PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013

|0

PENDAHULUAN Pertamina merupakan salah satu BUMN terbesar di bidang energi dan petrokimia yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Program kompetisi pada tahun 2013 merupakan penyelenggaraan yang keenam kalinya. dan Produk Unggulan (PU). OSN-PERTAMINA merupakan ajang kompetisi ilmiah bagi para mahasiswa dari PTN/PTS seluruh Indonesia. Gagasan tersebut disampaikan dan divisualisasikan oleh peserta melalui scientific paper dan aplikasi model atau karya cipta. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |1 . Tanggung jawab dan komitmen Pertamina pada pembangunan bangsa salah satunya diwujudkan dalam bentuk kepedulian perusahaan dalam memajukan bidang pendidikan di perguruan tinggi. Namun Pertamina tetap berkomitmen untuk melaksanakan OSN-PERTAMINA yang telah menjadi agenda tahunan. Pada Tahun 2013 ini PT Pertamina akan kembali menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional bagi para Mahasiswa yang populer dengan sebutan Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-PERTAMINA). Sedangkan untuk kategori Proyek Sains. Fisika. Rancang Bangun (RB). akan dikompetisikan karya cipta dari tiga bidang yaitu bidang Aplikasi Perangkat Lunak (APL). Hal tersebut dikhususkan untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul dan dapat menjadi pembangun kemandirian bangsa. Pelaksanaan pada tahun 2013 ini. Kategori Teori tetap akan mengkompetisikan empat bidang yaitu bidang Matematika. Penetapan kedua katagori kompetisi tersebut dimaksudkan untuk menggali gagasan dan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis permasalahan dan mencari solusi yang tepat melalui penelitian dan aplikasi sains maupun teknologi. Status ini membuat Pertamina memiliki tanggung jawab besar dalam berkontribusi pada pembangunan bangsa Indonesia. Bentuk dan aturan kompetisinya sedikit mengalami perubahan baik pada katagori teori maupun proyek sains. Kompetisi pertama pada tahun 2008 dan berlanjut dengan model dan sistem kompetisi yang terus mengalami penyempurnaan. Prestasi untuk Negeri” I. Pada OSNPERTAMINA Tahun 2013 masih tetap akan diselenggarakan dua katagori kompetisi yaitu katagori TEORI dan PROYEK SAINS.Panduan Proyel Sains OSN PERTAMINA 2013 “Inovasi Sobat Bumi. sedikit mengalami penundaan dari jadwal rutin seperti tahun-tahun sebelumnya. Kimia. dan Biologi.

2) Menumbuhkan “sense of ownership” para mahasiswa terhadap PT PERTAMINA (Persero) sebagai BUMN terbesar yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia di bidang energi dan petrokimia. Institut. 4) Upaya peningkatan kewibawaan dan nama baik bangsa dan negara di dunia internasional melalui peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang unggul. Fisika. 2) Terbangunnya reputasi perusahaan melalui kegiatan pendidikan. Peserta mahasiswa boleh berasal dari semua program studi atau jurusan yang dapat berasal dari Universitas. IV. 5) Mejadikan Event Science Olympiad sebagai wahana komunikasi. sosialisasi dan internalisasi pada masyarakat. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |2 . sebagai kegiatan investasi jangka panjang dalam mencari kader dan membina kader bangsa berprestasi. III. tingkat daerah dan tingkat nasional.II. Sekolah Tinggi ataupun Politeknik. dan Biologi) dengan melibatkan Perguruan Tinggi. Kimia. 3) Menyediakan sarana kompetisi pendidikan bagi mahasiswa untuk berprestasi dengan memberikan apresiasi yang bergengsi. MANFAAT 1) Membangun semangat berkompetisi bagi para mahasiswa Indonesia untuk meningkatkan kualitas diri agar dapat bersaing di dunia kerja baik di tingkat nasional maupun internasional. SASARAN PESERTA Peserta OSN Pertamina 2013 adalah mahasiswa perguruan tinggi negeri atau swasta di seluruh Indonesia. 4) Meningkatkan kepekaan generasi muda pada permasalahan bangsa dan melatih diri untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai masalah yang timbul di masyarakat dan daerahnya. TUJUAN 1) Membangun kesadaran para mahasiswa akan pentingnya berprestasi untuk kepentingan negara. 3) Membangun awareness dan acceptance melalui Science Olympic Games (Proyek Sains & Kompetisi Teori Matematika.

