You are on page 1of 3

BIOSINTESIS ASAM LEMAK SETELAH ASAM PALMITAT

System enzim kompleks asam lemak sintase hanya mampu mensintesis asam lemak dengan jumlah atom C maksimum 16. Untuk sintesis asam lemak yang beratom lebih dari 16, digunakan asam lemak sebagai precursor. Proses ini disebut elongasi asam lemak jenuh. (Modul Bu Mulyani) Asam palmitat sebagai hasil akhir yang normal dalam proses biosintesis dengan enzim kompleks sintase asam lemak, merupakan senyawa sumber untuk biosintesis asam lemak jenuh dan tak jenuh berantai panjang. Pemanjangan rantai asam palmitat menjadi asam lemak jenuh berantai lebih panjang, terutama asam stearat, berlangsung dengan adanya dua system enzim yang berbeda yang masing-masing terdapat di dalam mitokondrion dan reticulum endoplasma. (Muhamad Wirahadikusumah, 1985 : 146) Pada pembentukan Stearoyl CoA terjadi setelah pembentukan asam palmitat. Pada proses pembentukan Stearoyl CoA melibatkan koenzim A. Tahap pertama yaitu palmitoil CoA akan bereaksi atau mengalami reaksi kondensasi dengan asetil CoA. Senyawa yang terbentuk adalah ß-ketosteroil-KoA. Senyawa ini kemudian akan direduksi oleh NADPH menjadi ßhidroksistearoil-KoA. Tahap selanjutnya adalah dehidrasi untuk membentuk stearoil KoA tak jenuh dan kemudian mengalami reduksi kembali (penjenuhan) menjadi stearoil KoA jenuh oleh NADPH. Pemanjangan ini terjadi pada gugus terminal karboksil. (http://izafaqih.blogspot.com)

Tiga tempat di dalam sel untuk mekanisme pemanjangan rantai asam lemak adalah sebagai berikut: Tempat di dalam sel Bentuk senyawa antara Molekul pemanjangan antara .

Elongasi asam lemak jenuh di mikrosom Di dalam mikrosom. Proses elongasi palmitat menjadi stearat (C18:0) mengikuti reaksi seperti pada β-oksidasi. yaitu penambahan 2 atom C dengan malonil CoA. yang digunakan dalam proses de novo biosintesis palmitat) menghasilkan β-ketostearoilCoA yang kemudian diawahidratasikan menjadi steroil-CoA tak jenuh dan direduksi dengan NADPH menghasilkan stearoil-CoA. Untuk reaksi reduksi pertama dan kedua digunakan NADPH. bukan NADH. mekanisme elongasi asam lemak jenuh identik dengan yang terjadi pada biosintesis asam palmitat. dan reduksi 2 untuk menghasilkan stearoil-CoA. (Muhamad Wirahadikusumah. penambahan 2 atom C dengan asetil-CoA pada ujung karboksilat.Sitoplasma O R-C-APC ACP-asil asam lemak O HOOC-CH2-C-ACP malonil-ACP Mikrosom O R-C-CoA CoA-asil asam lemak O HOOC-CH2-C-CoA malonil-CoA O CH3-C-CoA asetil-CoA Mitokondria O R-C-CoA CoA-asil asam lemak (Muhamad Wirahadikusumah. kemudian diikuti dengan reduksi 1. (Modul Bu Mulyani) Di dalam mitokondrion pemanjangan rantai palmitat berlangsung melalui reaksi kondensasi palmitoil-CoA dengan asetil-CoA (dan bukan dengan dengan malonil-ACP. 1985 : 146) 2. 1985 : 146) 1. (Modul Bu Mulyani) . Elongasi asam lemak jenuh di mitokondria Di dalam mitokondrion. dehidratasi.