LIPSTIK Lipstik : Sediaan kosmetik yang digunakan untuk mewarnai bibir sehingga dapat meningkatkan estetika dalam tata

rias wajah & memberikan ekspresi wajah yang menarik. Fungsi lipstik : - Memberikan warna pada bibir.
• •

Bibir yang kurang baik akan disamarkan atau disembunyikan. Bibir yang lebih tipis dapat dibuat tampak lebih tebal dan sebaliknya.

- Melindungi bibir dari kekeringan. - Meningkatkan kepercayaan diri. Persyaratan lipstik yang baik : - Mewarnai bibir dengan rata. - Tidak toksik, tidak diabsorpsi oleh kulit dan tidak mengiritasi kulit. - Warna harus tahan di bibir tetapi juga mudah untuk dihilangkan ketika diinginkan. - arus cukup keras, lembut dan mudah dioleskan pada bibir. - !ermukaan lipstik lembut, warna homogen dan bebas partikel kasar. - Tidak meleleh, mengeras, pecah-pecah dalam kemasan selama penyimpanan. Komponen lipstik !ewarna Warna lipstik merupakan komponen utama yang mengikuti mode up to date. Warna dalam bentuk campuran, mengarah kewarna merah dan merupakan pergeseran warna dari rentang jingga kuning sampai ungu biru. "ntensitas warna dari opasitas ber#ariasi. $ampuran warna dalam lipstik %. Staining dyes &warna baku' (-) * (. !igment larut minyak ( * ). !igment tidak larut +-%, *

-. Titanium dioksida % * Dasar lipstik - .riteria penggunaan lipstik yang baik adalah lembut pada saat dioleskan, mempunyai aliran tiksotropik pada saat penyebaran lipstik pada bibir dan membentuk lapisan /ilm yang melekat pada bibir. - !emilihan basis lipstik menentukan keseragaman, kualitas lipstik pada saat pembuatan dan penyimpanan. .ualitas lipstik bergantung pada si/at reologi komposisi basis lemak yang digunakan. $ontohnya 0 %. 1emak alkohol (. 2likol ). !olietilen glikol &carbowa3' -. Monoalkanoamida 4. $arnauba wa3 5. Minyak coklat 6. 1anolin &basis absorpsi' +. !ara/in cair 7. 1ecitin %,. Silikon wa3. Pembuatan lipstik 1ipstik kosmetik untuk bibir dibuat dengan melelehkan bahan pembawa lipstik dan 8at warna kemudian dicetak menjadi stick yang dapat dimasukkan kedalam tabung sebagai basis digunakan campuran wa3, minyak dan lemak.

Memberikan tekanan pada bagian bibir yang baik dan menyamarkan bagian yang buruk )./ek pewarnaan yang baik dan hebat dari lipstik Bercahaya tapi tidak berminyak Tidak manis dan tidak berkembang <dapun pewarna yang digunakan dalam lipstik 0 1ake pewarna dari grup eosin yang larut minyak 9ang tidak larut minyak . .egunaan lipstik 0 %.1ipstik adalah sediaan kosmetik yang mengandung bahan dasar pewarna dan par/um yang digunakan pada bibir untuk mempercantik bibir dimana pemakaiannya dengan cara dioleskan pada bibir. Stabil pada kelembaban cahaya dan oksidasi Tidak mengiritasi dan tidak toksik :etral dalam bau dan rasa.ombinasi keduanya . Bibir tipis dapat diperlebar dan bibir yang lebar dapat lebih ditipiskan Syarat 1ipstik 9ang Baik 0 &Balsam "0)66 dan . arus cukup lembut sehingga hasilnya halus meskipun dengan tekanan minimum arus dapat tahan lama dalam pemakaiannya arus cepat dan mudah dipakai anya mewarnai bagian yang diinginkan sehingga bagian di sekitar bibir tidak belepotan Menggunakan pengaroma .' • • • • • • • • • • • • • Memiliki tiksotropi yang baik sehingga dapat mempertahankan warna dengan tekanan yang minimum !enggunaan pada temperatur rendah tanpa pecah atau patah.eithler 0%4. Memberikan warna dan penampakan yang menarik pada bibir (.

. di-tert-butilhidro?uinon > !ropil gallat a#an Dasar Lipstik > Bahan minyak > Bahan lemak > Bahan dasar lilin a#an dasar minyak > Minyak tumbuh-tumbuhan .1ipstik dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. tetapi dikompensasikan oleh alkilamida.ekurangannya adalah mempengaruhi konsistensi dari stick A!AN ANTI"KSIDAN Bahan antioksidan digunakan untuk mencegah oksidasi. . <ntioksidan yang umumnya digunakan dalam lipstik meliputi 0 > > idroksianison terbutilasi idroksitoluen terbutilasi > (.egunaannya adalah membasahkan dan mendispersikan partikel pigmen padat. SURFAKTAN Sur/aktan adalah bahan akti/ permukaan yang menurunkan tegangan antarmuka antara minyak dan air dan mengelilingi tetesan terdispersi dengan membentuk lapisan yang kuat untuk mencegah koalesensi dan pemisahan /ase terdispersi.4. ketika digunakan pembawa untuk dyes. meningglkan warna yang mempunyai intensitas yang tinggi pada kulit &intensitas warna tidak hanya tergantung pada konsentrasi dyes tetapi juga pelarut yang digunakan'.<sam bromo digunakan untuk memproduksi lipstik yang agak sulit dihapus pada lapisan yang digunakan. $th 0 deri#at bromine dari /luoroscein &di dan tetra-bromo = /luorescein' Asam lemak alkilamida. Mempunyai kapasitas pelarut yang sedikit untuk eosine dyes.

> Minyak mineral > Minyak jarak > Butil stearat > "sopropil miristat dan isopropil palmitat > @ietil sebacate dan diisopropil adipate > .o/ dengan pengadukan yang tepat untuk mencampur sepenuhnya. Stearil alkohol% %. !ara/in 4. !ewarna ditimbang dan ditempatkan dalam mi3er dan diaduk sampai warna konstan. pewarna dicampur ke dalam massa.. $ampuran ini lalu ditambahkan ke dalam larutan asam bromo dalam wadah pertama dan diaduk hingga homogen. Beeswa3 -. Minyak jarak terhidrogenasi 6. untuk produk dalam jumlah besar digunakan ketel uap tertutup. !engosongan udara yang mungkin terperangkap selama pencampuran. Spermaceti +. $andelila wa3 ). A8okerite $%T"D% P%$ UATAN LIPSTIK • • • <sam bromo dilarutkan dalam pelarut yang sesuai. $arnauba wa3 (. 1ilin sintetik 5. @itempatkan pada wadah terpisah dan dipanaskan dengan uap sampai melebur sempurna.ster lain a#an dasar lilin $ontohnya 0 %. $etyl alkohol 7. • . digiling untuk memastikan keseragaman warna. panaskan sampai %5.

.. De'inisi Lipstik 1ipstik merupakan salah satu alat kosmetik yang sangat penting bagi sebagian besar wanita. $heilitis atau dermatitis pada bibir dalam penggunaan lipstik jarang terjadi. lipstik dibuat dari e3tract purplish red dye yang berasal dari /ucus algin yaitu . Sedangkan ratu $leopatra konon memakai lipstik yang berbahan carmine beetles. @e/inisi dari lipstik adalah sediaan kosmetik yang digunakan untuk mewarnai bibir sehingga dapat meningkatkan estetika dalam tata rias wajah & memberikan ekspresi wajah yang menarik.%* iodine dan bromine mannite yang ternyata bahan-bahan tersebut diketahui sangat berbahaya. @i jaman Mesir kuno. yang pada saat itu bahan yang digunakan untuk membuat lipstik adalah dari bahan-bahan semiprecious jewel yang ditumbuk halus dan kemudian bubuk tersebut dioles-oleskan di bibir sehingga bibir terlihat lebih berwarna.(6 digunakan lebih banyak dari sebelumnya . .• Massa yang terbentuk dimasukkan dalam cetakan pada suhu 4o di atas suhu memadatnya dan didinginkan IRITASI DAN S%NSITI&ITAS Bibir dapat lebih mudah terkena e/ek sensitasi daripada kulit karena tidak memilBiki lapisan tanduk. ()( Se*ara# Lipstik 1ipstik pertama digunakan sekitar lima ribu tahun yang lalu oleh rakyat di Mesopotania. yang berasal dari buah dan biji-bijian yang menghasilkan deep red pigment yang apabila dipoleskan di bibir nampak kontras dengan warna kulit. Beberapa /aktor yang dapat menimbulkan e/ek0 Banyaknya 8at pewarna yang digunakan @ & $ Ced :o. merah dan ranum segar bak kelopak bunga mawar.

Seorang wanita yang memakai lipstik dianggap bersalah karena akan membangkitkan hawa na/su bagi lelaki yang melihatnya dan perempuan yang sengaja memakai lipstik berarti telah dianggap secara sengaja DmenggodaD kaum lelaki.aren . @an ketika masa !erang @unia "". Standar kecantikan pada 8aman itu adalah wanita dengan warna kulit yang pucat dan tanpa make up. atau juga dipakai henna &sejenis tanaman herbal' yang biasa dipakai untuk melukis kulit maupun mengecat rambut. mulailah lipstik di masyarakatkan lewat aktor-aktor hollywood yang kemudian mengilhami jutaan wanita untuk memakai lipstik dalam kehidupan sehari-hari. !enggunaan lipstik berbahan wa3-/ree semi li?uid /ormula pertama dikenalkan oleh 1ip 1ink "nternational pada tahun %7..-an menyatakan bahwa lipstik is impolite and #ulgar yang pemakaiannya hanya akan mengesankan seorang wanita seperti wanita nakal yang gemar menggoda pria. mereka meng-claim bahwa Dthe /ace painting was the de#il workD bahkan anehnya lipstik juga dihubung-hubungkan dengan dunia mistik ilmu hitam. 1ipstik identik dengan dunia sihir dan magic. nude color. an.o8lowksi. sekitar akhir tahun %7). bahkan ratu Gictoria sekitar tahun %+.. dalam bukunya yang berjudul DCead My 1ips0 < $ultural istory o/ 1ipstikD yang membahas seluk beluk lipstik lengkap dengan sejarahnya. pada tahun %66. dan juga Thomas all pengarang buku D1oathsomeress o/ long aireE tahun %54). 1ipstik merupakan bagian dari /ashion yang tidak boleh ketinggalan. Ternyata lipstick mempunyai sejarah panjang sebelum diterima oleh khalayak umum. @i "nggrispun.. keberadaan lipstik semakin diterima oleh masyarakat sebagai alat untuk mempercantik diri dan sangat mudah untuk mendapatkannya. ungu bahkan biru kehitam-hitaman. Menurut Meg $ohen Caga8 dan . lombok abang. telah memprakarsai sebuah gerakan golongan tertentu untuk menolak keberadaan sang lipstik.@i 8aman modern. coklat tanah. Seiring dengan berkembangnya 8aman.. 1ipstik dibuat dari campuaran beeswa3 dan tanaman red stain yaitu semacam tumbuhan yang daun maupun batangnya menghasilkan getah berwarna darah. @engan berbagai macam pilihan warna dari yang deep red. lipstik mulai popular di abad ke -%5. !enuh perjalanan berliku sebelum lipstik diterima keberadaannya oleh masyarakat umum khususnya wanita. oranye. Brittish !arlement memberlakukan Fndang-Fndang Melarang !emakain 1ipstik. . @an pada kenyataanya dalam pemasyarakatannya tidaklah semulus yang kita bayangkan.

Satin 1ipstik yang bertekstur sangat lembut. yang berbahan hea#y wa3. #itamin . Bahan-bahan tersebut direbus dengan air yang sudah dicampur dengan asam sul/ur. biasanya dikemas dalam botol atau wadah kecil. 1ipstik yang kita kenal sekarang adalah terbuat dari beeswa3. sheer. Warna lipstik menjadi semakin merah dan merah sejak tahun %7). maka dipilih yang matte. ada juga jenis wa3 yang disebut $andelila wa3 yang bisa ditemukan di Me3ico. oli#e oil. sustansi yang terbuat dari bee honeycomb yang mengandung carbon chains seperti $(. dikemas dalam bentuk stik atau cairan dan tersedia dalam warna. glossy. 1ac?uer 9aitu lipstik berbahan dasar gel. (.dan $)5 dan juga bahan-bahan wa3 lain seperti $arnuba wa3 yang didapat dari sejenis daun Bra8illian palm tree. stirring yang akhirnya dibentuk seperti lipstik yang kita kenal. yang pada suhu tertentu akan tersaring di permukaan rebusan. /rosted dan long lasting colour. pembuatan lipstik juga digunakan oil dan /ats seperti. Selain proses tersebut. mineral oil. !roses pembuatan lipstik adalah hampir sama dengan proses pembuatan crayon yang melibatkan pemanasan berualang-ulang. bisa menutupi bibir dengan sempurna serta memberi e/ek kilap tanpa kesan minyak. ()+ . @i 8aman modern sekarang ini pembuatan 1ipstik juga dicampur dengan pelembab. Semi-gloss .!enjualan lipstik pun mengalami kemajuan pesat. $ollagen. mi3ing. yang kemudian bahan inilah yang dibuat menjadi lipstik.enis Lipstik %.. castor oil . an dan tentu saja makin ber#ariasi. cocoa butter dan lanolin. Memberi kesan halus dan lembut pada bibir dalam berbagai nuansa warna. Hika anda ingin bibir anda berkesan basah merekah.enis. Banyak jenis lipstik mulai yang matte. ). <sam amino dan juga suncream atau bahan-bahan lain yang memproteksi sang bibir dan juga tentu saja menambah sensual si pemakai. <loe #era.. jika anda ingin bibir merah. basah dan bercahaya maka pilihan tepat adalah yang glossy karena banyak mengandung minyak dan sebagainya.

kental. tidak mengilap pada bibir.ster ini juga dapat berada dalam bentuk yang bermacam-macam. isostearil neopentanoat dan miristil laktat &ester yang dapat meleleh pada suhu kulit' dan banyak lagi lainnya. bertekstur lembut. mempunyai nama resmi %-metil etil heksadekanoat. tersedia dalam bentuk stik. tapi mengandung pelembab dan memberi e/ek halus pada bibir. Minyak !elarut utama dalam produk lipstick yaitu minyak. (). Matte 1ipstik yang tahan lama. . Salah satu 8at yang sering digunakan dalam produk lipstik yaitu isopropil palmitat. /at yang Terkandung dalam lipstik %'. agen pembuat tak berkilau &mati/ying' dan penambah S!I &Sun !rotection Iactor'. mengandung pelembab dan memberi e/ek berkilau. 1ip $are atau 1ip Gitamin 9aitu treatment campuran antara pewarna bibir dan #itamin bibir yang dikemas dalam bentuk stik. penambah licin./eknya tidak begitu mengilap dan berminyak seperti lip gloss. Minyak ini menentukan seluruh si/at dari produk lipstik. 4. "sopropil !almitat merupakan ester dari isopropil alkohol dan asam palmitat. !ersentase tabir surya yang digunakan tergantung pada senyawanya dan S!I produknya. mudah masuk ke dalam kulit dan lain-lain. -. pelembab. .ster dapat pula berupa senyawa akti/ seperti tabir surya &oktil metoksisinamat'. . pasta. dikemas dalam bentuk stik atau krim padat. pemberi kilau. Minyak ini ber/ungsi sebagai emollient &mempermudah penyebaran atau pengolesan'. Cumus empiris isopropil palmitat adalah $%7 )+A( .ster adalah produk reaksi antara alkohol lemak dan asam lemak. dan encer. dapat padat. @imungkinkan banyak sekali kombinasinya untuk membentuk si/at yang dapat dirasakan pada bibir.. Beberapa ester yang dapat digunakan adalah isopropil palmitat. Biasanya senyawa yang digunakan adalah ester.

c!' pada (4 J$. &tikus. dan bersi/at kental. Toksikologi isopropil palmitat diketahui berdasarkan si/at sebagai berikut0 1@4. Semuanya menambah perbedaan karakter dari lipstik dan memberikan si/at-si/at /ungsional seperti yang tercantum dalam labelnya.. "sopropil palmitat larut dalam aseton. Berat molekul isopropil palmitat sesuai dengan rumus kimianya adalah (7+. dan tidak dapat berubah menjadi tengik. Minyak lain yang dapat digunakan adalah minyak alami yang diperoleh dari tumbuhan.% gKkg. Suhu didih isopropil palmitat adalah %5. Suhu penyimpanan disarankan diatas %5 J$. kloro/orm. Giskositas yang terukur adalah antara 4 sampai %. isostearil neopentanoat dan miristil laktat dapat memberikan karakteristik yang diperlukan dalam sebuah lipstik.s &4. apokat. wijen.dengan rumus struktur $ )&$ ('%-$AA$ &$ )'(. dan bedak. lipstik. dan 1@4. dan air. *.adar penggunaan isopropil palmitat dalam produk lipstik biasanya sekitar ). karena maeri ini memang sensiti/ terhadap cahaya. !enyimpanan isopropil palmitat menuntut kondisi yang gelap. atau biji-bijian lainnya. kulit' lebih dari 4 gKkg. jagung. biji makadamia. "sopropil palmitat mudah larut dalam pelarut nonpolar. gandum. minyak mineral. . dan umumnya isopropil palmitata ini memadat pada suhu di bawah %5 J$. 1@4. J$ pada (55 !a &( mm g'. !ersentase dari ester dan minyak lainnya dapat sangat tinggi bahkan kadang jumlahnya hampir menyamai pelarut yang digunakan. propan-(-ol. Secara umum isopropil palmitat merupakan materi tidak beracun dan tidak melakukan iritasi. namun demikian disarankan tempat penyimpanannya tertutup dengan baik. &kelinci. "!' sebaesar . Minyak lanolin yang diperoleh dari lemak wool dapat juga digunakan. m!a. oral' lebih dari 4 gKkg. &mencit. ('. <plikasi isopropil palmitat umumnya sebagai emolien dengan karakteristik penyebaran yang baik. Secara luas produk ini digunakan dalam produk kosmetika. minyak sayur. tidak berbau. seperti sabun cair.%. Titik beku terukur antara %) sampai %4 J$. glikol. produk perawatan wajah. krim. produk perawatan rambut.4%. @apat berupa minyak yang didapat dari 8aitun.ster-ester seperti isopropil palmitat. serta hidrokarbon aromatik dan ali/atik. deodoran. "sopropil palmitat menuntut resistan terhadap oksidasi dan hidrolisis. etanol etil asetat. . !ada prinsipnya isopropil palmitat tidak larut dalam gliserin. Malam &Wa3' . !ada suhu ruang isopropil palmitat merupakan cairan jernih tidak berwarna sampai berwarna kekuningan.

palmitoleate. 50%. mudah patah. dan rantai panjang dari oleate ester &karbon ). hydo3ypalmitate. $arnauba dan Beeswa3.-(4* tergantung pada . . Beeswa3 sangat baik untuk mencegah kerutan. al ini merupakan unsur utama untuk membuat lipstik yang baik. &$ 5. komponen ini merupakan bahan perekatnya yang akan menghasilkan struktur kristal yang kuat. Beeswa3 terbuat dari bee honeycomb yang mengandung carbon chains seperti $(dan $)5 dan juga bahan-bahan wa3 lain seperti $arnuba wa3 yang didapat dari sejenis daun Bra8illian palm tree. Semuanya adalah malam alami.-)(' ali/atik alkohol dengan perbandingan dari triacontanypalmitate $ &$ ( %) ( (7 ' A-$A- ' $ ) ke asam cerotic $ ) &$ ( (- ' $AA . Bahan-bahan tersebut direbus dengan air yang sudah dicampur dengan asam sul/ur. Biasanya berkisar antara %. Cumus empiris dari beeswa3 yaitu $%4 4% $AA$). yang pada suhu tertentu akan tersaring di permukaan rebusan. ada juga jenis wa3 yang disebut $andelila wa3 yang bisa ditemukan di Me3ico. Tetapi jika terlalu banyak akan membuat lipstik menjadi rapuh. yang kemudian bahan inilah yang dibuat menjadi lipstik.onsentrasi malam dalam produk dapat ber#ariasi tergantung pada seberapa padat produk akhirnya dan berapa harganya.Struktur wa3 yaitu 0 Henis wa3 yang biasa digunakan sebagai bahan dalam membuat lipstick 0 • • • $andelila wa3 $arnauba wa3 Beeswa3 Malam atau wa3es. "tu terdiri dari palmitate. $andelilla dan $arnauba akan menghasilkan perekatan dan kilau yang kuat. Malam yang paling umum digunakan adalah $andelilla.

putih &TiA(. putih &LnA. pigmen anorganik'.. orange &$. )'.. pigmen anorganik'. !ewarna Terdapat banyak pewarna yang digunakan baik organik maupun anorganik untuk mendapatkan perbedaan warna yang diinginkan pada lipstik. Bisa bermacam-macam tergantung pada jenis. %4+4. dan kualitas aroma yang dipilih. 1emak tengkawang .4* tergantung pada si/at produk yang tertulis pada labelnya. !engurangan jumlah malam akan membawa produk lebih ke arah jenis lip gloss.kekerasan dan titik lebur malam yang dipilih. B. <da lagi aroma yang membuat produk lebih disukai ketika digunakan. .".'. <da juga senyawa larut dalam minyak seperti #itamin <. Senyawa-senyawa ini digunakan masing-masing sekitar . !ewarna bisa sekitar --4* sampai %4-(.* tergantung pada merek dan tren /ashion. 4'. Mutiara dan pigmen bere/ek lain juga dipakai untuk menambah cahaya dan gemerlapnya lipstik. dan $ yang ber/ungsi sebagai antioksidan dan senyawa penjerap radikal bebas. !ropil parabean dan Gitamin !engawet dan antioksidan biasanya ditambahkan pada lipstick karena /ungsinya dan biasanya memiliki konsentrasi tidak terlalu tinggi. * Titanium dioksida % * -'. Fkuran partikel pigmen yang digunakan sekitar )-4 micron.". Terdapat juga pewangi yang bisa sebagai karakteristik mereknya atau digunakan pada tingkat rendah hanya untuk menutupi rasa dan bau malamnya. harga. -4)6.'. <da pengawet yang berupa senyawa larut dalam minyak misalnya propil paraben atau /enoksietanol. Beberapa pewarna yang dapat digunakan untuk lipstik adalah merah &$. Biasanya persentasi yang digunakan 0 • • • • Staining dyes &warna baku' (-) * !igment larut minyak ( * !igment tidak larut +-%.

asil optimum didapatkan dengan pengeringan menggunakan o#en tipe rak pada suhu 4. minyak jarak.. Iormulasi dasar lipstik didahului dengan menentukan kemurnian bahan yang dipakai. malam o8okerit. Selanjutnya dicari nisbah malam karnauba dengan o8okerit. $iri lemak tengkawang yang dihasilkan hampir sama dengan ciri lemak kakao.cm( selama . Bungkil sisa kempaan selanjutnya diekstraksi dengan pelarut heksana teknis selama 5 jam dan pengecilan ukuran %5 mesh. serta menempel dengan baik.J$ selama %.J$ selama (+ jam yang menghasilkan kadar air +. dan pelarutan.* sebanyak . dan lemak tengkawang. metode degumming dilaksanakan dengan asam. Selanjutnya biji kering ini diekstraksi.J$ dan tekanan %-. didiamkan selama (.-(4* dari harga lemak kakao. Fntuk pembuatan bahan lispstik. nisbah malam kandelila dengan malam o8okerit. dicusi dengan air. telah diperbaiki metode ekstraksi dengan cara pengempaan.* dengan campuran yang sama. dilakukan analisis /os/olipid dan degumming terhadap lemak.tahun dengan lipstik berbentuk batang. yaitu (. menit. $ampuran lemak dan asam dipanaskan pada suhu +. oleh karena itu lemak ini berpotensi sebagai cocoa butter substitute &$BS'.-5. @ata primer dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada para konsumen lipstik dan melalui pengamatan. Metode degumming terbaik ialah metode dengan asam sitrat (. Fntuk memperoleh lemak.4*.-5. kg. perebusan. Bahan-bahan yang dianalisis ialah malam &wax' kandelila. biji tengkawang dikeringkan. Segmentasi pasar dikaji dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Berhubung kandungan /os/atidil kolina kurang dari 44*. lalu gum dipisahkan dari lemak. !enggunaan lemak tengkawang merupakan alternati/ yang baik dalam pembuatan kosmetik yang selama ini banyak menggunakan lemak kakao. !otensi ini sangat menguntungkan secara ekonomis karena harga lemak tengkawang jauh lebih murah. malam karnauba.1emak tengkawang mempunyai ciri mirip dengan lemak kakao. Segmentasi produk lipstik yang dihasilkan ialah untuk pelajar dan mahasiswa yang berusia %4-(. @ari tiga cara estraksi yang dicobakan. Biji dikempa menggunakan mesin kempa panas pada suhu 4. yakni cara pengempaan.menit. warna muda dan terang.)* &bKb' dibandingkan yang menggunakan asam /os/at (. menit. dan menentukan suhu proses .

dan +* &bKb'.)*. titik cair.J Be merupakan perlakuan terbaik yang menghasilkan lemak netral dengan rendemen +7. !emucatan lemak tengkawang dilakukan dengan menggunakan ( jenis lempung akti/. bilangan iodin. !enambahan lemak tengkawang pada /ormula lipstik berpengaruh nyata terhadap kekerasan lipstik dan berpengaruh sangat nyata terhadap titik leleh lipstik. !enggunaan lemak tengkawang sampai 4.%)* dan bilangan peroksida -. bilangan asam %. Sebaliknya pigmen hanya berpengaruh sangat nyata terhadap titik leleh lipstik.J Be pada suhu 6. !roses ini dilakukan dalam kondisi #akum pada suhu %(. :amun interaksi antara kedua perlakuan ini tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap kedua ciri lipstik tersebut.J$ selama ). +J. dan %. masing-masing pada konsentrasi %. !erlakuan yang paling e/ekti/ dan e/isien untuk menghasilkan lemak tengkawang pucat ialah dengan menggunakan bentonit (* dengan nilai transmitan sebesar +6.-4*. yaitu netralisasi lemak tengkawang. Tahapan berikutnya terbagi atas tiga bagian.64*'. netralisasi lemak tengkawang dengan :aA %. dan 4* &bKb' dan pigmen dalam jumlah 5. %. bilangan asam.&asam lemak bebas M .* dalam /ormulasi dasar lipstik masih memungkinkan.J$ selama %. pemucatan &bleaching' lemak tengkawang dan /ormulasi lipstik menggunakan lemak tengkawang dan pewarna alami. @alam /ormulasi lipstik menggunakan pigmen alami ini ditambahkan lemak tengkawang sejumlah ). menit.. !enggunaan lemak tengkawang dalam /ormula lipstik pada tahap penelitian ini dikombinasikan dengan penggunaan pigmen yang dihasilkan dari Porphyridum cruentum sebagai pewarna alami. @ari campuran bahan tersebut telah dibuat tiga /ormula dasar lipstik. @engan demikian dapat disimpulkan bahwa /ormulasi lipstik yang paling baik ialah yang .4. kadar asam lemak bebas .. dan (*.pembuatan dan suhu penuangan ke dalam cetakan. :etralisasi dilakukan dengan menggunakan larutan kaustik soda pada konsentrasi 4J.%6. menit. bilangan peroksida. -. :etralisasi dengan ) tara/ konsentrasi larutan kaustik soda ini hanya memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap rendemen lemak netral yang dihasilkan.-. yaitu bentonit dan sepiolit. dan kejernihan lemak netral yang dihasilkan. namun tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air. Berdasarkan hasil analisis terhadap semua parameter yang diukur. 6.

Meningkatkan kepercayaan diri. Bibir yang kurang baik akan disamarkan atau disembunyikan. • • Memberikan warna pada bibir. Monoalkanoamida %.menggunakan lemak tengkawang sebanyak )* &bKb' dengan penambahan pigmen alami dari P. ). 1ecitin %('. membuat kita harus semakin waspada karena bayak merek kosmetik yang memaki bahan kimia berbahaya dalam . Silikon wa3 ()0 $an'aat Lipstik %. cruentum sebanyak +* &bKb'. !olietilen glikol &carbowa3' 7'. ()1 a#aya Lipstik Semakin banyaknya merek lipstik yang beredar di pasaran. 4. 2likol +'. -.' !ara/in cair %%'. Melindungi bibir dari kekeringan. 5'. Bibir yang lebih tipis dapat dibuat tampak lebih tebal dan sebaliknya. Membuat wajah terlihat lebih /resh (. menjaga kelembaban bibir dari penyebab kekeringan. 1emak alkohol 6'.

dalam penggunaan warna( yang didapat dari batubara-tir ini akan menyebabkan gejala( seperti mual. diketahui lead sebagai bahan logam yang menyebabkan kanker. Bahan kimia berbahaya tersebut adalah 0 %. ). Setelah dilakukan penelitian justru merek-merek terkenalah yang memiliki kandungan lead tertinggi. Bahan berbahaya tersebut dapat menimbulkan e/ek negati/ bagi kesehatan. kecapaian. Tidak ada orang tahu bahwa warna sintetis dalam lipstik itu didapat dari aluminium jadi seperti warna-warna danau &lakes colors'dan minyak ter &dari batubara' yang akan menyerap di dalam tubuh dan mengganggu organ( tubuh lainnya. udara yang dihirup dan air liur yang di telan. 1ead 1ipstik diketahui memiliki kandungan 1ead yaitu suatu bahan logam yang berguna untuk menjaga agar lipstik tahan pengoksidan udara atau tahan air (waterproof). 1ipstik menjadi lebih tahan lama di bibir dan itu merupakan pengaruh lead sebagai bahan logamnya. Salah satu cara untuk mengetes apakah terkandung lead atau tidak pada lipstick yaitu dengan cara0 . kepala pusing. B < &Butylated ydro3yanisole' 9aitu Sintetis antio3idants sama dengan bahan pengawet yang dipakai untuk campuran. Semakin tinggi kandungan lead.Fntuk indi#idu yang sensiti#e. namun ternyata juga berbahaya bagi makanan yang akan di konsumsi. (. Sedangkan batubara memproduksi kanker ini adalah hasil dari laborat test binatang. <luminium jadi seperti warna-warna danau &lakes colors' dan minyak ter &dari batubara'. perubahan pikiranKperasaan. semakin besar juga resiko terkena penyakit kanker jenis apa saja. atau gejala( alergi. Tidak hanya berbahaya bagi bibir. pada umumnya penggunaan bahan pengawet pada lipstick adalah salah satu 8at yang menyebabkan kanker. paling tidak melewati 8at ataupun gas ammonia yang hasilkan dari lead tersebut.proses pembuatan lipstik. problem kulit. @alam dunia kedokteran.

!aparan Codamin B dalam waktu yang lama &kronis' dapat menyebabkan gangguan /ungsi hati K kanker hati. dll. lipstick. &Chodamin B' dan Merah . dalam bentuk larutan berwarna merah terang berpendar &ber/luorescensi'. Codamin B seringkali disalahgunakan untuk pewarna pangan dan kosmetik. berwarna merah keunguan.%. dan kertas.. + 0 %44+4' Struktur Chodamin Chodamin B merupakan pewarna yang dipakai untuk industri cat. -. tidak berbau.) &$" !igment Ced 4) 0 @&$ Ced :o.. tekstil. Bahan pewarna Merah .• • • 2oreskan lipstik beberapa kali ke tangan 2unakan cincin emas. Lat warna ini dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan merupakan 8at karsinogenik &dapat menyebabkan kanker' serta Chodamin dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada hati. misalnya 0 sirup. maka diketahui lipstik <nda mengandung logam lead yang tinggi. Codamin B biasanya terdapat pada . Codamin B merupakan 8at warna sintetis berbentuk serbuk kristal. minimal %+ karat lalu sapukan ke goresan lipstik tersebut Hika warna lipstik berganti menjadi warna yang lebih gelap atau kehitam-hitaman dan kusam.

lipstik yang berwarna merah mencolok. Mewarnai bibir dengan rata. al ini disebabkan pada lokasi pemakaian jenis kosmetika tersebut yaitu mulut dan kelopak mata. blush on &pemerah pipi'. merupakan daerah yang paling sensiti#e terhadap pemakaian pewarna tekstil. @iketahui bahwa pada tikus yang diberi Chodamin B selama seminggu berturut-turut adanya peningkatan berat hati. akan berpengaruh pada pengurangan asupan makanan dan minuman.ematian mungkin terjadi karena asupan gi8i makanan dan minuman sudah tidak sesuai atau sangat sedikit dengan kebutuhan tubuh. perlu diingat dalam pembuatan 8at warna organik sebelum mencapai produk akhir harus melalui senyawa-senyawa antara terlebih dahulu yang kadang-kadang berbahaya dan kadang-kadang tertinggal pada hasil akhir atau mungkin dapat terbentuk senyawasenyawa baru yang berbahaya bagi kesehatan manusia. !ada akhirnya akan berpengaruh bagi buruknya kesehatan. . Hika mulut mengalami peradangan. ()2 Persyaratan lipstik yang baik : %.hususnya e/ek Chodamin B pada mulut dapat menimbulkan iritasi sampai dengan terjadi peradangan. !engaruh atau e/ek samping yang ditimbulkan dapat dijelaskan karena proses pembuatan 8at warna sintetis biasanya melalui perlakuan dengan pemberian asam sul/at atau asam nitrat sering terkontaminasi oleh logam berat yang bersi/at racun. dll. (. al tersebut didukung oleh suatu data penelitian pada tikus. @i samping itu. ). tidak diabsorpsi oleh kulit dan tidak mengiritasi kulit. Warna harus tahan di bibir tetapi juga mudah untuk dihilangkan ketika diinginkan. . Tidak toksik. !erubahan berat tersebut diikuti perubahan anatomi berupa pembesaran organnya. . antara lain dapat menimbulkan gangguan pada saluran pencernaaan. al ini terjadi karena Chodamin B menumpuk di lemak sehingga dalam jangka waktu yang lama jumlahnya terus bertambah di dalam tubuh dan dapat menimbulkan kerusakan pada organ tubuh sampai mengakibatkan kematian. ginjal dan limpa. Chodamin B dilarang digunakan untuk produk kosmetika khususnya lipstik dan perona mata. lipstik yang water proo/ &tahan air'.

. pecah-pecah dalam kemasan selama penyimpanan. minyak dan lemak.-.%5 ons lanolin. Terakhir tambahkan kedalam wadah . Terakhir tambahkan . 5.. . ()3 Pembuatan Lipstik 1ipstik dibuat dengan melelehkan bahan pembawa lipstik dan 8at warna kemudian dicetak menjadi stick yang dapat dimasukkan kedalam tabung.+ ons. dan . Tahap ( 2unakan pemanasan yang kecil. mengeras. Tidak meleleh. kocok .. sebagai basis digunakan campuran wa3. arus cukup keras. <duk sampai merata dengan baik dan sampai semuanya meleleh.. dengan corak warna sesuai keinginan. 4. panaskan bahan-bahan dan campurkan serbuk yang sudah dihancurkan sebelum disimpan dalam wadah. yaitu sebagai berikut 0 Tahap % Tuangkan (..+ ons minyak castor ke dalam panci kecil pada kompor. !ermukaan lipstik lembut.)5 mika putih atau beberapa pigmen untuk mengatur warna abu atau corak atau 8at untuk menghasilkan e/ek pengerasan. caampuran oksida besi bubuk. mika dan pigmen @ dan $ dengan benar.4 ons lilin carnauba pada wadah dan aduk sampai merata. 2unakan termometer untuk mengawasi temperature..4 ons bees wa3 pearls ke dalam wadah dan lanjutkan pengadukan sampai panas. Sedikit demi sedikit tambahkan ...5 ons minyak #itamin . lembut dan mudah dioleskan pada bibir. <dapun pembuatan lipstick secara singkat terdiri dari ) tahap. tambahkan . warna homogen dan bebas partikel kasar.

Blush-An0 !ilih warna deep rose. apricot.Tahap ) !indahkan dari pemanasan dan tambahkan sedikit butiran-butiran sari biji jeruk besar dan tuangkan sedikit minyak rasa alami. Warna yang digunakan adalah warna yang paling mendekati warna kulit &seperti :atural Beige'. <gar make-up tidak tampak NberatE.ulit gelap cenderung terlihat berminyak karena e/ek pantulan cahaya dari kulit itu sendiri.wine. Biarkan hingga mengeras. dan warna-warna seperti bron8e.ye Shadow0 indari warna-warna yang terlalu terang. gunakan sentuhan nuansa warna gold agar terlihat lebih glamour. gunakan warna rose pink untuk pesta siang hari. Saat masih cair tuangkan kedalam tabung lipstick atau cetakan. karena mata akan tampak sayu tanpa pemakaian benda yang satu ini.plum.gold. Mascara0 Hangan lupakan pemakaian mascara. & wine untuk pesta malam hari. $obalah warna 0 grey. kocok dengan baik. Ioundation0 !ilih jenis Nwater-basedE &berbahan dasar air'. Bedak0 . Fntuk kulit sangat gelap.bron8e. 9ang perlu diingat jika memiliki kulit wajah yang berminyak. coral & deep orange. Tips dan Trik Make-up Wajah $ewek itam Manis ini dapat juga diterapkan untuk make-up sehari-hari.purple &warna atrakti/'. Warna 0 sil#er. . 2unakan warna yang sedikit NberaniE seperti na#y atau dark purple. gunakan blush-on berbentuk bubuk &powder'. yang dapat membuat wajah terlihat lebih N/reshE serta berguna untuk mengontrol kadar minyak. gunakan sedikit bedak bayi setelah menggunakan /oundation. Fntuk kesempatan yang special.brown &warna so/t'. Warna biru tua. Miliki juga bedak warna NtranslucentE. . & terra-cotta &warna shimmer'.

T5itter S#are: %6.. Memilih bahan alami dapat membuat kesehatan <nda tetap terjaga. pilihlah lipstik yang terbuat dari bahan alami. <gar bisa mendapatkan kesan eksotis. Warna-warna lain yang bisa dijadikan alternati/ adalah 0 copper.bron8e. "n/ormasi selengkapnya. $ontohnya. dan sekitar atas bibir. blackberry. $ontohnya. dan gliserin.wine. pilihlah lipstik dengan kandungan seperti #itamin . pelembab pun dapat . Terbaru: De4#a7are)4om API <kse ke @echa$are. Fa4ebook S#are: %-.coral. dan tentukan salah satunya.Fntuk pesta malam hari.. !ilih yang mana yang akan lebih ditonjolkan. chestnut ataupun maroon. akan lebih baik jika warna eye shadow lebih NredupE dari warna lipstick. asalkan tahu Tips dan Trik Makeup Wajah $ewek itam Manis yang tepat. NThe Balancing CulesE0 9ang perlu diingat adalah dominasi salah satu unsur. Bahkan. caramel. serta red. ighlighter0 Ber/ungsi untuk mempercerah rona kulit wajah anda. perhatikan cara memilih dan memulas lipstik.burgundy. anda dapat mengkombinasikan ( warna &blending' sehingga akan didapatkan warna-warna yang paling sesuai dengan warna kulit anda serta lain dari yang lain. selanjutnya @echa$are. gunakan warna lipstick yang lebih gelap namun tampak intense seperti #iolet atau /uschia.Oedye3elro8e. Rating: 66666 In'ormasi De4#a7are)4om Anggota De4#a7are)4om Da'tar sekarang 89RATIS: @a/tarkan email <nda. Menggunakan lipstik yang tepat akan membuat penampilan wanita terlihat lebih QDhidupQD dan bergairah. Selain itu.com <!" bagi de#eloper website in/ormasi kesehatan. Hika warna yang digunakan nampak terlalu terang.. aloe. campurkan dengan lipstick warna kecoklatan. di atas tulang pipi. hidung.com akan mengirim in/ormasi pilihan <nda ke email <nda. memiliki kulit gelap bukan halangan untuk tampil cantik. !ilih yang bisa menonjolkan kelebihan wajah. Fntuk menciptakan pilihan warna baru. Fntuk itu. !ertama. !elembab dalam lipstik dapat membuat bibir <nda terlihat lebih segar.in/oP Tips: $emili# dan $emulas Lipstik Label: lipstik. pilihlah lipstik yang memiliki kandungan pelembab. gunakan warna apricot.2unakan di sekitar mata.1ipstick0 indari warna-warna pucat &nude'. Diba4a: -6-) kali. @okumentasi @echa$are. Hadi. jika anda ingin menonjolkan warna lipstick karena bibir anda indah.com <!" selengkapnya.

sesuaikan warna lipstik pilihan <nda dengan penampilan. Sebaiknya <nda tidak memilih warna lipstik menyesuaikan tren yang sedang berlangsung. sebaiknya <nda hati-hati dalam memilih jenis lipstik. . gunakan lipstik yang memiliki warna tenang. gunakanlah lipstik yang memiliki warna-warna cerah juga. Sebab. Hangan pernah membeli lipstik yang tak memiliki kadar komposisi yang jelas.etiga. selain menyediakan lipstik-lipstik yang berkualitas. belilah lipstik di toko-toko kosmetik yang terpercaya.ini banyak tempat yang menyediakan lipstik.menjaga kesehatan bibir <nda. Salah satu pertimbangan yang tepat adalah sesuaikan dengan gaya dan kepribadian <nda. . 1ipstik tipe seperti ini dapat memberikan kesan basah pada bibir <nda. <M untuk semuanya . Aleh sebab itu. Sebab.edua. pilihlah lipstik yang memiliki komposisi yang jelas. jika <nda gemar menggunakan pakaian yang bersi/at elegan. Mulai di pinggir jalan hingga toko-toko. @emi kesehatan dan keamanan <nda. . salah memilih lipstik dapat berbahaya bagi kesehatan bibir <nda. Memilih lipstik jenis ini dapat membuat penampilan <nda segar selalu tanpa harus berulang kali memoles bibir.elima. Fntuk perempuan yang memiliki akti#itas tinggi. . belilah lipstik di tempat-tempat yang tepat.Sementara. . Hika <nda menyukai pakaian dengan warna-warna yang cerah. membuat lulur sendiri May ((.+ %0%. mereka pun menyediakan beragam pilihan. sesuaikan lipstik yang akan dipilih dengan akti#itas <nda. lipstik seperti ini biasanya cocok digunakan untuk pesta resmi sehingga memperlihatkan bibir yang basah dan memberikan kesan yang seksi.eempat. <palagi jika <nda memiliki bibir yang sensiti/.eenam. gunakan lipstik yang berdaya tahan lama. R.uk buat lulur sendiri karena selain bisa men*adikan kulit 4antik< bersi# dan se#at kita *uga ta#u kandungan apa sa*a yang terdapat dalam lulur yang kita buat sendiri< dan yang *elas tidak ada ba#an kimia tamba#an yang pastinya dapat memba#ayakan untuk kese#atan kulit kita) Selain itu ba#an-ba#anya *uga muda# didapat dan proses pembuatannya *uga tidak sulit< *adi tidak ada sala#nya kita men4oba membuat lulur sendiri di ruma# dengan ba#an-ba#an yang alami) =) Lida# buaya . lipstik yang mengandung minyak pun dapat menjadi suatu alternati/. .

) Aortel Aortel kaya akan >itamin A dan eta4aroten< mengandung @at antioksidan< lulur 5ortel berman'aat untuk men4ega# keriput< men4era#kan kulit< mengangkat sel-sel kulit mati dan memper4epat pembentukan sel-sel kulit baru se#ingga membuat kulit terasa segar dan kenyal) a#an lulur : Aortel< tepung gandum< minyak @aitun< airmineral) .Aloe>era atau lida# buaya mempunyai k#asiat yang luar biasa< selain untuk menyuburkan rambut< aloe>era *uga dapat meng#aluskan dan melembabkan kulit) !al ini disebabkan karena aloe>era mengandung lignin?selulosa yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit< mena#an #ilangnya 4airan tubu# dari permukaan kulit< se#ingga kulit tidak 4epat kering serta ter*aga kelembabannya) Selain melembabkan< aloe>era *uga berk#asiat membantu meningkatkan kadar oksigen yang berguna bagi kulit< membantu menguatkan *aringan kulit se#ingga tidak mengendur< serta membantu men4ega# penuaan dini) a#an lulur : Lida# buaya< tepung gandum< minyak @aitun< airmineral () Alpukat A>o4ado atau bua# Alpukat kaya akan >itamin %< dan mengandung omega +< se#ingga dapat men*adi antioksidan yang baik< men4ega# penuaan dini< dan sebagai pelembab kulit alami) ua# alpukat *uga bersi'at anti in'lamasi se#ingga dapat mendinginkan kulit) 7o4ok untuk kulit kering atau yang sering berada di dalam ruangan berpendingin ruangan) a#an lulur : ua# aplukat matang< tepung beras mera#< minyak @aitun) +) engkuang Lulur bengkuang berk#asiat untuk men4era#kan 5arna kulit se#ingga tampak lebi# puti#?terang) engkuang memiliki si'at kimia5i dan 'ermakologis yang manis< dingin< se*uk< se#ingga memiliki k#asiat mendinginkan kulit) Kandungan antiseptik dalam bengkuang mampu mengatasi gatal-gatal di kulit< selain itu lulur bengkuang *uga mengen4angkan kulit se#ingga kekenyalannya dapat ter*aga) Kandungan kimia bengkuang adala# pa4#yr#i@on< rotenon< >itamin = dan 7) 7ampuran *eruk nipis dalam lulur bengkuang menyegarkan kulit< dan oli>e oil nya melembabkan) a#an lulur : engkuang < tepung gandum< *eruk niipis< Airmineral< minyak @aitun) .

0) 7oklat Lemak 4oklat atau 4o4oa butter yang terkandung dalam lulur 4oklat berk#asiat melembutkan< meng#aluskan kulit) Lulur 4oklat *uga dapat memuti#kan?men4era#kan kulit) Selain itu adanya katekin 84ate4#in: yang merupakan antioksidan yang kuat yang ada dalam 4oklat dapat men4ega# penuaan dini< men4ega# keriput< dan melindungi kulit dari polusi men*adikan kulit ber4a#aya dan a5et muda) a#an lulur : 7oklat bubuk< tepung bengkuang< tepung gandum< minyak @aitun< airmineral) 1) kopi ubuk kopi yang digosok-gosokkan akan mengeluarkan minyak< se#ingga lulur ? s4rub kopi dapat meng#aluskan kulit< membuat kulit lebi# 4era#) $eng#ilangkan lela# pada kulit< memperbaiki sirkulasi "( dan peredaran dara# tepi) Antioksidan yang terdapat dalam kopi dapat men4ega# penuaan dini< memper4epat pengelupasan sel-sel kulit mati) Kulit men*adi 4era#< lembab< #alus) a#an lulur : Kopi bubuk< tepung gandum< minyak @aitun< airmineral 2) Te# #i*au Te# #i*au terkenal dengan k#asiatnya yang mengandung antioksidan polyp#enols< >itamin 7 dan %) Lulur te# #i*au menutrisi kulit< melan4arkan peredaran dara# tepi< berk#asiat men4ega# penuaan dini< menyegarkan kulit< melindungi kulit dari polusi) &itamin 7 nya men4era#kan kulit< dan >itamin % nya melembabkan) Lulur greentea dapat digunakan untuk men4ega# *era5at< meng#ilangkan 'lek-'lek #itam) Ae5angiannya menenangkan< 4o4ok untuk relaksasi) a#an lulur : Te# #i*au< tepung beras< tepung ka4ang #i*au< tepung ka4ang kedelai< minyak @aitun< Sari unga $elati 3) Susu Susu kaya akan @at asam beta #ydroBy alami< 4ampuran susu dalam lulur ini tidak sa*a berguna sebagai peeling yang mengikis kotoran dan sel-sel kulit mati tetapi *uga dapat men4era#kan kulit se#ingga terli#at lebi# #alus dan tidak bersisik) Selain itu< kandungan protein dalam susu *uga berguna sebagai suplai nutrisi yang ber'ungsi melembabkan .

sekaligus melapisi permukaan kulit agar lebi# #alus dan kenyal) Dapatkan kulit 4era# bersinar dengan lulur $ilk at#) a#an lulur : Susu bubuk 8k#usus utk mandi?lulur:< tepung bengkuang< tepung gandum< minyak @aitun< airmineral) C) Pepaya Pepaya mengandung berbagai *enis en@im< >itamin< dan mineral< diantaranya adala# en@im Papain< alkaloid karpaino< psudokarpaina< glikosid< karposid dan saponin< sakarosa< dekstrosa serta le>ulosa< >itamin A< >itamin < >itamin 7< dan &itamin %) %n@im dalam bua# pepaya sangat berguna untuk mengangkat sel-sel kulit yang tela# rusak atau mati< dan terkenal ampu# untuk mengobati *era5at) Selain itu >itamin->itamin yang terkandung dalam pepaya dapat men4era#kan< melembabkan< dan merema*akan kulit karena si'atnya yang menangkal radikal bebas se#ingga men4ega# keriput datang lebi# 4epat) a#an lulur : Pepaya matang< tepung gandum< minyak @aitun< airmineral =D) Stra5berry ua# yang satu ini banyak mengandung asam salisilat 8sala# satu *enis asam beta#idroksi: yang membantu mengen4angkan kulit:< serta >itamin < 7< %< dan K) Lulur stra5berry selain untuk mengen4angkan kulit *uga menye#atkan dan merema*akan kulit) 7o4ok digunakan #ampir ole# semua *enis kulit) Ae5angiannya yang k#as men*adikan lulur ini 4o4ok untuk terapi relaksasi) a#an lulur : Stra5berry< Tepung 9andum< minyak @aitun< airmineral Kata kun4i: lulur Sebelumnya: ayam bakar taliwang Selan*utnya : membuat yoghurt sendiri .