Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I

Tutorial: Aplikasi Jaringan 1:
Pencarian Informasi dan E-mail

Setelah tutorial ini, peserta diharapkan mampu: meng-akses jaringan komputer dan internet
memanfaatkan jaringan komputer untuk pencarian informasi memanfaatkan jaringan komputer untuk komunikasi e-mail

Materi:
Konfigurasi akses internet (Ms IE) Pencarian informasi melalui layanan HTTP menggunakan search engine (google). Komunikasi e-mail (Pine dan webmail)

Catatan: 1. Bahan ini digunakan dalam program matrikulasi PEDATI Fasilkom UI. Tutorial: Aplikasi jaringan 1, Hari Kamis 21 Juli 2005 jam 13:00 - 14:30. 2. Peserta diharapkan telah membacanya sebelum tutorial dimulai. 3. Lembaran tutorial ini terdiri dari 11 halaman.

Program PEDATI Fasilkom UI 2005

Halaman 1

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I

1. Konfigurasi akses internet
Alat/Sarana untuk mengakses informasi melalui halaman-halaman web di Internet disebut browser. Ada beberapa browser yang populer, antara lain Mozilla, Microsoft Internet Explorer dan Opera. Browser digunakan untuk mengakses halaman web, dokumen, file yang ada di Internet dengan mengetikkan alamat web. Sebelum menggunakan browser, terlebih dulu harus diset konfigurasi yang berhubungan dengan akses komputer ke Internet. Untuk melakukan setting pada browser, yang perlu diperhatikan adalah Proxy Setting, yang diakses melalui menu di Microsoft Internet Explorer: Tools → Internet Options… yang akan menghasilkan pop-up window seperti di bawah ini:

Klik tab yang bertuliskan Connection dan klik tombol LAN Settings… yang akan mengeluarkan pop-up window seperti di bawah ini:

Halaman 2

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I Masukkan makara.cso.ui.ac.id pada kotak di sebelah tulisan Address dan masukkan 8080 pada kotak di sebelah tulisan Port. Juga beri tanda cek (v) di sebelah tulisan Bypass proxy server for local addresses. Klik semua tombol OK dan browser siap untuk digunakan. Bila muncul pop-up windows untuk authentication, tuliskan nama account dan password anda pada kotak yang disediakan. Mulailah menggunakan browser dengan memasukkan alamat web yang dituju. Alamat web disebut juga URL (Uniform Resource Locator). Contoh URL: http://www.cs.ui.ac.id. Untuk menghubungi sebuah URL dengan Microsoft Internet Explorer, ketik URL yang diketahui pada kotak di sebelah tulisan Address. Browser akan men-download halaman tersebut sehingga informasi yang terdapat di dalamnya dapat dilihat/dibaca. Home page adalah halaman yang secara hirarkis terdapat di tingkat paling atas dari sebuah susunan halaman-halaman web. Biasanya home page adalah halaman pertama dari sebuah situs web. Halaman-halaman yang ada dapat diakses dengan meng-klik link atau hyperlink yang ada. Biasanya link memiliki warna huruf yang berbeda dengan jenis huruf yang digarisbawahi (underlined). Sebuah gambar juga dapat menjadi link. Untuk mengetahui apakah sesuatu link atau bukan, gerakkan mouse sehingga pointer (tanda panah/penunjuk) berada di atas tulisan/gambar/objek tersebut. Jika tanda panah berubah menjadi gambar tangan menunjuk, berarti objek tersebut adalah sebuah link. Untuk kembali ke halaman yang diakses sebelumnya, gunakan tombol Back. Sedangkan untuk mengakses halaman yang sudah pernah di-Back, gunakan tombol Forward. Jadi, Back dan Forward dapat digunakan untuk menelusuri halaman-halaman web yang sudah pernah didatangi. Refresh merupakan tombol untuk me-load ulang halaman yang sedang dilihat. Kegunaan Refresh contohnya untuk melihat perubahan baru pada halaman yang sedang dilihat. Sedangkan Stop adalah tombol untuk menghentikan proses loading sebuah halaman.

Halaman 3

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I

2. Pencarian informasi melalui layanan HTTP menggunakan search engine.
Seperti sudah ditulis di awal modul ini, Internet berisi kumpulan informasi (World Wide Web) yang dapat diakses melalui browser. Tentunya timbul keinginan untuk mencari informasi secara spesifik, sehingga tidak harus melakukan browsing ke banyak halaman web yang dapat melelahkan dan menghabiskan waktu. Pencarian informasi secara spesifik inilah yang didukung oleh Search Engine atau mesin pencari. Sebagai contoh, search engine www.google.com. Ketikkan kata apa saja di sebelah tombol bertuliskan Google Search dan klik tombol tersebut. Misalkan tulisan Universitas Indonesia akan sangat mungkin membawa pencari ke situs web Universitas Indonesia. Biasanya, link yang paling relevan dengan pencarian ada di paling atas. Namun tidak semudah itu, karena hasil pencarian biasanya tidak hanya satu-dua link saja, tapi bisa ratusan bahkan ribuan atau jutaan. Untuk mencari yang lebih spesifik, bisa:
• •

Klik link bertuliskan Next untuk melihat hasil pencarian yang lain (link-link berikutnya) Klik link Search within results dan isikan kata-kata yang lebih spesifik untuk mempersempit lingkup pencarian.

Tips search sederhana • Gunakan tanda petik dobel (“) di sebelum dan sesudah kumpulan frase (kumpulan kata). Jika kata yang dicari adalah buku baru maka penggunaan tanda “ sebelum buku dan tanda “ sesudah baru (ditulis: “buku baru”) akan membuat search engine mencari buku baru saja. Jika tidak menggunakan tanda “, besar kemungkinan search engine mengembalikan hasil pencarian berupa halaman-halaman yang berisi buku tidak baru atau buku lama, belum ada yang baru yang tentunya tidak cocok dengan keinginan mencari buku baru.

Gunakan tanda + (tambah) atau – (kurang) untuk memberi tekanan pada kata-kata tertentu yang dicari. Misalnya pengisian time +to walk – remember akan menyebabkan search engine berusaha memasukkan kata to pada pencariannya, dan tidak terlalu mementingkan kata remember. Pada search engine Google, jika kata-kata umum dalam bahasa Inggris (to, is, the, …) dimasukkan dalam kunci pencarian, maka otomatis katakata tersebut tidak diikutkan dalam pencarian. Penggunaan tanda + seperti di atas akan membuat kata to diikutkan dalam pencarian. Pada contoh tersebut, penggunaan tanda + akan menghasilkan link ke halaman web yang berisi frase time to walk, sedangkan tanpa tanda + menghasilkan link ke halaman web yang berbeda-beda, contohnya bahkan yang susunannya berbeda: walk through time. Pada search engine google anda dapat menggunakan keyword pengendali seperti contoh : define:protocol Untuk khusus mencari definisi dari kata “protokol”.

Halaman 4

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I

3. Komunikasi e-mail
Email merupakan jenis komunikasi yang sudah ada sejak Internet mulai ada. Pada masa perkembangan Internet, lembaga-lembaga penelitian sudah menggunakan email untuk berkomunikasi. Dengan makin berkembangnya Internet, email juga lebih dikenal luas oleh para pengguna Internet. Kelebihan email adalah kenyamanan dan kecepatan dalam berkomunikasi. Dengan email, pesan dapat dikirim ke siapa saja bahkan ke banyak orang sekaligus. Selain itu, pesan yang diterima dapat disimpan di mailbox (kotak surat). Email juga dapat digunakan untuk mengirim file-file kecil (biasanya kurang dari 1MegaBytes) berupa apa saja. Bermacam-macam jenis file seperti dokumen, software, gambar, dapat disertakan lewat email melalui attachment. Struktur sebuah pesan email terdiri dari header dan body. Header berisi informasi mengenai email tersebut, misalnya tujuan, pengirim, topik (subject), dsb. Sedangkan body berisi pesan itu sendiri. Supaya dapat mengirim dan menerima email, tentunya harus ada software yang namanya mail client atau suatu program yang akan menghubungi mail server. Mail server adalah server yang mengirimkan email ke tujuan dan menyimpan email-email yang masuk. Komunikasi yang digunakan oleh mail client untuk mengirimkan email melalui mail server adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol). Sedangkan komunikasi yang digunakan oleh mail client untuk mengambil email-email yang masuk dan tersimpan di mail server adalah POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol). Ada mail client yang dapat digunakan untuk mengakses email yang berada di mail server. Dengan cara ini, penerima email mengakses email-email langsung di mail server. Pengguna tidak perlu men-download email-email yang ada seperti cara kerja POP, walaupun pada waktu pengiriman tetap lewat protokol SMTP. Setelah diakses, email-email tersebut tetap berada di mail server. Berikut ini akan dibahas beberapa jenis software yang merupakan mail client. Ada yang berbasis Linux, ada yang berbasis Windows. Pine Pine merupakan sebuah software di Linux dengan tampilan sederhana yang cukup mudah digunakan. Biasanya Pine digunakan di LAN untuk mengakses mail server yang ada di LAN. Seperti di JUITA, pengguna cukup melakukan telnet ke server Linux dan menggunakan aplikasi Pine dari situ. Perintah yang diketikkan di dalam prompt Linux adalah: pine Maka akan terlihat tampilan Pine seperti dalam gambar berikut:

