RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENS KOMPETENSI DASAR INDIKATOR

: SMP NEGERI 3 BALIKPAPAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN : IX / II : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara : 3.2. Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisasi. : 1. Menjelaskan pengertian hubungan internasional 2. Menjelaskan arti pentingnya hubungan internasional 3. Menjelaskan arti hubungan diplomatik 4. Membedakan tugas / fungsi duta besar dan konsul 5. Menyebutkan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia. : 2 X 40 Menit (1 X Pertemuan)

ALOKASI WAKTU

A. Tujuan pembelajaran Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa dapat : 1. Menjelaskan pengertian hubungan internasional 2. Menjelaskan arti pentingnya hubungan internasional 3. Menjelaskan arti hubungan diplomatik 4. Membedakan tugas / fungsi duta besar dan konsul 5. Menyebutkan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia. B. Materi pembelajaran 1. Pengertian hubungan internasional Hubungan Internasional, adalah merupakan suatu studi tentang persoalan-persoalan luar negeri dan isu-isu global di antara negara-negara dalam sistem internasional, termasuk peran negara-negara, organisasi-organisasi antar pemerintah, organisasi-organisasi nonpemerintah atau lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaan-perusahaan multinasional. Hubungan Internasional adalah suatu bidang akademis dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif karena Hubungan Internasional berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu.

2. Arti pentingnya hubungan internasional
Arti penting hubungan internasional bagi Indonesia antara lain karena lingkup hubungannya mencakup semua interaksi yang berlangsung lintas batas negara. Dalam konsep baru hubungan internasional, berbagai organisasi internasional, perusahaan, organisasi nirlaba, bahkan perorangan bisa menjadi aktor yang berperan penting dalam politik internasional. Sehingga jelaslah hubungan internasional sangat penting bagi Indonesia."

3. Arti hubungan diplomatik
Adalah hubungan dengan negara lain yang ditandai dengan dilakukannya pertukaran perwakilan diplomatik. Bagamana pertukaran perwakilan diplomatik itu? Pertukaran perwakilan diplomatik, yaitu pertukaran perwakilan diplomatik antarnegara yang dilakukan dengan cara menempatkan pejabat di negara penerima.

4. Perbedaan tugas / fungsi duta besar dan konsul
Tugas Duta Besar pada dasarnya adalah mewakili pemerintahan dan kepentingan suatu negara dimana ia ditugaskan, serta mewakilkan presiden dalam acara-acara kenegaraan di negara tempat tugas. Tugas dan kepentingan yang diwakili lebih kurang sama dengan yang wajib diberikan oleh pemerintah, pengurusan surat-surat, perlindungan dan bantuan hukum, diplomasi, pencegahan dan penekanan potensi konflik Tugas pokok Konsul yaitu mewakili dan memperjuangkan kepentingan Bangsa, Negara, dan Pemerintah Republik Indonesia serta melindungi kepentingan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia melalui pelaksanaan hubungan kekonsuleran dengan Negara Penerima, termasuk peningkatan hubungan ekonomi, sosial dan budaya sesuai dengan kebijakan Politik dan Hubungan Luar Negeri Pemerintah Republik Indonesia, peraturan perundang-undangan nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional (Kepres RI No.108 Thn.2003 Tentang Organisasi PerwakilanRI Di Luar Negeri,pasal 6)

5. Peranan Indonesia dalam percaturan dunia.
Sampai sekarang ini Indonesia telah mengirimkan kontingen garudanya sampai dengan kontingen garuda yang ke duapuluh ( XX ). Dan dalam waktu dekat akan segera dikirimkan kontingen garuda ke Libanon, meskipun hal ini tidak disetujui oleh Israel. Selain pengiriman Kontingen Garuda, Indonesia juga mempunyai sumbangan yang cukup berarti bagi penyelesaian sengketa yang terjadi di Kamboja, dengan menyelenggarakan Pertemuan Informal Jakarta (Jakarta Informal Meeting) I dan II. Indonesia juga pernah menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan, menjadi anggota Badan Tenaga Atom Internasional. Salah seorang putra terbaik Indonesia juga pernah memegang jabatan Presiden Majelis Umum PBB yaitu Adam Malik tahun 1971. Indonesia juga menjadi sponsor dan sekaligus tuan rumah diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955; menjadi salah satu sponsor lahirnya Gerakan Non Blok, juga sponsor lahirnya organisasi regional Asia Tenggara “ASEAN”.

