KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas karunia-Nya sehingga saya

dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Global Positioning System ini. Makalah ini berisikan informasi tentang Global Positioning System, latar belakang, struktur jaringan, teknologi, aplikasi, dan kelebihan serta kekurangannya. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi bermanfa’at kepada penggunanya

tentang Global Positioning System. Saya menyadari bahwa makalah ini masih mempunyai banyak kekurangan, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

Pontianak, 20 Januari 2014

Penyusun

MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM

Page 1

dan waktu. Sebagai penduduk suatu negara. maka berkembang pula alat-alat canggih yang dapat membantu kita dalam mengerti perkembangan tersebut. arah.BAB 1 PENDAHULUAN 1. MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 2 . IRNSS India. yaitu Global Positioning Sistem.1 Latar Belakang Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Saat ini GPS sudah banyak digunakan orang di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi yang menuntut informasi tentang posisi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan. bagi banyak orang secara simultan. dan digunakan untuk menentukan posisi. kecepatan. Global Positioning System (GPS) adalah satu-satunya sistem navigasi satelit yang berfungsi dengan baik. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. kita harus dapat mengikuti perkembangan yang terjadi di negara kita maupun di negara lain. Sehingga kita tidak akan ketinggalan oleh negara lain. Galileo Uni Eropa. GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. percepatan ataupun waktu yang teliti. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu. Salah satu alat yang dapat kita sebut canggih adalah GPS. GPS dapat memberikan informasi posisi dengan ketelitian bervariasi dari beberapa millimeter (orde nol) sampai dengan puluhan meter. kecepatan. Sistem yang serupa dengan GPS anatara lain GLONASS Rusia. secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca.

Tentunya sangat menarik bila kita melihat fakta diatas bahwa Negara-negara adidaya rela mengeluarkan sumbangan finansial yang cukup besar untuk pengembangan alat tersebut. serta riset dan pengembangan. dengan nama lengkapnya adalah NAVSTAR GPS (kesalahan umum adalah bahwa NAVSTAR adalah sebuah singkatan.2 Tujuan Tujuan pembuatan makalah mengenai GPS ini. 1. termasuk penggantian satelit lama. Kumpulan satelit ini diurus oleh 50th Space Wing Angkatan Udara Amerika Serikat. Dalam makalah ini kami membahas mengenai apa itu GPS dan apa manfaat GPS bagi kehidupan kita. Diharapkan dengan adanya makalah ini. adalah untuk mendapatkan informasi mengenai GPS. Perlu kiranya kita melihat keuntungan apa yang mereka peroleh sehingga pengembangannya begitu diutamakan. MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 3 . Biaya perawatan sistem ini sekitar US$750 juta per tahun. NAVSTAR adalah nama yang diberikan oleh John Walsh.Sistem ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. seorang penentu kebijakan penting dalam program GPS). pembaca dapat lebih mengerti mengenai GPS dengan lebih jelas. ini adalah salah.

yang ditransmisikan satelit adalah posisi satelit dan jarak penerima GPS kita dari satelit. Pengertian Global Positioning System atau yang biasa disingkat dengan GPS adalah alat navigasi elektronik yang menerima informasi dari 4 .BAB 2 PEMBAHASAN A. Tiap satelit mengitari bumi kira-kira sekali dalam 12 jam dengan kecepatan sekitar 11. GPS sebenarnya adalah proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) yang memberinya nama resmi NAVSTAR (NAVigation Satellite Timing And Ranging).12 satelit sehingga GPS bisa memperhitungkan posisi di mana kita berada di Bumi. Satelit GPS tidak mentransmisikan informasi posisi kita. Orbit satelit dirancang sehingga setiap titik di Bumi dapat melihat paling sedikit empat satelit pada setiap saat.000 kilometer per jam.200 kilometer. Selain itu juga ada baterai yang menyimpan tenaga listrik dan mempergunakannya saat satelit tidak memperoleh sinar Matahari. Satelit GPS mempunyai panel-panel pengumpul tenaga Matahari untuk membangkitkan energi listrik yang diperlukannya. Bagian utama dari sistem GPS adalah 24 satelit yang mengorbit Bumi di ketinggian 20. MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 4 . Informasi ini diolah alat penerima GPS kita dan hasilnya ditampilkan kepada kita.

Pengenalan Sistem Global Positioning System (GPS) GPS (Global Positioning System) adalah sebuah sistem navigasi berbasiskan radio yang menyediakan informasi koordinat posisi. Jasa penggunaan satelit GPS tidak dikenakan biaya. Pengguna hanya membutuhkan GPS receiver untuk dapat mengetahui koordinat lokasi. Satelit GPS dikelola oleh Amerika Serikat.B. Alat penerima GPS inilah yang dipakai oleh pengguna untuk melihat koordinat posisi. GPS terdiri dari tiga bagian yaitu satelit yang mengorbit bumi (Satelit GPS mengelilingi bumi 2x sehari). Contoh Alat Global Positioning System (GPS) MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 5 . stasiun pengendali dan pemantau di bumi. dan GPS receiver (alat penerima GPS). Keakuratan koordinat lokasi tergantung pada tipe GPS receiver. kecepatan. dan waktu kepada pengguna di seluruh dunia. 2008). Selain itu GPS juga berfungsi untuk menentukan waktu (Sutrisnono.

Sinyal L2 hanya membawa kode P. Penghitungan posisi dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan kode C/A dan kode P(Y). GPS Navigasi biasanya memiliki tingkat kesalahan MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 6 . dan segmen pengguna.Secara umum ada tiga segmen dalam sistem GPS yaitu segmen sistem kontrol. unit perintah dan tampilan. bagian RF dengan pengidentifikasi sinyal dan pemroses sinyal. kecepatan dan waktu. GPS receiver menghitung jarak antara GPS receiver dengan satelit (pseudorange). kecepatan. Ada tiga jenis alat GPS. osilator presisi . Sinyal-sinyal ini selanjutnya diterima oleh receiver GPS di/dekat permukaan bumi. segmen satelit. maka kode P akan dienkripsi dan selanjutnya dikenal sebagai kode P(Y) atau kode Y. yang diperlengkapi dengan antena-antena untuk mengirim dan menerima sinyal – sinyal gelombang. Pada saat fitur ”Anti-Spoofing” diaktifkan. pemroses mikro untuk pengontrolan receiver. data sampling dan pemroses data ( solusi navigasi ). maupun waktu. dan digunakan untuk menentukan informasi posisi. dan memori serta perekam data (Wikipedia. 2009). Setiap satelit mentransmisikan kode yang unik sehingga penerima (GPS Receiver) dapat mengidentifikasi sinyal dari setiap satelit. Satelit GPS dapat dianalogikan sebagai stasiun radio angkasa. Secara umum segmen sistem kontrol berfungsi mengontrol dan memantau operasional satelit dan memastikan bahwa satelit berfungsi sebagaimana mestinya. Segmen pengguna terdiri dari para pengguna satelit GPS di manapun berada. catu daya. Selain itu satelit GPS juga dilengkapi dengan peralatan untuk mengontrol attitude satelit.60 MHz). Tipe pertama adalah GPS Navigasi.42 MHz) dan L2 (1227. Satelit GPS memancarkan dua sinyal yaitu frekuensi L1 (1575. Komponen utama dari suatu receiver GPS secara umum adalah antena dengan pre-amplifier. Sinyal L1 dimodulasikan dengan dua sinyal pseudo-random yaitu kode P (Protected) dan kode C/A (coarse/aquisition). Dalam hal ini alat penerima sinyal GPS (GPS receiver) diperlukan untuk menerima dan memproses sinyal -sinyal dari satelit GPS untuk digunakan dalam penentuan posisi.

GPS Geodesi single frekuensi biasanya digunakan untuk pemetaan. Perangkat GPS yang dikhususkan buat sipil hanya menerima kode C/A pada sinyal L1 (meskipun pada perangkat GPS yang canggih dapat memanfaatkan sinyal L2 untuk memperoleh pengukuran yang lebih teliti. tingkat kesalahan dibawah 1 m.60 MHz). 2009). Dalam menentukan posisi. GPS Geodesi dual frekuensi digunakan untuk mengukur pergerakan tanah (Anonimous. Pada saat fitur ”Anti-Spoofing” diaktifkan. perangkat GPS harus berada di ruang terbuka. Apabila perangkat GPS kita berada dalam ruangan atau kanopi yang lebat dan daerah kita MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 7 . Tipe kedua adalah tipe GPS Geodesi single frekuensi. Harga GPS Navigasi berkisar dari Rp 750 ribu sampai dengan Rp 10 juta-an).42 MHz) dan L2 (1227. Sinyal L1 dimodulasikan dengan dua sinyal pseudo-random yaitu kode P (Protected) dan kode C/A (coarse/aquisition). Sinyal L2 hanya membawa kode P. maka kode P akan dienkripsi dan selanjutnya dikenal sebagai kode P(Y) atau kode Y. GPS Geodesi tipe ini dijual sekitar 20 -30 jutaan. kita membutuhkan paling sedikit 3 satelit untuk penentuan posisi 2 dimensi (lintang dan bujur) dan 4 satelit untuk penentuan posisi 3 dimensi (lintang. C. Setiap satelit mentransmisikan kode yang unik sehingga penerima (perangkat GPS) dapat mengidentifikasi sinyal dari setiap satelit. Cara Kerja Sistem GPS Setiap satelit mentransmisikan dua sinyal yaitu L1 (1575. Untuk mendapatkan sinyal tersebut. Semakin banyak satelit yang diperoleh maka akurasi posisi kita akan semakin tinggi. dan ketinggian).dibawah 10 m (rata-rata GPS tipe ini memiliki kesalahan 3 sampai dengan 6 meter). bujur. GPS ini memiliki tingkat ketelitian yang tinggi dan tingkat kesalahannya di bawah 1 cm. GPS tipe terakhir adalah GPS tipe Geodetik dual frekuensi. Perangkat GPS menerima sinyal yang ditransmisikan oleh satelit GPS.

dengan masing-masing memberikan tingkat ketelitian (posisi) yang berbeda-beda. Handy GPS). Perangkat GPS menerima sinyal dari satelit dan kemudian melakukan perhitungan sehingga pada tampilan umumnya kita dapat mengetahui posisi (dalam lintang dan bujur). namun ketelitian posisi yang diberikan saat ini baru dapat mencapai 3 sampai 6 meter. dan waktu tempuh. 2009).S. Posisi yang ditampilkan merupakan sistem referensi geodetik WGS-84 dan waktu merupakan referensi USNO (U. Disamping itu juga informasi tambahan seperti jarak. Tipe alat yang kedua adalah tipe geodetik single frekuensi (tipe pemetaan). Naval Observatory Time) (Jangwahyu. sekitar 1 – 4 juta rupiah. Tipe alat GPS pertama adalah tipe Navigasi (Handheld. kecepatan. Skema Sistematika Kerja GPS Ada 3 macam tipe alat GPS. yang biasa MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 8 .dikelilingi oleh gedung tinggi maka sinyal yang diperoleh akan semakin berkurang sehingga akan sukar untuk menentukan posisi dengan tepat atau bahkan tidak dapat menentukan posisi. Tipe nagivasi harganya cukup murah. dan waktu.

Apabila bias diabaikan maka dapat memberikan kesalahan posisi sampai dengan orde meter (Weli. Besarnya gangguan di sebut bias. Bias ini harus diperhitungkan (dimodelkan atau diestimasi atau melakukan teknik differencing untuk metode diferensial dengan jarak baseline yang tidak terlalu panjang) untuk mendapatkan solusi akhir koordinat dengan ketelitian yang baik. DGPS. maka sinyal tersebut akan terganggu oleh konten dari atmosfer tersebut.digunakan dalam survey dan pemetaan yang membutuhkan ketelitian posisi sekitar sentimeter sampai dengan beberapa desimeter. dan noise. Ketika sinyal melalui lapisan atmosfer. yaitu metoda absolut. dan geodinamika. Kesalahan-kesalahan tersebut contohnya kesalahan orbit satelit. kesalahan jam satelit. kesalahan pusat fase antena. survey deformasi. kesalahan jam receiver. Apabila obyek yang ditentukan posisinya diam maka metodenya disebut Statik. Sebaliknya apabila obyek yang ditentukan posisinya bergerak. mencapai ratusan juta rupiah untuk 1 unitnya (Anonimous. Tipe ini biasa digunakan untuk aplikasi precise positioning seperti pembangunan jaring titik kontrol. Kesalahan ini dapat dieliminir salah satunya dengan menggunakan teknik differencing data. Harga receiver tipe geodetik cukup mahal. Survei GPS. MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 9 . Selanjutnya lebih detail lagi kita akan menemukan metoda-metoda seperti SPP. dan metoda diferensial. 2007). Tipe terakhir adalah tipe Geodetik dual frekuensi yang dapat memberikan ketelitian posisi hingga mencapai milimeter. pseudo kinematik. serta masih ada beberapa metode lainnya Pada sistem GPS terdapat beberapa kesalahan komponen sistem yang akan mempengaruhi ketelitian hasil posisi yang diperoleh. Masing-masing metoda kemudian dapat dilakukan dengan cara real time dan atau post-processing. 2009). Bias sinyal yang ada utamanya terdiri dari 2 macam yaitu bias ionosfer dan bias troposfer. Hal-hal lainnya juga ada yang mengiringi kesalahan sistem seperti efek imaging. Rapid statik. maka metodenya disebut kinematik. RTK. dan stop and go. Metoda penentuan posisi dengan GPS pertama-tama terbagi dua. dan multipath.

Penggunaan dan Aplikasi dari GPS GPS (Global Positioning System) adalah sistem satelit navigasi yang paling populer dan paling banyak diaplikasikan di dunia pada saat ini. dengan menambahkan peta. MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 10 . seperti mengukur jarak perbatasan. laut. udara. Di Indonesia sendiri penggunaan GPS sudah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu dan terus berkembang sampai saat ini baik dalam volume maupun jenis aplikasinya. transportasi dan navigasi. geodinamika. Navigasi. ataupun menetukan pergerakan pasukan. GPS digunakan untuk keperluan perang.D. maupun angkasa. sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Militer. Contoh beberapa bidang yang membutuhkan terapan dari penggunaan GPS: 1. atau mengetahui posisi pasukan berada. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui mana teman mana lawan untuk menghindari salah target. geodesi. bidang-bidang aplikasi GPS yang cukup marak saat ini antara lain meliputi survai pemetaan. seperti menuntun arah bom. GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta. Disamping aplikasi-aplikasi militer. geologi. 3. baik di darat. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu nivigasi. Sistem Informasi Geografis. 2. GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. pertanian. dan bahkan juga bidang olahraga dan rekreasi. ataupun sebagai referensi pengukuran. Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis. maka bisa digunakan untuk memandu pengendara. pemantauan deformasi. kehutanan. geofisik.

dan Ukraina. Indian Regional Navigational Satellite System (IRNSS) — Sistem dikembangkan India (Wikipedia. baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik (Endang. 2. Bahkan saat ini. Moroko. dengan bantuan dari RRC. Selain teknologi GPS. 5. Kegunaan lain GPS adalah sebagai pelacak kendaraan. GLONASS — Sistem milik Rusia yang sedang diperbaiki. dibeberapa Negara di belahan dunia ini. 4. 2009). dengan bamtuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini. yang E. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa. Sistem pelacakan kendaraan. India. Beberapa jenis sistem tersebut diantaranya adalah: 1. 3. Israel. Pemantau gempa. Beidou — Sistem lokal di RRC yang akan dikembangkan menjadi sistem internasional bernama COMPASS.4. Galileo — Sistem yang sedang dikembangkan oleh Uni Eropa. Solusi Tracking System di Bidang Militer Survei dan Pengukuran MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 11 . Arab Saudi. yang ordenya hanya mm dalam setahun. ada beberapa teknologi yang mirip dengan GPS dikembangkan oleh Negara-negara tersebut untuk kepentingannya. 2008). Kelebihan dan Kekurangan GPS Kelebihan :    GPS untuk Navigasi. Korea Selatan. GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah.

atau di bawah hutan lebat. tergantung model). Kebanyakan alat GPS tidak punya format ini sehingga kita harus memakai Latitude & Longitude.Sama seperti alat elekronik lain yang bisa rusak jika jatuh atau terkena air  Walaupun alat GPS bisa menghitung ketinggian. Tetapi bahasa yang tersedia hanya bahasa-bahasa Eropa belum bahasa Indonesia atau Melayu. atau dlm lembah.Dengan GPS Garmin Kita bisa memilih bahasa yang dipakai. tidak ada cadangan bantuan navigasi. biasanya kesalahan cukup besar dan kurang cocok untuk membantu sebagai informasi navigasi di daerah pegunungan. kita tidak bisa memakai GPS dalam rumah. Di negara lain bisa membaca GPS kita dan langsung bisa melihat posisi kita di peta. Oleh karena itu.  Elektronik . atau terlalu dekat gedung-gedung yg tinggi.  Langit langsung – Alat GPS perlu melihat langsung satelit untuk menerima informasi. Biasanya alat GPS memakai 4 baterai AA dan cepat habis kalau dipakai terus-menerus (10 .36 jam. MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 12 .  Baterai – Jika baterai habis.Kelemahan :  Rata-rata format peta Indonesia biasanya memakai datum dari Jakarta (0 derajat).  Bahasa .

42 MHz) dan L2 (1227. tidak semua GPS receiver itu menyediakan informasi dengan tingkat keakuratan yang sama. Setiap satelit GPS bekerja dengan mentransmisikan dua sinyal yaitu L1 (1575.  Berdasarkan literature Jangwahyu (2009). bujur.BAB III PENUTUP  Berdasarkan literatur Sutrisnono (2008). sistem navigasi. GPS memungkinkan kita mengetahui posisi geografis kita (lintang. Sinyal L1 dimodulasikan dengan dua sinyal pseudo-random yaitu kode P (Protected) dan kode C/A (coarse/aquisition). maka dapat disimpulkan bahwa GPS adalah sebuah sistem navigasi berbasiskan radio GPS (Global Positioning System) yang merupakan sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). informasi geografi.  Berdasarkan literature Anonimous (2007).  Berbagai aplikasi terapan dan penggunaan yang dapat dilakukan dengan GPS misalnya untuk bidang militer. kita dapat mengetahui posisi kita dengan tepat.60 MHz). Jadi dimanapun kita berada di muka bumi ini.  Global Positioning System adalah alat yang digunakan untuk mengetahui posisi seseorang pada satu saat. Masing-masing GPS berbeda keakuratannya sesuai tingkat harga dan peruntukan penggunaannya. Yang ditransmisikan GPS bukan informasi posisi kita tetapi posisi satelit dan jarak penerima GPS kita dari satelit. dan ketinggian di atas permukaan laut). yang semuanya itu berdasar pada penggunaan informasi yang disediakan GPS. Informasi ini diolah alat penerima GPS kita dan hasilnya ditampilkan kepada kita. MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 13 .

Sinyal CDMA menggunakan kode pada transmisinya sehingga penerima GPS tetap bisa mengenali sinyal navigasi GPS walaupun ada gangguan pada frekuensi yang sama. Aplikasi GPS sangat beragam dan tidak terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan penentuan posisi saja. 4 stasiun Bumi yang bekerja otomatis dan satu stasiun Bumi pengontrol utama. melakukan korelasi. dan menampilkan data posisi di layar display. mempelajari kebiasaan migrasi satwa laut. Kelemahan alat GPS yaitu kesalahan untuk menghitung ketinggian cukup besar dan kurang cocok untuk membantu sebagai informasi navigasi di daerah pegunungan. Empat stasiun Bumi otomatis hanya berfungsi menerima data dari satelit GPS dan meneruskan informasi itu ke stasiun pengontrol utama. Bagian akhir dari sistem GPS ini adalah alat penerima GPS yang akhirnya menghitung semua data. Jenis baterai AA dan jika baterai habis. Kode CDMA tiap satelit dipilih dengan saksama agar tidak mengganggu transmisi satelit lainnya. memantau perjalanan truk-truk kontainer dan MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 14 . tidak ada cadangan bantuan navigasi.membimbing pesawat tanpa awak dan rudal-rudal jarak jauh. menunjukkan peta lokasi suatu tempat berupa gambar jalan dan sungai. Stasiun pengontrol utama memberikan koreksi data navigasi ke satelitsatelit GPS. Kita tidak bisa memakai GPS di tempat tertutup atau terhalang gedung-gedung tinggi karena alat GPS perlu melihat langsung satelit untuk menerima informasi. Satelit-satelit ini dikontrol dari 5 stasiun Bumi. GPS juga digunakan untuk radar. Dibandingkan dengan peralatan navigasi lain. menunjukkan arah untuk ke lokasi yang ingin kita tuju. GPS memiliki banyak fungsi yang bermanfaat bagi kehidupan kita.  GPS bekerja dengan cara tiap satelit mentransmisikan data navigasi dalam sinyal CDMA (Code Division Multiple Access)-sama seperti jenis sinyal untuk telepon seluler CDMA. Dengan GPS Garmin bahasa yang tersedia hanya bahasa-bahasa Eropa saja. seperti melihat lokasi di mana kita berada. sebagai kompas. penerima GPS paling mudah.

mendapatkan posisi satelit lainnya.kereta api. GPS juga digunakan membuat peta dan membantu bermain golf. MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 15 .

org/ Http://depdiknas.com/2013/08/global-positioning-system-gps.go.html Http://id.id/ MAKALAH SURVEY – GLOBAL POSITIONING SYSTEM Page 16 .com/2009/11/global-positioning-system-gps-program.html Http://asiklohpedia.net/SejarahmuculnyaGPS Http://id.DAFTAR PUSTAKA Http://cikalnetwork.blogspot.millahibrahim.wikipedia.garmin.blogspot.com/aboutgps/PenggunaanGPSdiberbagaiindustry Http://lanibin.