Contoh Hewan Di Wilayah Oriental Peralihan Australia

WILAYAH ORIENTAL ATAU PERALIHAN DI AUSTRALIA

A. Contoh Hewan Di Wilayah Oriental Peralihan Australia

a.

Platypus

Hewan ini hidup di sungai-sungai Australia sebelah timur. Hewan ini aktif di malam hari. Makanannya adalah serangga air dan udang karang yang hidup di air tawar. Pandangan matanya lemah dan ia mencari makan dengan menggunakan paruhnya yang sangat sensitif. Hewan ini menggali terowongan ke arah pinggir sungai dan di sinilah mereka tidur dan berkembang-biak. b. Koala

Hewan marsupial ini dijumpai di daerah beriklim panas dan dingin, mulai daerah tropis di Queensland sampai daerah Victoria yang beriklim sedang. Makanannya hanya dedaunan dari pohon eukaliptus tertentu. Hampir sepanjang hari koala tidur di cabang pohon, dan makan pada malam hari.

Kukabura Burung ini (Gambar 3. . kadal. Mereka hidup di hutan-hutan eukaliptus yang terbuka dan di daerah berumput. Makanannya serangga. Mereka tidur di kala siang yang hawanya paling panas. e. Makanannya rumput.12) adalah hewan marsupial terbesar. dan biasanya bergerak dalam kelompok besar. Kanguru abu-abu Kanguru ini sangat banyak jumlahnya. d. Mereka hidup berkelompok dan bersarang di pohon. hewan-hewan kecil.11) dijumpai di hutan eukaliptus dan di daerah berhutan eukaliptus.c. Suara tawa burung ini lain dari yang lain. Kanguru merah Kanguru merah (Lihat Gambar 3. dan ular. Apabila berdiri tingginya mencapai lebih dari dua meter.

binturong (Aretictis binturang). Pohon akasia. kadang-kadang sesudah bertahun-tahun. Terdapat berbagai macam kera. badak. Oleh karena itu tumbuhlah tanaman dan bunga-bunga pun bermekaran tetapi hanya sebentar. orang utan. 4. murai mengkilat (Myophoneus melurunus). banteng. Tanaman padang pasir Tanaman yang dapat bertahan hidup di padang pasir dengan air yang hanya sedikit disebut jenis xerofitis. Tumbuhan ini dapat bertahan hidup dalam cuaca yang dingin membekukan. jutaan benih yang berserak di tanah keluar kecambahnya. 2. Jawa. tarsius (Tarsius bancanus). Mamalia berkantung jumlahnya sedikit. Banyak species mamalia yang berukuran besar. mereka mencari kelembaban dari tumbuhan hijau dan hanya berkembang-biak apabila ada hujan dan apabila tumbuh tanaman baru. Cirri-ciri Hewan Di Wilayah Oriental Peralihan Australia Hewan-hewan di bagian Barat Indonesia (Oriental) yang meliputi Sumatera. harimau. Burung-burung memiliki warna bulu yang kurang menarik. monyet (Presbytis thomari). 3. memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 1. Tumbuh-tumbuhan Alpen Kawasan pegunungan yang tinggi hanya merupakan bagian kecil saja dari Australia. tarsius. misalnya: bekantan. Tumbuhan ini pendek dan beberapa di antaranya hanya tumbuh setinggi beberapa sentimeter. Ini artinya tanaman tersebut sesuai untuk iklim yang kering. B. dan Kalimantan. Terdapat hewan endemik. A. elang putih (Mycrohyerax latifrons). seperti: badak bercula satu. Contoh Tumbuhan Di Wilayah Oriental Peralihan Australia a. kukang (Nyeticebus coucang). Di pegunungan ini dijumpai tumbuhan alpen. misalnya gajah. pohon èk padang pasir dan rumput landak (daunnya runcing) banyak dijumpai di padang pasir Australia.Apabila tidak ada air. Burung-burung yang endemik. bahkan hampir tidak ada. misalnya: jalak bali (Leucopsar nothschili). Ketika turun hujan. b. elang jawa. tetapi dapat berkicau. .

kadang-kadang sesudah bertahun-tahun. Sehingga hewan yang masuk daftar endemik ini hanya dipunyai Indonesia saja. Ini artinya tanaman tersebut sesuai untuk iklim yang kering. Bajing Palawan (Sundasciurus juvencus) . Ada upaya untuk menyelamatkan hutan-hutan yang tersisa. seperti pulau. lungkang (niche). Badak Bercula Satu atau badak jawa (Rhinoceros sondaicus) 4. pohon èk padang pasir dan rumput landak (daunnya runcing) banyak dijumpai di padang pasir Australia. Cirri-ciri tumbuhan Di Wilayah Oriental Peralihan Australia Pohon eukaliptus sangat sesuai untuk tanah Australia yang tidak subur. Contoh Hewan Endemic dan tumbuhan endemik Endemisme merupakan gejala yang dialami oleh organisme untuk menjadi unik pada satu lokasi geografi tertentu. C. Selain itu terdapat juga Tanaman yang dapat bertahan hidup di padang pasir dengan air yang hanya sedikit disebut jenis xerofitis. Belukar perdu Belukar ini dijumpai di tepian padang pasir. Badak Sumatra (Dicerorhinus sumatrensis) 5. Lebih tujuh puluh persen hutan eukaliptus Australia telah ditebang pohonnya selama dua ratus tahun terakhir. tanaman perdu ini sering rusak karena terlalu banyak digunakan untuk menggembalakan ternak. 1. spesies hewan harus ditemukan hanya di suatu tempat tertentu dan tidak ditemukan di tempat lain.c. Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) 2. atau zona ekologi tertentu. negara. Namun. Ketika turun hujan. Pohon akasia. Oleh karena itu tumbuhlah tanaman dan bunga-bunga pun bermekaran tetapi hanya sebentar. Perdu adalah tumbuhan yang bermanfaat sebagai tempat penggembalaan di daerah yang setengah gersang. Babirusa (Babyrousa babyrussa) 3. jutaan benih yang berserak di tanah keluar kecambahnya. D. iklim yang kering dan seringnya ada kebakaran hutan. Untuk dapat dikatakan endemik. Pohon eukaliptus dapat bertahan hidup di musim kemarau. Hal ini terjadi karena daun-daun pohon eukaliptus berguguran di musim kemarau Hutan eukaliptus berkembang manakala iklim Australia menjadi semakin kering selama duapuluh juta tahun terakhir.

. Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) Amorphophallus gigas (Bunga bangkai raksasa ) Anaphalis javanica (Aralia javanica (Spikenard).6. Bajing Telinga Botol(Callosciurrus adamsi) 8. Burung Elang Flores (Spizaetus floris) 14. Canarium kipella. F. Burung Beo Nias (Gracula religiosa robusta) 13. 3. Perburuan liar terhadap jenis hewan tertentu. Coelogyne pandurata (Anggrek hitam). Bekantan atau Kera hidung panjang (Nasalis larvatus) endemik Kalimantan. Bencana alam yang disebabkan oleh kegiatan manusia yang tidak bertanggung jawab. Burung Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) E. . Bajing Tanah (Lariscus hosei) 7. Hilangnya habitat hewan dan tumbuhan karena diambil alih oleh manusia. Wilayah di sini dapat berupa pulau. Banteng (Bos javanicus) 9. Burung Bidadari Halmahera (Semioptera wallacii) 15. 10. status Redlist IUCN Vulnerable. misalnya pembakaran hutan dan pencemaran lingkungan.          Aglaia ceramic (sejenis mahoni). Amorphophallus titanium (Bunga bangkai). Ceratolobus glaucescens (palem jawa). Penebangan dan pembabatan hutan yang tidak terkendali. atau zona tertentu. Burung Anis sulawesi (Cataponera turdoides) 12. Penyebab kelangkaan hewan dan tumbuhan endemik Kepunahan jenis makhluk hidup mengakibatkan keseimbangan alam terganggu. 2. negara. Contoh tumbuhan endemic Tumbuhan (tanaman) endemik merupakan tumbuhan asli yang hanya bisa ditemukan di sebuah wilayah geografis tertentu dan tidak ditemukan di wilayah lain. Casearia flavovirens (hulu tulang. Cassine koordersii. Beruk Mentawai (Macaca pagensis) 11. 4. Kepunahan jenis makhluk hidup antara lain karena : 1. badung).

dan kebun raya. Dengan kata lain flora fauna untung bangsa untung. Pelindungan tersebut meliputi upaya mendirikan cagar alam.G. Karena flora dan fauna tersebut hidup pada habitat tertentu. Upaya mengatasi kepunahan Pelestarian jenis makhluk hidup merupakan kesepakatan internasional untuk melindungi flora dan fauna dari kepunahan. Jadi dengan demikian flora dan fauna tetap terslamtkan dan pendaptan tetap ada. maka upaya pelestarianya juga meliputi ekosistem pada suatu wilayah. taman laut. hutan wisata. taman nasional. Dengan suaka-suaka tersebut setidaknya kita tidak hanya mendapatkan flora dan fauna selamat tetapi juga menjadi sumber pendapatan bagi pemernitah yaitu dengan dijadikan daerah wisata. Dengan demikian flora dan fauna dapat terlindungi oleh suaka alam dan suaka marga satwa tersebut sehingga flora dan fauna yang diambang kepunahan dapat terslamtkan. hutan lindung. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh kita dan pemerintah adalah dengan pembuatan cagar alam. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful