Tugas 2 : Teorema Bayes

TUGAS INDIVIDU 2

TEORI INFORMASI DAN PENGKODEAN “ TEOREMA BAYES “

OLEH:

PUTU NOPA GUNAWAN NIM : D411 10 009

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASANUDDIN 2013
1

Putu Nopa Gunawan / D411 10 009

Tugas 2 : Teorema Bayes Pengertian Teorema Bayes Dalam teori probabilitas dan statistika. Sesuai dengan probabilitas subjektif. Teorema ini merupakan dasar dari statistika Bayes dan memiliki penerapan dalam sains. Teorema ini didasarkan pada prinsip bahwa tambahan informasi dapat memperbaiki probabilitas. Dalam penafsiran Bayes. ilmu ekonomi (terutama ilmu ekonomi mikro). Dalam penafsiran frekuentis teorema ini menjelaskan representasi invers probabilitas dua kejadian. kedokteran dan hukum. Teorema Bayes ini kemudian disempurnakan oleh Laplace. teori permainan. rekayasa. 2 Putu Nopa Gunawan / D411 10 009 . Probabilitas untuk B sekarang adalah probabilitas bersyarat akibat A dan disebut sebagai probabilitas posterior. mungkin akan terjadi perubahan terhadap perkiraan semula mengenai kemungkinan B untuk muncul. Teorema Bayes menerangkan hubungan antara probabilitas terjadinya peristiwa A dengan syarat peristiwa B telah terjadi dan probabilitas terjadinya peristiwa B dengan syarat peristiwa A telah terjadi. Teorema Bayes digunakan untuk menghitung probabilitas terjadinya suatu peistiwa berdasarkan pengaruh yang didapat dari hasil observasi. Teorema Bayes dikemukakan oleh seorang pendeta presbyterian Inggris pada tahun 1763 yang bernama Thomas Bayes. teorema ini menyatakan seberapa jauh derajat kepercayaan subjektif harus berubah secara rasional ketika ada petunjuk baru. bila seseorang mengamati kejadian B dan mempunyai keyakinan bahwa ada kemungkinan B akan muncul. Penerapan teorema Bayes untuk memperbarui kepercayaan dinamakan inferens Bayes. Teorema Bayes merupakan mekanisme untuk memperbaharui probabilitas dari prior menjadi probabilitas posterior. maka probabilitas B disebut probabilitas prior. Setelah ada informasi tambahan bahwa misalnya kejadian A telah muncul. teorema Bayes adalah sebuah teorema dengan dua penafsiran berbeda.

An membentuk sebuah partisi dari ruang sampel S sedemikian sehingga untuk i = 1. n maka berlaku rumus : Dimana : P(Ai|B) = Peristiwa Ai akan terjadi dengan syarat peristiwa B terjadi lebih dulu P(Ai) = Peluang peristiwa Ai P(B|Ai) = Peristiwa B akan terjadi dengan syarat peristiwa Ai terjadi lebih dulu P(B) = Peluang peristiwa B Bukti: Dimana: 3 Putu Nopa Gunawan / D411 10 009 .….2... .Tugas 2 : Teorema Bayes Misalkan kejadian Ai.2... n dan misalkan B adalah suatu kejadian sedemikian sehingga untuk i = 1. .

Tingkat keberhasilan metode ini sangat tergantung pada pengetahuan awal yang diberikan. dengan menggunakan probabilitas bersyarat sebagai dasarnya. Pendekatan ini didasarkan pada kuantifikasi trade off antara berbagai keputusan klasifikasi dengan menggunakan probabilitas dan ongkos yang ditimbulkan dalam keputusan tersebut. Mengenali buah berdasarkan fitur-fitur buah seperti warna. rasa dan lain-lain 4 Putu Nopa Gunawan / D411 10 009 . Metode Bayes memerlukan pengetahuan awal untuk dapat mengambil suatu keputusan.Tugas 2 : Teorema Bayes Maka didapat: Penerapan Teorema Bayes Kelebihan Teorema Bayes   Teorema Bayes adalah pendekatan statistik dalam pengenalan pola (pattern recognition).  Metode Bayes ini merupakan metode yang baik di dalam mesin pembelajaran berdasarkan data training. Beberapa penerapan teorema Bayes:   Menentukan diagnosa suatu penyakit berdasarkan data-data gejala (sebagai contoh hipertensi atau sakit jantung). Kelemahan Teorema Bayes:   Metode Bayes hanya bisa digunakan untuk persoalan klasifikasi dengan supervised learning dan data-data kategorikal. bentuk.

34.04. akan memutuskan melakukan pengeboran minyak di suatu lokasi tertentu. probabilitas dari ketiga kejadian ini untuk dapat memperoleh minyak yaitu berhasil H. Sebelum keputusan dibuat.36 dan 0. musim. waktu.80. Diketahui sebelumny. masing-masing sebesar 0. Sebaliknya untuk tidak memperoleh minyak yaitu gagal G.20 dan akan gagal adalah G. psikologi) berdasarkan keadaan.30 .68 . struktur geologis terbuka Kejadian R3 . yaitu : Kejadian R1 . masing-masing sebesar 0. merupaka n informasi tambahan yang berguna untuk memperbaiki probabilitas prior. temperatur. art.28 dan 0. 5 Putu Nopa Gunawan / D411 10 009 . Hasil eksperimen berupa diketemukan tiga kejadian yang sangat menentukan berhasil tidaknya pengeboran. struktur geologis tertutup Berdasarkan pengalaman masa lampau. tidak terdapat struktur geologis Kejadian R2 . 0. 0. tidak memperoleh minyak sebesar 0. Menentukan jenis pakaian yang cocok untuk keadaan-keadaan tertentu (seperti cuaca. tempat dan lain-lain) Contoh Teorema Bayes Seorang ahli geologi dari suatu perusahaan minyak.Tugas 2 : Teorema Bayes     Mengenali warna berdasarkan fitur indeks warna RGB Mendeteksi warna kulit (skin detection) berdarkan fitur warna chrominant Menentukan keputusan aksi (olahraga. Informasi ini. sebagai hasil eksperimen. probabililitas untuk memperoleh minyak. akan dicari tambahan informasi dengan melakukan suatu eksperimen yang disebut pencatatan seismografis (seismographic recording). katakan usaha berhasil adalah H sebesar 0. acara.

Tugas 2 : Teorema Bayes Jika H = kejadian memperoleh minyak. P(R2) . atau probabilitas bahwa diperoleh minyak dengan syarat struktur geologis terbuka. P(H|R2) . b. c. atau probabilitas bahwa struktur geologis terbuka. atau probabilitas bahwa strutur geologis tertutup. d. P(R1) . Maka hitunglah : a. Probabilitas bahwa tidak terdapat strutur geologis adalah : 6 Putu Nopa Gunawan / D411 10 009 . Jika keadaan tersebut digambarkan dalam pohon kemungkinan maka diperoleh sebagai berikut: Diagram Kemungkinan Pengeboran Minyak a. atau probabilitas bahwa tidak terdapat strutur geologis. P(R3) . atau probabilitas bahwa diperoleh minyak dengan syarat tidak terdapat struktur geologis. atau probabilitas bahwa diperoleh minyak dengan syarat struktur geologis tertutup. P(H|R3) . e. dan G = kejadian tidak memperoleh minyak. P(H|R1) . f.

Tugas 2 : Teorema Bayes b. Probabilitas bahwa diperoleh minyak dengan syarat tidak terdapat struktur geologis adalah : e. Probabilitas bahwa diperoleh minyak dengan syarat struktur geologis terbuka adalah : f. Probabilitas bahwa diperoleh minyak dengan syarat struktur geologis tertutup adalah : 7 Putu Nopa Gunawan / D411 10 009 . Probabilitas bahwa struktur geologis tertutup adalah : d. Probabilitas bahwa struktur geologis terbuka adalah : c.

baik itu dalam bentuk subyektif maupun obyektif.id/public/UNIMED-Undergraduate-22180BAB%20II.Tugas 2 : Teorema Bayes Dalam menghadapi suatu persoalan. maka diperlukan suatu usaha untuk mendapatkan informasi tambahan.pdf (Akses tanggal 16 September 2013 ) (Akses 8 Putu Nopa Gunawan / D411 10 009 . pengambil keputusan telah mempunyai informasi awal.pdf (Akses tanggal 16 September 2013 ) http://digilib.php?file=Materi9%20DM. maka kita perlu menggunakan informasi tambahan ini dengan informasi awal.com/downlot.id/files/2011/11/ES4-probabilitas.pdf tanggal 16 September 2013 ) http://rolliawati. untuk mendapatkan informasi yang lebih baik untuk pengambilan keputusan. Tetapi bila informasi awal ini dirasakan belum cukup. maka keputusan dapat langsung dibuat. bila kemudian telah diperoleh informasi tambahan.wikipedia.narotama.org/wiki/Teorema_Bayes (Akses tanggal 16 September 2013 ) http://jesaariawan.dosen.unimed.ac. Selanjutnya.ac. Daftar Pustaka:     http://id. Bila informasi awal ini dirasakan telah memadai.