dan Biologi. Kimia. akan dikompetisikan karya cipta dari tiga bidang yaitu bidang Aplikasi Perangkat Lunak (APL). Sedangkan untuk kategori Proyek Sains. Rancang Bangun (RB). 3) OSN Pertamina 2013 dilaksanakan berskala nasional. Kategori Teori akan mengkompetisikan empat bidang yaitu bidang Matematika. Produk Unggulan (PU) PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |3 . 2) Kegitan OSN PERTAMINA didukung penuh oleh DIRJEN DIKTI KEMDIKNAS.V. katagori Teori dan kategori Proyek Sains. Pada kategori ini. Fisika. seleksi dilakukan melalui dua tahapan. 6) Seleksi di tingkat propinsi dilakukan secara serentak di 33 propinsi di seluruh Indonesia. seleksi dilakukan melalui dua babak. Aplikasi Perangkat Lunak (APL) 2. Rancang Bangun (RB) 3. 8) Kompetisi dikelompokkan dalam 2 katagori. VI. yaitu seleksi tingkat Propinsi dan seleksi Babak Final Tingkat Nasional. 7) Seleksi Nasional dilakukan di Jakarta. Pada kategori ini. Kategori Proyek Sains Kompetisi Proyek Sains mempunyai tiga bidang yaitu: 1. 9) Pemenang OSN Pertamina akan menerima penghargaan dari PT Pertamina. Di panduan ini hanya dipaparkan tata cara kompetisi kategori Proyek Sains. FORMAT KEGIATAN 1) Olimpiade Sains Nasional Pertamina 2013 dikhususkan bagi para mahasiswa PTN/PTS di seluruh Indonesia. yaitu Babak Penyisian dan Babak Final Tingkat Nasional. dan Produk Unggulan (PU). 5) Seleksi dilaksanakan di tingkat Provinsi dan Nasional. 4) Kepanitiaan adalah PT Pertamina dan Universitas Indonesia dibantu Jejaring Kerja Universitas Mitra di 33 Provinsi di Indonesia. SISTEM KOMPETISI Kompetisi di OSN Pertamina 2013 terdiri dari dua kategori yaitu kategori Teori dan kategori Proyek Sains.

2) Semua Tim wajib membuat Poster Proyek Sains sesuai dengan ketentuan di panduan dan mempresentasikannya. Babak Final Tingkat Nasional: 1) Peserta yang mengikuti Babak Final Tingkat Nasional Kategori Proyek Sains berjumlah 15 Tim (45 mahasiswa dengan setiap timnya terdiri dari 3 mahasiswa). b. yaitu pemenang poster terbaik tingkat propinsi dan 5 Tim terbaik untuk tiap bidang berhak mendapatkan hadiah. Lima Tim (15 Mahasiswa) untuk bidang Rancang Bangun (RB). 6) Sepuluh Tim terbaik tiap bidang melakukan presentasi di depan dewan juri secara online. b. 4) Panitia pusat melakukan desk evaluation proposal. 8) Tim yang lolos seleksi Babak Penyisihan dan berhak mengikuti Babak Final Tingkat Nasional . Dewan juri menentukan 5 Tim dengan nilai terbaik untuk tiap bidang sebagai pemenang Babak Penyisihan. Lima Tim (15 Mahasiswa) untuk bidang Aplikasi Perangkat Lunak (APL). yaitu: a. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |4 . 3) Setiap Tim wajib presentasi poster di lokasi yang ditentukan untuk penilaian pemenang poster terbaik di tingkat propinsi. Babak Penyisihan: 1) Semua Tim wajib membuat dan mengumpulkan proposal Proyek Sains sesuai dengan ketentuan yang ada di panduan. 5) Panitia pusat menentukan 10 Tim dengan nilai terbaik tiap bidang untuk mengikuti presentasi babak penyisihan secara online. adalah: a. 7) Setiap Tim pemenang. B.A. 9) Tim yang mengikuti Babak Final Tingkat Nasional wajib menyelesaikan karya cipta hasil kerja yang sesuai dengan proposalnya dan membawanya ke Babak Final Tingkat Nasional. Lima Tim Pemenang untuk bidang Aplikasi Perangkat Lunak (APL). c. Lima Tim Pemenang untuk bidang Rancang Bangun (RB). Lima Tim Pemenang untuk bidang Produk Unggulan (PU).

lingkungan atau kesehatan. yaitu: a. lingkungan atau kesehatan. masing-masing adalah sebagai berikut: 1. c. 3. proses. Luaran proyek sains untuk tiga bidang. Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta yang dapat berupa bahan/material. 2. metode atau model yang terkait dengan penyelesaian permasalahan energi terbarukan. Produk Unggulan (PU): Menghasilkan produk unggulan untuk tema energi terbarukan. Rancang Bangun (RB). Rancang Bangun (RB): Menciptakan instrument/alat atau piranti untuk menyelesaikan permasalahan energi. VII. 2) Setiap tim wajib membawa hasil proyek sainsnya dan dipamerkan di pameran proyek sains OSN Pertamina. LUARAN Kategori Proyek Sains merupakan kompetisi karya cipta hasil kerja dari satu Tim. Sehingga terdapat 12 Tim pemenang. 3) Setiap tim diwajibkan mempresentasikan hasil proyek sains dihadapan Juri. Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta berupa alat/instrumen atau rancangan bangun suatu sistem yang terkait dengan penyelesaian permasalahan energi. 4) Juri menetapkan pemenang Proyek Sains tingkat nasional. b. 3 untuk masing-masing bidang Aplikasi Perangkat Lunak (APL). Juara 1. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |5 .c. Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta berupa aplikasi perangkat lunak yang terkait dengan penyelesaian permasalahan energi atau lingkungan. dan Produk Unggulan (PU). Pemenang Proyek Sains tingkat nasional berhak mendapatkan hadiah. Satu Tim dengan Stand Proyek Sains Terbaik. Aplikasi Perangkat Lunak (APL): Menciptakan aplikasi perangkat lunak untuk mendukung penyelesaian masalah energy dan lingkungan. Lima Tim (15 Mahasiswa) untuk bidang Produk Unggulan (PU). 2.

Format file proposal dalam bentuk PDF dan DOC dengan format nama file: sp_nama ketua tim_universitas (akronim/singkatan) PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |6 . Anggota Tim Proyek Sains dianjurkan berasal dari Program Studi yang berbeda tetapi masih dalam Perguruan Tinggi yang sama. 6.osnpertamina. 4.com atau melalui email panitia@osnpertamina. Karya tulis diketik sesuai dengan panduan. 6. Pengusul wajib mengunggah/ mengirim soft copy dokumen karya ilmiah ke Panitia Pusat melalui situs www. 3. nanti pada babak final tingkat nasional harus sudah didukung dengan data hasil pengujian atau pengukuran secara kuantitatif dan wujud produknya dapat dipamerkan. 5. Pengusul wajib melakukan registrasi sebagai peserta secara online melalui situs www. Kriteria Usulan Proyek Sains 1.com paling lambat tanggal 11 November 2013. Proposal Proyek Sains harus orisinal. Melampirkan surat rekomendasi Dekan dari fakultas asal ketua tim. Semua luaran Proyek Sains yang diusulkan. Tim Proyek Sains berjumlah 3 orang yang terdiri atas ketua dan anggota. Semua personal Tim Proyek Sains harus berasal dari Perguruan Tinggi yang sama. Sekolah Tinggi ataupun Politeknik. 5. IX.VIII. PERSYARATAN Kriteria Pengusul 1. Proposal Proyek Sains belum pernah diikutsertakan dalam lomba ilmiah tingkat nasional/internasional sebelumnya. Proposal Proyek Sains dapat dievaluasi ke tahapan lebih lanjut jika memenuhi semua aturan yang ditetapkan oleh panitia. 4. Institut. TATA CARA PENGAJUAN PROPOSAL 1.com atau melalui email panitia@osnpertamina.osnpertamina. 2. tidak ada unsur plagiat. 5. 4. 3. 2. Ketua tim Proyek Sains tidak boleh merangkap sebagai peserta Kategori Teori. Proyek Sains yang diusulkan belum pernah dikerjakan dan atau sedang dilaksanakan dengan sponsor/biaya dari lembaga lain. 2. Tiap pengusul hanya boleh mengusulkan 1 (satu) judul usulan Proyek Sains baik sebagai ketua maupun anggota tim. Melampirkan daftar riwayat hidup lengkap dengan mencantumkan alamat dan nomor telepon / HP yang mudah dihubungi dan nomor faksimili (bila ada). Peserta mahasiswa boleh berasal dari semua program studi atau jurusan yang dapat berasal dari Universitas.com paling lambat tanggal 18 November 2013. 3.

power point hasil penelitian. Pada Babak Final Tingkat Nasional. laporan hasil penelitian (rangkap lima). b. hard copy makalah sebanyak 3 eksemplar (1 asli dan 2 fotokopi) yang dijilid dengan soft cover warna: • • • Biru untuk Aplikasi Perangkat Lunak (APL) Hijau untuk Rancang Bangun (RB) Kuning untuk Produk Unggulan (PU) b. Pengusul wajib menyerahkan/ mengirimkan: a. Panitia akan melakukan Seleksi Proposal (desk evaluation) terhadap seluruh karya ilmiah yang diterima pada tanggal 21 – 22 November 2013. poster hasil penelitian. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |7 .contoh: sp_putra_ui. X. sudah diterima paling lambat 18 November 2013. Hasil seleksi Proposal 10 Tim tiap bidang akan diumumkan melalui situs www.pdf dan sp_putra_ui. 8. untuk dipamerkan di stan yang disediakan oleh panitia. