You are on page 1of 7

KADERISASI DALAM MUHAMMADIYAH

Diajukan untuk memenuhi tugas Kemuhammadiyahan Dosen : Ghofar Ismail, S.Ag, M.A

Disusun oleh : Fuad Annas F. ( !""! "!! "# A$alludin Fajri ( !""! "!!%&# Akhmad 'ustamil ( !""! "!!()#

JURUSAN AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA 2 !!

A" Pen#$hulu$n Muhammadiyah meru*akan salah satu organisasi kemasyarakatan yang amal usahanya termasuk *aling +esar di Indonesia, +ahkan di dunia. Agar teta* +isa +erjalan dengan +aik maka sudah menjadi konsekuensi logis jika Muhammadiyah harus +isa mengelola amal usahanya itu dengan *ro*osional dan *rofesional. ,ntuk mengelola itu, setidaknya Muhammadiyah harus *unya suatu sistem yang da*at menjalankannya dengan +aik. Allah S-. +erfirman :

Artinya :/Dan hendaklah takut ke*ada Allah orang0orang yang seandainya meninggalkan di+elakang mereka anak0anak yang lemah, yang mereka kha$atir terhada* (kesejahteraan# mereka. 1leh se+a+ itu hendaklah mereka +ertak$a ke*ada Allah dan hendaklah mereka mengu2a*kan *erkataan yang +enar./ (3.S An04isa : )#

%" De&inisi Pen'($#e)$n Kader adalah istilah yang +iasa digunakan dalam organisasi yang mem*unyai arti orang yang +isa dihara*kan +isa memegang *eranan *enting dalam suatu organisasi atau instansi *emerintah. 5engkaderan meru*akan *roses atau *en2arian kader yang se2ara struktural akan dimasukkan kedalam tu+uh organisasi terse+ut. *" P)oses Pen#i#i($n K$#e) 5roses kaderisasi dalam keluarga Muhammadiyah menjadi *enting artinya, tidak saja untuk transformasi nilai0nilai Islam dan Muhammadiyah teta*i juga untuk melangsungkan ke*emim*inan dan reorganisasi dalam Muhammadiyah. Sangat disayangkan +ilamana ada tokoh atau *im*inan

"

Muhammadiyah tidak.

teta*i

kemudian

anak0anaknya

tidak

aktif

di

Muhammadiyah, jangankan menjadi *im*inan, menjadi anggota saja 1. Pengkaderan dimulai dari rumah Keluarga Muhammadiyah se+agaimana yang di*andukan dalam 5edoman 6idu* Islami $arga Muhammadiyah +erkedudukan *ertama, se+agai tiang utama kehidu*an umat dan +angsa se+agai tem*at sosialisasi nilai0nilai yang *aling intensif dan menentukan, karenanya menjadi ke$aji+an setia* anggota Muhammadiyah untuk me$ujudkan kehidu*an keluarga yang sakinah, ma$addah $arrahmah yang dikenal dengan keluarga sakinah. Kemudian yang kedua adalah agar keluarga0 keluarga dilingkungan Muhammadiyah dituntut untuk +enar0+enar da*at me$ujudkan Keluarga 7ama8ah Sakinah dan yang terkait 7amaah lain dengan menuju dalam *em+entukan Keluarga Gerakan da8$ah

ter$ujudnya Masyarakat Islam yang se+enar0+enarnya. Muhammadiyah +erfungsi antara mensosialisasikan nilai0nilai ajaran Islam juga melaksanakan fungsi kaderisasi sehingga anak0anak tum+uh menjadi generasi muslim Muhammadiyah yang da*at menjadi *elangsung dan *enyem*urna gerakan da8$ah di kemudian hari, dan keluarga dilingkungan Muhammadiyah dituntut keteladanan dalam mem*raktikkan kehidu*an yang Islami yakni tertanamnya ke+aikan dan +ergaul dengan saling menyayangi dan mengasihi, menghormati hak anak, saling menghargai dan menghormati antar anggota keluarga, mem+erikan *endidikan akhlak yang mulia se2ara *ari*urna, menjauhkan segena* anggota keluarga dari +en2ana siksa neraka, mem+iasakan +ermusya$arah dalam menyelesaikan urusan , +er+uat adil dan memelihara *ersamaan hak dan ke$aji+an serta menyantuni anggota keluarga yang tidak mam*u.

2. Mengarahkan anak menjadi kader Dalam realitas keseharian $arga Muhammadiyah +anyak juga yang justru akti9itas anak0anaknya tidak terkontrol dengan +aik. 7angankan mendekatkan diri dengan akti9itas dak$ah se*erti Muhammadiyah +ahkan ada juga yang terli+at dengan *ergaulan yang jauh dari nilai0nilai Islam. 'agi seorang kader Muhammadiyah yang telah mengalami *roses *endidikan dan *engem+lengan dalam keluarganya sedemikian ru*a sehingga kemudian dia +etul0+etul mengenal Muhammadiyah, +erakti9itas dalam ortom Muhammadiyah akan menjadi mudah. Dengan demikianlah dia nanti +isa menggantikan *osisi orangtuanya yang juga adalah tokoh Muhammadiyah. Maka mulailah kader terse+ut mena*aki akti9itasnya di Ikatan 5elajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasis$a Muhammadiyah, 5emuda Muhammadiyah, 4asyiatul :Aisyiyah dan seterusnya menjadi kader andalan di *ersyarikatan Muhammadiyah. Dalam realitasnya tentu saja hal ini tidaklah mudah, ini memerlukan u*aya yang terus menerus dari keluarga0keluarga Muhammadiyah dan juga *engontrolan dan e9aluasi terus menerus. D" Ke+i,$($n Muh$--$#i.$h #$l$- Pen'($#e)$n Ke+ijakan yang di+uat oleh Muhammadiyah untuk melaksanakan kegiatan *engkaderan adalah se+agai +erikut : 1. Internalisasi Islam +erkemajuan se2ara intensif, o+yektif, mungkin juga kom*aratif, dialogis. 2. Menafsirkan dan kontekstualisasi Ideologi. 3. Muhammadiyah (5aham Agama, MK;6, Ke*ri+adian# dalam +ahasa yang *o*ulis. 4. Kaderisasi melalui +er+agai jalur *rofesi, keluarga, amal usaha (*endidikan, <S, 5anti#, dan kegiatan. 5. Mem*er+anyak komunitas0komunitas kultural dan fungsional %