C. Metode Dan Model Pembelajaran
Telaah Bahan Ajar, Tanya Jawab dan Penugasan dengan menggunakan model Tebak Kata D. Langkah-langkah pembelajaran NO 1. Kegiatan Belajar Pendahuluan a. Apersepsi Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas) b. Motivasi - Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan. - Informasi kompetensi/indokator yang ingin dicapai. Kegiatan inti Proses pembelajaran menggunakan model Tebak Kata, dengan Langkah-langkah sebagai berikut: 1. Siswa menelaah bahan ajar/materi pokok yang sesuai dengan indikator pembelajaran dan dilanjutkan dengan tanya jawab ± 2030 menit. 2. Guru menyuruh siswa berdiri berpasangan di depan kelas untuk melakukan tebak kata melalui kartu tebakan yang disiapkan oleh guru yang pertanyaannya sesuai dengan materi pokok/indikator pembelajaran 3. Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10x10 cm yang akan dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainnya diberi kartu yang berukuran 5x2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian ditempelkan di dahi atau diselipkan ditelinga. Waktu 10 menit Ket

2.

60 menit

4. Sementara siswa membawa kartu 10x10 cm membacakan katakata yang tertulis di dalamnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10x10 cm. jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga. 5. Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan, maka siswa yang membawa kartu pertanyaan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya. 6. Setelah pasangan siswa pertama selesai dilanjutkan pasangan berikut, sampai kartu tebakan yang disiapkan oleh guru telah dibacakan dan ditebak oleh pasangan-pasangan siswa yang ditunjuk Kegiatan Penutup a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi. b. Test akhir pelajaran c. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang E. Sumber belajar 1. Buku Paket PKn Kelas IX untuk SMP/MTs , penerbit ganesa (hal. 51) 2. Buku elektronik PKn Kelas IX Untuk SMP/MTs, penerbit pusat perbukuan (DEPDIKNAS) , hal. 91-93 3. Artikel dari Internet 4. Bahan ajar F. Penilaian : Penilaian dilakukan selama dan sesudah proses pembelajaran. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk Pilihan Ganda. Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban a,b,c atau d!

3.

10 menit

1. Hubungan antar negara yang berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan
luar negeri negara-negara tertentu disebut .... a. Hubungan nasional c. Hubungan Internasional b. Hubungan bilateral d. Kerja sama diplomatik Bagi bangsa Indonesia hubungan internasional memiliki arti penting sebab bangsa Indonesia dapat .... a. Mencari keuntungan dari negara lain b. Berinteraksi dengan negara-negara yang ada di dunia c. Berkonfrontasi dengan negara tetangga d. Berkolusi dengan organisasi internasional Hubungan dengan negara lain yang ditandai dengan dilakukannya pertukaran perwakilan diplomatik dan menempatkan pejabatnya di negara penerima disebut .... a. Hubungan politik c. Kerja sama antar konsul b. Kerja sama multilateral d. Hubungan diplomatik Mewakili pemerintahan dan kepentingan suatu negara di mana ia ditugaskan merupakan tugas dari seorang .... a. Duta besar c. Konsular b. Diplomat d. Atase Salah satu peran Indonesia dalam percaturan dunia yaitu ikut menyelesaikan sengketa di Kamboja dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan .... a. Konferensi Jakarta Internasional b. Pertemuan Informal Jakarta c. ASEAN Meeting

2.

3.

4.

5.

d. Konferensi Asia Afrika Kunci Jawaban 1. C 2. B 3. D 4. A 5.B

Skor Nilai

No soal 1 2 3 4 5 TOTAL

Skor nilai 2 2 2 2 2 10

Contoh Kartu Pertanyaan (ukuran 10 X 10 cm)

KARTU PERTANYAAN
Suatu Hubungan antar negara Hubungan tersebut berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu. Hubungan demikian disebut hubungan ....

Contoh Kartu Jawaban (ukuran 5 X 2 cm)

KARTU JAWABAN HUBUNGAN INTERNASIONAL

Lembar Pengamatan Kegiatan Siswa Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Kompentesi Dasar : SMP Negeri 5 Makassar : PKn : IX/2 : 3.2. Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisasi. Aspek yang diamati/nilai Keberanian Keberanian Keaktifan bertanya menjawab 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Jml. Skor Kategori

NO 1 2 3 dst

Nama siswa 1

Ketekunan 2 3 4 5

Penskoran : A. Tidak Baik B. Kurang Baik C. Cukup Baik D. Baik E. Sangat Baik

Skor 1 Skor 2 Skor 3 Skor 4 Skor 5

Jumlah skor dan kategori: 17 - 20 = Sangat Baik 13 - 16 = Baik 9 - 12 = Cukup 5 - 8 = Kurang

