You are on page 1of 12

Modul1 (soal fredy) Salah satu terapi pneumonia yang efektif adalah sefalosporin generasi 3 yaitu seftriakson.

Yang masih termasuk derivat sefalosforin generasi ketiga adalah… a. Sefalotin b. Sefuroksim c. Seftazidim d. Sefaklor e. Seftazolin f. (soal sara) 1.gol penisilin (soal sara) 1.gol peni ilin !."M#$SM% 3.makrolid &.sefotaksim 'olongan antibiootik yang dapat diberikan kepada penderita pneumoni yang bakteri penyebabnya adalah penisilin sensitive strepto o us pneumonia (#SS#) adalah a.1,2,3 b.1(3 .!(& d.semua benar e.)SS* (soal nur) )erikut ini yang +enis antibioti yang termasuk dalam golongan seftriakson adalah a. ,mpi ilin b. -ritromisin c. Sefuroksim d. .lindamisin e. *oksisiklin

menunggu hasil pembiakan kuman . #eni ilin . pneumonia yang berat dapat mengan am +i6a b.ntibiotik golongan makrolida yang banyak digunakan pada /.(soal venes) . 0imantidine b. . Klaritromisin (soal i3bal) Manakah dari golongan obat berikut yang bukan merupakan antibiotik terpilih untuk pneumonia atipik… a. a.otrimo2azol e. #enisilin (soal bibi) #emberian antibioti pada penderita pneumonia sebaiknya berdasarkan data mikroorganisme dan hasilnya u+i kepekaan dengan beberapa alasan ke uali5 a.zitromisin b. . /arbapenem (soal sizi) terapi empiri pneumonia dengan ke urigaan bakteri atipik adalah…. Eritromisin e. . 1setalmivir d. kuman pathogen yang berhasil diisolasi .laritromisin . Sefalosporin b. 4luorokuinolon respirasi d. *oksisiklin e. .# (Comunity Aspiration Pneumonia) adalah… a. *oksisiklin . hasil pembiakan kuman memerlukan 6aktu d.arbapenem d.

Infeksi bakteri atipik d. sudah mengetahui penyebab kuman pneumonia (soal vina) .1(3 c. *ari keluarga yang menganttar( diketahui pasien memiliki ri6ayat penyakit asma se+ak 1. ritodrin (soal sara) 1.ntibiotik golongan makrolid baru diberikan pada pasien pneumonia dengan a.)SS* . tahun yang lalu.salmeterol Yang merupakan golongan .e. *okter memutuskan untuk memberikan obat golongan <$agonis.4 d.fenoterol !. 7nfeksi pseudomonas e. 7nfeksi virus Modul ! (soal fredy) seorang bapak (8& tahun) diba6a ke 9'* 0umah sakit .formoterol 3.: Syahrani dengan keluhan sesak. salbutamol &. isoetarin e. formoterol . a. 7nfeksi bakteri tahan asam c.. Sebelum dokter menulis resep( tiba$tiba keluarganya +uga mengatakan bah6a pasien +uga memiliki penyakit hipertensi. Norepineprin beker+a disemua reseptor adrenergik b. 4aktor modifikasi b. =ika anda sebagai dokter( obat yang tidak akan anda berikan adalah. pirbuterol d.1(!(3 b.gonis beta ! ker+a lama adalah a.2.semua benar e.

@al pertama yang harus dilakukan adalah. "erbutalin . Benar semua (soal venes) #ada paseien dengan #neumonia nosokomial( antibioti yang paling sering digunakan adalah …. a. a. (soal sizi) #asien datang dengan keluhan sesak dan hanya dapat berbi ara beberapa patah kata sa+a. Neb!lisasi a"onis #$2 b. Cephalosporin I e. Salbutamol b. )ukan salah satu dari di atas e..gonis < 7> e. )erikan kortikosteroid 7> d. #asien memiliki ri6ayat sesak pada keluarganya. /ephalosporin #1 f. Setelah dilakukan pemeriksaan( didapatkan suara 6heezing (?). *oksisiklin #1 .(soal nur) Senya6a berikut ini yang terutama beker+a pada reseptor <! ( ke uali…. Aatrium kromolin ..minofilin . . . 4enoterol d. "eofilin b. a.ntibiotik (soal i3bal) salah satu golongan obat yang termasuk dalam golongan bronkodilator adalah golongan metil2antin.. *rip . 4lorokuinolon 7> d. dengan ara …. *oksisiklin 7> b. *ari ma am$ma am obat di ba6ah ini( manakah yang termasuk dalam golongan metil2antin… a.

)etul semua (soal bibi) Steroid inhalasi lebih baik daripada steroid oral karena alasan efek samping sistemik dari steroid oral.. Salbutamol d. "api pemberian steroid oral bias diberikan dengan mempertimbangkan ke uali5 a.. diberikan kortikosteroid inhalasi sebagai terapi rutin( +ika. 4eneterol e. bentuk oral bukan parenteral d. penggunaan selang sehari atau sekali sehari pagi hari e. 0elasi dose$response dan keamanaan +angka pan+ang kortikosteroid sudah mineralokortikoid minimal b. gunakan prednisone( prednisolon( atau metal prednisolon karena efek 1 ( )*+ prediksi .M# .. merangsang reseptor beta untuk meningkatkan . a. a.. gunakan prednisone( prednisolon( atau metal prednisolon dengan 6aktu paruh pendek dan efek striae pada otot minimal . "er+adi eksaserbasi berulang e. %%&K den"an 'E diketahui d. gunakan prednisone( prednisolon( atau metal prednisolon ! kali sehari karena efektifitas ker+a obat minimal Modul 3 (soal venes) "eofilin( derivat 2antin untuk pengobatan emfisema beker+a dengan ara. #arasetamol (soal vina) Sorang pasien ##1. )elum terbukti responnya dengan pemeriksaan faal paru b.

eplerenon dan antrakinon e. "irah baring b.. hipotensi ortostatik b. dan Mg. /@4 .b. *iet rendah garam . efek samping yang sering ter+adi pada pemberian alfa bloker adalah a. men egah infeksi sekunder oleh patogen (soal fredy) pada pasien dengan gagal +antung( ter+adi penumpukan aldosteron yang menyebabkan ter+adinya retensi Aa dan air serta ekskresi .palpitasi d.edema perifer e. a.. digoksin dan profafenon c. @ipertensi b.. sakit kepala . mengen erkan dahak d. menghambat reseptor kolinergik sehingga menekan enzim guanilsiklase . *iabetes 7nsipidus Aefrogenik d. spironolakton dan eplerenon d. Sirosis . trifluridin dan seftriakson b.epatis (soal i3bal) Yang termasuk penatalaksanaan rasional dalam menangani penderita kor$ pulmonal adalah sebagai berikut( ke uali… a. mual (soal sizi) 7ndikasi penggunaan "iazid (golongan diuretik) adalah . "erapinya adalah dengan memberikan antagonis aldosteron yang beker+a dengan adalah. Aefrotiliasis karena hiperkalsiuria e. men"hambat enzim fosfodiesterase e. brivudin dan idoksuridin (soal sara) .. a. *iuretik ara memblokir reseptor aldosteron ! +enis obat golongan antagonis aldosteron yang ada saat ini .

7M. arvedilol . d. norepinefrin . erioksimon d.omplikasi aritmia (soal nur) . 'agal +antung (soal bibi) Salah satu penangan untuk meningkatkan kontraktilitas miokardium dengan ara merangsang reseptor beta adrenergi pada miokardium( merupkan ara ker+a dari a. *iet tinggi garam (soal vina) 7ndikasi pemberian *igo2in pada pasien kor pulmonal dengan a. -isf!n"si . 'agal +antung kanan b. /sma bronchial b. hidralazin e.d.entrikel kiri e. @ipertensi dengan angina e. *M . . 'agal +antung kiri . aminirol b. *igitalisasi e.ontraindikasi pemberian < bloker adalah pada penderita dengan a. *isfungsi ventrikel kanan d.