E" H$-+$/$n D$l$- Pen'($#e)$n 5erlu di*ahami +ah$a *ekerjaan untuk mem+entuk kader0kader yang militan ini tidaklah semudah mem+alik tela*ak tangan. 'anyak sekali ham+atan yang dialami oleh Muhammadiyah, +aik itu dari sisi internal mau*un eksternalnya. ;ontoh ke2il yang selama ini da*at kita lihat dan kita rasakan dari sisi internal adalah *ere+utan kader antara ortom yang satu dengan ortom yang lainnya. Se+ut saja antara kalangan =*elajar> dengan kalangan =mahasis$a>. Meski*un se+enarnya sama0sama se+agai ortom Muhammadiyah yang nota+ene harus +isa sinergis dalam segala hal teta*i karena masing0masing mem*ertahankan ego0nya dan merasa di*ihak yang *aling +enar maka friksi yang 2uku* tajam antara kedua ortom terse+ut tidak +isa dihindari. Selain itu, *ermasalahan internal juga da*at dilihat dari kader sekolah0 sekolah Muhammadiyah. Setelah mereka lama dididik sam*ai menjadi ahli dalam organisasi, kemudian lulus sekolah dan masuk ke 5erguruan .inggi justru +anyak diantara kadernya yang menye+rang ke lain organisasi dan meninggalkan Muhammadiyah +egitu saja. 'isa jadi karena Muhammadiyah tidak +isa mem+erikan sesuatu yang +erarti +agi mereka, ta*i +isa juga karena mereka yang tidak *unya komitmen dan loyalitas *ada organisasi. A*a*un alasannya, rasanya kurang sesuai dengan etika. 6al se*erti ini seharusnya menjadi koreksi +agi Muhammadiyah agar melakukan *eninjauan kem+ali terhada* +er+agai aturan yang selama ini ditera*kan dalam ortom, karena tidak menutu* kemungkinan terjadinya masalah ini justru karena memang ada aturan yang tidak jelas, kurang tegas, dan multitafsir.

(

F" Solusi Men'$/$si H$-+$/$n D$l$- Pen'($#e)$n ,nuk mengatasi *ermaslahan yang telah dise+utkan diatas maka, mulai sekarang semua ortom Muhammadiyah harus disinergiskan dan dikelolah dengan se+aik0+aiknya agar sesuai dengan 9isi dan misi Muhammadiyah. 7angan sam*ai ortom +erjalan sendiri0sendiri tan*a ada koordinasi dan tujuan yang *asti.

Kita juga tidak da*at memungkiri +ah$a di organisasi mana*un *asti +anyak kader yang *unya ke*entingan0ke*entingan *olitik yang *enuh dengan intrik, +egitu juga di Muhammadiyah. .eta*i dengan adanya sistem *erkaderan yang +aik di Muhammadiyah, rasanya hal0hal yang se*erti itu +isa diminimalisir, +ahkan direduksi. ?ang ter*enting, semoga dilema *engkaderan ideal yang ada di Muhammadiyah sudah 2uku* sam*ai disini dan tidak akan terulang lagi di masa0masa yang akan datang.

G" Penu/u0 1. Kesi-0ul$n

Muhammadiyah meru*akan organisasi sosial0agama yang sangat +esar di Indonesia mau*un di Dunia. 4amun, ke+eradaanya tidak akan terle*as dari orang0orang yang +er*eran *enting dalam menggerakan Muhammadiyah. ,ntuk teta* menjaga ke+eradaan dan meneruskan *erjuangan Muhammadiyah di*erlukan suatu *roses yang dinamakan *engkaderan atau kaderisasi. 7adi, kegiatan 5engkaderan ini sangat *enting dalam Muhammadiyah.
2. S$)$n 5ada saat ini kader Muhammadiyah kurang +er*eran *enting dalam kehidu*an +ermasyarakat, sehingga di*erlukan suatu u*aya untuk mengatasi *ermasalahan terse+ut.

@

DAFTAR PUSTAKA

Al 3ur>an Indonesia. !"". IndeA Al 3ur>an. htt*:BB$$$.alCuran0 indonesia.2omB$e+BCuranBlistingsBdetailsB(. Akses & Desem+er !"". Mufid, A.M. Dilema 5engkaderan Ideal Muhammadiyah. .htt*:BBalmalikulmufid.+logs*ot.2omB !""B!%Bmuhammadiyah0meru*akan0 salah0satu.html. Akses & Desem+er !"". Shohi+ul Anshor Siregar 1Akti9is 5emuda Muhammadiyah Ka+u*aten ;ila2a*, juga di DSM 5SKD 5usaka ;ila2a*# htt*:BB$$$.muhammadiyah.or.idB2ontent0(@0det0jaringan0 Muhammadiyah.html. Akses & Desem+er !"".

E