Sejarah

SEA Games (Pesta Olahraga Asia Tenggara) - Pesta Olahraga Asia Tenggara atau biasa disingkat dengan SEA Games merupakan ajang olahraga yang diadakan setiap dua tahun dan melibatkan 11 negara Asia Tenggara. Peraturan pertandingan di SEA Games di bawah naungan Federasi Pesta Olahraga Asia Tenggara (bahasa Inggris: Southeast Asian Games Federation) dengan pengawasan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Dewan Olimpiade Asia (OCA). SEA Games pada mulanya berawal dari sebuah ajang olah raga bernama “Southeast Asian Peninsular Games” atau Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara yang disingkat dengan SEAP Games . SEAP Games ini sendiri pertama kali dicetuskan idenya dengan tujuan untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan antaraa negaranegara di Asia Tenggara. Ajang olahraga ini merupakan ide dari seorang wakil presiden pada Komite Olimpiade Thailand pada saat itu yang bernama Laung Sukhumnaipradit. Ide tersebut tercetus di bulan Mei tahun 1958 pada saat Asian Games ke-3 yang diadakan di negara Jepang, tepatnya di kota Tokyo. Pada saat ajang Asia Games para utusan dari beberapa negara di Semenanjung Asia Tenggara mengadakan sebuah pertemuan. Dan akhirnya pada saat itulah mereka setuju untuk mengadakan sebuah pesta olahraga sendiri di kawasan Semenanjung Asia Tenggara. Dari ide itu, terbentuklah sebuah ajang olahraga yang dinamai Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara (SEAP Games) yang akan diadakan 2 tahun sekali. Dan akhirnya diselenggarakanlah ajang Pesta Olahraga Semenanjung Asia Tenggara ini untuk pertama kalinya pada tahun 1959 di bulan Desember di kota Bangkok,Thailand. SEAP Games pertama ini diikuti oleh beberapa negara seperti Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos, Malaysia, dan terakhir adalah Singapura. Negara-negara peserta SEAP Games ini memang adalah negara pelopor ajang olahraga ini. Singapura adalah negara terakhir yang menjadi anggota pada ajang ini. Ajang olahraga ini diadakan dengan 12 cabang olahraga yang dilombakan. Selain SEAP Games pertama di Bangkok Thailand itu juga diikuti oleh lebih dari 500 atlit beserta seluruh panitia dari semua negara peserta.

SEA Games Setelah SEAP Games Sejak saat dibentuknya SEAP Games, pesta olahraga ini telah diselenggarakan sebanyak 8 kali. Dan pada saat diselenggarakannya SEAP Games ke-8 inilah para negara anggota mengadakan pertemuan untuk mempertimbangkan masuknya negara Filipina dan negara Indonesia sebagai anggota baru. Dan akhirnya pada tahun 1977 disepakatilah kedua negara ini masuk menjadi anggota baru. Dan dengan masuknya negara Indonesia dan Filipina menjadi anggota secara resmi, lalu diputuskan pula untuk mengubah nama SEAP Games menjadi SEAGF atau “South East Asian Games Federation”. Dan pada akhirnya beberapa waktu kemudian SEAGF berganti nama lagi menjadi SEA Games atau South East Asian Games (Pesta Olahraga Asia Tenggara). Pada saat SEA Games ke-10 yang diadakan di kota Jakarta Indonesia, negara Brunei Darussalam secara resmi bergabung menjadi anggota baru. Dan pada akhirnya saat diselenggarakannya SEA Games yang ke-22 di kota Hanoi Vietnam, negara Timor Leste secara resmi juga bergabung sebagai anggota termuda SEA Games. SEA Games Masa Sekarang Sejarah SEA Games cukup panjang, dengan beberapa kali mendapatkan anggota baru dan beberapa kali berganti nama. Pada saat ini peraturan pertandingan di SEA Games diatur oleh sebuah federasi yaitu South East Asian Games Federasion. Selain itu juga secara langsung diawasi oleh International Olympic Federation (IOC) dan juga Olympic Council of Asia (OCA). Sampai dengan tahun 2011 Pesta Olahraga Asia Tenggara telah diadakan sebanyak 26 kali. Ajang SEA Games yang ke-25 yang diselenggarakan di kota Vientane, Laos merupakan pesta olahraga yang spesial. Ini karena pada ajang SEA Games tahun 2009 itu juga merupakan ulang tahun ke-50 dari ajang olahraga SEA Games sejak diadakan untuk pertama kalinya di Bangkok Thailand pada tahun 1959. Dan sampai dengan saat ini pesta olahraga SEA Games yang terakhir kali diadakan di 2 kota di Indonesia, yaitu Jakarta dan Palembang pada tahun 2011. Sedangkan SEA Games untuk tahun 2013 akan diadakan di negara Myanmar di kota Naypyidaw, tahun 2015 di negara Singapura, tahun 2017 di negara Malaysia, dan tahun 2019 di negara Brunei Darussalam. Sejarah SEA Games yang panjang ini tentunya masih akan terus berkembang semakin maju dan semakin baik dari tahun ke tahun.

Cabang bulu tangkis dimainkan pada 10-14 Desember 2013. Senin (2/12/2013) siang di Gedung FX. Pada kesempatan ini. ganda putra-putri. Jakarta. yaitu tunggal putra-putri. Kami berharap peak performance para atlet ada di SEA Games yang menjadi event terakhir tahun ini. Roy Suryo. persiapan kami bukan hanya untuk SEA Games. China. dan ganda campuran. “Sejauh ini persiapan berlangsung baik dan tidak ada kendala. juga menyatakan kesiapan untuk bertarung demi Merah-Putih.” ujar Ricky. manajer tim bulu tangkis untuk SEA Games Myanmar 2013. ganda putra. Guangzhou. “Tidak ada persiapan khusus. Kalau melihat dari . Indonesia menargetkan tiga medali emas dan dua medali perak untuk dibawa pulang ke Tanah Air. jadi sifatnya continue. Senayan. dan ganda putri menjadi harapan Indonesia untuk mendulang emas. akan berangkat ke Nay Pyi Taw. Nomor ganda campuran. dengan mempertandingkan lima nomor perseorangan. Bulu tangkis sebagai salah satu cabang andalan dalam membidik medali emas. Kontingen Indonesia untuk SEA Games Myanmar 2013 resmi dikukuhkan Menteri Pemuda dan Olahraga. Sisa waktu jelang keberangkatan akan kami manfaatkan untuk menjaga kondisi kesehatan dan kebersamaan tim. Tim bulu tangkis Indonesia terdiri dari 16 orang atlet. Sabtu (7/12/2013). Dionysius Hayom Rumbaka mengepalkan tangan setelah berhasil mencetak skor saat bertemu Misha Zilberman dari Israel di babak pertama BWF World Championships 2013 di Tian-He Indoor Gymnasium. Hal ini disampaikan oleh Ricky Soebagdja. Sementara tunggal putra dan tunggal putri ditargetkan meraih medali perak. Kami siap berangkat ke Myanmar. tapi untuk beberapa turnamen lain juga. Myanmar.Kontingen Bulu Tangkis Indonesia untuk SEA Games Myanmar 2013 Dikukuhkan Badminton Indonesia Tunggal putra Indonesia. tim SEA Games juga mendapatkan suntikan motivasi dari motivator andal Andrie Wongso.