. . asetazolamid . angina tidak stabil d.angina stabil kronik . 'agal +antung kongestif airan dibadannya( perlu diberikan obat golongan diuretik.0. .. )erikut yang bukan termasuk ./. Melambatkan denyut +antung b.sma bron hial . 1 C benar (soal i3bal) 1bat golongan penghambat beta$adrenergik mempunyai efek… a. Meningkatkan konsumsi 1! d. metaproterenol (soal sara) indikasi penggunaan penghambat kanal /a?? a.Modul & (soal venes) #ada pasien gagal +antung yang mengalami penumpukan golongan diuretik adalah.. . Meningkatkan tekanan darah . a. Meningkatkan kontraktilitas otot +antung (soal nur) 7ndikasi penggunaan nitrat organi diberikan kepada penderita a. spironolakton e.nti inflamasi e.ngina pe toris b. B ) benar e.angina varian b. furosemid b. bumetanid d.

d..ontraindikasi pemakaian /ol hi ine +angka pan+ang adalah a. a. Chlorotiazid d. / dan C benar e... si k sinus syndrome( .. pada gagal +antung b. . ulkus peptikum . a. )ukan salah satu dari di atas (soal vina) .milorid c. e. migren kronis e. sedasi SS% b. 0enal failure Aeuromyopathy *ementia @yper apni respiratory 0enar sem!a (soal bibi))erikut kontaindikasi penggunaan beta bloker pada angina pe toris adalah ke uali5 a.> dera+at ! atau lebih d. b. diabetes melitus yang berat (soal fredy) diuretik yang paling efektif untuk terapi hipertensi primer adalah. . d. etazolamid b. 4urosemid e. blok . . Spinorolakton (soal sizi) efek samping metildopa yang paling bahaya adalah.

. Menekan aritmia yang disebabkan oleh otomatisasi abnormal d.minirol . /oronary steal syndrome (soal bibi) 'olongan obat yang ker+anya menghambat enzim ini menyebabkan peningkatan kadar siklik .ipotensi b. glukoma d. "oksisitas isosianat e. diabetes Modul C (soal i3bal) *i ba6ah ini merupakan pernyataan yang benar mengenai lidokain( ke uali… a. . )erguna untuk aritmia ventrikel e. .M#) dalam sel miokard yang akan meningkatkan kadar kalsium intrasel adalah5 a. Sakit kepala .M# ( . -feknya mengurangi lama potensial aksi . Salah satu efek sampingnya adalah mengantuk (soal vina) -fek samping utama pemberian Aesitirid adalah a. .ritmia d. )erdisosiasi dari kanal kalium b. diare e.

0enar sem!a (soal sara) . Sotalol d. 2eman3an"kan repolarisasi . 2antin dan derivatnya d. di"italis b. yang termasuk golongan obat antiaritmia kelas 7..b. e arvedilol veramil (soal venes) obat$obatan yang digunakan se ara luas sebagai terapi utama dalam gagal +antung adalah . *ofetilid e. . antikolinergik (soal fredy) obat antiaritmia kelas 777 mempunyai mekanisme ker+a… a. kortikosteroid e. norepinefrin . adalah .miodaron b. agonis <$! . a. #enyekat kanal natrium b.. #enyekat adrenoreseptor beta e. )retilium .lasifikasi obataritmia berrdasarkan mekanisme ker+anya yaitu meman+angkan repolarisasi yaitu 5 a. #enyekat kanal /a d. epinefrin d. )SS* (soal nur) .

lidokain(fenitoin(tokainid( dan meksiletin . propanolol(asebutolol( dan esmolol e. bretilium(amiodaron(sotalol(dofetilid(ibutilid .a.proikanamid dan disopiramid b. k!inidin. fleikainid(enkainid( dan propafenon d.