Mengetahui KEPALA SMPNi 3 Balikpapan

Balikpapan, Juli 2009 Guru Mata Pelajaran

Dr a.T atiek S ulastr i NIP. 19500122 197603 2 001

Tau fik Hida yat , S.Pd NIP. 19710107.199802.1.005

BAHAN AJAR
NAMA SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER STANDAR KOMPETENS KOMPETENSI DASAR INDIKATOR : SMP NEGERI 5 MAKASSAR : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN : IX / II : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara : 3.2. Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisasi. : 1. Menjelaskan pengertian hubungan internasional 2. Menjelaskan arti pentingnya hubungan internasional 3. Menjelaskan arti hubungan diplomatik 4. Membedakan tugas / fungsi duta besar dan konsul 5. Menyebutkan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia. : 2 X 40 Menit (1 X Pertemuan)

ALOKASI WAKTU

HUBUNGAN INTERNASIONAL DAN HUBUNGAN DIPLOMATIK SERTA PERAN INDONESIA DI PERCATURAN INTERNASIONAL 1. Arti Hubungan Internasional

Hubungan Internasional, adalah cabang dari ilmu politik, merupakan suatu studi tentang persoalan-persoalan luar negeri dan isu-isu global di antara negara-negara dalam sistem internasional, termasuk peran negara-negara, organisasi-organisasi antarpemerintah, organisasi-organisasi nonpemerintah atau lembaga swadaya masyarakat, dan perusahaanperusahaan multinasional. Hubungan Internasional adalah suatu bidang akademis dan kebijakan publik dan dapat bersifat positif atau normatif karena Hubungan Internasional berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu. Selain ilmu politik, Hubungan Internasional menggunakan pelbagai bidang ilmu seperti ekonomi, sejarah, hukum, filsafat, geografi, sosiologi, antropologi, psikologi, studi-studi budaya dalam kajian-kajiannya. HI mencakup rentang isu yang luas, dari globalisasi dan dampak-dampaknya terhadap masyarakat-masyarakat dan kedaulatan negara sampai kelestrarian ekologis, proliferasi nuklir, nasionalisme, perkembangan ekonomi, terorisme, kejahatan yang terorganisasi, keselamatan umat manusia, dan hak-hak asasi manusia. Kerja sama internasional adalah bentuk hubungan yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan untuk kepentingan negara-negara di dunia. Kerja sama internasional, yang meliputi kerja sama di bidang politik, sosial, pertahanan keamanan, kebudayaan, dan ekonomi, berpedoman pada politik luar negeri masing-masing

Ada beberapa sarana hubungan internasional yaitu menurut J Frankel (1980): Diplomasi, propaganda, bidang-bidang aktivitas ekonomi dan militer. Diplomasi adalah seluruh kegiatan untuk melaksanakan politik luar negeri suatu negara dalam hubungannya dengan bangsa dan negara lain. Propaganda adalah usaha sistematis yang digunakan untuk mempengaruhi pikiran, emosi dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum. Sarana ekonomi digunakan secara luar dalam hubungan internasional baik dalam keadaan damai atau perang. Diplomasi melalui kekuatan militer pun dapat memposisikan suatu negara dalam posisi yang kuat. Kekuatan militer yang dapat dibanggakan oleh suatu negara dapat menambah kepercayaan diri suatu bangsa untuk bediplomasi atau ber-gaining power dengan negara lain. Walaupun 2. Arti Penting Hubungan Internasional Arti penting hubungan internasional bagi Indonesia antara lain karena lingkup hubungannya mencakup semua interaksi yang berlangsung lintas batas negara. Dalam konsep baru hubungan internasional, berbagai organisasi internasional, perusahaan, organisasi nirlaba, bahkan perorangan bisa menjadi aktor yang berperan penting dalam politik internasional. Sehingga jelaslah hubungan internasional sangat penting bagi Indonesia." Banyak sekali keuntungan memiliki 'teman' di luar sana. Maka dari itu, Indonesia melakukan hubungan internasional ke banyak negara dan organisasi regional dan internasional, misalnya ASEAN dan PBB. Misalnya saja, saat Indonesia sedang ada perang saudara, negara lain yang memiliki hubungan dan telah melakukan perjanjian dengan Indonesia akan membantu menjaga perdamaian. Atau bisa juga bila Indonesia kekurangan pangan dan tempat tinggal, PBB dan PMI membantu. 3. Arti Hubungan Diplomatik Hubungan Diplomatik Adalah hubungan dengan negara lain yang ditandai dengan dilakukannya pertukaran perwakilan diplomatik. Bagamana pertukaran perwakilan diplomatik itu? Pertukaran perwakilan diplomatik, yaitu pertukaran perwakilan diplomatik antarnegara yang dilakukan dengan cara menempatkan pejabat di negara penerima

