Kompetensi Inti

Kompetensi Dasar

Indikator

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian
#embar $engamatan %etrampilan &osial

Alokasi Waktu
" ' "( )

Sumber Belajar
• &%%*+ +*, (22-.12 .-1 (Juru Gambar Arsitektur) • &%%*+ .."(.2.2.1.1.-. /0.+++ (Juru Gambar Pekerjaan Jalan dan Jembatan) • +rfan ,hmad. (111/).Mengg ambar Teknik pada struktur bangunan gedung, &urabaya. 2nesapress • &uparno. (2--3). Teknik gambar bangunan jilid 1 . 4epdikbud. 5akarta 6 $7 Macanan 5aya 8emerlang • 9uku &iswa • #%& • #embar $engamatan • Media Survai lapangan dan miniatur gambar bangunan.

2. Menghayati dan 2.1 Mengamalkan perilaku 2.1 Memiliki rasa ingin jujur, disiplin, teliti, mengamalkan perilaku tahu kritis, rasa ingin tahu, jujur,disiplin,tanggunga inovatif dan tanggung wab,peduli (gotong jawab dalam royong,kerjasama,toleran menerapkan aturan ,damai),sopan menggambar bangunan santun,responsif dan pro umum dengan kelengkapan tata letak aktif dan menunjukkan pada gambar teknik. sikap sebagau bagian 2.2 Menghargai kerjasama, dari solusi atas berbagai toleransi, damai, permasalahan salam santun, demokratis, berinteraksi secara dalam menyelesaikan 2.2 Menunjukkan efektif dengan ketekunan dan masalah perbedaan lingkungan sosial dan tanggung jawab konsep berpikir dan cara melakukan alam serta dalam dalam belajar dan menggambar bangunan menempatkan diri bekerja baik secara umum dengan sebagai cerminan bangsa individu maupun kelengkapan tata letak dalam pergaulan dunia. kelompok. pada gambar teknik. 2. Menunjukkan sikap responsif, proaktif, konsisten, dan berinteraksi secara efektif dengan 2. Memberikan lingkungan sosial pendapat dan ide sebagai bagian dari dalam belajar dan solusi atas berbagai bekerja baik secara permasalahan dalam individu maupun melakukan tugas kelompok. menggambar bangunan umum dengan kelengkapan tata letak pada gambar teknik.

Menggambar 1. Menjelaskan jenis!jenis bangunan umum gambar pada pekerjaan lengkap dengan bangunan. kelengkapan tata 2. Menjelaskan istilah! letak. istilah arsitektural dan struktural . Menentukan jenis, ukuran dan karakter media gambar ". Mengatur tata letak menggunakan alat manual atau komputer untuk gambar kerja, as built drawing dan shop drawing yang dikerjakan berdasarkan gambar acuan sebelumnya, disusun berdasarkan paket pekerjaan atau disiplin pekerjaan atau pentahapan pekerjaan.