You are on page 1of 15

SEJARAH DAN URGENSI LINGUISTIK DIAKRONIS

Oleh: Bukhori Muslim (I2H 003005), Dewi Anita (I2H 013 006), Efendi Harhap (I2H 013 007), Eko Mandala Putra (I2H 013 008)

Powerpoint Templates

Page 1

MEMPELAJARI BAHASA DARI DALAM ATAU UNSUR DALAM BAHASA

MEMPELAJARI BAHASA YANG ADA HUBUNGANNYA DENGAN FAKTORFAKTOR DILUAR BAHASA TERSEBUT TERMASUK INTERDISIPLIN ATAU TERAPAN

Powerpoint Templates

(Kridalaksana, 1997) Page 2

Powerpoint Templates

Page 3

Powerpoint Templates Robin (dalam Kawary.net)

Page 4

DIALEKTOLOGI DIAKRONIS

HISTORIS KOMPARATIF

Powerpoint Templates

(Mahsun, 2010:91) Page 5

DIALEKTOLOGI DIAKRONIS
Pada zaman Yunani tokoh yang mengemukakan studi-studi tentang dialek adalah Herodotus pada abad ke-6 SM.
Dialektologi muncul di Jerman tahun 1876 atas dasar ketidakpuasannya terhadap teori Neogammarian. kaum ini berpendapat bahwa hukum bunyi tidak mengenal kekecualian, maksudnya bunyi satu bahasa dari satu masa ke masa yang lain dalam perkembangan sejarahnya berlangsung secara teratur.
Kajian di Perancis berawal dari anjuran Gaton Paris pada tahun 1875 agar dilakukan penelitian yang terperinci mengenai dialek-dialek di seluruh wilayah Perancis. Pada abat ke-19 kedua Negara ini telah mampu membuat sebuah peta yang disumbangkan sebagai anutan dalam pengkajian dialektologi.
Powerpoint Templates Page 6

LINGUSTIK HISTORIS KOMPARATIF
linguistik diakronis historis komparatif menurut buku An Introduction to General Linguistics karya Francis P. Dinneen S.J yang dikutip dalam blog star light.blogspot.com memokuskan pada kajian historis komparatif yang dimulai sejak zaman kuno sampai separuh abad pertengahan, kemudian kajian ini mengalami perkembangan yang sangat pesat pada abad ke- 19.

Sejarah perkembangan linguistik diakronis komparatif dibagai menjadi 4 periode, yaitu: A. Periode pertama dimulai pada tahun 1830-1860, bermula dari seorang tokoh yang meletakan dasar-dasar ilmu perbandingan bahasa berkebangsaan Jerman Franz Boop yakni meneliti asal mula akhiran kata kerja yang menurut pendapatnya semua akhiran bentuk kata kerja berasal dari bagian-bagian yang tadinya terlepas dari pokok kata sedangkan bagian yang selalu ada ialah perkataan sein.
Powerpoint Templates

Page 7

Periode kedua terjadi dalam kurun waktu 1861 hingga 1880, August Schleicher bermula dari Beliau adalah ahli linguistik. Meskipun bahasa yang betul-betul dikenalnya adalah bahasa Slavia dan Lithaunia (= salah satu bahasa Baltis), mempelajari bahasa Ceko dan dapat berbicara dalam bahasa Rusia.

Periode ketiga berlangsung dari tahun 1889 sampai akhir abad ke-19 yaitu muncul airan yang bernama junggrammatiker yang mengandung hukum Grimm. Aliran ini bergerak di Leipzig, salah satu muridnya adalah Leonard Bloomfil yang menjadi linguis strukturalis Amerika. Menjadikan linguistik historis komparatif sebagai sebuah ilmu yang eksak dalam metode-metodenya. Tokoh yang terpenting Karl Brugmann, H. Osthoff, dan A. Leskien. Selain itu J. Schmidt mencetuskan sebuah teori batu yang disebut wallentheori. Ia kemudian melahirkan hukum verner dan pada tahun
Powerpoint Templates

Page 8

Periode keempat lahir pada abat ke-20. Ilmu bahasa dalam abad XX sebenarnya sudah dimulai dengan penemuanpenemuan dari abad XIX. Penemuan-penemuan pada abad XIX yang belum member ciri khusus sebagai aliran yang khas, baru menemukan bentuknya yang khas itu pada awal abad XX. Sebab itu juga pada awal abad XX lahirlah bermacam-macam aliran baru dalam Ilmu Bahasa. Aliran-aliran yang terpenting adalah: Fonetik berkembang sebagai suatu studi ilmiah. Sejalan dengan perkembangan itu para ahli mencurahkan pula penelitian atas dialek-dialek. Untuk itu dikembangkan metode-metode yang dipinjam dari fisiologi dan fisika (electron-akustik). Sejalan dengan perkembangan studi atas dialek-dialek dengan mempergunakan metode-metode fisiologi, fisika, dan psikologi, maka muncul pula cabang baru dalam Ilmu Bahasa yaitu Psikolinguistik dan Sosiolinguistik.

Powerpoint Templates

Page 9

URGENSI LINGUISTIK DIAKRONIS
Seberapa pentingkah memperlajari atau menggeluti linguistik diakronis?
Sub kajian Linguistik yakni dialektologi diakronis dan linguistik historis komparatif memiliki tugas utama yg sama: Melakukan penentuan kekerabatan dan pengelompokan isolek-isolek yang berkerabat.

Powerpoint Templates

Page 10

Dialektologi Diakronis memiliki kajian untuk mencari perbedaan unsur-unsur kebahasaan. Linguistik Historis Komparatif memiliki kajian untuk Mencari persamaan dari unsur-unsur kebahasaan Yang diperbandingkan.

Munculnya kajian Linguistik Diakronis telah melahirkan berbagai ikhwal kajian linguistik yang lebih luas. Seperti : Kajian tentang fonem, Sosiolinguistik, psikolinguistik, dan geneolinguistik.
Powerpoint Templates

Page 11

TUJUAN MEMPELAJARI LINGUISTIK BANDINGAN
1. Mempersoalkan bahasa-bahasa yang serupun dengan mengadakan perbandingan mengenai unsur-unsur yang menunjukkan kekerabatannya. 2. Mengadakan rekonstruksi bahasa-bahasa yang ada dewasa ini kepada bahasa-bahasa purba (bahasa-bahasa proto). 3. Mengadakan pengelompokkan bahasa-bahasa yang termasuk dalam satu rumpun bahasa. 4. Berusaha menemukan pusat-pusat penyebaran bahasa-bahasa proto dari bahasa-bahasa kerabat, serta menentukan gerak migrasi yang pernah terjadi. (Gorys Keraf; 23 : 1991)
Powerpoint Templates Page 12

KESIMPULAN
Perkembangan kajian Lingustik Diakronis memiliki dua bidang sub kajian yakni : 1. Dialektologi Diakronis 2. Linguistik Historis Komparatif Dialektologi Diakronis dalam sejarah perkembangannya mulai muncul di dua negara yakni Jerman (1876) dan Prancis (1880). Linguistik Historis Komparatif mulai muncul pada abad ke-19 dan kajian ini mulai populer pada abad ke-20

Powerpoint Templates

Page 13

Perkembangan kajian Lingustik Historis Komparatif terbagi ke dalam beberapa periode : 1. Periode I (1830 – 1860) --- Pranz Boop 2. Periode II (1861 – 1880) --- August Schlecher 3. Periode III (1889 – Akhir abad ke-19) --- Muncul aliran bernama Junggrammatiker. 4. Periode IV (Awal abad ke-20) --- Muncul beberapa aliran, yakni: a. Fonetik b. Psikolinguistik dan Sosiolinguistik c. Aliran Praha

Powerpoint Templates

Page 14

DAFTAR PUSTAKA
Amanah, Yuliawati,dkk. 2013. Linguistik Historis Komparatif: Mata Kuliah Linguistik Trapan. Universitas Pajajaran: Fakultas Ilmu Budaya (Makalah). Chaer, Abdul. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rinneka Cipta http://linguistikliteraturclub. Sejarah Linguistik dan Pentingnya Mempelajari Linguistik. Diakses pada tanggal 16 September 2013. Kreaf, Goryes. 1984. Linguistik Bandingan Historis. Jakarta: PT. Gramedia. Mahsun.1995. Linguistik Dialektologi Diakronis: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. ----------.2007. Dialektologi. Yogyakarta:Gama Media. ----------.2010. Geneolinguistik. Yoyakarta:Pustaka Pelajar. Wahab, Abdul.2005.Butir-Butir Linguistik. Surabaya: AUP

Powerpoint Templates

Page 15