You are on page 1of 8

HAK DAN KEWAJIBAN

Berhak untuk bekerja sesuai standar. 2. Berhak menolak keinginan pasien yang bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku. . 4. Mendapat imbalan jasa berdasarkan peraturan yang berlaku. 3.HAK : 1. Mendapat perlindungan hukum dalam melaksanakan tugas profesi analis kesehatan.

8. Memperoleh informasi atau pemberitahuan pertama dalam menghadapi pasien yang tidak puas terhadap pelayanan. Mengikuti pelatihan. . Berhak untuk diperlakukan adil dan jujur oleh rumah sakit. 6.HAK : 5. Mendapat informasi secara lengkap dari pasien. 7.

3. 2.Kewajiban Terhadap Pasien : 1. Bertanggung jawab dan menjaga kemampuannya dalam memberikan pelayanan kepada pasien secara profesional. Menjaga kerahasiaan informasi dan hasil pemeriksaan pasien serta hanya memberikan kepada pihak yang berhak. Dapat berkonsultasi / merujuk kepada teman sejawat atau pihak yang lebih ahli untuk mendapatkan hasil yang akurat .

Kewajiban Terhadap Profesi : 1. Menjunjung tinggi serta memelihara martabat. 4. Meningkatkan keahlian dan pengetahuannya sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. standar keselamatan kerja yang berlaku dan kode etik profesi. menjaga integritas dan kejujuran serta dapat dipercaya. 3. 2. Melakukan pekerjaannya sesuai dengan standar prosedur operasional. Menjaga profesionalisme dalam memenuhi panggilan tugas dan kewajiban profesi. profesi. kehormatan. .

Bekerja dengan tuntas dan penuh tanggung jawab 4. Kreatif dan tekun 5. Bekerja dengan ikhlas dan rasa syukur 2. Menjaga harga diri dan jujur 6.Kewajiban Terhadap Pekerjaan : 1. Melayani dengan penuh kerendahan hati . Amanah serta penuh integritas 3.

. Menjunjung tinggi kesetiakawanan dalam melaksanakan profesi.Kewajiban Terhadap Teman Sejawat : 1. Membina hubungan kerjasama yang baik dan saling menghormati dengan teman sejawat dan tenaga profesional lainnya dengan tujuan utama untuk menjamin pelayanan yang berkualitas tinggi. 3. Memperlakukan setiap teman sejawat dalam batas-batas norma yang berlaku 2.

2. . Dalam melaksanakan pelayanan sesuai dengan profesinya harus mengikuti peraturan dan perundang-undangan yang berlaku serta normanorma yang berkembang pada masyarakat. Memiliki tanggung jawab untuk menyumbangkan kemampuan profesionalnya kepada masyarakat luas serta selalu mengutamakan kepentingan masyarakat. 3.Kewajiban Terhadap Masyarakat : 1. Dapat menemukan penyimpangan pelayanan yang tidak sesuai dengan standar norma yang berlaku pada saat itu serta melakukan upaya untuk dapat melindungi kepentingan masyarakat.