MAKALAH PENTINGNYA PENGGUNAAN MASKER PADA PEKERJA PABRIK PENGGILINGAN PADI DI INDONESIA

OLEH : KELOMPOK XVI MAHASISWA BARU TH 2009

UNIVERSITAS UDAYANA 28 AGUSTUS 2009

BAB I PENDAHULUAN

1.1.

Latar Belakang D Indonesia dewasa ini sudah mulai berkembang tingkat peridustrianya. Alat perindustrian yang biasanya manual dilakukan mulai ditinggalkan dengan beralih ke teknik yang lebih cepat dan efisien. Akan tetapi, disamping cepat dan efisien, masih ada efek pengikut lainnya yang tidak bisa diabaikan begitu saja, seperti misalnya penyakit yang bisa ditimbulkan baik pada pekerja maupun lingkungan sekitarnya. Misalnya saja udara. Manusia memerlukan udara untuk bernapas dan melaksanakan matabolisme dalam tubuh yang nantinya menghasilkan energi yang digunakan dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Dalam udara yang dihirup, tidak selamanya bersih. Kadang kala udara tersebut terkandung partikel pencemar yang disebut polutan. Salah satu polutan tersebut ialah berupa butiran debu yang banyak ditemukan pada industry yang ada di Indonesia, seperti misalnya industri pertambangan, pabrik semen, penggilingan padi,dan lainnya. Pada pekerja yang berhubungan dengan tepung ataupun padi keadaanya Iebih kompleks. Berbagai komponen debu padi-padian (antigen padi-padian, jamur kumbang padi, tungau, endotoksin bakteri, antigen binatang, dan debu inert) berperan menimbulkan bronchitis ataupun penyakit paru lainnya. Penyakit ini tidak seta merta terlihat efeknya pada saat itu juga, melainkan memerlukan lama tidakya pekerja terpapar debu. Untuk itulah diperlukan alat pelindung diri seperti masker untuk mengurangi resiko paparan debu di wilayah kerja industri seperti pabrik pengilingan padi. Alat Pelindung Diri ( APD ) adalah seperangkat alat yang digunakan oleh tenaga kerja untuk melindungi seluruh/sebagian tubuhnya terhadap kemungkinan adanya potensi bahaya/kecelakaan kerja. APD dipakai sebagai upaya terakhir dalam usaha melindungi tenaga kerja apabila usaha rekayasa (engineering) dan administratif tidak dapat dilakukan dengan baik.

Rumusan Masalah 1.2.1. Apakah manfaat dari penggunaan masker di pabrik pnggilingan padi ? 1.2.2. Apakah dampak jika pekerja tidak menggunakan masker di pabrik penggilingan padi ?
1.2. 1.3.

Tujuan dan Manfaat

1.3.1. Tujuan a. Untuk mengetahui manfaat dari penggunaan masker di pabrik penggilingan padi b. Untuk mengetahui dampak jika pekerja tidak menggunakan masker di pabrik penggilingan beras. 1.1.1. Manfaat a. Memberikan informasi kepada pekerja penggilingan beras mengenai pentingnya penggunaan masker pada saat bekerja b. Meningkatkan kesadaran pekerja untuk menggunakan masker pada saat bekerja.

BAB II PEMBAHASAN

A. Manfaat Dari Penggunaan Masker Di Pabrik Penggilingan Padi

Untuk mengurangi resiko pekerja terpapar debu di pabrik pengilingan padi, perlu diupayakan pencegahan secara teknis terutama yang bersifat preventif, seperti misalnya pemakaian APD dalam hal ini masker ( respirator ) yang berfungsi sebagai penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk (misal berdebu, beracun, dsb). Sehingga bisa mengurangi resiko pekerja terkena penyakit saluran pernapasan. Masker yang digunakan harus memiliki ketentuan K3L, yaitu : Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan.
B. Dampak Terhadap Pekerja Jika Tidak Menggunakan Masker Di Pabrik Penggilingan Padi

Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan oleh Arif Susanto dan Abidin Ahmad (skripsi ), Proses penggilingan padi yang dimulai dari pembersihan, pemecahan kulit, penyosohan, pemutihan dan pengayakan terakhir cukup banyak menghasilkan debu, terutama debu dari bulu-bulu padi dan lapisan sekam.Debu padi yang terhirup dan terisap oleh pekerja penggilingan padi dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi paru (FVC dan FEC1) atau penurunan fungsi paru ( volume ekspirasi paksa dan kapasitas vital )..Pada stadium lanjut dapat menyebabkan fibriosis paru yang akan menurunkan elastisitasnya sehingga mengurangi kapasitas /volume paru dalam menampung udara.

BAB III PENUTUP

3.1. Simpulan Alat Pelindung Diri ( APD ) adalah seperangkat alat yang digunakan oleh tenaga kerja untuk melindungi seluruh/sebagian tubuhnya terhadap kemungkinan adanya potensi bahaya/kecelakaan kerja. APD dipakai sebagai upaya terakhir dalam usaha melindungi tenaga kerja apabila usaha rekayasa (engineering) dan administratif tidak dapat dilakukan dengan baik. Manfaat penggunaan masker pada pekerja pabrik penggilingan padi adalah penyaring udara yang dihirup saat bekerja di tempat dengan kualitas udara buruk (misal berdebu, beracun, dsb). Sehingga bisa mengurangi resiko pekerja terkena penyakit saluran pernapasan. Dampak terhadap pekerja jika tidak menggunakan masker di pabrik penggilingan padi adalah dapat mengakibatkan gangguan pada fungsi paru (FVC dan FEC1) atau penurunan fungsi paru ( volume ekspirasi paksa dan kapasitas vital )..Pada stadium lanjut dapat menyebabkan fibriosis paru yang akan menurunkan elastisitasnya sehingga mengurangi kapasitas /volume paru dalam menampung udara.

3.2. Saran 1. Agar pekerja penggilingan padi senantiasa memakai APD ( masker ) dalam melaksanakan pekerjaannya di pabrik untuk mengurangi paparan debu yang dihasilkan oleh proses kerja. 2. Agar pihak pengelola pabrik penggilingan padi tetap melaksanakan control pemakaian APD ( masker ), baik kualitas dan kuantitasnya
3. Agar Pihak pengelola pabrik penggilingan padi secara rutin memeriksakan kesehatan

pekerjanya. 4. Pekerja perlu dibimbing dan diarahkan melalui penyuluhan maupun kursus tentang pentingnya alat pelindung diri yang tepat dalam melaksanakan pekerjaan yang mengandung resiko tinggi. 5 .Agar pemilik pabrik memperbaiki lingkungan kerja untuk meminimalisir terjadinya penyakit akibat lingkungan kerja yang buruk. Misalnya : perbaikan ventilasi. telah DAFTAR PUSTAKA

1. http://id.wikipedia.org/wiki/alat_pelindung 2. http://hiperkes.wordpress.com/2008/04/04/alat-pelindung-diri 3. Abidin Zainal,, skripsi, 2004, http://www.fkm.undip.ac.id/data/index.php?action=4&idx=2227 4. Arif Susanto, skripsi, 1994, http://www.fkm.undip.ac.id/data/index.php?action=4&idx=778 5. http://library.usu.ac.id/index.php/component/journals/index.php? option=com_journal_review&id=1895&task=view

6.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful