UNJUK KERJA AMINE CONTACTOR V-104 DI ENERGY EQUITY EPIC SENGKANG (EEES) PTY.

, LTD

PROPOSAL TUGAS AKHIR

DAHLIA QADARI ENDANG SUTRIANA

/ 331 11 005 / 331 11 013

PROGRAM STUDI TEKNIK KIMIA JURUSAN TEKNIK KIMIA POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG MAKASSAR 2013

HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING

Proposal Tugas Akhir dengan judul “Unjuk Kerja Amine Contactor V-104 Di Energy Equity Epic Sengkang (Eees) Pty., Ltd’’oleh Dahlia Qadari, nomor induk mahasiswa 331 11 005 telah layak dan siap untuk diseminarkan.

Makassar, Januari 2013 Menyetujui,

Pembimbing I,

Pembimbing II,

Ir. Hastami Murdiningsih, M. T NIP196006061988032002 Mengetahui,

Ir. Zulmanwardi, M. Si NIP

Ketua Jurusan Teknik Kimia

Drs. Abdul Azis, M.T. NIP 196307271990031002

ii

Pembimbing II. M. Pembimbing I.. T NIP 196006061988032002 Ridhawati. M. M.HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING Proposal Tugas Akhir dengan judul “Unjuk Kerja Amine Contactor V-104 Di Energy Equity Epic Sengkang (Eees) Pty. T. Januari 2013 Menyetujui. Hastami Murdiningsih. Ltd ’’olehEndang Sutriana.. Abdul Azis. Makassar. nomor induk mahasiswa 331 11 013telah layak dan siap untuk diseminarkan. NIP 196307271990031002 iii .T. T NIP 197604192005012002 Mengetahui. S. Ketua Jurusan Teknik Kimia Drs. Ir.

Januari2013 Penulis iv . dan laporan tugas akhir yang berhubungan dengan proposal tugas akhir ini. M. T. sabar dan ikhlas memberikan bimbingannya. M.. T. T.. Adapun judul dari proposal kami yaitu “Unjuk Kerja Amine Contactor V-104 Di Energy Equity Epic Sengkang (Eees) Pty. M.. dan Ibu Ridhawati.. Terutama selaku Pembimbing I Kami Ibu Ir. yang membimbing Penulis dengan sabar di bawah lindungan tradisi akademik. Dengan terselesaikannya proposal ini kami sebagai penulis menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada orang-orang yang telah membantu kami dapat merampungkan proposal tugas akhir ini. Si.” Proposal ini disusun berdasarkan referensi-referensi yang ada baik itu melalui buku. Zulmanwardi. Ltd. dan selaku pembimbing II kami Bapak Ir. Hastami Murdiningsih.. kekuatan dan kesempatan sehingga penulis dapat menyelesaikan proposal tugas akhir ini tepat pada waktunya.KATA PENGANTAR Puji dan syukur penulis panjatkan kepada ALLAH SWT. Makassar. serta arahan dalam pembentukan proposal tugas akhir ini. karena atas berkat dan anugerahnya berupa pikiran. tegas. S.

......... DAFTAR ISI ........................................................... 10 14 D... C................................ BAB II TINJAUAN PUSTAKA A........................................... 4 9 1 2 2 3 ii iii iv v B.................................................... Tempat dan Waktu ................... Rumusan Masalah .................... Manfaat Kerja Praktek .............................................. B.... Tujuan Kerja Praktek ....... Variabel Yang Diamati dan Dihitung ............ Proses Pengolahn Gas di Energy Equity Epic Sengkang …............................ KATA PENGANTAR ....................... Persamaan dalam Evaluasi Unjuk Kerja Amine Contactor BAB III METODE PENELITIAN A.................. DAFTAR PUSTAKA 17 17 17 18 v ....... B......................................... Metode Pengumpulan Data .............................................................................. Pengolahan Data ............................................................... Gas Alam .................... C... D..........................................................................................DAFTAR ISI Halaman LEMBAR JUDUL ............................................................ Pemurnian Gas Alam dari Gas Asam . D.................................................................................................... C.................................... LEMBAR PENGESAHAN ............. BAB I PENDAHULUAN A....... Latar Belakang ..

Di Energy Equity Epic Sengkang Pty. Gas alam merupakan salah satu sumber energy listrik yang mulai diminati karena gas alam mampu menghasilkan pembakaran yang bersih dan hampir tidak menghasilkan emisi buangan yang dapat merusak lingkungan. Pada umumnya gas alam masih mengandung gas asam berupa CO2 dan H2S yang dapat mengganggu proses pengolahan. minyak bumi. sehingga gas-gas tersebut harus dihilangkan melalui proses absorpsi.Ltd (EEES). Perkembangan industri disuatu daerah tidak terlepas dari pasokan energy listrik sebagai salah satu penopang utama berjalannya suatu proses. gas alam dan sebagainya. Perusahaan ini mengolah gas alam menjadi sumber energy yang siap pakai sebagai bahan bakar pembangkit tenaga listrik untuk PLTGU Sengkang SulSel. Salah satu industri di Indonesia yang bergerak dibidang pengolahan gas alam menjadi sumber listrik yaitu Energy Equity Epic Sengkang Pty.Ltd (EEES) proses tersebut berlangsung pada Amine Kontaktor (V-104). dengan meninjau . batu bara. Sumber energi listrik berasal dari berbagai macam sumber daya alam seperti air. Latar Belakang Energi listrik merupakan kebutuhan pokok yang menunjang kehidupan masyarakat di era modern ini.BAB I PENDAHULUAN A. Untuk mengetahui kemampuan absorber dalam menyerap gas asam maka dilakukan unjuk kerja pada Amine Kontaktor (V-104). nuklir.

Bagaimana kesetimbangan neraca massa pada kolom Amine Contactor di Energy Equity Epic Sengkang (EEES) Pty. Mengetahui proses pengolahan gas alam menjadi gas bersih yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit tenaga listrik. Bagaimana unjuk kerja penyerapan SO2 dan CO2 pada unit Amine Contactor V-104 di Energy Equity Epic Sengkang (EEES) Pty. Bagaimana proses pengolahan gas alam menjadi gas bersih yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik. maka kerja praktik ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja dari absorber Amine Kontaktor (V-104).Ltd. 2.neraca massa dan observasi langsung untuk mendapatkan data-data lapangan yang berhubungan dengan topik permasalahan ini. B. 2. Rumusan Masalah Untuk memfokuskan tulisan ini maka penulis merumuskannya dalam beberapa rumusan masalah yaitu: 1.Ltd. Berdasarkan hal tersebut. 3. ? C.Ltd. Mengetahui kesetimbangan neraca massa pada unit Amine Contactor V-104 di Energy Equity Epic Sengkang (EEES) Pty. Tujuan Kerja Praktik 1. ? 3.Ltd. Mengetahui unjuk kerja penyerapan uap air pada unit Amine Contactor V-104 di Energy Equity Epic Sengkang (EEES) Pty. 2 .

Menambah wawasan keilmuan dan pengetahuan yang berhubungan dengan Teknik Kimia tentang proses pengolahan gas alam menjadi gas bersih sebagai sumber bahan bakar pembangkit tenaga listrik. 3 . Manfaat Kerja Praktik Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari kerja praktek (KP) yaitu : 1.D. Hasil perhitungan dapat menjadi masukan bagi Energy Equity Epic Sengkang Pty.Ltd (EEES) mengenai kelayakan pemakaian alat absorbs. 2. 3. Mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi yang ada. pentane dan sejumlah kecil heksana. butane. tekanan. fraksi mol. beberapa metode rekayasa telah dikembangkan dalam perancangan fasilitas untuk memproduksi gas alam dari perut bumi serta untuk mengolah gas alam yang telah dimurnikan tersebut dalam berbagai macam industri. berat jenis. Gas Alam Gas alam merupakan bahan bakar yang terbentuk dari fosil-fosil yang telah terkubur selama berjuta-juta tahun lamanya. heptane. 4 . diantaranya yaitu berat molekul. titik didih. propane.BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. oktana dan fraksi yang lebih berat. 1. densitas. Campuran tersebut biasanya terdiri dari metana. oleh karena itu produksi dan distribusi gas alam telah menjadi bagian penting dalam menunjang kegiatan industri. suhu ruangan dan lain-lain. Gas alam banyak digunakan sebagai bahan baku industri sejak 1930. Gas memiliki karakteristik yang merupakan indikator dari sifat gas dalam berbagai kondisi proses. etana. Komposisi Gas Alam Gas alam seperti juga minyak bumi adalah bahan bakar fosil yang merupakan senyawa hidrokarbon (CnH2n+1) dan terdiri dari campuran beberapa senyawa hidrokarbon.

0058 0.Tabel 1. Komponen Kontaminan Untuk memenuhi kebutuhan pembeli serta untuk memelihara peralatan yang ada. Sebab tidak dapat menghasilkan panas dan menyebabkan korosi serta masalah-masalah lain yang dapat terjadi dalam proses. maka sebelum gas bumi ditransmisikan.0027 0.0345 1. 2008) Rumus Kimia CH4 C2H6 C3H8 C4H10 C4H10 C5H12 C5H12 C6H14 C6H16.0028 0.0025 0. Komponen kontaminan tersebut yaitu : 5 .0130 0.0076 0.0063 0.0220 0. terutama senyawa kontaminan yang harus dibatasi kuantitasnya.0035 0.0000 2.8407 0. gas tersebut harus memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan. Komposisi gas alam Komponen Metana Etana Propana i-Butana n-Butana i-Pentana n-Pentana Heksana Heptana dan yang lebih berat Karbon Dioksida Hidrogen Sulfida Nitrogen Total (Sumber: Tolage.0586 0. dst CO2 H2S N2 Fraksi Mol 0.

18H2O dan C02. maka kondensasi uap air tersebut akan mengakibatkan korosi. Uap air yang terkandung dalam gas sebaiknya tidak melebihi 7 lb/MMSCF. Senyawa hidrat dalam gas bumi dapat menghambat aliran gas pada jaringan pipa transmisi dan distribusi. Selain itu. Air (H2O) Uap air dalam gas bumi dapat terkondensasi atau membentuk hidrat. dan disulfide.a. Fluida yang mengandung 6 . Disamping korosi dan hidrat.7H2O. Karbondioksida (CO2) Karbondioksida dalam gas bumi dapat menurunkan nilai panas campuran gas tersebut.7H2O. karena karbondioksida tidak memiliki kandungan energi. Rumus kimia senyawa hidrat antara lain adalah CH4. Asam sulfide maupun produk pembakarannya. kandungan CO2 dibatasi sekitar 2%.8H2O. C2H6. merupakan gas beracun. karbondioksida akan berubah menjadi asam karbonat yang dapat mnimbulkan korosi peralatan. SO2 dan SO3. c. Sulfur Gas bumi sering kali mengandung senyawa sulfur yang dapat berbentuk asam sulfide. jika dalam sistem terdapat CO2 atau H2S. efek yang dapat ditimbulkan oleh air adalah memengaruhi nilai panas gas bumi. Hidrat adalah senyawa kristalin yang terbentuk dari campuran hidrokarbon dan air pada kondisi tertentu. Pada gas bumi dalam jaringan pipa transmisi dan distribusi. merkaptan. C3H8. dengan adanya air. carbonil sufida. b.

Kandungan asam sulfide sebaiknya tidak melebihi 0. di bawah 100 ppb. karena terbentuknya filmoksida . sehingga mencegah kontak antar logam. Kandungan nitrogen sebaiknya tidak melebihi 3 % volume. Dengan berbagai macam logam. Dengan adanya uap air. tidak korosif ataupun toksid. korosi terjadi dengan cepat. Senyawa ini berbahaya terutama bila terbentuk senyawa alkali-merkuri rantai pendek yang stabil dan bersifat racun. tetapi komponen ini menurunkan kandungan energi gas bumi karena tidak mempunyai nilai kalor. Bisa juga terbentuk besi sulfide yang bersifat katodik terhadap besi dan dapat menyebabkan tingkat korosi yang berat. 7 . misalnya besi dan aluminium. merkuri dapat bereaksi membentuk amalgama. Merkuri (Hg) Gas bumi pada umumnya mengandung merkuri dengan konsentrasi sengat rendah. Selain menyebabkan terjadinya korosi. terserap melalui kulit dan paru-paru yang selanjutnya akan tersikulasi melalui darah dan tertimbun dalam hati maupun ginjal. e.25 grain per 100 ft3 gas. Tetapi jika film tersebut rusak segera terjadi amalgama. d. uap merkuri bersifat racun dan dapat mengakibatkan kerusakan syaraf. Pembentukan amalgama ini tidak mudah terjadi.air dan asam sulfide dapat membentuk asam sulfat yang merupakan lingkungan korosif. Nitrogen (N2) Nitrogen bersifat inert.

Sour gas yaitu gas alam yang masih mengandung impurities dan gas-gasikutan atau kontaminan seperti H2S dan CO2.f.Bila suatu gas alam mempunyai kandungan uap air berada dalam suatutempat yang bertekanan tinggi dengan temperatur rendah 8 . Sejumlah kecil oksigen juga dapat membantu pertumbuhan sulfatreducing bacteria. umumnya oksigen tidak terkandung dalam gas bumi. Natural gasoline ini dapat dicairkan dan dipisahkan dari gas alamnya dengan cara pemampatan atau kompresi dandikondensasikan. Oksigen (O2) Secara alami. tergantung pada kondisi lingkungan.1 % volume. Wet gas yaitu gas alam yang mengandung bensin alam (Natural Gasoline)dalam jumlah yang berarti. b. sehingga dapat menyebabkan korosi. Penggolongan Gas Alam Gas alam dogolongkan sebagai berikut: a. Kandungan oksigen sebaiknya tidak melebihi 0. Sweet gas yaitu gas alam yang tidak mengandung atau relatif kecil mengandung impurities dan gas-gas kontaminan seperti H2S dan CO2. c. Gas ini masuk pada aliran gas bumi bertekanan rendah melalui pipa yang bocor atau karena kesalahan operasi. suatu bakeri yang dapat memprodukis hydrogen sulfide. Oksigen dapat sangat korosif.Dry gas yaitu gas alam yang komponen utamanya metana tidakmengandung gasoline. 3. d.

.makakemungkinan gas alam dengan uap air akan membentuk padatan yangdisebut dengan hidrat padat. Proses Pengolahan Gas pada Energy Equity Epic Sengkang Pty. Ltd. Ltd.. 1. Berikut ini adalah diagram alir proses pengolahan gas alam yang dilakukan di Energy Equity Epic Sengkang Pty.. Ltd. B. 9 . Proses pengolahan gas alam pada Energy Equity Epic Sengkang Pty. Metering Hal pertama sebelum dilakukan proses pengolahan gas yaitu terlebih dahulu melalui proses metering untuk mengukur dan mengatur besar-kecilnya flowrate gas yang akan diproses.. yang melalui beberapa tahapan proses: Gas Inlet Metering Separasi Filtrasi Dry Gas Dehidrasi Purifikasi H2O CO2 dan SO2 Gambar 1.

danwater vapour yang akan 3. Gas yang mengalir keluar dari unit separator diharapkan sudah terbebas dari free liquid (cairan bebas). 4. walaupun tetap masih mengandung H2S.2. Filtrasi Proses filtrasi atau penyaringan pada unit filter dilakukan untuk menyaring kotoran ataupun padatan-padatan. 5. Dehidrasi Dehidrasi atau proses penghilangan kandungan H2O pada unit dehydrator secara kimia menggunakan Trietylen Glycol (TEG). Purifikasi Proses purifikasi atau pemurnian yaitu proses yang bertujuan untuk menghilangkan kandungan-kandungan gas beracun (CO2 dan SO2) yang terkandung dalam gas dengan menggunakan amine unit dan diproses secara kimia dengan menggunakan bahan kimia n-Metildietanolamine (n-MDEA). Proses ini disebut juga dengan proses sweetening gas. Pemurnian Gas Alam dari Gas Asam 10 . CO2 diproses pada proses selanjutnya. Separasi Proses separasi atau pemisahan pada unit separator dilakukan untuk memisahkan gas dari cairan berdasarkan berat jenisnya. C.