Halaman 5

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I

Tampilan awal Pine tersebut menunjukkan menu-menu yang dapat diakses untuk menggunakan Pine. Gunakan tombol panah atas atau panah bawah di keyboard untuk menggerakkan highlight (bagian hitam pada menu) ke pilihan menu, kemudian tekan Enter untuk masuk ke pilihan tersebut. Menu-menu tersebut juga disertai shortcut atau kode yang dapat ditekan pada keyboard untuk mengakses menu tersebut. Kode-kode tersebut ada di bagian paling kiri tampilan menu.
• •

H – HELP - Untuk mendapatkan cara-cara menggunakan Pine C – COMPOSE MESSAGE – Untuk membuat dan mengirim pesan (email). Untuk mengetik email dalam Pine, cara penggunaannya sama dengan cara penggunaan text-editor. Isikan alamat email tujuan dalam kolom To: dan isikan subject atau topik email dalam kolom Subject: seperti dalam Gambar 5, contoh email dikirim ke someone@somewhere.net dengan subject Halo!

Kolom Cc: diisi dengan alamat email seseorang yang tidak diharapkan jawabannya, melainkan hanya untuk pemberitahuan saja. Dalam surat biasa, hal seperti ini dikenal dengan tembusan. Jadi, suatu email dikirim pada penerima di kolom To:, dan ditembuskan ke penerima di kolom Cc:. Kolom Attchmnt: diisi dengan PATH dan nama file yang akan dikirim lewat email (attachment). Misalnya ada file di home dengan test.txt, maka kolom Attchmnt: diisi test.txt. Jika file tersebut ada di home di dalam direktori saya, maka kolom Attchmnt Halaman 6

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I diisi dengan saya/text.txt. Untuk melihat daftar file dapat menekan Ctrl dan T, kemudian file cukup dipilih dengan menggerakkan kursor dan menekan enter. Untuk melihat header yang lengkap, tekan Ctrl dan R pada saat kursor sedang berada di header (kolom apapun). Untuk mengirimkan email, tekan tombol Ctrl bersamaan dengan tombol X pada keyboard, dan akan muncul pertanyaan Send message? seperti pada gambar di atas. Tekan Y untuk yes dan Ctrl dan C (^C) untuk cancel. Setelah email terkirim, akan keluar pesan Message sent and copied to “sent-mail”, yang menandakan bahwa email yang sudah terkirim disimpan di dalam folder sentmail, sehingga dapat dicek kebenarannya jika si penerima merasa belum menerima, atau untuk arsip

I - MESSAGE INDEX - Untuk melihat pesan-pesan (email) di folder utama/mailbox. Jika memilih menu ini, biasanya akan masuk langsung ke mailbox utama atau disebut juga Inbox, tempat pesan-pesan yang masuk disimpan. Lihat Gambar 6. Di dalam inbox akan terlihat email-email yang diterima, di mana email baru (yang belum dibaca) memiliki kode N di sebelah kirinya. Gunakan tombol panah keyboard untuk menggerakan highlight untuk memilih pesan yang akan dibaca, dan tekan Enter untuk masuk ke pesan tersebut. Untuk menghapus pesan, tekan D (delete) pada pesan yang sedang di-highlight, dan tekan U (undelete) jika tidak jadi menghapus. Ketika keluar dari Pine, anda akan ditanyai apakah pesan yang sudah ditandai D tersebut benar-benar akan dihapus atau tidak. Jika ya, maka pesan-pesan tersebut akan terhapus.