Pejabat perwakilan diplomatik disebut diplomat. Perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri merupakan perwakilan pemerintah Indonesia yang kegiatannya meliputi semua kepentingan negara Indonesia dan wilayah kerjanya meliputi seluruh negara penerima. Seorang diplomat memiliki kekebalan diplomatik, antara lain sebagai berikut. 1) Kekebalan terhadap Alat Kekuasaan Negara Penerima Kekebalan seperti ini dibutuhkan dalam rangka melindungi seluruh peralatan yang dibutuhkan dalam rangka pelaksanaan tugas. Contoh seorang pejabat Diplomatik Singapura di Indonesia bepergian menggunakan kendaraan dinas kedutaan. Di tengah perjalanan, ia menabrak mobil lain yang diparkir. Dengan kejadian itu, polisi Indonesia tidak mempunyai wewenang untuk melakukan penilangan atau menahan SIM, kendaraan, atau menahan orangnya. Polisi hanya boleh mencatat kejadian tersebut kemudian melaporkannya ke Departemen Luar Negeri. Segala urusan dengan diplomat negara lain hanya Departemen Luar Negeri yang akan menyelesaikannya. 2) Berhak Mendapat Perlindungan

Seorang diplomat dalam menjalankan tugasnya berhak mendapat perlindungan dari gangguan atau serangan atas kebebasan dan kehormatannya. Yang dilindungi tidak hanya diplomatnya, tetapi juga keluarga dan harta bendanya. 3) Memiliki Wewenang untuk Menolak Bersaksi di Pengadilan Pejabat diplomatik mempunyai hak untuk menolak bersaksi di pengadilan, meskipun tidak mutlak. Dalam hal-hal tertentu, ia dapat menjadi saksi demi menjaga hubungan baik kedua negara. 4) Rumah Tinggal dan Gedung Kedutaan Bebas dari Penggeledahan Seorang duta besar bertempat tinggal di gedung kedutaan tempat melaksanakan tugasnya. Menurut perjanjian internasional rumah tinggal dan gedung kedutaan, halaman, tempat terpancang bendera dan lambang negara pengirim disebut ekstra teritorial. Artinya, meskipun tempat tersebut berada di negara lain dianggap sebagai wilayah negara pengirimnya. Siapa pun yang masuk wilayah tersebut harus izin pada perwakilan diplomatik. 5) Kekebalan Surat-Menyurat Diplomatik Kekebalan ini diberikan untuk melindungi segala dokumen atau arsip yang dimiliki dan untuk menjaga kerahasiaan surat-menyurat yang dikirim ataupun yang diterima. Kekebalan ini termasuk tas yang dibawa bepergian, baik melalui darat, laut, maupun udara. Seorang diplomat selain mempunyai kekebalan juga mempunyai keistimewaan diplomatik, seperti berikut ini.

1) Bebas

dari kewajiban membayar pajak, misalnya pajak kendaraan bermotor, pajak penghasilan, pajak orang asing, pajak bumi dan bangunan, dan sebagainya. 2) Bebas dari kewajiban pabean atau bea masuk, bea keluar, cukai terhadap barang-barang yang masuk atau yang keluar untuk kepentingan dinas pejabat dilpomatik. Tugas seorang diplomat, antara lain sebagai berikut:

1. wakil negara Indonesia di negara penerima atau organisasi internasional dalam
menjalin hubungan antardua negara; Melindungi warga negara Indonesia di negara tempat ia ditugaskan; meningkatkan hubungan dengan negara lain; melaksanakan pengamatan, penilaian, dan membuat laporan; memberi bimbingan dan pengawasan terhadap warga negara Indonesia yang berada di negara tempat ia ditugaskan; 6. menyelenggarakan urusan pengamanan, penerangan, konsuler, protokol, komunikasi, dan persandian; 7. melaksanakan urusan rumah tangga perwakilan diplomatik.

2. 3. 4. 5.

Perwakilan diplomatik Indonesia di luar negeri dapat berupa kedutaan besar yang ditempatkan pada suatu negara dan perutusan tetap yang ditempatkan pada suatu organisasi internasional.

4. Perbedaan Tugas/Fungsi Duta Besar dan Konsul

Kedutaan Besar Republik Indonesia (sering disingkat sebagai "KBRI") adalah kantor perwakilan utama Indonesia di sebuah negara asing yang memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia dan dikepalai oleh seorang Duta Besar.
a. Tugas Duta Besar Tugas Duta Besar pada dasarnya adalah mewakili pemerintahan dan kepentingan suatu negara dimana ia ditugaskan, serta mewakilkan presiden dalam acara-acara kenegaraan di negara tempat tugas. Tugas dan kepentingan yang diwakili lebih kurang sama dengan yang wajib diberikan oleh pemerintah, pengurusan surat-surat, perlindungan dan bantuan hukum, diplomasi, pencegahan dan penekanan potensi konflik Tugas Duta Besar Indonesia di Jerman pada masing-masing bagian dapat dijelaskan sebagai berikut : Bagian Politik Tugas-tugas Bagian Politik antara lain menganalisa politik dalam dan luar negeri Indonesia serta membuat laporan kepada pemerintah Republik Federal Jerman tentang perkembangan yang berlangsung di Indonesia, serta kemungkinan dampak yang akan ditimbulkannya terhadap kepentingan Jerman di Indonesia maupun di kawasan ini. Selain dari itu Bagian Politik juga mengurus pertukaran delegasi pejabat tinggi antar kedua negara yang berlangsung secara teratur. Bagian Ekonomi Bagian Ekonomi pada dasarnya merupakan instansi pelayanan untuk perusahaan Jerman yang sudah berada di Indonesia atau yang yang berencana membuka usaha di sini. Bagian Ekonomi • mendampingi perusahaan Jerman dalam menjalin bisnis di Indonesia dan membantunya bila menghadapi masalah • membantu kepentingan Jerman di bidang ekonomi melalui pertukaran informasi, mengupayakan dilakukannya perbaikan persyaratan, serta menjalin hubungan dengan instansi-instansi yang berwewenang dalam pemerintahan, politik, administrasi dan ekonomi • mengamati dan menganalisa perkembangan ekonomi serta kebijakan ekonomi Indonesia • memberikan informasi serta konsultasi kepada perusahaan Jerman berupa laporan yang aktual dan luas serta melakukan pembicaraan secara langsung di Indonesia • bekerjasama erat dengan institusi-institusi Jerman lainnya yang tergabung dalam Badan Pengembangan Ekonomi Luar Negeri Jerman, seperti Perkumpulan Ekonomi Indonesia-Jerman EKONID, Kantor urusan Ekonomi Luar Negeri Jerman (Bundesagentur für Außenwirtschaft - bfai), atau Pusat Industri dan Perdagangan Jerman " German Center"

menjadi penghubung bagi perusahaan-perusahaan dan instansi-instansi Indonesia dalam kaitannya dengan persyaratan untuk menjalin hubungan bisnis dan investasi dengan Jerman. Bagian Konsuler Bagian Hukum dan Konsuler • menangani antara lain masalah pengaturan pemberian visa, hukum kewarganegaraan, urusan paspor, persoalan warisan • menjadi penghubung bagi warga negara Jerman yang berdomisili maupun yang sedang berkunjung ke Indonesia Bagian Kebudayaan Bagian Kebudayaan mengurus hubungan kebudayaan antara Jerman dan Indonesia serta mengkoordinir kebijakan kebudayaan Jerman di Indonesia. Bagian ini juga mengurus empat institusi Jerman yang mempunyai perwakilan di Indonesia seperti Lembaga Kebudayaan Goethe Institut Inter Nationes, Dinas Pertukaran Akademis Jerman (Deutscher Akademischer Austauschdienst - DAAD) dan Sekolah Internasional Jerman (Deutsche Internationale Schule - DIS). Selain itu bagian ini juga mengamati perkembangan budaya di Indonesia dan melaporkannya kepada ke Kementerian Luar Negeri Jerman. Bagian Pers Bagian Pers menangani berbagai macam bidang yang berhubungan dengan kehumasan. Tujuan dari dari pada kegiatan kehumasan tersebut adalah untuk lebih memperkenalkan Republik Federal Jerman di Indonesia, serta memberikan gambaran yang lengkap dan jelas tentang Jerman kepada masyarakat Indonesia. Bagian Pers menjalin kontak dengan wartawan Indonesia yang tertarik akan Jerman, juga dengan wartawan Jerman yang terakreditasi di Indonesia. Selain itu juga menyiapkan keterangan pers maupun menyelenggarakan konferensi pers. Untuk mencapai publik yang lebih luas diperlukan bahan-bahan informasi dalam bahasa Indonesia, sebagai contoh kami terbitkan kalender meja yang dilengkapi dengan informasi tentang Jerman maupun buku „Fakta tentang Jerman". Situs Kedutaan Besar Jerman juga menjadi tanggung jawab Bagian Pers. Dengan menganalisa media-media Indonesia, bagian ini bisa mengamati perkembangan media di Indonesia dan melaporkannya kepada Kementerian Luar Negeri Jerman. Bagian Sains Bagian Sains menangani kerja sama di bidang sains dan teknologi dengan Indonesia. Tugas bagian ini mencakup mengamati kebijakan sains dan lingkungan hidup serta pengaruhnya terhadap perkembangan sains dan riset di Indonesia. Disamping mengambil keputusan mengenai pembiayaan proyek-proyek bantuan, bagian ini juga mengamati keputusan struktural di dalam administrasi iptek, lembaga penelitian dan universitas. Disamping itu bagian ini juga mengurus proyek-proyek kerja sama sains bilateral yang bekerjasama dengan Kementerian Pendiddikan dan Sains Jerman ( Bundesministerium für Bildung und Forschung / BMBF) dan bagian urusan internasional Kantor Ruang Angkasa Jerman (Deutsche Luft- und Raumfahrtagentur / DLR). Dalam hal ini termasuk juga membantu para ilmuwan dari Jerman maupun mengurus delegasi dari bidang sains, lingkungan hidup dan pendidikan. Mengkoordinir kegiatan-kegiatan lembaga sains yang bekerjasama dengan lembaga-lembaga Jerman juga merupakan tugas dari bagian ini. b. Tugas Konsul Tugas pokok Konsul yaitu mewakili dan memperjuangkan kepentingan Bangsa, Negara, dan Pemerintah Republik Indonesia serta melindungi kepentingan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia melalui pelaksanaan hubungan kekonsuleran dengan Negara Penerima, termasuk peningkatan hubungan ekonomi, sosial dan budaya sesuai dengan kebijakan Politik dan Hubungan Luar Negeri Pemerintah Republik Indonesia, peraturan perundang-undangan nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional (Kepres RI No.108 Thn.2003 Tentang Organisasi PerwakilanRI Di Luar Negeri,pasal 6) Perwakilan konsuler tugas pokoknya tidak jauh berbeda dengan tugas pokok perwakilan diplomatik. Perwakilan konsuler merupakan wakil negara pengirim yang melaksanakan tugas dalam bidang-bidang tertentu sesuai dengan kebutuhan negara pengirim. Misalnya,

mengurus bidang ekonomi, perdagangan, ilmu pengetahuan, sebagainya. Perwakilan konsuler di negara lain, seperti berikut ini. 1) Konsulat jenderal yang dipimpin oleh seorang konsul jenderal. 2) Konsulat yang dipimpin oleh seorang konsul

kebudayan,

dan

5. Peranan Indonesia dalam percaturan dunia. Sampai sekarang ini Indonesia telah mengirimkan kontingen garudanya sampai dengan kontingen garuda yang ke duapuluh ( XX ). Dan dalam waktu dekat akan segera dikirimkan kontingen garuda ke Libanon, meskipun hal ini tidak disetujui oleh Israel. Selain pengiriman Kontingen Garuda, Indonesia juga mempunyai sumbangan yang cukup berarti bagi penyelesaian sengketa yang terjadi di Kamboja, dengan menyelenggarakan Pertemuan Informal Jakarta (Jakarta Informal Meeting) I dan II. Indonesia juga pernah menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan, menjadi anggota Badan Tenaga Atom Internasional. Salah seorang putra terbaik Indonesia juga pernah memegang jabatan Presiden Majelis Umum PBB yaitu Adam Malik tahun 1971. Indonesia juga menjadi sponsor dan sekaligus tuan rumah diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955; menjadi salah satu sponsor lahirnya Gerakan Non Blok, juga sponsor lahirnya organisasi regional Asia Tenggara “ASEAN”. Peran Indonesia dalam hal HAM yaitu, telah meratifikasi Konvenan Internasional tentang Hak ekonomi sosial dan budaya dan Konvenan internasional tentang hak Sipil dan politik. Kemudian, kepercayaan Internasional kepada Indonesia menjadikan Indonesia sebagai ketua Komisi HAM tahun 2006 dan terpilih kembali menjadi Dewan HAM dalam periode satu tahun 2006-2007. Walaupun begitu Indonesia belum menegakkan HAM secara tegas dengan belum terungkapnya kasus-kasus seperti, Tragedi Tanjung Priok, Talangsari, kerusuhan Mei 1998, tragedi Semanggi dan kematian Munir yang belum juga terungkap. Di badan PBB Indonesia terpilih bersama Qatar dari kawasan Asia menjadi DK tidak tetap di PBB, namun Indonesia tidak menunjukkan Independensinya dengan ikut menyetujui sanksi terhadap Iran yang dituduh Amerika Serikat (AS) mengoperasikan reaktor nuklir untuk membuat senjata nuklir yang dirasa AS akan mengancam keamanan negerinya. Saya berpendapat Indonesia melakukan itu karena mendapat tekanan dari AS dimana kepentingan nasional Indonesia banyak bergantung kepada AS. Sebagai anggota PBB Indonesia juga telah banyak ikut serta dalam Peace Keeping Operation salah satunya di Lebanon setelah penyerangan Israel baru-baru ini. Dibidang pertahanan Indonesia telah menjajaki kerjasama dalam bidang produksi senjata dengan India dalam pertemuan Komite Bersama Kerja Sama Pertahanan RI-India di Jakarta, 12-14 Juni 2007, yang diharapkan Indonesia mampu menciptakan alat utama sistem persenjataan secara mandiri yang diperlukan dalam menjaga kedaulatan negara dari ancaman pihak luar. Pembelian pesawat tempur dan kapal selam Rusia juga ditempuh agar tidak tergantung dengan negara Barat khususnya Amerika Serikat. Pada isu perlucutan senjata Indonesia sempat menjadi Ketua Komite I pada konfrensi The 2005 Review Conference of States Parties to the Treaty on Non-Proliferation of Nuclear Weapons/NPT) yang berlangsung sejak tanggal 2 Mei 2005 di Markas Besar PBB, New York, yang di ketuai Sudjadnan Parnohadiningrat yang berhasil menyampaikan kertas kerja (working papers) kepada konfrensi itu. Di bidang ekonomi kunjungan Wapres Jusuf Kalla ke Jepang 22-27 Mei 2007 dan China 6-10 Juni 2007 mengindikasikan ingin ditingkatkannya hubungan dagang kedua negara dimana terutama Cina telah menjadi salah satu raksasa ekonomi dunia. Kemudian Baru-baru ini juga telah diadakan petemuan D8 di nusa dua Bali, yaitu kerjasama dalam bentuk perdagangan antara Negara-negara berkembang (Bangladesh, Mesir, Iran, Malaysia, Pakistan, Nigeria, Turki, dan Indonesia). Dalam kerjasama regional ASEAN telah menciptakan kerjasama ASEAN+3 (Korsel, Cina, dan Jepang yang memungkinkan Indonesia mengambil manfaat ekonomi dari pembentukan kerjasama itu. Di forum regional Indonesia juga memprakarsai visi ASEAN kearah ASEAN Community layaknya Uni Eropa sekarang ini dan Common Security dimana ASEAN akan memiliki nilai-nilai bersama sebagai suatu komunitas besar baik ekonomi, kemakmuran, dan keamanan bersama. Semua peran internasional Indonesia diatas dalam berbagai forum merupakan poin penting untuk meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat internasional dalam ikut menyelesaikan masalah internasional. Bila masyarakat internasional telah hormat dan segan kepada

Indonesia, diyakini pihak-pihak luar enggan mengusik Indonesia. Dengan modal kepercayaan itulah Indonesia akan mencapai posisi tawar yang tinggi untuk mencapai kepentingan nasional dalam hubungannya dengan negara lain dan bangsa Indonesia dapat menentukan nasibnya sendiri tanpa didikte pihak lain. Apalagi Indonesia kini memerlukan dukungan dunia internasional agar mendukung keutuhan negara Indonesia dari gerakan separatisme yang sedang gencar menggrogoti keutuhan negara dari dalam. Tidak kalah pentingnya peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia merupakan amanah dari pembukaan UUD 1945, yaitu ikut mewujudkan perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Semoga kedepannya bangsa Indonesia akan lebih baik menata diri, memperbaiki kekeliruan yang ada demi kemakmuran dan kesejahteraan bangsa dan negara. Sumber belajar 1. Buku Paket PKn Kelas IX untuk SMP/MTs , penerbit ganesa (hal. 51) 2. Buku elektronik PKn Kelas IX Untuk SMP/MTs, penerbit pusat perbukuan (DEPDIKNAS) , hal. 91-93 3. Artikel dari Internet

Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban a,b,c atau d!

1. Hubungan antar negara yang berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri
negara-negara tertentu disebut .... a. Hubungan nasional c. Hubungan Internasional b. Hubungan bilateral d. Kerja sama diplomatik Bagi bangsa Indonesia hubungan internasional memiliki arti penting sebab bangsa Indonesia dapat .... a. Mencari keuntungan dari negara lain b. Berinteraksi dengan negara-negara yang ada di dunia c. Berkonfrontasi dengan negara tetangga d. Berkolusi dengan organisasi internasional Hubungan dengan negara lain yang ditandai dengan dilakukannya pertukaran perwakilan diplomatik dan menempatkan pejabatnya di negara penerima disebut .... a. Hubungan politik c. Kerja sama antar konsul b. Kerja sama multilateral d. Hubungan diplomatik Mewakili pemerintahan dan kepentingan suatu negara dimana ia ditugaskan merupakan tugas dari seorang .... a. Duta besar c. Konsular b. Diplomat d. Atase Salah satu peran Indonesia dalam percaturan dunia yaitu ikut menyelesaikan sengketa di Kamboja dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan .... a. Konferensi Jakarta Internasional b. Pertemuan Informal Jakarta c. ASEAN Meeting d. Konferensi Asia Afrika

2.

3.

4.

5.

...................................................................................................................................................................... Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih salah satu jawaban a,b,c atau d!

1. Hubungan antar negara yang berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri
negara-negara tertentu disebut .... a. Hubungan nasional c. Hubungan Internasional b. Hubungan bilateral d. Kerja sama diplomatik Bagi bangsa Indonesia hubungan internasional memiliki arti penting sebab bangsa Indonesia dapat .... a. Mencari keuntungan dari negara lain b. Berinteraksi dengan negara-negara yang ada di dunia c. Berkonfrontasi dengan negara tetangga d. Berkolusi dengan organisasi internasional Hubungan dengan negara lain yang ditandai dengan dilakukannya pertukaran perwakilan diplomatik dan menempatkan pejabatnya di negara penerima disebut .... a. Hubungan politik c. Kerja sama antar konsul b. Kerja sama multilateral d. Hubungan diplomatik Mewakili pemerintahan dan kepentingan suatu negara dimana ia ditugaskan merupakan tugas dari seorang .... a. Duta besar c. Konsular b. Diplomat d. Atase Salah satu peran Indonesia dalam percaturan dunia yaitu ikut menyelesaikan sengketa di Kamboja dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan .... a. Konferensi Jakarta Internasional b. Pertemuan Informal Jakarta c. ASEAN Meeting d. Konferensi Asia Afrika Lembar Pengamatan Kegiatan Siswa

2.

3.

4.

5.

Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Kompentesi Dasar

: SMP Negeri 5 Makassar : PKn : IX........../2 : 3.2. Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisasi. Aspek yang diamati/nilai Keberanian Keberanian Keaktifan bertanya menjawab 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 Jml. Skor Kategori

N O 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 28 29 30 31 32 33 34 35 36 37 38 39 40

Nama siswa

Ketekunan 1 2 3 4 5

Penskoran : A. Tidak Baik B. Kurang Baik C. Cukup Baik D. Baik E. Sangat Baik

Skor 1 Skor 2 Skor 3 Skor 4 Skor 5

Jumlah skor dan kategori: 17 - 20 = Sangat Baik 13 - 16 = Baik 9 - 12 = Cukup 5 - 8 = Kurang

KARTU PERTANYAAN
-

KARTU PERTANYAAN
-

-

Suatu Hubungan antar negara Hubungan tersebut berusaha menganalisis serta merumuskan kebijakan luar negeri negara-negara tertentu. Hubungan demikian disebut

Hubungan internasional sangat penting bagi bangsa Indonesia Dengan hubungan internasional, maka bangsa Indonesia dapat melakukan apa?

hubungan ....

KARTU PERTANYAAN
-

KARTU PERTANYAAN
-

-

Suatu Hubungan antar negara Hubungan itu dilakukan dengan pertukaran perwakilan diplomatik Hubungan yang seperti itu disebut hubungan apa?

-

Dia adalah seorang pejabat pemerintah Pejabat ini bertugas di negara lain Tugasnya antara lain mewakili presiden dalam acara-acara kenegaraan di negara tempat tugasnya Siapakah dia?

KARTU PERTANYAAN
-

KARTU PERTANYAAN
-

-

Dia adalah seorang pejabat pemerintah Pejabat ini bertugas di negara lain Tugasnya antara lain mewakili dan memperjuangkan kepentingan negara dalam hal peningkatan hubungan ekonomi, sosial dan budaya Siapakah pejabat ini?

-

Ini adalah suatu pertemuan Pertemuan ini diselenggarakan untuk menyelesaikan sengketa di Kamboja Pertemuan ini dilaksanakan di Jakarta Apa nama pertemuan tersebut?

KARTU JAWABAN
KONSUL

PERTEMUAN INFORMAL JAKARTA (JAKARTA INFORMAL MEETING)

KARTU JAWABAN

KARTU JAWABAN
DUTA BESAR

KARTU JAWABAN
INTERAKSI DENGAN NEGARANEGARA DI DUNIA INTERNASIONAL

KARTU JAWABAN
HUBUNGAN INTERNASIONAL

KARTU JAWABAN
HUBUNGAN DIPLOMATIK

KARTU JAWABAN
KONSUL

PERTEMUAN INFORMAL JAKARTA (JAKARTA INFORMAL MEETING)

KARTU JAWABAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
(Pertemuan Kedelapan)
DISUSUN OLEH:

KELAS IX C6

TAUFIK HIDAYAT, S.Pd NP.0824084009

PROGRAM SERTIFIKASI GURU JALUR PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR RAYON 24 TAHUN 2008/2009

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful