You are on page 1of 12

LAPORAN PETANGGUNGJAWABAN

DIVISI PUBLIKASI, DAN RELASI HIMPUNAN MAHASISWA TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

TAHUN 2013

PENDAHULUAN  Bidang Publikasi.  Sebagai mediator yang berfungsi mempublikasikan kegiatan HIMATEKIN. dan Relasi dalam Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian ini berperan sebagai mediator dalam hubungannya baik dengan masyarakat di luar (eksternal) maupun di dalam lingkungan HIMATEKIN (internal). .

Kerjasama ORMAS 3. Dokumentasi dan Relasi memiliki beberapa program kerja sebagai bukti peran sertanya dalam HIMATEKIN. Promosi TIP melalui brosur 2.PROGRAM KERJA Selama masa jabatan HIMATEKIN Divisi Publikasi. Mengelola Majalah Dinding 3. program kerja tersebut adalah : Publikasi 1. Menjalin hubungan antar Kampus. Mempublikasikan kegiatan Mahasiswa Relasi 1. Mengelola Blog dan Jejaring Sosial HIMATEKIN 2. Universitas dan Masyarakat (eksternal) Event 1. Lomba Mading . Menerima saran dan kritik melalui kotak surat dan menjalin hubungan antar HIMA lainnya di lingkungan kampus (Internal) 2. Fakultas.

REALISASI 1. Kurangnya alat pendukung dalam mendokumentasikan dan merelasikan informasi terbaru serta koordinasi yang kurang dilakukan oleh koordinator menjadi hambatan dalam program kegiatan ini. Sebagian mahasiswa TIP ikut serta mengakses blog maupun jejaring sosial HIMATEKIN ini. . Pengelolaan situs yang kurang maksimal oleh anggota Divisi Publikasi maupun sebagian mahasiswa TIP. Pengelolaan Blog dan Jejaring Sosial HIMATEKIN Tujuan Media penyalur informasi dari HIMATEKIN dan sebagai tempat publikasi kegiatan HIMA. Waktu Pelaksanaan Respon dan Hasil Kegiatan Hambatan Fleksibel Di dalam kegiatan ini terdapat beberapa informasi tentang kegiatan HIMATEKIN.

. baru ada beberapa hari lalu setelah dalam masa perbaikan. yang disampaikan ke humas untuk dipublikasikan kemading. acara. (sebelumnya ngeprint diwarnet dan bayar) • Dana. • Kurangnya informasi berupa berita. Pengelolaan Mading Tujuan Media penyalur informasi dari HIMATEKIN dan sebagai tempat publikasi kegiatan HIMA. dan pembaharuan mading 2 Minggu sekali tidak terlaksana • Terkendala karena printer HIMATEKIN. 2 Minggu Sekali (Mei – November) Waktu Pelaksanaan Respon dan Hasil Kegiatan Hambatan Dalam pelaksanaannya kegiatan pengelolaan mading tidak berjalan dengan lancar. • Kurangnya koordinasi secara maksimal dari anggota anggota Divisi Publikasi. Dokumentasi dan Relasi.2. dalam pembuatan papan mading yang layak pakai.

Dokumentasi dan Relasi untuk mendokumentasikan kegiatan HIMATEKIN. Mempublikasikan Kegiatan HIMATEKIN Tujuan Mendokumentasikan dan Mempublikasikan setiap kegiatan HIMA.3. • Kurangnya koordinasi antar anggota Divisi Publikasi. • Peralatan publikasi yang tidak memadai (kamera dll). maupun blog dan media social. baik dengan menggunakan MADING. publikasi melalui Majalah Dinding tidak terlaksana. namun publikasi melalui Blog dan media sosial dapat dilaksanakan. Hambatan . Fleksibel Waktu Pelaksanaan Respon dan Hasil Kegiatan Dalam pelaksanaanya kegiatan ini tidak berjalan dengan lancar.

.4. Relasi (Internal) Tujuan Menerima saran dan kritik melalui kotak surat dan menjalin hubungan antar HIMA lainnya di lingkungan kampus (Internal) Fleksibel Waktu Pelaksanaan Respon dan Hasil Kegiatan Hambatan program Kerja tidak terlaksana •Kurangnya koordinasi anggota Humas & publikasi ke sesama masyarakat HIMATEKIN dan lingkungan kampus. •Tidak adanya kotak surat untuk kritik dan saran. •Kurang ada inisiatif dari mahasiswa untuk menyampaikan saran dan kritik dalam membangun keadaan yang lebih baik.

Relasi (Eksternal) Tujuan Menjalin hubungan antar Kampus. . Fakultas. Universitas dan Masyarakat (eksternal) Fleksibel Waktu Pelaksanaan Respon dan Hasil Kegiatan Program Kerja tidak terlaksana secara maksimal Hambatan • Kurangnya koordinasi dari anggota anggota Divisi Publikasi. Dokumentasi dan Relasi. Universitas dan Masyarakat (eksternal). • Kurangnya anggota dalam membentuk forum dalam menjalin hubungan antar Kampus.5. Fakultas.

. Dokumentasi dan Relasi.6. Promosi TIP melalui brosur Tujuan Waktu Pelaksanaan Respon dan Hasil Kegiatan Hambatan Mempromosikan program studi TIP melalui brosur Fleksibel Program Kerja tidak terlaksana • Kurang dana dalam pembuatan brosur • Tempat penyebaran brosur yang belum ada • Kurangnya koordinasi dari anggota anggota Divisi Publikasi.

7. Dokumentasi dan Relasi • Belum ada tempat mendukung berupa ruangan maupun situs jejaring sosial untuk perkumpulan pertukaran informasi mengenai minat dan ilmu TIP. . Kerjasama ORMAS Tujuan Sebagai tempat untuk bertukar informasi yang relevan dengan minat ilmu Teknologi Industri Pertanian dan menjalin kerjasama dengan ORMAS Fleksibel Waktu Pelaksanaan Respon dan Hasil Kegiatan Hambatan Program Kerja tidak terlaksana secara maksimal • Kurangnya koordinasi dari anggota anggota Divisi Publikasi.

8. Dokumentasi dan Relasi • Papan mading untuk lomba yang belum ada. Lomba Mading Tujuan Sebagai ajang untuk mempromosikan Program Study TIP kepada calon – calon Mahasiswa yang masih duduk di bangku SMA November Waktu Pelaksanaan Respon dan Hasil Kegiatan Hambatan Program Kerja tidak terlaksana • Kurangnya koordinasi dari anggota anggota Divisi Publikasi. • Masa jabatan yang sangat singkat .

. semoga program keja ini di masa mendatang dapat dilaksanakan dengan lebih baik demi meningkatkan pengalaman organisasi di lingkungan Kampus Pertanian.PENUTUP Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami sampaikan. Universitas Lambung Mangkurat.