ganda putra dan ganda putri. 1993. Sementara perak dari tunggal putra dan tunggal putri” kata Ricky. Medali emas diprediksikan datang dari nomor ganda campuran.beberapa turnamen sebelumnya. hasilnya makin bagus di tiap turnamen. “Target kami adalah tiga medali emas dan dua medali perak. Sementara pasangan ganda putri Greysia . Berikut daftar tim bulutangkis ke SEA Games Myanmar 2013: Tunggal Putra: Dionysius Hayom Rumbaka. pasangan muda harapan Indonesia ini pun diprediksikan untuk bisa menggondol medali emas. Pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang kerap menjadi tumpuan Indonesia. ada peningkatan. Bellaetrix Manuputty Ganda Putra: Angga Pratama/Rian Agung Saputro. Wisnu Yuli Prasetyo Tunggal Putri: Aprilia Yuswandari. Ricky Karanda Suwardi/Berry Angriawan Ganda Putri: Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 bersama Rexy Mainaky. mantan pebulutangkis nasional yang pernah memperkuat tim SEA Games Indonesia pada tahun 1991. Hal diatas diungkapkan oleh Ricky Soebagdja selaku Manajer Tim Indonesia yang dihubungi . Angga Pratama/Rian Agung Saputro.” jelas Ricky. kali ini juga diharapkan mampu menambah pundi-pundi emas bagi kontingen Indonesia. 1995 dan 1997 ini. Riky Widianto/Richi Puspita Dili Badminton (SEA Games Myanmar) Inilah Target Tim Indonesia di SEA Games Myanmar 2013 Sebanyak tiga medali emas dan dua medali perak diincar tim bulu tangkis Indonesia pada SEA Games Myanmar 2013. Tiara Rosalia Nuraidah/Gebby Ristiyani Imawan Ganda Campuran: Muhammad Rijal/Debby Susanto.

Sudirman Cup dan World Championships.Pada SEA Games 2011. Malaysia dan Thailand diperkirakan akan menjadi penantang terberat pada ajang yang akan berlangsung di Naypyidaw. PBSI akan mempersiapkan pemain-pemainnya semaksimal mungkin. tetapi latihan memang akan lebih fokus menjelang SEA Games nanti” jelas Ricky ketika ditanya soal persiapan tim. Nomor tunggal membidik dua medali perak dari tunggal putra lewat Tommy Sugiarto atau Dionysius Hayom Rumbaka. SEA Games Myanmar menjadi salah satu dari empat fokus PBSI di tahun ini selain All England. serta tunggal putri dari Linda Wenifanetri atau Bellaetrix Manuputty.Polii/Nitya Krishinda Maheswari yang menjadi juara Thailand Open Grand Prix Gold 2013 juga ditargetkan untuk meraih medali emas. “Saat ini latihan tetap berjalan seperti biasa. Apalagi persaingan negaranegara bulu tangkis di Asia Tenggara pun semakin ketat. tim bulu tangkis berhasil menyumbangkan 11 medali bagi Indonesia yang kala itu menjadi juara umum. 11-22 Desember 2013 ini. Berikut daftar perolehan medali di cabang bulu tangkis pada SEA Games 2011 : Medali emas : Tim Beregu Putra Simon Santoso (tunggal putra) Mohammad Ahsan/Bona Septano (ganda putra) Anneke Feinya Agustine/Nitya Krishinda Maheswari (ganda putri) Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (ganda campuran) Medali Perak : Tim Beregu Putri Adriyanti Firdasari (tunggal putri) Markis Kido/Hendra Setiawan (ganda putra) Vita Marissa/Nadya Melati (ganda putri) Medali Perunggu : Taufik Hidayat (tunggal putra) Muhammad Rijal/Debby Susanto (ganda campuran) . Untuk itu.

Kaiyi Russel Ong.12 detik. Bertanding di Wunna Theikdi Aquatic Stadium. 41 perak dan 40 perunggu. Pada nomor ini. medali perak direbut atlet asal Singapura. kembali mempersembahkan emas di nomor 50 meter gaya bebas putra. kontingen Indonesia total mengoleksi 32 emas.Renang Kembali Sumbang Emas Bagi Kontingen Indonesia Kontingen Indonesia berhasil menambah satu emas di SEA Games XXVII Myanmar lewat cabang renang. Gavin Alexander Lewis yang membukukan waktu 23. Thailand saat ini masih kokoh memimpin dengan torehan 45 emas. Sedangkan Vietnam di posisi ketiga dengan 36 emas.14 detik. . Triady Fauzi. Disusul tuan rumah Myanmar dengan 38 emas. perenang spesialis gaya bebas ini mampu mencatat waktu 23. Minggu 15 Desember 2013.41 detik. Sebelumnya Triady juga merebut emas nomor 100 meter gaya bebas. 31 perak dan 35 perunggu. dengan catatan waktu 23. Myanmar. dan 44 perunggu. Perenang putra Indonesia. 47 perak. Kontingen Merah Putih masih tertahan di posisi empat dalam klasemen perolehan medali. Dengan tambahan satu emas dari cabang renang ini. 32 perak dan 41 perunggu. Sedangkan perunggu berhasil disabet perenang Thailand.

41 detik. Catatan waktu itu didapat saat mengkuti kejuaraan solidaritas Islam atau Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang beberapa waktu lalu. . Namun. Medali ini selain diperembahkan untuk negara juga untuk kebanggaan orang tua serta jajaran pelatih yang selama ini membimbingnya." kata salah satu atlet renang andalan Indonesia itu. Sebelumnya atlet asal Ciamis ini mampu merebut emas nomor 100 meter gaya bebas. kontingen renang Indonesia telah mengemas empat emas. Bidikan selanjutnya adalah Asian Games. Naypyidaw. Perenang spesialis nomor gaya bebas ini mampu mencatat waktu 23. catatan terbaik yang dimiliki saat ini adalah 22. Triady Fauzy juga menyumbangkan perak dari nomor 100 meter gaya kupu-kupu dan mampu mengungguli rekan senegaranya yaitu Glen Victor yang hanya meraih perunggu. dengan catatan waktu 23.88 detik. medali perak direbut atlet asal Singapura. Di nomor gaya bebas. Dua lainnya dipersembahkan Ricky Anggawijaya dan I Gede Siman Sudartawa.18 detik. Saya akan terus berlatih agar kecepatan bisa bertambah." kata Triady Fauzy usai menerima medali kemenangan. Menurut dia. Ahad (15/12) waktu setempat. "Saya tidak akan sampai di sini. Ia menjadi yang tercepat di nomor 50 meter gaya bebas putra SEA Games 2013 di Wunna Theikdi Aquatic Stadium.12 detik. atlet asal Ciamis ini mengaku bangga dengan prestasinya. rekornya adalah 22. Tapi catatan waktu ini belum menyentuh waktu terbaik saya. Rekor sebelumnya adalah 23. Catatan waktu Triady Fauzi bahkan dinyatakan sebagai pemecahan rekor SEA Games. Meski kurang puas.62 detik atas nama Daniel Eugenio Coakley asal Filipina yang dicetak pada SEA Games 2009 Laos. "Saya senang bisa meraih emas. Myanmar.14 detik sedangkan perunggu direbut Gavin Alexander Lewis dari Thailand dengan waktu 23.Perenang Triady Fauzi Pecahkan Lagi Rekor SEA Games Atlet renang Triady Fauzi kembali mempersembahkan emas untuk Indonesia. Kaiyi Russel Ong. Selain mengemas dua emas dari nomor gaya bebas. berdasarkan catatan yang ada. Dengan bertambahnya emas dari nomor 50 meter gaya bebes.

Turun di gaya punggung. Namun upaya yang dilakukan Triady.Triady Fauzi Bawa Indonesia Sukses di Renang Triady Fauzi sumbang tiga emas dari cabang renang. .41. Selain emas dari gaya ganti estafet putra. emas dipersembahkan oleh Siman Sudartawan dari gaya punggung 100 meter dan Ricky Anggawijaya dari 200 meter gaya punggung."Saya tidak menyangka bisa meraih tiga emas. dan 4 perunggu di arena SEA Games XXVII 2013 di Naypyitaw.47. Myanmar. Indonesia tetap memimpin namun jarak dengan atlet lain semakin dekat. Selain dua dari Triady.43. Yang jelas saya senang dengan hasil ini. Siman Sudartawa. Emas terakhir Indonesia disumbang oleh Triady Fauzi dan kawan-kawan yang sukses mempertahankan emas nomor 4X100 meter gaya ganti estafet putra setelah menjadi yang tercepat di Wunna Theikdi Aquatic Stadium.Para perenang Indonesia berhasil mendulang 5 emas. kontingen renang Indonesia telah mempersembahkan lima emas. Peraih dua emas dari nomor 50 dan 100 meter gaya bebas ini langsung melesat hingga mencapai finis terdepan. Dengan tambahan emas dari nomor estafet ganti putra. Setelah itu Indra Gunawan yang turun di nomor gaya dada juga sulit terkejar oleh perenang lain.65. 6 perak. Begitu juga saat Glen Victor tampil. upaya perenang negara lain menyodok dipupuskan oleh Triady Fauzi yang turun di nomor gaya bebas. Naypyitaw. kontingen Indonesia juga mendapatkan tambahan medali perak dari nomor gaya ganti individual putri atas nama Ressa Kania Dewi. Aura kemenangan tim renang Indonesia ini sudah terlihat sejak perenang pertama yaitu I Gede Siman Sudartawa. Perjuangan untuk meraih emas ini cukup mendapatkan tekanan dari atlet lain. Indra Gunawan dan Glenn Victor akhinya berbuah emas setelah mencatat waktu 03. Senin malam (16/12). Myanmar.62 dan perunggu direbut oleh tim Thailand setelah membukukan waktu 03." kata Triady. atlet kelahiran Bali ini langsung memimpin perenang lainnya pada 100 meter pertama. Medali perak direbut oleh tim Singapura dengan catatan waktu 03.94. Namun.

Cisarua.selain Patricia Yosita. Ignatius Budi Utomo. Baik Glenn Victor dan Indra Gunawan mengaku sudah siap berlaga di Myanmar. Mereka menjalani latihan berat selama pagi sore bersama tim pelatih. Raina Saumi. Satrio Bagaskara. Para atlet tersebut sebagian besar baru saja menyiapkan diri selama dua pekan di Seruni. Tim renang Indonesia terdiri dari 23 atlet dan 9 pelatih. Sementara untuk sektor putra kita mampu bersaing karena banyak pilihan.menyiapkan diri di luar negeri seperti Glenn Victor dan Roderick Luhur yang berlatih di Singapura serta Indra Gunawan yang berlatih di Hongaria. Kavita. Enam emas yang diharapkan diraih tim Indonesia berasal dari atlet rennag Triady Fauzi Sidiq untuk nomor 50 dan 100 meter gaya bebas. Sementara perenang puteri terdiri dari Yessy V." kata Hartadi. Yosaputra. Ressa Kania Dewi. Sagita. . Nurul F. Hartadi Nurtjojo mengatakan dengan kekuatan yang ada. Monaliza. "Latihan di sana berat sekali. Iffy Nadya dan Patricia Yosita yang akan bergabung di Myanmar dari Amerika. kita memang belum dapat menjanjikan medali emas. Gde Siman Sudartawa. Myanmar. Alexis Wijaya Ohmar. Putra M. Para atlet putera terdiri dari Indra Gunawan. Desember ini mengaku siap memenuhi target menyumbangkan enam medali emas buat kontingen Indonesia. Namun ini sudah berbentuk otot semua dan siap untuk bersaing di Myanmar. Gde Siman Sudartawa di nomor 100 dan 200 meter punggung. Roderick Luhur. Beberapa perenang . "Saat ini untuk sektor puteri. Indra Gunawan untuk 100 meter gaya dada serta estafet 4x100 meter gaya ganti putera. Margarteha Kreta. Pelatih kepala nasional." kata pertenang Guntur Pratama Putera.Renang SEA Games Berharap Lampaui Target Tim renang SEA Games Naypyidaw. Kathriana Mella. Randa. Glenn Victor Susanto. target enam medali emas merupakan hal yang paling realistis. Triady Fauzi. Dennis Joshua Tiwa. Saya saja sampai berat badan saya turun 3 kilogram. Ricky Anggawijaya. Guntur Pratama Putera.

