You are on page 1of 4

BABI PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Keperawatan merupakan suatu bentuk pelayanan profesional yang merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan, dimana pelaksanaan pelayanan didasarkan kepada ilmu dan kiat perawatan, dengan bentuk pelayanan meliputi biologis, psikologis, sosial, dan spiritual yang komprehensif serta ditujukan kepada individu, keluarga, masyarakat, baik sehat maupun sakit yang mencakup seluruh kehidupan manusia. (Pusdiklat Depkes R , !"#$% !&'. (alah satu bentuk pelayanan Keperawatan )edikal *edah yang memerlukan pengetahuan dan keterampilan lebih intensif dan spesifik. Dalam mendukung pelayanan Keperawatan )edikal *edah khususnya sistem integumen diperlukan perawat yang mampu meningkatkan derajat kesehatan terhadap klien yang mengalami gangguan sistem integuman. (alah satunya yaitu penyakit.(yndrom (teven +ohnson. ,angguan sistem integumen salah satunya penyakit kulit (yndrom (teven +ohnson akan terus meningkat bila individu atau klien mengalami penurunan daya tahan tubuh yang ditunjang dengan mengkonsumsi obatobatan yang tubuh klien sendiri tidak dapat menerimanya atau disebut alergi obat-obatan. Penyakit timbul jika seseorang atau klien mempunyai alergi terhadap obatobatan tertentu misalnya amoksis, paracetamo sebagainya. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas penyakit kulit (ydrom (teven +ohnson dapat menimbulkan masalah-masalah yang kompleks jika tidak ditangani dapat menimbulkan masalah serius. )aka dari itu kelompok tertarik untuk mengambil .suhan Keperawatan Pada /n. P Dengan ,angguan ntegumen (ydrom (teven +ohnson di Ruang 01 Perjan R(. dr. 2asan (adikin *andung. dan lain

!

e. )elaksanakan pengkajian pada klien dengan gangguan sistem integumen terutama pada klien dengan syndrom steven johnson meliputi pengumpulan data dan analisa data b. 4. Tujuan Penulisan !. f. )enegakkan diagnosa keperawatan dan menentukan prioritas masalah berdasarkan data yang ada )embuat rencana keperawatan guna mengatasi masalah sesuai dengan diagnosa keperawatan )elaksanakan tindakan keperawatan sesuai dengan perencanaan )engevaluasi keberhasilan asuhan keperawatan yang telah diberikan )endokumentasikan asuhan keperawatan dengan gangguan sistem integumen syndrom steven johnson. c. /ujuan 3mum )ampu melaksanakan asuhan keperawatan secara komprehensif pada klien dengan gangguan sistem integumen akibat (yndrom (teven +ohnson dengan menggunakan metode proses keperawatan. d. /eknik Pengumpulan Data /eknik pengumpulan data yang digunakan dalam melaksanakan asuhan keperawatan adalah sebagai berikut % .4 *. )etode Penulisan )etode penulisan digunakan untuk makalah ini adalah metode deskriptif berupa studi kasus untuk mendapatkan gambaran yang nyata dalam melaksanakan asuhan keperawatan.gar penyusun dapat melakukan asuhan keperawatan sesuai dengan pendekatan proses keperawatan. yaitu dapat % a. Metode Penulisan dan Teknik Pengumpulan Data !. 4. 5. /ujuan Khsus .

gejala klinik. .* latar belakang. (tudi dokumentasi 7aitu pengumpulan data yang didapat dari buku status klien yang meliputi catatan perawatan serta sumber lain yang berhubungan dengan klien saat itu. 8bservasi 7aitu melakukan pemeriksaan dengan cara pengamatan. % / :+. pemeriksaan fisik. palpasi. patofisiologi.3. c. pemeriksaan fisik dan laboratorium serta diagnosa yang ditemukan pada klien (yndrom (teven +ohnson. perkusi dan auskultasi.< a. (tudi kepustakaan 7aitu melalui studi literatur dengan melihat buku-buku sumber yang menunjang sebagai bahan referensi. D. pengobatan. tujuan penulisan. 6awancara 7aitu pengumpulan data yang diperoleh melalui tanya jawab. anatomi fisiologi kulit. b. teknik pengumpulan data serta sistematika penulisan. diagnosa klinik dan laboratorium. baik secara langsung maupun kepada keluarga yang berhubungan dengan perawatan dan masalah klien yang sedang dirasakan dan dijadikan sebagai data subjektif. Sistematika Penulisan (istematika yang digunakan dalam pembuatan makalah ini yaitu % *.23. Pemeriksaan fisik 7aitu memeriksa keadaan fisik klien melalui cara inspeksi. aspek sosial dan spiritual. e. metode penulisan.: )engemukakan *. d. etiologi (yndrom (teven +ohnson.* % P9:D. pendekatan proses keperawatan pada klien dengan penyakit tersebut.: /98R / ( )eliputi konsep dasar yang terdiri dari pengertian.3.

(3( )engemukakan proses keperawatan pada klien /n. .3. *.( )engemukakan kesimpulan dan rekomendasi dari seluruh kegiatan asuhan keperawatan.: K.: R9K8)9:D.* 1 % K9( )P3.: D.* % / :+..angguan (istem ntegument % (yndrom (teven +ohnson.$ *. P dengan .