Setelah melihat sebuah email, mungkin anda ingin menjawab email tersebut. Untuk menjawab sebuah email, terlebih dulu anda harus masuk ke email tersebut (dengan cara yang telah disebutkan di atas). Setelah berada di dalam email tersebut, ketik R untuk melakukan reply (menjawab) email tersebut. Setelah itu, akan tampak layar di mana anda dapat mengetik email pada kursor yang ada, dan setelah anda selesai dan menekan Ctrl dan X, maka email otomatis terkirim ke si pengirim email yang di-reply.

L - FOLDER LIST - Untuk melihat daftar folder-folder yang ada untuk dipilih. Jika ada lebih dari satu folder, maka daftar folder-folder yang ada dapat dilihat lewat menu ini. Pada awalnya akan terlihat beberapa folder Halaman 7

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I standar seperti: folder sent-mail yang menyimpan e-mail yang pernah anda kirim dan folder postponed-mail menyimpan e-mail yang pernah anda buat namun belum dikirim. Anda dapat membuat folder sendiri untuk mengorganisasi email anda. Anda dapat memilih folder yang diinginkan untuk melihat isinya.

A - ADDRESS BOOK - Untuk melihat isi address book dan mengubahnya. Address book adalah tempat menyimpan nama-nama dan alamat-alamat emailnya. Setelah masuk ke menu ini, anda dapat masuk ke dalam address book untuk menambah nama-nama dan alamat email yang sering anda kirimi. Di sini ada alias atau ‘nama panggilan’ untuk menyebutkan nama dan alamat email seseorang. Dengan alias, pada saat pengiriman email anda cukup menuliskan kata alias tersebut di kolom To:, tidak perlu mengetikkan email lengkap. Satu alias pun bahkan dapat digunakan untuk banyak alamat email, misalnya kelompok alamat-alamat email yang sering anda kirimi. Masukkan alias dan email-email tersebut ke dalam address book seperti gambar di bawah ini. Dalam contoh di bawah ini, untuk pengiriman email ke kwik@duck.com, kwek@duck.com, kwak@duck.com tidak perlu ditulis semuanya. Cukup tuliskan 3bebek di kolom To: dan akan terlihat tulisan Tiga Bebek diikuti alamat-alamat email yang bersangkutan.

S – SETUP - Untuk mengatur konfigurasi Pine Dalam menu ini, anda dapat melihat banyak submenu, di antaranya adalah Help dan AddressBooks yang sudah dapat diakses melalui menu utama. Submenu yang lain adalah
 

[Printer] untuk mengeset printer yang akan digunakan untuk mencetak email [Config] untuk mengatur konfigurasi email utama. Bila ini pertama kali anda menggunakan Pine, anda perlu memastikan beberapa konfigurasi dalam sub menu ini telah terisi dengan benar agar dapat digunakan untuk membaca email anda di server. Ketik huruf “C” untuk memasuki submenu ini. Isi bagian user-domain dengan ui.edu, dan isi bagian smtp-server dengan makara.ui.edu

Halaman 8

    

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I [Newpassword] yang kegunaannya sama dengan perintah passwd di Linux [Signature] untuk membuat signature atau ‘tanda tangan’ yang akan ditampilkan di akhir setiap pengiriman email [Rules] untuk mengeset filter untuk menyaring email-email yang masuk [Kolor] (color) untuk mengeset warna tampilan [CollectionList] untuk membuat tempat baru untuk penyimpanan email yang baru masuk (Perhatian! jangan gunakan ini jika belum tahu persis kegunaannya, kesalahan konfigurasi bisa menyulitkan anda)