rata-rata jarak antara wisma atlet dan venue pertandingan adalah 15 hingga 30 menit. Dia mengatakan. . target medali tetap 25-30 persen dari total 452 yang diperebutkan. Sekalipun kondisi lapangan cukup menantang. Tim kontingen Indonesia telah melakukan survei awal ke Myanmar untuk melihat kondisi terakhir. Asrizal mengatakan. Myanmar baru pertama kali menjadi penyelenggara pesta olahraga negara-negara se-Asia Tenggara. Asrizal tetap optimistis atlet-atlet Indonesia bisa melakukan yang terbaik. jarak antar empat kota itu terlalu jauh untuk ditempuh dengan perjalanan darat. ke Myanmar untuk bertanding dalam SEA Games 2013 pada 11-22 Desember mendatang. “Jadi dari Jakarta atlet akan langsung diterbangkan ke kota-kota tempat cabang olahraga mereka dipertandingkan. Naypyitaw. Asrizal Tanjung mengatakan. Rabu. 13 November 2013. Jakarta. Pertandingan-pertandingan SEA Games akan diadakan di empat kota. 24 atlet renang Indonesia ditargetkan meraih 6 medali emas dalam 32 nomor di SEA GAMES Myanmar 2013. Negara ini juga baru menikmati atmosfer keterbukaan pada 2011 setelah dikuasai junta militer sejak kudeta 1962. Ketua Kontingen Indonesia. Komite Olimpiade Indonesia (KOI) akan memberangkatkan 674 atlet. yaitu Yangon. Atlet-atlet akan bertanding di 452 sub cabang olahraga. terdiri dari 394 atlet putra dan 280 atlet putri. (5/11).” ia berujar.674 Atlet Indonesia ke SEA Games Myanmar Perenang Tim Nasional Indonesia. I Gede Sman Sudartawa berlatih dalam Pemusatan Latihan nasional (pelatnas) di Kolam renang Cikini. Transportasi dari wisma atlet ke venue disediakan panitia. TEMPO/Seto Wardhana . Mandalay. dan Ngwesaung. Dalam konferensi pers di Jakarta.

83 perak dan 109 perunggu. rowing (5 emas). Sabtu 21 Desember 2013. Thailand tampil sebagai juara setelah menudukkan Indonesia dengan skor tipis 1-0 di partai final yang berlangsung di Stadion Zeyar Thiri. Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand yang keluar sebagai juara umum. voli putra yang diharapakan mampu menyumbang emas justru harus menyerah di tangan Thailand. Kontingen Tim Negeri Gajah Putih mengunci gelar juara umum untuk ke-6 kalinya sepanjang sejarah pesta olahraga antarnegara kawasan Asia Tenggara itu. Sampai Sabtu. Hingga Sabtu 21 Desember 2013. cabang-cabang yang tidak dibebani target meraih emas. 94 perak. Gelar juara umum Thailand di SEA Games 2013 ini semakin lengkap setelah cabang sepakbola menyumbangkan sekeping emas. dan 80 perunggu. Cabang tersebut adalah: atletik (6 emas). catur (4 emas) dan wushu (4 emas). Sedangkan. canoeing (4 emas). Padahal. Tidak ada sekeping emas dari cabang Taekwondo dan Judo. yaitu 120 emas untuk mengamankan posisi juara umum.Thailand Juara Umum. dua cabang tersebut diandalakan untuk mendulang banyak emas Sebaliknya. Hasil tersebut kian menambah panjang daftar kegagalan Indonesia merebut emas di cabang sepakbola SEA Games sejak terakhir kali meraihnya 1991 lalu. setelah di SEA Games 2013. Indonesia terpaut 9 emas dari Vietnam yang menempati peringkat tiga. Indonesia di Peringkat 4 SEA Games 2013 Indonesia mengoleksi 64 emas. Kekalahan dari Thailand membuat tim asuhan Rahmad Darmawan itu harus puas meraih medali perak. Thailand menggondol 107 emas. Sama seperti sepakbola. sepeda (5 emas). 21 Desember 2013 pukul 21. Tim Merah Putih hanya menempati posisi 4 dalam klasemen perolehan medali. Myanmar berada di posisi kedua dengan 84 emas. Sejumlah cabang pun kering gelar. ternyata mampu menyumbang emas. 83 perak. 61 perak dan 85 perunggu. . dan 109 perunggu. total. Kontingen Indonesia gagal mempertahankan status juara umum SEA Games. Nay Pyi Taw.00 WIB. Perolehan tersebut meleset dari target semula. Indonesia baru mengumpulkan 64 emas.

17 Desember 2013. yang menjadi juara ketiga di nomor catur kilat tradisional Myanmar perorangan dan catur kilat ASEAN perorangan. Irene kemudian kembali meraih medali emas kemarin. 14 Desember lalu. Myanmar. Rabu. di nomor catur cepat internasional individual. Susanto mengatakan. Pecatur lain yang juga mendapat dua medali perunggu adalah IM Taufik. 18 Desember 2013. Selain meraih medali emas. Emas pertama catur diraih oleh Grand Master Woman (GMW) Irene Kharisma Sukandar di nomor catur kilat internasional perorangan. target mereka hanya dua medali emas. dan lima perunggu. GM Nguyen Truong Son. ini adalah kemenangan pertamanya melawan Truong Son. "Seluruh pecatur Indonesia yang berangkat ke Myanmar mendapatkan medali!" kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi). Adapun dua medali perunggu diraih oleh Grand Master Woman (GMW) Medina Warda Aulia di nomor catur kilat internasional perorangan dan catur cepat internasional perorangan. 18 Desember 2013. Kristianus Liem.Catur Rebut Emas Keempat di SEA Games 2013 Kontingen catur Indonesia berhasil melampaui target medali yang ditetapkan untuk SEA Games 2013. Padahal. dua perak. Tim nasional catur memperoleh medali emas keempatnya di Zabuthiri Hotel. Sedangkan dua medali perak diraih oleh tim putra yang turun di nomor catur kilat tradisional Myanmar beregu dan tim putri di nomor catur cepat tradisional Myanmar beregu. Naypyidaw. Senin lalu. mereka telah memperoleh empat medali emas. Medali emas yang diraih Susanto hari ini merupakan medali emas keduanya. Hingga Rabu. Satu medali perunggu diraih oleh pasangan Farid Firmansyah dan Masruri Rahman di nomor catur transfer beregu putra. Medali itu diperoleh Grand Master (GM) Susanto Megaranto dan Candidate Master (CM) Muhammad Luthfi Ali di nomor catur transfer pasangan putra. Rabu. Susanto meraih medali emas di nomor random chess setelah mengalahkan pecatur jagoan Vietnam. 18 Desember 2013. hari ini tim catur juga meraih medali perunggu di nomor yang sama. .

terutama di nomor tangan kosong. Turun di tiga nomor." ujarnya penuh percaya diri. Sejalan dengan keinginan PBWI. harus. sekarang sudah siap. saat ini ia menyisihkan dulu memikirkan kekurangan-kekurangan yang masih ia miliki. harus. taijijuan (tangan kosong). . mulai dari medali emas SEA Games hingga kejuaraan dunia 2009 dan 2013. takutakut. dan taijijian (pedang) Lindswell menjadi andalan utama untuk meraih emas di cabang wushu. namun Lindswell punya prestasi yang mentereng." ucap pewushu manis kelahiran Medan." imbuh pewushu yang sebulan terakhir berlatih di Tiongkok. "Ini SEA Games keempat. "Pastinya mau emas. Pengurus Besar Wushu Indonesia memberinya target emas.70 dan kini ia siap meraih emas di SEA Games keempatnya di Wunna Theikdi Stadium. Dikatakan Lindswell. atlet mana sih yang nggak kepengen emas. Siapa. taolu (jurus). Selepas SEA Games barulah ia akan memperbaikinya. ini sudah lebih matang. Prestasi kemarin (SEA Games 2011) dijadiin pegangan saja.Bertanding di SEA Games sejak edisi ke-24 di Thailand 2007 lalu. sudah lebih semangat. kalau kemarin bisa maka sekarang juga harus bisa.Untuk tetap fokus. kalau dulu masih malu. Meski masih berusia 22 tahun. Prospek untuk meraih emas pasti ada kalau saya bisa tampil sempurna.Juara Dunia Wushu Siap Sumbangkan Emas di SEA Games Myanmar 2013 Gelar juara dunia wushu 2013 menjadi bekal berharga bagi Lindswell Kwok dalam mengejar emas di SEA Games Myanmar bulan ini. 7-10 Desember mendatang. "Sudah siap pastinya. Sebulan silam ia memenangi Kejuaraan Dunia Wushu 2013 di nomor Taijijian (pedang) dengan skor 9. Nay Pyi Daw. 24 September 1991 di usai acara pengukuhan kontingen Indonesia di fX Senayan. Senin (2/12). Lindswell mengaku kini sudah jauh berkembang dibanding enam tahun silam. Jakarta Pusat. Lindswell pun berniat menambah koleksi emasnya di ajang olahraga multievent terbesar di Asia Tenggara ini.

targetnya tanding. "Lebih percaya diri. Jadi kemarin ada kabar tentang bonus dan macam-macam. terlalu memperhatikan lawan justru bisa mengacaukan fokus dan membuat penampilan jadi tak maksimal. ya terserahlah lah. juara. dimantapkan aja sih. Achmad Hulaefi (Dao Shu) dan Aldy Lukman (Chanquan). mau juara berapa itu terserah juri.Lindswell juga berniat untuk menaruh fokus lebih pada penampilan diri sendir daripada memperhatikan lawan. Yang penting main sempurna nilai sempurna. Yang penting prestasinya dulu." kata pewushu bermarga Kwok ini. Jumlah ini menurun jika melihat prestasi wushu yang menyabet delapan emas di SEA Games 2011. Yang penting tujuan saya untuk bertanding dan menang. Kembali ke diri sendiri aja mental dikuatin. "Itu pasti (ingin mendapat bonus) tapi saya nggak mau serius soal itu. Jadi tidak mau itu sebagai target. ." ungkapnya penuh keyakinan.Bahkan soal bonus pun ia tak mau ambil pusing. soalnya kalau kita terlalu mikirin lawan jadi nggak fokus. Baginya. Puas dengan hasil sendiri. Lindswell mengemban misi untuk meraih empat emas. Yang lain-lain bonus segala macam itu bonus nantinya. Bersama Ivana Ardelia Irmanto (Nanquan). itu aja. Tidak dipertandingkannya nomor Sanshou unggulan Indonesia menjadi satu alasan perumusan target emas oleh PBWI.

"Kami sudah berlatih mulai November 2012 mempersiapkan event ini untuk mendapatkan yang terbaik. Namun semua itu tidak menghalangi tim untuk tetap semangat berlatih.1 km. Kali ini atas nama Kusmawati Yazid di nomor cross country dengan waktu tempuh 1. berdasarkan kerjasama Menteri Pemuda dan Olahraga. Telkom memberi dukungan terhadap tim sepeda yang berjuang di ajang Sea Games 2013 ini." ujar Sofyan.21. Diakui Sofyan ada kendala dalam persiapan yang salah satunya ada masalah pendanaan. Sejalan dengan program ini. cabang sepeda menargetkan 5 emas dari 13 medali emas yang diperebutkan. "Dukungan Telkom semoga dapat meningkatkan prestasi tim sepeda mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional ini. Medali perak diraih Wong Padklang Jutamas (Thailand) dengan waktu tempuh 1. Cabang balap sepeda mulai mendulang emas dan memperbanyak pundi-pundi medali bagi kontingen Indonesia. 2 putri) di nomor Mountain Bike (MTB).Tim Balap Sepeda di SEA Games 2013 Tim balap sepeda yang berpartisipasi pada SEA Games ke-27 di Myanmar. Kusmawati bersaing ketat dengan atlet Vietnam Dinh Thi Nhi Quynh. tim sepeda Indonesa kembali menyumbangkan emas ke dua. Ia menjelaskan. salah satunya Telkom sangat membantu dalam meningkatkan prestasi tim sepeda. Sedangkan di hari ke dua cycling competition Sea Games Myanmar XXVII 2013 Jumat (13/12). Namun akhirnya Kusmawati berhasil unggul dan berhasil menjadi juara pertama. Indonesia menyumbangkan emas dari tim relay (2 putra.43' dan perunggu oleh Dinh Thi Nhi Quynh (Vietnam) 1.20.21. Untuk itu dukungan dari berbagai pihak. Sofyan juga berharap Tim Sepeda Indonesia dapat mempertahankan juara umum seperti dalam Sea Games 2011 di Jakarta.20’. Mulai dari lap 1 sampai lap 5 dengan jarak tempuh masing-masing 4. Di hari pertama lomba sepeda pada Kamis (12/12). di ajang Sea Games 2013 ini. Menurut Sekjen PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sofyan Ruzian. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah dicanangkan program dukungan BUMN terhadap peningkatan prestasi olehragawan pada even Sea Games 2013." tambahnya. .54'.