H2S yang terlarut dalam air bersifat sangat korosif dan dapat menyebabkan kerusakan dini pada valve (katub). H2S merupakan gas yang bersifat toksik (beracun) dan tidak dapat ditoleransi keberadaannya dalam gas yang digunakan sebagai bahan bakar. CO2 dan H2S adalah gas asam yang sering ditemukan di dalam gas alam. H2S ini dapat berjumlah sangat banyak dengan proses yang cepat karena pengaruh panas setelah mencapai permukaan. Oleh karena itu. H2S juga menyebabkan kerusakan pada peralatan penyulingan dan memerlukan pencegahan dengan biaya yang cukup mahal. Gas ini terdapat dalam konsentrasi yang bervariasi tergantung dari lapisan tanah gas tersebut berasal. Asam yang terbentuk dapat sangat korosif terhadap peralatan dan pipa.1. pipa serta peralatan dengan tekanan. Gas karbondioksida (CO2) tidak seburuk H2S. Pelepasan CO2 dapat meningkatkan panas yang dihasilkan gas alam dan mengurangi biaya perbaikan pipa. Pembersihan gas alam dari H2S dan CO2 adalah salah satu hal yang sangat penting dilakukan. namun tetap harus dilepaskan dari gas alam. volume gas CO2 dalam gas alam digabungkan dengan volume gas H2S sebagai volume total gas asam yang dipisahkan. Istilah sour gas merujuk pada gas dengan kandungan H2S yang 11 . Gas Asam Dalam Gas Asam Gas asam merupakan gas yang membentuk asam jika bereaksi dengan air. H2S harus dihilangkan untuk menghindari korosif dan racun dari gas tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari korosif serta untuk menghindari sifat gas ini yang dapat mengurangi panas yang dihasilkan dari gas alam.

bereaksi dengan gas asam membentuk garam kompleks.. dan amine 12 . Alkanolamine merupakan basa lemah. 3. Garam kompleks ini dapat diregenerasi menjadi amine yang bebas dari gas asam dan dapat digunakan kembali. 2. antara lain: a. Iron-Sponge Sweetening Alkanolamine Sweetening Glycol/Amine Sulfinol Process Proses pemurnian gas alam di Energy Equity Epic Sengkang Pty. amine sekunder. Sedangkan sweet gas adalah gas yang tidak mengandung H2S atau yang mengalami proses pemurnian.. Amine adalah senyawa nitrogen hidrokarbon (N-HC) yang dapat dikategorikan menjadi tiga jenis yaitu amine primer. Pemurnian Gas Beberapa proses dapat digunakan untuk memisahkan gas asam dari gas alam. c. b. Ltd. menggunakan proses Alkanolamine Sweetening. Alkanolamine Alkanolamine adalah senyawa kimia yang digunakan dalam proses pemurnian gas alam dengan metode alkanolaminesweetening. d.melewati batas yang dapat diterima industri.

amine digunakan untuk mengabsorbsi (menyerap) gas asam dari gas alam. Gambar 2. Sweetening GasBasic Process (Tolage. 2008) Absorbsi Seperti halnya sponge.. MDEA ini dapat digunakan kembali dengan memurnikannya kembali di kolom destilasi. Ltd. memerlukan heat of reaction lebih rendah. Dengan mencampurkan sour gas dan larutan amine ke dalam 13 . selektif terhadap H2S tinggi. Berikut ini adalah ilustrasi sederhana proses sweetening gas. tidak mudah degradasi.tersier yang tergantung dari jumlah kelompok hidrokarbon yang terikat dengan atom nitrogen. setelah mengikat gas H2S dan CO2 dikolom kontaktor. seperti : vapor pressurenya rendah. menggunakan Methyldiethanolamine (MDEA) karena mempunyai beberapa keuntungan. Selain itu. sedikit korosif. total acid gas pick up tinggi.. Pada pemurnian gas di Energy Equity Epic Sengkang Pty.

D. kmol/jam) xi(fraksi mol komponen i) 14 .sebuah kontaktor. gas asam diabsorbsi oleh larutan amine. gas-gas asam dilepasakan dari larutan amine dengan menggunakan panas. Panas yang cukup harus diperoleh untuk melepaskan ikatan antara gas asam dan amine. kmol/jam) yi(fraksi mol komponen i) A M I N V E 1 C 0 O 4 N T A C T O R G = Laju gas masuk (kg/jam. Hal ini umum dilakukan dengan menggunakan uap panas dalam kolom pemisah. kmol/jam) yi(fraksi mol komponen i) L = Laju cairan masuk (kg/jam). Persamaan Dalam Evaluasi Unjuk Kerja Amine Contactor G’ = Laju gas keluar (kg/jam. Destilasi Pada proses destilasi. Dengan kata lain larutan amine ini melepaskan gas asam dari gas alam.

(kJ/jam. kmol/jam) (1) 15 . Diagram Blok Neraca Massa 1. kmol/jam) xi(fraksi mol komponen i) Gambar 3. Bagan Neraca Massa Neraca massa total G + L = G’ + L’ Dimana : G = laju gas masuk.L’ = Laju cairan keluar (kg/jam). Perhitungan Neraca Massa G’ L G L’ Gambar 4.

(kJ/jam. xi Dimana : G = laju gas masuk. (kg/jam. (kJ/jam.G’ = laju gas keluar. (kg/jam.xi = G’ . kmol/jam) yi = fraksi mol gas komponen i xi= fraksi mol cairan komponen i (2) 16 . kmol/jam) Neraca massa komponen G . (kJ/jam. (kJ/jam. kmol/jam) G’ = laju gas keluar.yi+ L . (kJ/jam. yi + L’ . kmol/jam) L’ = laju cairan keluar. kmol/jam) L’ = laju cairan keluar. kmol/jam) L = laju cairan masuk. kmol/jam) L = laju cairan masuk.

17 .

Variabel yang Diamati dan Dihitung Dalam melakukan kerja praktek diEnergy Equity Epic (Sengkang) Pty. Laju alir cairan masuk dan kelaur Amine Contactor 18 . Studi literature dari buku-buku yang berhubungan dengan judul. Komposisi gas masuk.Ltd Kecamatan Giliareng Wajo Sengkang. 2.Ltd variabel yang harus diketahui adalah: 1.BAB III METODE PENELITIAN A. Pengambilan sumber data dari Plant Information (PI) berupa data aktual. 2. Metode Pengumpulan Data Metode yang digunakan dalam hal pengambilan data sehubungan perhitungan pada laporan tugas khusus ini antara lain: 1. dan data lapangan. Komposisi H2S dan CO2 yang masuk dan keluar dari Amine Contactor. data sheet.dan keluar Amine Contactor 4. 3. Laju alir gas masuk. B. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kerja Praktik Praktek Kerja dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2014 di Energy Equity Epic (Sengkang) Pty. C.

2. Mengetahui kesetimbangan neraca massa pada unit Amine contactor V-104. Mengetahui unjuk kerja penyerapan gas asam (CO2 dan SO2) absorber Amine contactor V-104. 1. Pengolahan Data Metode Perhitungan yang digunakan untuk mengolah data dalam mengevaluasi alat heat exchanger adalah sebagai berikut.D. pada unit 19 .

umich. 2005. “Penentuan Kebutuhan Mdea (Methyl Diethanol Amine) Sebagai Penyerap Gas Asam Di Energy Equity Epic Sengkang PTY.LTD”. Murdiningsih. Makassar: Politeknik Negeri Ujung Pandang.DAFTAR PUSTAKA Encyclopedia Of Chemical Engineering Equipment.html.pdf. Juanda. Makassar: Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang.che. 2012. Azas Teknik Kimia. Laporan Kuliah KerjaProfesi-Proses Sweetening Gas Dengan Metil Dietanol Amine(online).com. Hastami dan Zulmanwardi. Diakses pada tanggal 24 Desember 2013 Hardyanti. Jumriati. Diakses pada tanggal 30September 2013 20 . Laporan Tugas Akhir. Absorber (online). Tolage. 2013. “Efisiensi Panas Amine Reboiler E-503 pada Energy Equity Epic Sengkang PTY.LTD”. Sitti. Laporan Tugas Akhir. http: //encyclopedia. Makassar: Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang.html. http://proses sweetening gas dengan metil dietanol amine .edu/Pages/SeparationsChemical/Absorber s/Absorbers. 2008.engin. 2012.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful