Instalasi Step by Step Software Kamus Besar Bahasa Indonesia

Oleh: Feriawan Agung Nugroho, S.Sos (http://teroriscinta.blog.friendster.com)

Yang anda butuhkan untuk bisa melakukan instalasi software Kamus Besar Bahasa Indonesia di komputer anda adalah dua kelompok file ini:

File pertama adalah file stardict-kbbi-2.4.2 . File itu adalah file olahan dari saudara Steven Haryanta (http://steven.blogs.masterweb.net/2009/05/21/kbbi-versi-stardict/) yang konon dia ambil dari database KBBI Daring/online. File kedua adalah master program kamus stardict. Anda bisa mendapatkan download link-nya di http:teroriscinta.blog.friendster.com, ataupun googling sendiri, trus download sendiri, terserah yang mana. Semuanya sah-sah saja. Setelah anda mendapatkan dua file di atas, akan ada 2 langkah instalasi yang harus dilakukan secara berurutan: 1. Install software stardict 2. Install, ataupun menempatkan stardict-kbbi-2.4.2 agar bisa terbaca di software stardict. Jika dua langkah di atas berhasil, maka anda akan mendapati Software Kamus Besar Bahasa Indonesia versi stardict terinstall sempurna. Contohnya seperti ini:

INSTALASI SOFTWARE STARDICT

1. Klik stardict -3.0.2.exe sampai muncul setup wizard.

2. Setelah muncul step-instalasi seperti di bawah ini, klik saja Next

3. Jika sudah muncul, maka akan ada Opsi License Agreement, atau dalam terjemahan tidak resminya adalah: Hal-hal yang perlu disepakati. Anda TIDAK PERLU membacanya sampai rampung, hal-hal ini adalah hal-hal yang sifatnya umum dalam proses instalasi software, yang artinya bisa diabaikan. Anda cukup klik I Agree (lihat gambar di bawah)

4. Nah, setelah itu anda diminta klik Next untuk install GTK 1 di folder yang ada. Dalam hal ini saya memakai defaultnya (atau bawaannya dari sono) : C:\Program Files \Common Files\GTK\2.0…lihat gambar bawah ini:

1

GTK (Gimp Tool Kit) sederhananya adalah perangkat pendukung aplikasi Software StarDict yang semestinya dirancang awal jalan di linux. Dengan adanya GTK, maka software ini bisa jalan di Windows. GTK sudah include di dalam aplikasi instalasi stardict for windows.

5. Jika sudah, Anda diminta menempatkan instalasi software Stardict di folder yang anda pilih. Defaultnya adalah: C:\Program Files\StarDict....lalu klik Install

6. Andaikan (biasanya nggak ada..ini mungkin karena saya dulunya pernah install) ada opsi seperti di bawah ini, lakukan aja klik YES

7. Nah....proses instalasi sedang berlangsung. Sabar menunggu, tak lama lah. Gak sampai 5 menitan.

8. Akhirnya Stardict sudah terinstall di komputer Anda. Ditunjukkan dengan Klik Finish sebagaimana gambar di bawah ini

Anda bias melakukan checking apakah software stardict sudah terinstall sempurna ataukah belum dengan melihat di program komputer anda. Katakanlah dengan mengklik: START> All Program>StarDict akan ditunjukkan di bawan ini:

Nah, setelah di-klik di bagian STARDICT, anda akan ketemu dengan interface ini:

Nah, silahkan memasukkan satu-dua kata......LHA KOK BELUM ADA TERJEMAHANNYA...??????? Eits...apa ada yang salah? Hehe..tunggu dulu, jangan panik. Kita baru melakukan satu langkah instalasi software dan belum memasukkan database Kamus Besar Bahasa Indonesia-nya. Justru ini yang paling penting. Tanpa memasukkan database KBBI, maka instalasi kamus kita ini akan percuma tak berguna. CLOSE software ini (PENTING!!!) SEBELUM MELANJUTKAN KE LANGKAH KEDUA. Mari kita lanjutkan langkah kedua.

INSTALASI stardict-kbbi-2.4.2 Proses ini sebenarnya adalah langkah sederhana: menempatkan database yang ada di folder stardict-kbbi-2.4.2 ke dalam folder/direktori DIC. Direktori/folder DIC terletak di salah satu folder/direktori di bagian program stardict ditempatkan. Secara sederhana langkah yang anda lakukan adalah: 1. Buka folder stardict-kbbi-2.4.2 dan temukan konten di dalamnya: (lihat gambar)

2. si konten stardict-kbbi-2.4.2 terdiri dari: kbbi.dict.dz ...lalu kbbi.idx...dan kbbi.ifo Saya tidak perlu panjang lebar menceritakan apa itu file-file di atas, langsung aja anda copy (lihat gambar di bawah):

3. Kemudian, lakukan eksplorasi file dengan menggunakan windows explorer dan tujulah alamat instalasi software StarDict anda. Dalam hal ini, sesuai instalasi di awal saya menuju ke lokasi:

C:\Program Files\Stardict ---Lihat gambar di bawah:

dan kemudian klik di folder dic

4. Isi dari folder dic semula hanya berisi makefile, makefile.am, dan makefile.in. LAKUKAN PASTE di folder ini sehingga terisi dengan kbbi.idx, kbbi.ifo dan kbbi.dict.idz (Lihat gambar di atas) 5. Jika sudah, anda bisa klik ataupun memulai software Stardict.exe

Nah, anda bisa melihat bahwa sekarang software KBBI telah terpasang. Coba aja ketikkan a di kolom panjang:

Oke, demikian tadi Instalasi Step by Step Software Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tidak sulit, bukan? Semoga langkah demi langkah yang anda lakukan berhasil. Salam dari saya dan mohon doanya untuk bisa berkarya selalu. Hormat saya, Feriawan Agung Nugroho ferrybm@yahoo.com http://teroriscinta.blog.friendster.com

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.