You are on page 1of 5

Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management) Rumah Sakit

STEP 1 TQM : suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yg mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan. Continuous Quality Improvement : suatu proses dimana mekanisme yg sudah mapan dapat dipertahankan n ditingkatkan secara berkesinambungan sehingga mutu dapat dicapai secara maksimal. Quality Control : sistem untuk memanajemen suatu mutu RS agar berkembang dan meningkat dalam segala bidang.

STEP 2  TQM 1. Tujuan 2. Manfaat 3. Prinsip 4. Karakteristik 5. Unsur-unsur 6. Sasaran 7. Faktor yang mempengaruhi 8. Aplikasi 9. Standart 10. Syarat  Continuous Quality Improvement 1. Teknik 2. Tujuan 3. Manfaat  Quality Control 1. Tujuan 2. Fungsi 3. Tahapan 4. Penerapan

STEP 3

pemanfaatan teknologi. act) Karakteristik Fokus pada pelanggan internal n eksternal 3. karyawan dan pemasok memiliki kepedulian yg tinggi terhadap mutu  Menjadikan semua partisipan bersemangat tinggi untuk meningkatkan mutu masing secara berkelanjutan  Menjadikan tuntutan kebutuhan customer sebagai pemacu peningktan mutu produk dan jasa yg dihasilkan oleh organisasi  Menjadikan mutu produk dan jasa sarana utama untuk meningkatkan daya saing organisasi  Menjadikan mutu sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan organisasi dalam menghasilkan aliran dana yang sustainable  Umum untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui program peningkatan mutu pelayanan secara efektif dan efisien agar tercipta derajat kesehatan yang optimal  Khusus tercapainya peningkatan mutu pelayanan kesehatan secara efektif dan efisien melalui optimasi tenaga sarana dan prasarana. Tujuan  Menjadikan semua partisipan organisasi : manajer.  . hasil penelitian. check. Manfaat  Meningkatkan laba  Meningkatkan daya saing  biaya operasi perusahaan berkurang Prinsip Kepuasan pelanggan Respect terhadap semua orang Manajemen berdasarkan fakta Perbaikan yang berkesinambungan dengan cara siklus PDCA (plant. dan pengembangan kesehatan 2.     4. TQM 1. do. pemberian pelayannan sesuai standart profesi dan standart pelayanan yang dilaksanakan secara menyeluruh dan terpadu sesuai kebutuhan pasien.

Memiliki obsesi yang tinggi terhadap kualitas Menggunakan pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah Membutuhkan kerjasama team Memperbaiki proses secara berkesinambungan Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan Memiliki komitmen jangka panjang Memberikan kebebasan yang terkendali Unsur-unsur Masukan : semua unsur yang berhubungan untuk pelaksanaan pelayankan kesehatan (man. pengembangan standart dan profesi. material) Lingkungan : unsur di sekitar yang mempengaruhi yankes (kebijakan. meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan Faktor yang mempengaruhi kegagalan Delegasi dan kepempinan yang tidak baik dari manajemen senior Proses penyebarluasaannya Menggunakan pendekatan yang terbatas Harapan yang terlalu tinggi 7.  Tingkat RS : program QA. kecacatan. gugus kendali mutu. program khusus dilaksakan sesuai kebutuhan RS. manajemen) Proses : semua tindakan yang berhubungan dengan yankes.     Faktor yang mempengaruhi : SDM Interaksi kegiatan yang digerakkan melalui proses dan prosedur 8. . money.       5. organisasi. kesakitan. Contoh : clinical previlage dari direktur RS terkait. Aplikasi  Tingkat nasional : mencakup perijinan. Contohnya : keputusan menteri tentang kriteria klasifikasi RS. Dipatuhi untuk semua RS. manajemen mutu terpadu. harus sesuai standart untuk menjaga kualitas mutu Keluaran : hasil dari yankes 6. Sasaran  Utama : tercapai derajat kesehatan masyarakat yg setinggi-tingginya melalui yankes  Khusus : menurunkan angka kematian.

Diskusi kasus baru dan kasus sulit. Proses  bagaimana berjalannya. Teknik Yang harus melakukan CQI adalah semua yang terkait di dalam organisasi. Tujuan Mempertahankan mutu RS dalam memenuhi kebutuhan konsumen Meningkatkan pendapatan RS Meningkatkan pelayanan kesehatan 2. .  Continuous Quality Improvement 1. pemasok. Proses perbaikan yang sungguh-sungguh baik pelayanan dan pekerja. Yang lebih dilihat adalah keluarannya. Standart Penampilan : mengetahui batasan2 apakah wajar/tidak. Masukan  mencakup dana dan tenaga profesi. Lingkungan  mengetahui faktor lingkungan untuk hasil mutu. Syarat  Setiap perusahaan atau organisasi secara terus menerus harus selalu melakukan perbaikan mutu untuk kepuasan pelanggan  Memberikan kepuasan kepada pemilik. dan pemegang saham  Memiliki wawasan jauh ke depan dalam mencari laba dan memberikan kepuasan  Fokus utama ditujukan pada proses baru hasil  Menciptakan kondisi dimana karyawan aktif berpartisipasi dalam mencapai keunggulan tersebut. Proses pengadaan alat-alat yang dibutuhkan dan standarisasi yang ditetapkan oleh pemilik dan peraturan menteri. masukan dan proses. Komitmen manajemen puncak Komitmen SDM (komite medik) Perencanaan dan publikasi Infrastruktur yang mendukung 10. karyawan. Persyaratan : berhubungan dengan standart lingkungan.9.     Melakukan pelatihan-pelatihan untuk SDM  untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas.

mengurangi pembiayaan  Membantu pekerja memenuhi potensi mereka untuk mencapai tujuan perusahaan 2.Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Meningkatkan kepuasan masyarakat 3. 3. mendapatkan kepercayaan customer  Menyetir perusahaan ke arah yang menguntungkan dg cara perbaikan prosedur kerja. mengecilkan kecacatan. Manfaat     Meningkatkan aktivitas pelayanan Efisiensi pelayanan Dapat meningkatkan penerimaan masyarakat Melindungi pelaksanaan pelayanan dari gugatan hukum  Quality Control 1. Tujuan  Menyediakan produk dan pelayanan yang memuaskan. 4. Fungsi Tahapan Penerapan STEP 4 STEP 5 STEP 6 STEP 7 .