Menurut Sofyan Ruzian. Selain itu. Bisa dimaklumi atlet kelahiran Malang ini tidak meyangka akan mendapat emas.Perolehan emas ini merupakan hasil kerja keras Kusmawati yang telah menunggu selama 10 tahun. Namun saya sangat bersyukur. Inilah emas pertama saya di even Sea Games. Indonesia hanya berhasil merebut perak atas nama Risa Suseanty.12'. Sementara itu pada Sabtu (14/12). kemenangan ini serasa mimpi jadi kenyataan. "Saya tidak menyangka menjadi juara. menduduki tempat kedua merebut perak dengan waktu 2. kembali dapat menyumbangkan emas untuk mengharumkan nama Indonesia.06' di Nay Pyi Taw. Bagi Afosma Hildan. dari nomor yang akan dipertandingkan yaitu Road Race dan BMX masih ada 8 emas yang diperebutkan. . Untuk tempat pertama dan ketiga direbut atlet Thailand atas nama Vipavee Deekaballes dan Zar Thu. "Perolehan medali sampai saat ini sudah setengah dari target. Sementara di nomor Down Hill putri. Mudah-mudah dari nomor yang tersisa nanti. Selain itu. Namun dengan percaya diri Afosma berhasil menyelesaikan lintasan down hill sejauh 1. Dengan selisih waktu hanya beberapa second. Sedangkan posisi ketiga diraih oleh Bonabol asal Thailand. perolehan medali juga bertambah dari nomor cross country putra atas nama Bandi Sugito. Afosma merasa sedikit terpengaruh dengan peroleh waktu atlet yang telah lebih awal start. berupa medali perak. lagu Indonesia Raya kembali berkumandang di arena balap sepeda menandai diserahkannya medali emas kepada atlet Indonesia Afosma Hildan dalam nomor Down Hill dengan perolehan waktu 2." harapnya." ujar Afosma.22. atlit Indonesia Purnomo. sebagai peserta yang mengambil start terakhir.200 meter ini dengan waktu terbaik. kerja keras dan latihan berat selama ini mendapatkan hasil yang memuaskan. mengingat dua hari sebelum lomba. Afosma terjatuh saat latihan dan cedera di lutut dan pinggul. Atlet asal Ciamis ini sudah mengikuti 5 kali Sea Games dan baru di Myanmar ini mendulang emas.22.

Medali perunggu Indonesia disumbangkan oleh 8 sprinter Indonesia dalam nomor perlombaan 4x100 meter estafet putra dan 4x100 meter estafet putri. atlet Indonesia yang turun di 5 nomor final hanya mampu menyumbang dua medali perunggu. Yaspi Boby. disesali oleh salah satu sprinter Indonesia. dan Muhammad Rozikin hanya mampu menjadi yang tercepat ketiga. Sementara di nomor lompat galah putra. Fadlin.75 detik. Hasil serupa diraih oleh kuartet sprinter putri di nomor 4x100 meter estafet putri Lusiana Satriani. Pada hari kedua perlombaan cabang olahraga atletik. Tri Setyo Utami. Senin (16/12). mengklaim emas dengan waktu 44. dan I Nyoman Kerni.99 detik. dari 7 nomor final. Keempatnya membukukan waktu 40. Iswandi. Keempatnya meraih medali perunggu dengan catatan waktu 45.79 detik. Hasil buruk itu. kuartet sprinter Indonesia yaitu Yaspi Boby. Sedangkan Singapura mengklaim medali perak dengan 39. Hasil dua perunggu di pagi hari menambah hasil buruk pada sesi perlombaan pagi saat tiga pelari jarak jauh Indonesia gagal mempertahankan medali emas pada SEA Games 2011 di dua nomnor jarak jauh paling bergengsi tersebut. Sedang Vietnam meraih perak dengan catatan waktu 44. sprinter Indonesia harus mengakui keunggulan sprinter Thailand yang mengklaim dua medali emas dari dua nomor bergengsi tersebut.90 meter.15 detik. Henri Setyawan harus gagal akibat tiga kali gagal melompati palang setinggi 4.88 detik. Yaspi mengaku kecewa dengan raihan itu karena ketika sama-sama berlatih di Surabaya ia dan ketiga temannya sempat bisa menembus waktu 39 detik. Niafatul Aini. Pada nomor 4x100 meter estafet putra. Thailand merebut emas dengan waktu 39.42 detik. Thailand yang dominan sejak 100 meter pertama. Di kedua nomor tersebut. .Atletik Indonesia tanpa Emas di Hari Kedua Cabang olahraga atletik gagal menyumbangkan satu pun medali emas bagi kontingen Indonesia pada hari ke-6 penyelenggaraan resmi SEA Games XXVII 2013 Myanmar.

kegagalan atlet atletik Indonesia pada hari kedua cabor atletik lebih dikarenakan adanya kesalahan strategi.000 m dan 100 m belum diperlombakan.(Ghani Nurcahyadi) . hasil yang didapat Indonesia pada hari kedua penyelenggaraan cabor atletik merupakan hasil terbaik yang diberikan oleh atlet Indonesia. Paulus mengaku masih yakin atlet atletik Indonesia masih bisa menyumbangkan banyak emas di ajang SEA Games Myanmar. Tapi ternyata ketika berlari. Paulus Lay mengatakan." tandas paulus. 10. "Seperti di nomor Maraton. nomor-nomor bergengsi lainnya seperti 5000 m. Meski demikian."Tadi juga saat mengoper tongkatnya agak kurang pasa karena yang menerima sudah berlari duluan sehingga yang mau memberikan tongkat harus ngejar dulu. Yahuza dan Nicolas Albinus Sila justru tertinggal cukup jauh yang membuat strategi perlombaan tidak berjalan. kita tadinya mengharapkan Yahuza bisa mempertahankan medali emasnya. absennya dua sprinter utama. "Franklin itu baru saja di operasi karena cedera sedangkan serafi kita fokuskan di nomor sprint individu. Franklin Ramses Burumi di kategori putra dan Serafi Anelis Unani di kategori putri ternyata memberikan pengaruh yang besar terhadap kecepapatan pelari Indonesia. manajer atletik SEA Games. Pasalnya. Di nomor estafet. Ia mengungkapkan." tutur Paulus." kata Yaspi seusai perlombaan.

Mereka mendapatkan nilai 457 dari tim juri. dan Lisman berhak mendapatkan emas setelah meraih nilai tertinggi 465. Dewa Ayu mencatat nilai tertinggi 469. dan Hein Min Lat.Pencak Silat Sumbang Tiga Emas Raihan medali emas kontingen Indonesia terus bertambah di ajang SEA Games Myanmar. Kali ini cabang bela diri pencak silat sukses merebut tiga medali emas. hanya mampu meraih perunggu setelah mengemas 450 poin. dengan raihan nilai 450. Medali perak diambil oleh kontingen Myanmar dengan timnya. Nattanin Sornsoonthorn. Arya Yuda yang meraih 465 poin sukses mengandaskan Htet Wai Hlaing dari Myanmar yang merebut perak dengan catatan poin 457. Sementara medali perunggu diperoleh pesilat tua rumah. . Awang Rahman. yang terdiri dari Htet Aung. Atlet putri Dewa Ayu Ari Partiwi keluar sebagai juara pertama saat turun di nomor tunggal artistis. yang mewakili Thailand. emas ketiga pencak silat datang dari nomor artistik beregu. yang meraih medali perak dengan nilai 451. mengalahkan pesilat asal Thailand. Muhsin Anwar Tahir. Min Khant. Medali emas kedua pencak silat direbut oleh Gusti Ngurah Arya Yuda dari nomor artistik tunggal putra. I Made Alex Dwi Putra. 13 Desember 2013. Ilyas Sadara. Khin Khin Khant. dan Juffri Junaidi dari Brunei Darussalam dengan 452 angka. Sedangkan medali perunggu diraih oleh Abdul Malik Ladi. Dalam pertandingan yang digelar di Zayar Thiri Indoor Stadium pada Jumat.

Di cabor karate. atlet wushu asal Sumut Lindswell mempersembahkan medali emas perdana bagi merah putih. Sandri Liong dan Nerry Agus Manullang masuk dalam kontingen wushu. cabor wushu memberikan penampilan gemilang. Kemudian. ''Kabar yang terakhir yang saya terima. Lindswell. Titin (hoki) dan Apriansyah (pencaksilat). Niza Juwita Wazni. Jaka Kurniawan (biliar). Lindswell Kwok. Dikatakannnya. Sedangkan. dan Jintar Simanjuntak.71. Lindswell memang menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali. diwakilkan Silvester Gober Manik dan Beby. Srunita Ginting.Tiga emas atlet Sumut untuk Indonesia Atlet Sumatera Utara yang memperkuat kontingen Indonesia di SEA Games XXVII/2013 Myanmar memberikan hasil maksimal. 2 perak. medali perunggu masingmasing didapat Niza Juwita Wazni dan Arba Sibuea (wushu). Wai Mar Tun Thein (Myanmar) 9.66 poin. untuk pelatih. Arba Sibuea. Delifinus Rumahorbo (karate). dan Indah Mogia Angkat. Sumut juga patut berbangga. Terlebih lagi. Dari perolehan medali Indonesia 45 Emas 56 perak dan 56 perunggu di ajang multievent olahraga dua tahunan itu. Dasmantua. Pada SEA Games 2011. dan atlet asal Malaysia Lu Yi Chan yang mengoleksi 9. Ini masih akan bertambah lagi. Zulkarnaen Purba (atletik). Jodis. polo air. Selasa (17/12). Basuki Nugroho (Taekwondo). Emas tersebut dipersembahkannya pada nomor Taolu Taiji Quan. Medali perak diraih Dasmantua (wushu) dan Heka Mayasari (gulat). Nova Sinaga.68. mengalahkan tuan rumah. Fadil Nasution (biliar). Deddy.” ungkap Wakil Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut Agung Sunarno. Tiga medali emas. Niza Juwita Wazni. turut dipersembahkan atlet asal Sumut. karena beberapa cabor masih bertanding. Charles Sutanto. dan 3 perunggu. mempersembahkan medali emas di cabang olahraga (cabor) wushu dan karate. Lindswell meraih poin tertinggi 9. Lindswell . Heka Mayasari (gulat). Seperti diketahui. 2 perak dan 3 perunggu dipersembahkan atlet asal Sumatera Utara. Sumut mengirimkan 29 atletnya masuk dalam kontingen Indonesia di SEA Games Yakni. dan Supriyadi (polo air). terdapat nama-nama Donny Darmawan. Erick Losardi. Indra Gunawan (Renang). Jintar Simanjuntak. di cabor wushu. Aldi Lukman. Sedangkan. atlet Sumut yang memperkuat kontingen Indonesia di SEA Games meraih 3 medali emas. Johannes.

Agung menegaskan.berhasil meraih dua medali emas pada nomor Taiji Quan dan Taiji Jian. Hal ini pun. SEA Games XXVII/2013 kita menyumbang 29 atlet. 55 perak dan 54 perunggu. 43 perak dan 52 perunggu. Indonesia Mantap di Urutan Tiga SEA Games Kontingen Indonesia memantapkan diri berada di peringkat tiga klasemen pengumpulan medali sementara SEA Games XXVII Naypyidaw.” pungkasnya. atlet-atlet pilihan yang punya dedikasi dan prestasi yang bisa menjadi pasukan merah putih. Sementara Vietnam berada di urutan dua dengan 48 emas. Artinya. 56 perak dan 56 perunggu. Dan mudah-mudahan ini kita jaga dan terus kita tambah. Di tempat pertama.” ujarnya. jadikan ini semangat. persembahan atlet asal Sumut menambah pundi-pundi medali bagi kontingen Indonesia tersebut merupakan bukti bahwa atlet-atlet yang berasal dari Sumut patut diperhitungkan. ''SEA Games XXVI/2011 di Indonesia lalu. Selasa (17/12/2013). Para pejuang kita ini sukses melampaui target dengan merebut lima emas. Sementara itu tim dayung (Rowing) Indonesia pada SEA Games 2013 Myanmar mampu meraih lima emas sehingga melebihi target yang dibebankan oleh Persatuan Olahraga Dayung Indonesia yaitu empat emas. sebagai pembuktian terbukanya peluang bagi atlet-atlet Sumut lainnya untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia dikancah internasional. ''Ini kesempatan langka. "Anak-anak berhasil membuktikan bisa memberikan yang terbaik kali ini.Indonesia mengumpulkan 45 medali emas. Target dia pada SEA Games kali ini adalah mempertahankan dua emas tersebut. Sumut dalam menyumbang atlet bagi Indonesia di perhelatan Asia Tenggara itu. Dari tahun ke tahun menunjukkan peningakatan. Terbukti pula dengan peningkatak grafik cukup signifikan. Thailand semakin jauh dengan mengumpulkan 64 medali emas. lanjutnya." kata Ketua . Atlet-atlet lain. yakni 20 atlet dan 14 atlet SEA Games XXV/2009 Laos.

" kata salah satu atlet LM 2-.05. Yang jelas nomor ini sangat berkesan karena ini paling berat. Edwin Ginanjarrudiana. dengan hasil ini membuktikan jika kontingen Indonesia berhak menyandang posisi juara umum dengan lima emas. Untuk perak direbut atlet asal Filipina Roque Jr Ayala/Alvin Amposta dengan selisih 1.61 detik. Mochamad Alidarta Lakiki. Arief/Thomas berhasil mengumpulkan dua medali emas setelah hari sebelumnya juga mempersembahkan emas pada nomor LM 4"Sebenarna kita tadi sempat hampir terkejar." kata pelatih dayung Indonesia Boudewinjin Van Opstal. Menurut dia.07. Untuk perak direbut tim Thailand dan perunggu tim Vietnam. Untuk emas nomor ini direbut atlet Singapura. Untuk perunggu direbut direbut duet Vietnam Thanh Binh Duong/Dinh Huy Nguyen dengan jarak 2. Saiyidah Mohammed Rafa'ee dan medali perunggu direbut atlet tuan rumah melalui Shwe Zin Latt. Dengan kemenangan ini. kali ini harapan untuk meraih hasil terbaik bisa tercapai.dengan catatan waktu 00.59. Di sektor putri kontingen Indonesia hanya merebut perak nomor W1x lewat Maryam Makdalena Daimoi.Yakin. Agung Budi Aji. Arief. Kepastian kontingen Indonesia menjadi juara umum ditentukan setelah kembali meraih dua emas dihari terakhir kejuaraan rowing SEA Games 2013 yang digelar di Ngalike Dam.88. M. satu perak.92. Anang Mulyana. "Kami berhasil merebut lima emas. Tapi. selama latihan tidak cukup bagus. Emas pertama dipersembahkan oleh Arief/Thomas Hallatu menjadi yang tercepat pada nomor LM 2 . dan dua perunggu dari sembilan nomor yang dipertandingkan. Khusus nomor LM 8+ sebenarnya tidak mendapatkan peluang. Ihram. tapi kami mampu mempertahankan posisi. Naypyitaw.17 detik.Umum PODSI Ahmad Sutjipto di Nyapyitaw. dan Jarudin setelah membukukan waktu 00. Ini berkat terus melakukan latihan dan persiapan yang berjalan selama dua tahun. Emas kedua kontingen Indonesia diraih lewat nomor LM 8+ dengan sembilan atlet yaitu Jamaludin. Selasa (17/12/2013): Thailand 64 55 54 Vietnam 48 43 52 Indonesia 45 56 56 Myanmar 42 39 46 Malaysia 27 25 46 Singapore 22 20 31 Philippines 14 20 25 Cambodia 5 7 13 Laos 4 7 22 Brunei 1 1 4 Timor-Leste 1 0 1 . Apalagi.07. Selasa. Iswandi. Berikut klasemen pengumpulan medali SEA Games XXVII.

lanjut Aslizar juga harus dipikirkan. Rabu (13/11). 47 orang headquarter. "Sekarang kita harus tampil optimal. dan 26 ofisial ekstra. karena kita mau menghapus tren sejak 1997 2011 yang secara statistik kita hanya bisa jadi juara umum kalau SEA Games diselenggarakan di Indonesia. untuk bisa mempertahankan gelar juara umum pada pesta olahraga negara Asia Tenggara tersebut. Beberapa kondisi. dan Ngwe Saung. Mandalay. Chef de mission Kontingen Indonesia Aslizar Tanjung mengatakan Indonesia hanya akan mengikuti 452 nomor pertandingan karena tidak mengikuti cabang olahraga chinlone yang mempertandingkan 8 nomor perlombaan.Indonesia Butuhkan Raihan 125 Emas untuk Juara Umum SEA Games Kontingen Indonesia bakal mempertahankan status juara umum SEA Games 2013 dengan raihan minimal 125 emas. Jumlah kontingen seluruhnya adalah 940 orang dengan tambahan 250 orang pelatih dan ofisiaal. kontingen Indonesia akan berkekuatan 674 atlet yang terdiri dari 394 putra dan 280 putri. SEA Games Myanmar yang secara resmi berlangsung pada 11-22 Desember akan berlangsung di 4 kota yaitu Yangon. Contohnya. selain adanya kuota di beberapa cabang olahraga. Dengan cabor terbanyak ada di Naypyidaw dengan 25 cabang olahraga yang dipertandingkan. Indonesia membutuhkan lebih dari 115-125 medali emas dari 460 nomor pertandingan yang dilombakan pada SEA Games 2013 Myanmar. . "Kita sudah kehilangan 61 medali emas dari cabor yang tidak dipertandingkan tersebut. Naypyidaw. seperti 12 emas dari sepatu roda dan 9 dari panjat tebing. cabang penyumbang medali emas Indonesia di SEA Games 2011 juga banyak yang tidak dipertandingkan. cabor pencak silat dan karate yang jadi juara umum pada SEA Games 2011. Aslizar menambahkan. Pada SEA Games akhir tahun mendatang. potensi medali emas Indonesia berasal dari cabor terukur dan bela diri yang juga menyumbangkan banyak medali pada perhelatan serupa 2011 lalu. Kontingen Indonesia akan dikukuhkan pada 1 Desember mendatang dan pada 2 Desember rencananya akan dilepas secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono." kata Aslizar." ujar Aslizar di Jakarta. (Ghani Nurcahyadi).

kota Depok Telp. Cilodong.F Tugas olahraga SMP NEGERI 6 Depok jl. Mandor Samin No. (021) 8764223 .Sea Games Disusun oleh :Ratna Aryani Kelas : 9.62 Kalibaru.

Blok dari Andri dan Ayip memastikan kemenangan Indonesia atas Vietnam. 25-12. Pada set keempat. Kamis (17/11/2011). Atas hasil tersebut. Pada pertandingan penyisihan terakhir yang rencananya digelar pada Sabtu (19/11/11). Palembang." katanya. Indonesia dan Thailand menjadi tim teratas yang membukukan empat kemenangan dari empat pertandingan. tim Vietnam mencoba membalik keadaan dan selalu unggul dalam perolehan angka. permainan tim sudah baik. tim putri Thailand masih terlalu tangguh dibanding Myanmar dengan memetik kemenangan telak 3-0 (25-9. tim putri Thailand membuka peluang melangkah ke final bila memetik kemenangan atas Indonesia. "Pada set ketiga. dan 25-4). Ia mengatakan." kata Asisten Pelatih Tim Putra Indonesia Dadang Sudrajat. tim bola voli putra Indonesia lebih unggul dibanding Vietnam pada set pertama dan kedua.Tim Voli Putra Indonesia Melangkah ke Final Tim bola voli putra Indonesia memastikan langkah ke babak final SEA Games XXVI/2011. Atas kemenangan tersebut. Sumatera Selatan. Pada pertandingan babak penyisihan tersebut. Namun. 25-21. "Sudah pasti ke final. tetapi semua pemain tetap harus berhatihati agar kejadian seperti pada set ketiga melawan Vietnam tidak terulang. Pertandingan terakhir melawan Thailand pada Sabtu (19/11) juga penting. Pertandingan itu akan digelar pada Sabtu (19/11/2011). Tiket itu mereka raih setelah menaklukkan Vietnam 3-1 (25-18. pada set ketiga. Vietnam yang terlebih dulu memperoleh set poin berhasil merebut set tersebut untuk memastikan kemenangan setelah blok dari pemain Indonesia dinyatakan keluar dan memaksa dimainkannya set keempat. Yang sekarang perlu dipikirkan adalah pertandingan final yang akan berlangsung Minggu (20/11/11). . tim Indonesia kembali dapat menemukan irama permainannya dan terus unggul sejak awal pertandingan. tim bola voli Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. Pada pertandingan sebelumnya. Tim Indonesia baru dapat menyamakan kedudukan pada 23-23. 23-25. pemain terburu-buru sehingga perolehan angka tertinggal. dan 25-17) di Palembang Sport and Convention Centre.