mendalam dilakukan agar dapat mengikuti alur pikiran penulis, melihat hubungan antaraidenya, menghubungkan idenya dengan pengalaman kita, dan menge)aluasi tulisannya dengan 'erdas dan kritis. Memba'a kritis dilakukan men'ari gagasan yang kontor)ersial dan men'ari kekuatan serta kelemahan buku yang diresensi. Memba'a kritis juga digunakan untuk membandingkan dengan teori lain yang diungkapkan oleh penulis lain dari buku lain. Pemba'a yang hati" hati dapat memperhatikan hal"hal yang diperbuat penulis, seperti tema yang melon'at"lon'at atau bias tema. 1alam memba'a buku, perhatikan kata atau kalimat yang tidak dimengerti. Ba'a buku sampai selesai dan ikuti argumennya .dengan memba'anya/ sampai selesai, jangan menjusti ikasi sebelum selesai memba'a. ,/ Buat ikhtisar isi buku 1alam meresensi buku, seorang peresensi harus menulis buku yang hendak diresensi. Ikhtisar adalah bentuk singkat dari suatu karangan atau rangkuman. Ikhtisar merupakan bentuk singkat karangan yang tidak mempertahankan urutan karangan atau buku asli, sedangkan ringkasan harus sesuai dengan urutan karangan atau buku aslinya. 0/ *ritisi isi buku dengan memperhatikan hal"hal berikut. a. Bandingkan materi tulisan dengan keadaan sekarang .#/ *ritisi materi tulisan sesuai dengan keadaan yang terjadi sekarang. .%/ 1eskripsikan latar belakang, pekerjaan, reputasi penulis&pengarang. b. *ritisi hal"hal atau keadaan penting yang berhubungan dengan buku tersebut. Sebutkan sumber materi penulis. '. 1eskripsikan jenis buku yang diresensi. 1eskripsikan apakah buku yang diresensi termasuk buku sejarah, biogra i, kritik tulisan orang lain&litera'y 'ritism, sastra, dan lain"lain. d. 2elaskan tujuan penulis dalam menulis buku yang diresensi dan terangkan batasan tulisannya dengan tema. .#/ 1eskripsikan apakah buku tersebut menggunakan tema popular atau tema ilmiah.
#+7

.%/ 1eskripsikan apakah buku tersebut merupakan hasil sur)ey atau hasil eksperimen. .+/ 1eskripsikan sasaran buku tersebut, apa buku tersebut ditulis untuk kaum pelajar atau masyarakat a(am. e. *ritisi tema buku tersebut. .#/ 5ari tema di bagian pendahuluan, isi, dan simpulan. .%/ Selama memba'a kaitkan tema bagian dengan tema buku, apakah masih berhubungan atau tidak. . 1eskripsikan asumsi penulis, yang tersirat atau tersurat .jika ada/, berhubungan dengan materi yang ditulis. g. 2elaskan struktur buku. .#/ 2elaskan )aliditas pembagian bagian"bagian buku .seperti pendahuluan, isi, kesimpulan/ . .%/ 2elaskah keterkaitan appendiks, bibliogra i, 'atatan"'atatan, indeks buku dengan isi buku. h. Analisis point utama atau konsep kun'i dalam buku tersebut. i. Analisis jenis data yang digunakan penulis dalam mendukung argumennya. .#/ Analisis man aat data tersebut dalam berargumen. .%/ Analisis kesesuaian argumen dengan data. j. Buat kutipan untuk menunjukkan bagian penting buku tersebut. k. *ritisi 'ara penulis mengkomunikasikan (a'ana atau teorinya. .#/ 2elaskan kesesuaian (a'ana dengan tujuannya. .%/ *ritisi kemungkinan (a'ana tersebut tidak sesuai .bias/ dengan tujuan. l. 2elaskan tujuan lain tulisan dari buku yang diresensi. 2elaskan apakah penulis menggunakan bahasa yang baku dan e ekti 8 m. *ritisi gagasan penulis. 9agasannya berkembang dari isu atau tema penelitian. 3/ Mengoreksi dan mere)isi hasil resensi dengan menggunakan dasar"dasar dan kriteria"kriteria yang telah kita tentukan sebelumnya.

#+:

SOAL-SOAL LATIHAN
#. Tulis identitas buku se'ara lengkap dan jelas. %. Buat judul resensi sesuai dengan konteks buku. +. Ba'a se'ara mendalam dan kritis buku yang Anda resensi. ,. Buat ikhtisar isi buku. 0. *ritisi isi buku dengan memperhatikan aspek"aspek kekritisan resensi. 3. Sampaikan pendapat Anda mengenai buku yang Anda resensi. *atakan sejujurnya. Tempatkan diri Anda sebagai seorang kritikus. ;)aluasi kelayakan itu diba'a oleh publik atau kelompok tertentu. Analisis kelebihan dan kekurangan buku yang diresensi se'ara berimbang. Sebagai pelengkap, analisis isik buku tersebut, seperti sampul, kertas, hasil 'etakan, dan sebagainya. 6. *egiatan Anda selesai. Berikan kata penutup. Meski Anda sudah menyampaikan pendapat tentang buku tersebut, Anda harus tetap mengembalikan penilaian pada pemba'a.

#,<

Contoh Resensi
2udul Penulis Penerbit Tahun terbit >alaman = = = = = Sang Pemimpi s Ketika !inta Bertasbi"

Seminggu ini saya berusaha menamatkan dua novel yang akan difilmkan yaitu Sang Pemimpi karya Andrea Hirata dan Ketika Cinta Bertasbih 1 & 2 karya Habiburrahman l!Shira"y# Selesai memba$a kedua novel ini% sebagai pemba$a pemula% saya punya uneg-uneg untuk dituangkan dalam tulisan sebagai $urhat# Sang Pemimpi berkisah tentang dua orang sahabat% &kal dan Arai% plus teman satu kostnya yang bernama 'imbron# (ua tokoh ini punya impian yang% bagi penduduk kampung Belitong% sangat tinggi% yaitu mengin)ak altar su$i *niversitas Sorborne Pran$is# Sedangkan Ketika Cinta Bertasbih ber$erita tentang per$intaan yang melibatkan tokoh!tokoh seperti A""am% +ur,on% dan +adhil% serta melibatkan beberapa $e-ek akh-at seperti lliana% Anna% .iara% Cut /ala% dll# (ari dua novel ini ada perbedaan setting lokasi# Sang Pemimpi di Belitong dan sedikit di 'akarta% sedangkan Ketika Cinta Bertasbih mengambil setting di /esir dan Solo# Andrea Hirata mampu meramu tulisannya sehingga seolah!olah kita sedang menonton adegan yang menghibur# (eskripsi $erita% dialog% dan penokohan diolah sedemikian alami sehingga tidak terkesan berlebihan% namun punya pesan yang )elas# Sedangkan Habiburrahman meramu tulisannya dengan pesan yang sangat kentara% bahkan terkesan menggurui# Sedangkan $erita yang terkadang tidak masuk akal% dibuat begitu dramatis sehingga mirip dengan $erita sinetron besutan 0m!om &ndia# (an% sebenarnya Ketika Cinta Bertasbih daripada difilmkan lebih $o$ok disenetronkan# Karena $eritanya bisa menyulut emosi% menguras air mata dan dibuat muter!muter dalam beberapa seri# Segmen Sang Pemimpi adalah para rema)a sekolah% pendidik% dan masyarakat pada umumnya# Bisa dikatakan% sebagai $ermin &slam &ndonesia yang toleran% bergaul dengan agama lain% tidak terlalu saklek dan militan# Bahkan di novel ini disebutkan bah-a 'ibron diasuh oleh Pendeta 1eovanni yang tidak mendoktrinnya apalagi punya missi% bahkan sangat menghormati agama &slam yang dipeluk 'imbron# Sedangkan Ketika Cinta Bertasbih sasarannya adalah para ikh-an dan akh-at yang &slamnya militan% yang )ika membayangkan -a)ah sang kekasih sa)a harus segera beristighfar% dan mendiskripsikan kesalehan seseorang diukur dari seberapa rapat menutup auratnya# (i sela!sela $erita )uga disebutkan tentang bagaimana musuh! musuh &slam sangat memben$i &slam% 2ahudi yang dapat men$etak uang dan sen)ata% serta $erita!$erita yang membakar ghirah 3semangat4 ber)ihad# (an% ini sangat $o$ok bagi para aktifis dak-ah% pe)uang khilafah% dan pendamba &slam Kaffah# Semoga dengan karya!karya sastra yang beragam ini dapat memperkaya $akra-ala pemba$a &ndonesia dengan berma$am!ma$am ideologi dan pola pikir# http=&&penerbitanbuku.(ordpress.'om&'ategory&resensi"buku&

#,#

DAFTAR REFERENSI
Soe(andi, S. %<<3. ?angkah"langkah Meresensi Buku. "ttp#$$pelitaku.sab%a.&rg$ langka"'langka"'meresensi'buku, diakses #7 Pebruari %<#</.
*olin, P.5. #::,. Successful Writing at Work .@ourt ;dition/. ?e$ington= 1.5. >eath and 5ompany.

MaAosid, B. %<<7. Tips embuat Resensi. ."ttp#$$penerbitanbuku.(&r%press.)&m$2**+$ *1$*,$tips-membuatresensi$, diakses #7 Pebruari %<#</.

#,%