INISIASI MENYUSU DINI (IMD) IMD adalah bayi diberi kesempatan mulai menyusu sendiri segera setelah lahir

dengan membiarkan kontak kulit bayi dengan kulit ibu setidaknya satu jam sampai menyusu a al selesai atau lebih dari satu jam bila menyusu a al belum terjadi dalam satu jam! "ima #ahapan $erilaku sebelum Menyusu pada IMD %! Dalam &' menit pertama ( istirahat keadaan siaga) sekali* kali melihat ibunya) menyesuaikan dengan lingkungan! +! Antara &'* ,' menit ( mengeluarkan suara) memasukkan tangan ke mulut) mengeluarkan liur) gerakan menghisap! &! -ergerak ke arah payudara dengan kaki menekan perut ibu) areola ( bagian payudara yang ber arna .oklat/kehitaman) sebagai sasaran menjilat* jilat kulit ibu! ,! Sampai di ujung sternum ( bagian ba ah tulang rusuk ibu) ( menghentak*hentakkan kepala ke dada ibu) menoleh ke kanan*kiri menyentuh puting susu dengan tangan! 0! Menemukan) menjilat) mengulum puting) membuka mulut lebar dan melekat dengan baik!

$entingnya 1ontak Ibu dengan 1ulit bayi pada IMD %! Dada ibu menghangatkan bayi! 1ehangatan saat menyusu menurunkan kematian karena kedinginan! 1emampuan kulit ibu menyesuaikan suhunya dengan suhu yang dibutuhkan bayi(thermoregulator thermal syn.ron) (  2ika bayi kedinginan maka suhu dada ibu akan naik + 3 sehingga bayi tidak kedinginan!  2ika bayi kepanasan maka suhu dada ibu akan turun % 3 sehingga bayi tidak kepanasan! +! Ibu dan bayi merasa lebih tenang) membantu perna4asan dan letak jantung bayi lebih stabil) bayi kurang menangis sehingga mengurangi pemakaian energi! &! Dengan menjilati kulit payudara ibu) bayi mengambil bakteri yang baik dan tidak berbahaya atau ada antinya di ASI! -akteri baik ini membuat koloni di usus dan kulit bayi menyaingi bakteri yang lebih ganas dari lingkungan! ,! Meningkatkan jalinan kasih sayng (bonding) antara ibu) ayah dan bayi!

intai bayinya) dan meningkatkan ambang nyeri sehingga mengurangi rasa sakit ibu! .airan emas yang kaya akan antibodi ( 5at kekebalan tubuh ) dan 5at penting untuk pertumbuhan usus) ketahanan tubuh bayi terhadap in4eksi! 6! Memungkinkan bayi menemukan sendiri payudara dan melekat sehingga lebih jarang menemukan kesukaran menyusu dan lebih berhasil dalam menyusu eksklusi4! 7! Sentuhan) emutan dan jilatan bayi pada puting ibu akan merangsang keluarnya oksitosin yang penting untuk beberapa hal) yaitu ( a! Menyebabkan rahim berkontraksi) hak ini membantu pengeluaran plasenta/ ari*ari dan mengurangi perdarahan ibu! b! Merangsang hormon lain yang membuat ibu menjadi lebih tenang) rileks dan men.! Metode 1.! -ayi mendapatkan kekebalan tubuh dengan minum kolostrum/ menjilati kulit payudara! <! Meningkatkan jalinan kasih sayang ibu) ayah dan bayi! %'! Ibu merasa sangat bahagia dan menjadi lebih men.epat bentuk rahim kembali ke keadaan sebelum hamil! 6! Menurunkan angka kematian bayi akibat kedinginan! 7! Ibu dan bayi menjadi lebih tenang dan rileks! .0! -ayi mendapatkan kolostrum (ASI yang keluar pertama kali ber arna kekuning* kuningan)) merupakan .! Merangsang pengaliran ASI dari payudara! Man4aat IMD dan ASI -agi Ibu dan -ayi %! Mengurangi rasa sakit) perdarahan dan anemia setelah persalinan! +! Memudahkan pengeluaran ari*ari! &! Mengurangi resiko 89er eight (kelebihan berat badan)) Maternal Diabetes (diabetes pada ibu hamil)) :heumatoid Arthritis (nyeri sendi)) 1anker $ayudara) kanker Indung #elur (o9arium)) dan 1anker :ahim) dan tulang keropos ( 8steoporosis)! .intai bayinya! %%! -ayi lebih jarang menangis/ re el! %+! Merangsang pengaliran ASI dari payudara! .paling aman yaitu Metode Amenore "aktasi (MA")! 0! Memper.

il adalah jaringan lemak! $ayudara besar mempunyai jaringan lemak lebih banyak dari payudara yang ke.! Ukuran payudara ibu ke.ukup untuk bayinya karena ASI yang keluar hanya sedikit (  Ada + tanda yang dapat diper.ukup untuk bayi yaitu * * $ertambahan berat badan ? 0'' gr per bulan! Mengeluarkan air seni yang pekat dalam jumlah sedikit ( kurang dari 6 kali perhari)!  Apabila memang ASI ibu belum .il (  $ayudara besar dan ke.aya bah a ASI tidak .ukup untuk bayinya) akan lebih baik apabila ibu menyusui lebih sering karena dengan menyusui lebih sering akan memperbanyak produksi ASI! .il) akan tetapi jaringan lemak tidak mempengaruhi produksi ASI! 0! -entuk payudara yang datar/ terbenam (  Ibu yang memiliki payudara datar/ terbenam dapat menyusui bayinya dengan sedikit bantuan! 6! 2amu*jamuan dan daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI! .il semua dapat menghasilkan ASI) yang membedakan antara payudara besar dan ke. jam tanpa makanan atau minuman tambahan dan bayi tidak akan re el selama dilakukan IMD!  Dianjurkan ibu tetap menyusui bayinya) karena dengan tetap menyusui bayinya) karena dengan tetap menyusui akan merangsang pengeluaran ASI! &! -ila ibu takut ASI tidak .%&! "ebih sukses dalam pemberian ASI eksklusi4! Masalah ASI yang Sering Dikha atirkan Ibu! %! Seandainya pada IMD bayi tidak mendapatkan kolostrum karena belum keluar (  -ayi mengambil bakteri yang baik dan tidak berbahaya dengan menjilati kulit payudara ibu! -akteri baik ini dapat ber4ungsi sebagai daya tahan bayi! +! =al yang harus dilakukan apabila ASI tidak kunjung keluar (  -ayi yang lahir normal sudah dibekali makanan dari dalam kandungan dan ia akan tahan selama + > +.

ar pengaliran ASI)! 7! -ayi mengalami diare (  Sebaiknya ibu tidak berhenti menyusui! 2ustru dengan tetap menyusui akan membentuk penyembuhan diare! S#ANDA: EMAS MA1ANAN -AYI %! A ali dengan Inisiasi Menyusu Dini! +! -erikan ASI Eksklusi4 sampai bayi berumur 6 bulan! &! -erikan Makanan $endamping ASI (M$*ASI) setelah bayi berumur 6 bulan! . 2amu dan daun katuk dianjurkan untuk dikonsumsi ibu menyusui karena merupakan "aktagog yang dapat mempengaruhi per.! "anjutkan pemberian ASI sampai bayi berumur + tahun! 3ara Menyusui yang benar ( %! $osisi ibu yang nyaman) duduk) atau berbaring! +! Seluruh badan bayi tersangga dengan baik! &! -adan dan ajah bayi menghadap dan dekat dada ibu! .ara e4ekti4 ( bayi menghisap dalam) teratur diselingi istirahat) pipi membulat aktu menghisap) hanya terdengar suara menelan )! .! 1epala dan badan bayi dalam garis lurus! 0! Dagu bayi menempel pada payudara ibu! 6! Mulut bayi terbuka lebar! 7! -ibir ba ah bayi membuka keluar! .! -ayi menghisap se.aya diri untuk menyusui sehingga mempengaruhi re4leks oksitosin ( yang memperlan.

iptakan lingkungan kerja yang mendukung bagi pekerja yang menyusui untuk melaksanakan ASI eksklusi4! .ara eksklusi4 dan sesering mungkin selama .#ips ASI Eksklusi4 untuk Ibu yang bekerja (  Susuilah se.uti melahirkan!  -elajarlah memerah ASI segera setelah bayi lahir!  #eruskan menyusui di malam hari) dini hari dan kapan saja saat ibu di rumah!  $erah ASI ibu sebelum bekerja) dan tinggalkan ASI perah tersebut untuk pengasuh untuk diberikan kepada bayi!  Susui bayi setelah Ibu memerah!  Ajarkan pengasuh untuk memberikan ASI tidak dengan dot (beresiko bayi @bingung putingA)) dan tidak memberi empeng bayi untuk menenangkan bayi bila re el!  Selama di tempat kerja) perah ASI +*& kali (setiap & jam sekali)) simpan di lemari es atau termos bersih dan tertutup!  Men.