Nama : SUDIRMAN NPM : 3333 081603 Teknik Industri

Jenis – Jenis Reaksi Kimia erdasarkan Mekanisme Reaksi : 1! Reaksi su"stitusi
adalah reaksi pada mana berlangsung penggantian ikatan

kovalen pada suatu atom karbon. Reagensia pengganti dan gugus lepas yang meninggalkan substrat dapat berupa nukleofil atau elektrofil (atau radikal bebas).

2) Reaksi adisi adalah reaksi pemutusan ikatan rangkap (pengubahan ikatan
rangkap menjadi ikatan kovalen tunggal). 3!

Reaksi #eme$a%an

a! Pir&'isis adalah dekomposisi kimia bahan organik melalui proses pemanasan tanpa atau sedikit oksigen atau reagen lainnya, di mana material mentah akan mengalami pemecahan struktur kimia menjadi fase gas. Pirolisis adalah kasus khusus termolisis. Pirolisis ekstrim, yang hanya meninggalkan karbon sebagai residu, disebut karbonisasi. "! ('ektr&'isis merupakan proses kimia yang mengubah energi listrik menjadi energi kimia. Komponen yang terpenting dari proses elektrolisis ini adalah elektroda dan elektrolit. Pada elektrolisis, katoda merupakan kutub negatif dan anoda merupakan kutub positif.
c) Hidrolisis adalah terurainya garam dalam air yang menghasilkan asam atau basa. ADA EMPAT JENIS GARAM, YAITU : 1. Garam yang terbentuk dari reaksi asam kuat dengan basa kuat (misalnya NaCl, K2SO4 dan lain-lain) tidak mengalami hidr lisis. !ntuk "enis garam yang

#leh karena pentingnya hidrogen. !ntuk "enis garam yang demikian nilai #$ + & (bersi'at basa). namun ada pula beberapa yang menggunakan sumber hidrogen alternatif! proses ini disebut hidrogenasi transfer. $ontoh reaksi hidrogenasi adalah adisi hidrogen ke asam maleat. d! )idr&*enasi adalah istilah yang merujuk pada reaksi kimia yang menghasilkan adisi hidrogen ( 2 ). idrogenasi berbeda dengan protonasi atau adisi hidrida! pada hidrogenasi. !ntuk "enis garam yang demikian nilai #$-nya tergantung harga Ka den Kb. (l2S) dan lain-lain) mengalami hidr lisis t tal (sem#urna). produk yang dihasilkan mempunyai muatan yang sama dengan reaktan. (gNO) dan lain-lain) hanya kati nnya yang terhidr lisis (mengalami hidr lisis #arsial). %eberapa aplikasi penting hidrogenasi ditemukan . idrogen beradisi ke ikatan rankap dua dan tiga hidrokarbon. Garam yang terbentuk dari reaksi asam kuat dengan basa lemah (misalnya N$4Cl. NaCN dan lain-lain) hanya ani nnya yang terhidr lisis (mengalami hidr lisis #arsial).demikian nilai #$ % & (bersi'at netral). Reaksi balik atau pelepasan hidrogen dari sebuah molekul disebut dehidrogenasi. 4. Proses ini umumnya terdiri dari adisi sepasang atom hidrogen ke sebuah molekul. Kebanyakan hidrogenasi menggunakan gas hidrogen ( 2 ). banyak reaksi"reaksi terkait yang telah dikembangkan untuk kegunaannya. Garam yang terbentuk dari reaksi asam lemah dengan basa kuat (misalnya C$)COOK. 2. Reaksi di mana ikatan diputuskan ketika hidrogen diadisi dikenal sebagai hidrogenolisis. Penggunaan katalis diperlukan agar reaksi yang berjalan efisien dan dapat digunakan! hidrogenasi non"katalitik hanya berjalan dengan kondisi temperatur yang sangat tinggi. menghasilkan asam suksinat seperti gambar di samping. ). !ntuk "enis garam yang demikian nilai #$ * & (bersi'at asam). Garam yang terbentuk dari reaksi asam lemah dengan basa lemah (misalnya C$)COON$4.

Jenis –Jenis Reaksi Kimia erdasarkan Pereaksin. farmasi. )alam polimerisasi kondensasi kadang"kadang disertai dengan terbentuknya molekul kecil seperti 2#. yaitu tahap pembentukan pusat"pusat aktif. 2.onomer yang dapat mengalami reaksi polimerisasi secara kondensasi adalah monomer"monomer yang mempunyai gugus fungsi. * +.a : 1.)a'&*enasi alogenasi merupakan reaksi substitusi atom pada ben1ena oleh golongan halogen . disebut reaksi adisi.ekanisme polimerisasi adisi dapat dibagi menjadi tiga tahap yaitu' -ahap . -ahap propagasi.nisiasi. +! Reaksi P&'imerisasi merupakan suatu jenis reaksi kimia dimana monomer" monomer bereaksi untuk membentuk rantai yang besar. yaitu tahap deaktivasi pusat aktif. idrogenasi lemak takjenuh menghasilkan lemak jenuh. &da dua jenis utama dari reaksi polimerisasi ' (. )alam reaksi ini tidak disertai terbentuknya molekul"molekul kecil seperti 2# atau * +.dalam bidang petrokimia. . #&'imerisasi adisi adalah polimer yang terbentuk dari reaksi polimerisasi disertai dengan pemutusan ikatan rangkap diikuti oleh adisi dari monomermonomernya yang membentuk ikatan tunggal. seperti gugus 0# ! "$## ! dan * +. . #&'imerisasi k&ndensasi. dan industri makanan. Reaksi pembentukan teflon dari monomer"monomernya tetrafluoroetilen. dan kadang pula lemak trans. atau $l. Polimer kondensasi terjadi dari reaksi antara gugus fungsi pada monomer yang sama atau monomer yang berbeda. -ahap terminasi. yaitu tahap pembentukan rantai le/at adisi monomer secara kontinyu.

%r..Nitrasi *itrasi merupakan reaksi substitusi atom pada ben1ena oleh gugus nitro.) halida.... maka katalis yang 4ntuk lebih memahami reaksi halogenasi pada ben1ena perhatikan animasi dari mekanisme reaksi halogenasii di ba/ah ini' . 3ika halogennya $l2. Pada reaksi ini atom digunakan adalah 2e$l+. . Reaksi ini terjadi dengan mereaksikan ben1ena dengan asam nitrat ( *#+) pekat dengan bantuan 2 5#6 sebagai katalis. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut' .seperti 2. $l. $ontoh' digantikan oleh atom dari golongan halogen dengan bantuan katalis besi (.

Reaksi ini terjadi apabila ben1ena dipanaskan dengan asam sulfat pekat sebagai pereaksi. +.4ntuk lebih memahami reaksi nitrasi pada ben1ena perhatikan animasi dari mekanisme reaksi nitrasi di ba/ah ini' 3.A'ki'asi–0riede' 1ra/t &lkilben1ena dapat terbentuk jika ben1ena direaksikan dengan alkil halida dengan katalis alumunium klorida (&l$l+) .Su'/&nasi 5ulfonasi merupakan reaksi substitusi atom pada ben1ena oleh gugus sulfonat.

2! )idr&'isa adalah suatu penguraian garam oleh air menjadi asam dan basanya. &kibatnya larutan bersifat asam dan p larutan lebih kecil dari . irolisa 7arutan yang terbentuk dari asam kuat dengan baa lemah akan mengalami hidrolisa sebagian. < = > Kh . Derajat hidrolisa (α) )erajat hidrolisa ialah perbandingan jumlah mol yang terhidrolisis dengan jumlah mol 1at mula"mula. sehingga dalam larutan 8 9 " yang berasal dari : menjadi lebih besar dari 8# ": . asam lemah dengan basa lemah a). adalah peristi/a yang merupakan la/an dari penggaraman. asam kuat dengan basa lemah 2.. Larutan Garam yang terbentuk dari Asam Lemah Basa Kuat 5eperti garam yang berasal dari asam kuat dan basa lemah garam ini juga mengalami hidrolisa sebagian. b). dari pengikatan ion konsentrasi ion 9 9 9 membentuk asam.on positif basa penyusunnya akan berikatan dengan ion # air membentuk basanya . 8garam: .an* ter"entuk dari ' (. . .. Larutan garam dari asam kuat dengan basa lemah. asam lemah dengan basa kuat +. Karena lebih kecil dari ion # " maka p larutan menjadi lebih besar dari .on sisa asam ( ion degatif) yang terbentuk cenderung mngikat ion yang berasal dari ionisasi air. Peristi3a %idr&'isa ter4adi #ada 'arutan *aram .

?ugus karboksil memberikan sifat asam dan gugus amina memberikan sifat basa.Larutan garam yang terbentuk dari Asam lemah Basa lemah. 9 dan ion # " fari air membentuk basa dan asamnya kembali. Asam amin& adalah sembarang senya/a organik yang memiliki gugus fungsional karboksil ("$## ) dan amina (biasanya "* 2 ).upi.google. .ni disebabkan karena ion postip dan ion negatif yang terbentuk cenderungberikatan dengan ion garam.c) . Sum"er – sum"er ///. %anyak sedikitnya ion positif dan negatif ditentukan oleh kekuatan asam @ basa pembentuk 6! Aminasi adalah suatu reaksi yang terjadi pada amina.com /ikipedia.org kimia.edu@utama@bahanajar@kuliahB/eb@ . ?aram yang tebentuk dari asam lemah dan basa lemah akan mengalami hidrolisa total. )alam biokimia seringkali pengertiannya dipersempit' keduanya terikat pada satu atom karbon ($) yang sama (disebut atom $ AalfaA atau <).