Menulis Resep

Hendra T’ Hartono Dwi Diandini

Penulisan resep LENGKAP
• Penulisan resep yang lengkap harus terdiri dari:
1. 2. 3. 4. 5. Inscriptio  nama dokter, alamat, SIP, kota, tanggal, R/ (recipe) Prescriptio  nama obat, bentuk obat, jumlah obat, cara pembuatan (kalo racikan), dll Signatura  cara pemakaian, BSO, jumlah obat, waktu minum Pro  nama pasien, umur, BB (terutama anak2), alamat (kalo obat mengandung narkotika) Subscriptio  paraf atau tanda tangan (kalo obatnya narkotika)

• Yang paling sering dilupakan sama kita itu inscriptio ama pronya. Fasil2 udah banyak sekali yang ngeluh katanya mahasiswa selalu lupa sama 2 hal itu. Jadi temen2 jangan sampe lupa ya,, terutama PRO-nya.

Inscriptio
Dr. Hendra Tri Hartono SIP 0706259223 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jl. Salemba Raya no. 6 Jakarta Pusat Jakarta, 1 Juni 2010
R/

Prescriptio
• Bentuk umum :
– Nama obat, bentuk obat, dosis, bentuk kemasan, jumlah obat – Kalo racikan (misalnya puyer) di baris bawahnya dimasukin cara pembuatan

• Contoh non puyer
– Parasetamol tab 500mg No. X – Cream Ketokonazol 2% 10g tube No. I

• Contoh puyer

Mau bentuk obatnya dulu baru nama obat jg boleh

Amoksisilin 100 mg s. lact q.s. m.f. pulv dtd. No. XXI

tiap kali minum 1 tablet. I p. p.n.Signatura • Bentuk umum: – Signatura (S). orig II a. sesudah makan.c. demam artinya minum 3x per hari. sebelum makan .r. cara pemakaian.c. artinya minum 4 x per hari. BSO. waktu minum • Contoh: – S 3 dd tab. jumlah obat per minum. jika demam – S 4 dd c. tiap kali minum 2 sendok bawaan (sirup).

Pro • Bentuk umum: nama pasien. umur. alamat (jika obat mengandung narkotika) • Contoh: Pro: An. berat badan (wajib untuk anak2). Mike Tyson Usia : 12 tahun BB : 20 kg (alamatnya gak wajib kecuali obatnya ada narkotika) .

Tanda tangan untuk obat yang mengandung narkotika. dan paraf kalo obatobat lain yang tergolong B(bebas). . Psy(psikotropika) • Kayanya ga perlu dikasi contoh ya.. G(keras).Subscriptio • Bentuk umum: cuma tanda tangan atau paraf doang.. W(bebas terbatas). Hehee.

Tambahan • Untuk setiap resep jangan lupa ditutup pake garis. abis itu baru lanjutin ke resep kedua. trus dikasi tanda tangan atau paraf di sebelahnya. • Berikut contoh format sebuah resep yang lengkap .

Adam Usia : 40 tahun Pro . demam Jangan lupa garis penutup setelah tiap resep R/ Povidon Iodin 1% fls No. Pro : Tn. signatura. 6 Jakarta Pusat Jakarta. Salemba Raya no.n.c. Hendra Tri Hartono SIP 0706259223 Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jl.Dr. 1 Juni 2010 Inscriptio R/ Eritromisin tab 500mg tab No. subscriptio R/ Parasetamol tab 500mg tab No. X S 3 dd tab I p.r. XXX S 4 dd tab I a.c. I S 2 dd garg. p. Prescriptio.

cuma akan dijelasin gimana cara perhitungan dosis dan gimana cara nulisnya • Untuk penulisannya demi menghemat tempat.PERHATIAN!! • Di contoh kasus2 di bawah ini. Jd ntar cuma prescriptio ama signaturanya doang • Tp JANGAN sampe lupa ya teman2 untuk nulis inscriptio ama pro waktu OSCE nanti!! . bagian inscriptio dan pro akan dihilangkan.