Q – QUIT - Untuk keluar dari Pine

Webmail Webmail adalah software untuk mengakses email yang berbasis web, dalam arti untuk mengaksesnya dibutuhkan sebuah web browser. Untuk mengakses email lewat webmail di JUITA, ketikkan alamat http://webmail.ui.edu, pada browser. Pilih server tempat anda terdaftar sebagai pengguna. Pada Gambar 8 adalah contoh tampilan halaman muka webmail UI, di mana server yang dipilih adalah makara.cso.ui.ac.id. Cara lain untuk mengakses webmail di server makara adalah dengan mengetikkan alamat http://makara.cso.ui.ac.id di browser. Cara ini lebih nyaman, pengelolaan email menjadi lebih mudah, karena langsung ke server yang bersangkutan, dengan menggunakan protokol IMAP.

Setelah mengisikan username dan password, klik tombol log in untuk masuk dan mulai membaca, mengirim, dan mengatur pesan-pesan di mailbox. Ada lima menu di webmail UI, yaitu: Halaman 9

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I

INBOX Jika menu ini di-klik, akan terlihat pesan-pesan yang ada di dalam inbox. Klik pesan yang diinginkan untuk dibaca. Compose Jika menu ini di-klik, akan keluar window untuk mengetikkan email dan kemudian mengirimnya. Kolom-kolom header yang ada di sini sama seperti yang ada di Pine, melainkan lebih lengkap (kecuali versi header lengkap Pine). Bcc digunakan untuk mengirim pesan pada seseorang secara rahasia, dalam arti hanya si pengirim dan si penerima yang berada di Bcc saja yang mengetahuinya. Penerima yang ditulis di kolom To dan Cc tidak mengetahui jika email tersebut juga dikirimkan kepada seseorang di kolom Bcc. Contoh di bawah ini, menunjukkan bahwa saya@disini.com mengirimkan email kepada kamu@disana.com, ditembuskan ke dia@disitu.com, dan dikirim secara tersembunyi ke mereka@dimana.com. Dengan cara ini, manfaat yang mungkin didapat selain pengiriman secara rahasia adalah jika mereka@dimana.com tidak dikenal oleh kamu@disana.com dan dia@disitu.com, maka akan lebih baik untuk mengirimkannya dengan Bcc, karena untuk menghindari spamming (pengiriman email sampah) kepada alamat tak dikenal tersebut. Misalnya ketiga alamat tersebut pemiliknya sama sekali tidak saling mengenal, maka dengan menempatkan ketiga alamat tersebut di dalam kolom Bcc akan menghindari spamming di antara mereka.

Halaman 10

Matrikulasi PEDATI: Aplikasi Jaringan I

Contacts Jika menu ini di-klik, akan keluar daftar nama-nama dan alamat-alamat email. Fungsinya sama dengan address book di Pine. Address book yang ada di Pine tidak bisa diakses melalui webmail, jadi anda harus membuat ulang. Preferences Menu ini berisi pilihan untuk mengedit signature, mengedit full name (nama lengkap yang terlihat pada saat pengiriman email), dan pemilihan bahasa (IMP dapat digunakan dalam bahasa Indonesia). Logout Untuk keluar dari webmail. Perhatikan agar logout selalu di-klik setelah selesai mengunakan IMP. Jika tidak, akan ada kemungkinan orang lain melihat isi mailbox dan mengirimkan email dengan nama anda. Banyak webmail gratis yang terletak di luar JUITA. Untuk masuk ke dalam webmail di Internet, terlebih dahulu calon pengguna harus mendaftar dulu. Setelah mendaftar, baru bisa masuk (login) dan menggunakan layanan webmail tersebut. Pilihan webmail di Internet sangat banyak, ada yang di Indonesia, ada yang di luar negeri.

Program lain (Mozilla, Opera) Tersedia banyak software untuk e-mail client. Perlu diperhatikan bahwa beberapa software akan men-download email yang telah dibaca. Jika tempatnya berpindah-pindah, sebaiknya gunakan mail client yang langsung ke server, yaitu Pine atau webmail. Hal ini akan menghindarkan pengguna dari kesulitan mengakses email yang telah di-download (seakan-akan email hilang dari mailbox di server, padahal sudah di-download).

Halaman 11

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful