GANGGUAN TIC A.

Pengertian Tic adalah suatu gerakan motorik (yang lazimnya mencakup suatu kelompok otot khas tertentu) yang tidak di a!ah pengendalian" erlangsung cepat" dan erulang#ulang" tidak erirama" ataupun suatu hasil $ocal yang tim ul mendadak dan tidak memiliki tu%uan yang nyata. Tic ter agi men%adi tic motorik dan tic $ocal. Tic %enismotorik dan %enis $ocal mungkin dapat di agi dalam golongan yang sederhana dan yangkompleks" sekalipun penggarisan atasannya kurang %elas. Tic seringkali ter%adi se agai &enomena tunggal namun tidak %arang disertai$ariasi gangguan emosional yang luas" khususnya" &enmena o sesi dan hipokondrik. Namun ada pula e erapa ham atan perkem angan khas disertai 'tic(. Tiidak terdapat garis pemisah yang %ellas antara gangguan 'Tic( dengan er agai gangguan emosionaldan gangguan emosional disertai 'tic(. )iagnosisnya mencerminkan gangguan utamanya. *. +riteria menurut ),- I. T/ 0 *aik e erapa motor dan satu atau le ih $okal tics telah hadir di e erapa !aktu selamasakit" meskipun tidak selalu ersamaan. 0 Tics ter%adi erkali#kali sehari ( iasanya dalam serangan) hampir setiap hari

atause entar#se entar selama %angka !aktu le ih dari satu tahun" dan selama periode initidak pernah ada periode e as tic le ih dari tiga ulan erturut#turut. 0 Gangguan menye a kan distress yang ditandai atau penurunan yang signi&ikan dalamsosial" peker%aan atau lainnya penting idang er&ungsi. 0 1nset adalah se elum usia 23 tahun.

+lasi&ikasi Tics Gangguan Tic Transien .ocal Tic )isorder Gangguan Tic +ronisdise ut %uga $okal -otor tunggal atau e erapa atau tics $okal hadir e erapa !aktuselama penyakit. Penyakit ini cukup anyak ditemukan" dan diantaranya mempengaruhi 2 dari 288 orang dari er agai ulan erturut# turut. C.atu atau e erapa motor dan 4 atau $okal tics. Gangguan ini ukan karena e&ek &isiologis zat atau kondisi medis umum. Tic ter%adi e erapa kali sehari hampir setiap hari atau se entar#se entar selama %angka !aktu le ih dari satu tahun dan selama periode ini tidak pernahada periode tic# e as le ih dari 7 ulan erturut#turut. Terdapat gangguan penyampaian syara& dalam ahan kimia!i otak yang menye a kan gangguan atau perilaku tak !a%ar dari penderita yang kerap dise ut 'ticks(. 1nset adalah se elum usia 23tahun. +riteria tidak pernah ataumotor kronis atau . Gangguan ini ukan karena e&ek &isiologis zat ertemu untuk gangguan Tourette . Tic ini ter%adi erkali#kali sehari" hampir setiap hari selama sedikitnya 5 minggu" tetapi tidak le ih dari 26 ataukondisi medis umum. 1nset adalah se elum usia 23 tahun. +riteriatidak pernah ertemu untuk gangguan Tourette.1nset adalah se elum usia 23 tahun.Gangguan ini ukan karena e&ek &isiologis zat atau kondisi medis umum.indroma Tourette Gangguan Tourette +ehadiran kedua motor erganda dan satu atau tics $okal le ihselama sakit. . Tic ini ter%adi erkali#kali sehari hampir setiap hari atau se entar#se entar selama %angka !aktu le ih dari satu tahun dan selama periode ini tidak pernah ada periode tic# e as le ih dari 7 ulan erturut#turut.0 Gangguan tidak dise a kan oleh e&ek &isiologis langsung dari suatu zat (misalnya"stimulan) atau kondisi medis umum.

Tic )isorder N1. Gangguan Tic )inyatakan Tidak )itentukan +ategori ini adalah untuk gangguandicirikan oleh tics yang tidak memenuhi kriteria untuk Tic )isorder tertentu. +asus yang le ih sering adalah penderita cenderung mengucapkan kata#kata yang sama setiap saat" dinamakan 'echolalia(. Contohnyatermasuk tics yang erlangsung kurang dari 5 minggu atau tics dengan onset setelahusia 23 tahun ).1rang cenderung mengira" penderita tic#tourette cenderung meneriakkan kata#katakurang sopan setiap saat. di entuk untuk menghalau akteri ini dapat menyerang area itu" yang menghasilkangerakan#gerakan tak terkontrol. Ciri khas terpenting yang mem edakan tic dari gangguan motorik lainnya ialah gerakanyang mendadak" cepat" seke%a dan ter atasnya gerakan" tanpa ukti gangguanneurologis yang mendasari9 si&atnya yang erulang#ulang ( iasanya) terhenti erat"mengonsumsi alkohol" kopi" dan . *e erapa kondisi erkaitan dengan persalinan %uga dapat menam ah peluangter%adinya sindroma Tourette" dengan ri!ayat keluarga pem a!a gen sindromaTourette. -isalnya" hipoksia aki at persalinan macet" erat adan lahir rendah" cederaotak aki at persalinan tak lancar" i u yang mengalami mual#muntah merokok erle ihan di trimester pertama. Tanda dan Ge%ala Ge%ala dia!ali saat kanak#kanak dan rema%a" seperti gerakan kedipan mata"menggerakan kepala tanpa se a atau menghentak#hentakkan kaki. Padahal itu hanya sedikit ge%ala sa%a yang dialami olehse agian penderita" dise ut den gan 'coprolalia(.lapisan masyarakat" angsa maupun ras. *e erapa contohuntuk gangguan $okal misalnya erdehem" mendecakkan lidah" men%erit atau merintih.

Aki$itas motorik manneristik yang tampak pada gangguan ini cenderung mencakup gerakan yang le ih rumit dan le ih er$ariasi daripada ge%ala 'tic(. . +urang eriramanya 'tic( itu yang mem edakannya dar i gerakan yang sterotipik erulang yangtampak pada e erapa kasus autism dan retardasi mental.saat tidur9dan mudahnya ge%ala itu ditim ulkan kem ali atau ditekan dengan kemauan.