Yang bakalan dibahas • • • • • • • Pulveres (puyer) Kapsul/tablet/pil Obat sirup Obat kumur Obat topikal Infus dan injeksi Obat tetes .

dtd. lact q. No. abis itu baru tulis s. pulv.  artinya ditambahkan s. dtd. XXI  buat dan campurlah dalam bentuk pulveres (puyer). pulv. • Kalo obatnya lebih dari 1 (misalkan acetosal ama luminal ama codein). no. lactis secukupnya. karena disini kita minta farmasi untuk ngebuatin • Contoh: R/ amoksisilin 100mg s.s kalo perlu .s.Pulveres (puyer) • Penulisan resep utk puyer sedikit beda.f. lact q. masing2 dengan dosis diatas sebanyak 21 buah.c • s. m.s. ketiga obat itu ditulis terpisah2 (dibikin 3 baris).f. • m.lact q. XXI S 3dd pulv I p.

• Berikan antibiotik dan antipiretik per oral dlm bentuk puyer – Amoksisilin. dibawa ke dokter krn demam tinggi sejak 2 hari lalu. Puri. dosis anak 25-50 mg/kg BB/hari. 18bln. minum sesudah makan bila demam . 3x sehari. selama 7 hari.Contoh Kasus • An. BB 12kg. puyer masukan ke dalam kapsul – Parasetamol. selama 3 hari. minum sesudah makan. dosis anak 10-15 mg/kg BB/kali. 3x sehari.

Penyelesaian • Pertama untuk antibiotiknya (amoksisilin) kita itung dulu dosis yg diperluin – Dosis 25-50 mg/kg BB/ hari  krn anaknya 12kg  300 – 600 mg / hari (kita ambilnya yg kecil aja 300mg/hari) – Karena itu per hari. jadinya per kali minum 100mg – Butuh 21 buah krn minum 3x sehari selama 7 hari • Untuk antipiretiknya (parasetamol) – Dosis 10-15mg/kg BB/kali  120 – 180mg/kali – Yg ini udah per kali minum. jd ga usa repot2 lg – Butuh 9 buah krn 3x sehari selama 3 hari .

No. q. No.f. X S 3dd pulv I p. q. lact.s. XXI da in caps S 3dd caps I p.c. nanggung cuma 9 soalnya ** jgn lupa juga nulis PROnya ya . dtd. ** da in caps artinya masukan ke dalam kapsul • Parasetamol R/ Parasetamol 120mg s. m. p.n demam ** jumlahnya 10 digenapin.c. m.Penulisan resepnya (seperti biasa inscriptionya gak ditusis ya) • Amoksisilin R/ Amoksisilin 100mg s. pulv. dtd.f. lact.s.r. pulv.

dan paling simpel penulisannya.Kapsul / Tablet / Pil • 3 jenis obat padat ini mirip2 cara penulisan resepnya • Yang beda otomatis ya bentuk sediaan obatnya doang. kalo tablet ya tab. hehe. kalo pil ya pil • Obat-obat jenis kaya gini mestinya salah satu yg paling sering. Kalo kapsul ya brati nanti tulisnya caps. jd jgn sampe lupa ya. .

Intinya dy faringitis .Contoh kasus • Nn.p • Berikan terapi untuk pasien – Antibiotik  amoksisilin. Intan. sesudah makan – Antipiretik  parasetamol. 3x sehari 500mg. BB 42kg. dtg kr dokter karena demam dan tenggorokan sakit untuk menelan. sesudah makan. bila demam . 18 thn. selama 3 hari. 3x sehari 500mg. selama 7 hr.

Penyelesaian • Antibiotik  amoksisilin – Dosis 500mg 3x sehari selama 7 hari – Jumlah yg diperlukan  21 buah • Antipiretik  parasetamol – Dosis 500mg 3x sehari selama 3 hari – Jumlah yg diperlukan  9 buah  buletin jd 10 buah .

r.n demam . XXI S 3 dd caps I p.p ** bentuk sediaannya bisa diliat di MIMS • Parasetamol R/ Tab parasetamol 500mg no.Penulisan resep • Amoksisilin R/ Caps amoksisilin 500mg no.c.c **utk tau parasetamol ato amoksisilin itu bentuknya tablet ato kapsul ya mau ga mau diapalin . X S 3 dd tab I p. p.

Sirup • Mengandung byk gula  sering jd bentuk obat pilihan utama untuk anak-anak • Biasanya bentuk kemasannya dalam flask (fls) • Takaran minumnya biasanya sesuai dengan ukuran sendok asli / bawaannya • Biasa sering ada istilah forte  artinya dosis yg tingginya • Contoh amoksisilin sirup ada yg 125mg/5cc atau ada jg yg 250mg/5cc  nah yg 250mg/5cc ini bisa disingkat jadi amoksisilin sirup forte .

minum sesudah makan. dibawa ke dokter krn demam tinggi sejak 2 hari lalu. . 18bln. BB 12kg.Contoh kasus • Kasusnya sama kyak yg pulveres diatas • An. Puri. selama 7 hari. • Berikan antibiotik sirup – Amoksisilin. dosis anak 25-50 mg/kg BB/hari. 3x sehari.

Penyelesaian • 25-50mg/kg BB/hari 300 – 600mg/hari  100 – 200mg/kali • Karena 100-200mg/kali minum dan ukurannya ada yg 125mg/5cc ama 250mg/5cc  kita pilih yg 125mg/5cc aja jd gak usah repot • 3x7  21 kali minum  21x 5cc  105 cc • 1 botol amoksisilin sirup isinya 60ml. jadi kita butuh 2 botol .

Penulisan resep R/ Amoksisilin syr 125mg/5cc fls No. II S 3dd c. Sendok original/bawaan dari obatnya (dlm hal ini 5cc) .orig I p.c.

Obat kumur • Penulisan obat kumur juga gak susah. bahkan cuma 1 soal. . Jadi ini langsung ke contohnya ya. Cuma yg perlu diinget itu bentuk sediaannya ama bentuk kemasannya. • Obat kumur ini kita juga cuma dapetnya di modul pengindraan dan dikit bgt.

I S 2 dd garg Flask  botol Solusio kaca .Contoh kasus • Resepkan obat kumur berikut untuk pasien faringitis! – Solusio povidon iodin 1% dikumur 2x sehari (kumur untuk faring) • Penyelesaian: R/ Sol Povidon iodin 1% fls No.

• Untuk perhitungannya yg gw dapet dr fasil farmasi sih menggunakan cara 9%. . Lebih jelasnya bisa diliat di slide berikutnya. yang membagi regio-regio tubuh jadi 9%.Obat Topikal • Obat topikal ini perhitungan dan penulisannya juga agak berbeda karena bentuknya yg biasa salep ato krim ato sejenisnya (obat luar).

• Gambar ini ada yg kurang. . • Jadi kalo misalkan lukanya (yg mesti diolesin) itu seluruh lengan kanan brati 9% total.• Ini persen2 regio tubuh yg bisa dijadiin patokan. yaitu telapak tangan dan telapak kaki sendiri masing2 besarnya 1% • Bahkan kalo ini bngung. kata fasilnya bisa kira2 aja pake seukuran telapak tangan (1%).

• Itungannya yaitu: tiap 1% area tubuh  butuh ½ gram krim . tp gw akan tetep pake cara yg pertama (yg persen2an td itu) • Trus kalo kita udah tau berapa persen besar lukanya buat apa? Nah gunanya itu untuk nentuin seberapa byk krim yg dibutuhin.• Kalo misalkan gak sampe 1 lengan ya brati itungnya kira2 pake besar telapak tangan ya. Dy blg itungnya mesti pasti brapa x brapa cm gitu. • Tapi yang bingungin itu ada jg fasil dr klompok lain yg blg gak bisa pake cara gini. • Ntah mana yg bener.

pada pagi hari. – Tinea kruris  Ketokonazol krim 2% (pilihan kemasan ada tube yg 5g dan 10g).Contoh kasus • Tn. 2x sehari (pagi dan malam) selama 3 hari. 1 botol isinya 100ml. Oles dan bilas setelah 5-10 menit. oleskan pada bag yg sakit. • DK : tinea kapitis dan tinea kruris • Tulis resep untuk terapi topikal – Tinea kapitis  Ketokonazol 2% shampo. Selain itu di lipat paha kanan dan kiri juga terdapat bercak merah kehitaman yg gatal. T. . 44 th. 2x seminggu selama 14 hari. mengeluh gatal2 di kepala dan berketombe.

maka 1%. Kenapa? Karena kalo di kepala (bagian yang berambut) gak lazim dikasi krim. Jumlah botolnya 1 aja. • Penghitungannya: – Untuk yang tinea kapitis gak usah bingung. . – Untuk tinea kruris. – Karena butuhnya 6x (2x3)  total butuh 6 gram. Jadi kita pakenya tube yang 10 gram aja. Sedangkan pakenya cuma dikit  4 kali selama 14 hari. krn kemasannya 100ml per botol.  karena kanan kiri jadi 2%  jadi total butuh 1gr krim tiap kali pakai. anggaplah lipatan paha itu besarnya setelapak tangan.Penyelesaian • Untuk yang tinea kapitis sediaannya dalam bentuk shampo.

I S u.v (mane et vespere)  pagi dan malam .v ** u. (omni mane)  tiap pagi • Tinea kruris R/ cream ketokonazol 2% tube 10g No.et.et.Penulisan resep • Tinea kapitis R/ Shampo Ketokonazol 2% 100ml fls No.m.I S 2x seminggu o. **kata fasilnya kalo 2x seminggu susah bhs latinnya jd ditulis pake indo jg gpp ** o.e (usus externum)  untuk obat luar **applic part dol  oleskan pada daerah yang sakit **m. 2dd applic part dol m.e.m.

Kita inget2 aj kalo mau infus n injeksi yg dibutuhin apa aj. tp gak tlalu susah utk diapalin.g. dll) – Kanul intravena • Masing2 diatas ini butuh peresepan sendiri2 ya. • Untuk infus dan injeksi kita butuh: – Obatnya  bentuknya biasanya bubuk/serbuk  jadi jgn lupa utk ngeresepin air utk ngelarutin obatnya – Water for Injection – Infus setnya (kalo ga ada infus set ya gak mungkin bisa nginfus) – Spuit (ada ukurannya) – Cairan infusnya (e.Infus dan Injeksi • Peresepan untuk infus dan injeksi cukup byk. . dextrose.

Perhitungan tetes2an infus • 1cc infus dewasa  20 tetes • 1cc infus anak  60 tetes • 1cc blood set  15 tetes • Jangan lupa untuk menambahkan jumlah obatnya • Contoh perhitungan – 100 cc infus + obat 30 ccdalam 30 menit untuk infus orang dewasa – (100+30) x 20 : 30 = 86 tetes/menit .

hepatomegali • DK : demam tifoid • Resepkan terapi antibiotik sediaan injeksi – Ceftriakson injeksi 1g. bradikardi relatif. ke IGD dgn keluhan demam tinggi sore hari. lidah kotor. Kesadaran berkabut. nyeri abdomen. 1x3g dalam dextrose 5% 100cc selama 30menit selama 3-5 hari – **setiap 1g obat harus larutkan ke dalam 10mL aquabidest pro injeksi IV . A 40 th.Contoh kasus • Tn.

• Setiap hari cuman diinfus sekali selama 30 menit  terapi selama 3-5 hari. Jadi dalam 1 hari butuh 2 flc. (jgn lupa air sisanya gak bisa disimpen buat bsok. jadi kita butuh Water for injection (WfI) sebanyak 30ml untuk pelarutnya • Sediaan WfI yg tersedia itu 25ml/flc. krn WfI ini sekali pake doang. jd gak bisa itung total butuh pelarutnya trus lgsg dibagi 25ml gitu) • Krn kita selama 5 hari  butuh 10flc WfI • Butuh spuitnya yg 10cc krn kita mesti campur obatnya dgn 10ml WfI tiap 1g . Anggeplah kita pake yg 5 hari. • Total obat yg diperluin  15 vial (3g x 5hr) • Krn obat 3g/hari.Penyelesaian • Dextrose 5%  ini cairan infusnya  mesti dimasukin obatnya 3g ke cairan infus ini.

X S pro inj R/ Infus set No.Untuk Penulisan resepnya R/ Inj Ceftriaxon 1g vial No. Boleh ditulis lgsg venflon aja tanpa kanul intravenanya.I S pro infus R/ Infus Dextrose 5% 100cc kolf No.I S pro infus Boleh juga diganti Sol (solusio) Ukurannya Venflon ini nama merknya. V S pro infus R/ Kanul intravena (Venflon) 18 No. . V S pro inj R/ Water for Injection flc No.XV S pro inj R/ Spuit 10cc No.

Cuma ntar pas bagian cara pemakaiannya yg perlu dibedain. – Telinga  auric – Mata  oculo .Obat tetes • Obat tetes untuk mata ama telinga gak beda banyak.

12kg. Puri 18 bln.Contoh kasus tetes telinga • An. telinga kanan keluar cairan warna kuning berbau • DK : Otitis Media Supuratif • Berikan obat tetes telinga: – Untuk cuci telinga : solusio H2O2 3%. diteteskan 2x sehari 2 tetes pada telinga sakit setelah dicuci . demam. diberikan 2x sehari 10 tetes pada telinga yg sakit (kanan) – Untuk antibiotik topikal : Ofloxacin.

I S 2dd gtt II auric dex setelah dicuci Telinga kanan .Penulisan resep Gutta = tetes R/ Sol H2O2 3% 5cc S 2dd gtt X auric dex R/ Sol Ofloxacin fls No.

Tegar 55 th.Contoh kasus tetes mata • Tn. bakteri • Berikan obat – Antibiotik topikal gentamycin tetes mata (solusio)  1 tetes tiap jam pada mata kanan dan kiri – Antibiotik topikal gentamycin salep  oles 1x sehari malam hari sebelum tidur pada mata kanan dan kiri – Siklopegik sulfas atropin tetes mata  1 tetes 3x sehari pada mata kanan dan kiri . Pengelihatan buram • DK: ulkus kornea ODS e. ke IGD krn mata kanan kiri merah dan pedih kalo kena cahaya. 2 hr lalu krn kemasukan serpihan logam.c.

s a.Penulisan resep R/ Gentamycin eyedrops fls No.d.n.I Ante noctem  sebelum tidur S 3dd gtt I o.s Oculo dextra sinistra  mata kanan kiri .s R/ Gentamycin eye ointment 5g tube No.d.I Tiap jam S omnihora gtt I o.d. R/ Sulfas atropin eyedrops fls No.I S 1dd applic o.

d atau b.d.t. Lib a. d. Amp Istilah Ante coenam Ad unus vicibus Ad libitum Ante meridium Ante noctem Ampul Arti Sebelum makan Untuk 1x pakai Tambahkan secukupnya Sebelum tengah hari Sebelum tidur Ampul Aq.c.d De die Da tales doses (1-4x) sehari Berilah sejumlah dosis tsb .n. Bidest auric b.d Cap Cr D (dex) d. ad.i. a. 1 vic.m.Singkatan a.d.C Aqua bidestilata auricular Bis in die atau bis de die Capsulae Cream Dextra Durante coenam Air yg disuling 2x Telinga 2 kali sehari Kapsul Krim Kanan Pada waktu makan (1-4) d. ad.

Lot. liquidus lotio mane Mane et vespere Infus Obat suntik Botol infus Obat gosok Cairan. infusum injectio kolf linimentum Liquor. obat tetes Sekali minum habis Pagi hari Waktu akan tidur Malam hari inf. kolf Lin.v.Singkatan emuls et f flc fls garg gtt haust h. et v. h. Istilah emulsum et fiat flacon flask gargarisma Gutta. Liq.s.m. Inj. guttae haustus Hora matutina Hora somni Hora vespertina Arti Emulsi Dan Buatlah Flacon (botol plastik) Flask (botol kaca) Obat kumur Tetes. cair Sediaan cair obat luar pagi Pagi dan sore . m m. h.

c Part dol pot p. o. mixt nasal no noct O.m.n pulv q.Singkatan m. opth P.h. R/ S Istilah Misce fiat mixtura nasal nomero noctum Oculo dextra Omni hora Omni mane opthalmo Post coenam Parte dolente potio Pro renata Pulveres / pulvis Quantum satis Quaque hora recipe signa Arti Campur dan buatlah campuran Hidung Jumlah Tengah malam Mata kanan Tiap jam Tiap pagi Mata Sesudah makan Pada bagian yg sakit Obat minum cair Bila perlua Bubuk tabur / bubuk terbagi dalam bungkusan Dalam jumlah semuanya Tiap jam Ambillah Tandailah .D.h.f.s qq. o.r.

o.c.p.s stat supp syr tab solutio Si opus sit atau si necesse sit statim suppositoria syrup tabullae Larutan Bila perlu Segera Supositoria Sirup Tablet troch u. vesp vial trochiscus Usus cognitus Uses externus unguentum Usus propius vespere vial Tablet hisap Aturan pakai diketahui Obat luar Salep Untuk pemakaian profesi kedokteran Malam hari Botol untuk injeksi .e ung u.s atau s. u.n.Singkatan Istilah Arti sol s.

Selamat Belajar teman2 buat OSCEnya .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful