You are on page 1of 8

Definisi

Faktor Teknik Akibat

Moralitas Di Tempat Kerja Berarti Mampu Berperilaku Dan Bermoral Sesuai Standar Etika Yang Dimiliki Perusahaan, Serta Selalu Bertindak Melalui Integritas Pribadi Yang Tinggi Buat Menjaga Kejujuran Yang Bermoral.

Moral

adalah suasana batin yang mempengaruhi tujuan individu dan tujuan organisasi. batin itu terwujud di dalam aktivitas individu pada saat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Suasana batin dimaksud berupa perasaan senang atau tidak senang, bergairah atau tidak bergairah dan bersemangat atau tidak bersemangat dalam melakukan suatu pekerjaan.

Suasana

Moralitas

di tempat kerja berarti mengacu pada standar moral dalam wujud perilaku, yang biasanya tidak tertulis, tapi merupakan hasil akhir dari pikiran positif terhadap etos kerja di perusahaan. Sedangkan etika mengacu pada pedoman formal yang dijadikan sebagai standar untuk berperilaku di tempat kerja. Baik etika maupun moralitas membutuhkan integritas pribadi yang sangat tinggi untuk dapat menjalankan etika dan moralitas dengan sempurna.
Back

Kesadaran

akan tujuan organisasi Hubungan antar manusia dalam organisasi berjalan harmonis Kepemimpinan yang menyenangkan Upah dan gaji Kesempatan untuk meningkat atau promosi Pembagian tugas dan tanggung jawab

Faktor

tersebut bisa positif dan bisa negatif tergantung pada kondisi masing-masing dan adalah hal yang sangat susah untuk mengukur moral kerja karyawan disebabkan karena moral kerja sifatnya abstrak.

Disamping

melihat indikator Produktivitas kerja, moral kerja dapat dilihat melalui perilaku nyata yang ditampilkan oleh karyawan.

Back

Menyiapkan kondisi fisik

untuk pekerja Mempersiapkan masing-masing pekerja dengan rank yang tetap dan status yang sesuai bakat dan kualifikasi Mengurangi tekanan kerja pada pekerjaan yang minimum Memperlakukan setiap pekerja sebagai seorang personil yang dapat melakukannya. Menyediakan upah dan rencana pembayaran upah yang adil dan sesuai dengan posisi karyawan. Mempunyai sistem komunikasi yang bagus
Back

Tanpa

moralitas dan etika, maka setiap perilaku kerja sangat berpotensi untuk menjadi tidak jujur dalam kepentingan masing-masing pihak.
Bila setiap pihak di tempat kerja berlombalomba untuk memikirkan kepentingannya masing-masing, dan mengabaikan kepentingan dari visi dan misi perusahaan, maka dalam waktu singkat perusahaan akan menjadi tidak efektif, dan secara perlahan-lahan kinerja perusahaan akan meredup.
Back