TUGAS SAP

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN GASTRITIS

OLEH :

PRODI S.1 KEPERAWATAN STIKES PIALA SAKTI PARIAMAN 2013

LAMPIRAN MATERI PENGERTIAN GASTRITIS GEJALAGEJALANYA PENYEBAB GASTRITIS PENCEGAHAN PENGOBATANNYA .

gastritis bukanlah penyakit yang serius dan dapat segera membaik dengan pengobatan. . Akan tetapi bagi banyak orang. yang berarti perut atau lambung dan itis yang berarti inflamasi atau peradangan. 2. Gastritis atau lebih dikenal sebagai magh berasal dari bahasa yunani yaitu gastro.1. Gastritis dapat menyebabkan terjadinya borok (ulcer) dan dapat meningkatkan resiko dari kanker lambung.

Perih atau sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau lebih buruk ketika makan 2. Muntah 4. Terasa penuh pada perut bagian atas setelah makan 7. Mual 3. Kehilangan selera 5.GEJALA-GEJALA 1. Kehilangan berat badan . Kembung 6.

. Radiasi and kemoterapi. 9.PENYEBAB 1. 6. Stress fisik. Pemakaian obat penghilang nyeri secara terus menerus. 4. 8. Infeksi bakteri. 2. Penyakit bile reflux. Crohn's disease. 3. 5. Penggunaan alkohol secara berlebihan. Kelainan autoimmune. Penggunaan kokain. 7.

4. Jangan merokok. 2. Kendalikan stress Ganti obat penghilang nyeri . 6.PENCEGAHAN 1. Lakukan olah raga secara teratur. 5. 3. Makan secara benar Hindari alkohol.

Jika antasid tidak lagi mengatasi asam lambung. 3. Antasid dalam bentuk cair maupun tablet bekerja dengan cara menetralisir asam lambung. Misalnya promag dan mylanta. maka dokter akan memberikan resep acid blocker seperti cimitidine. dan famotidine yang dapat mengurangi produksi asam lambung.PENGOBATAN GASTRITIS 1. Antasid biasa dijual bebas. 2. Obat ini harus dengan resep dokter. Misalnya Omeprazole dan Lansoprazole.ranitidine. Proton pump inhibitor yang menghentikan produksi asam lambung. Asid blocker. Misalnya amoksilin dan metronidazol . 4. Antibiotik bila penyebab gastritis adalah bakteri.

TERIMA KASIH   .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful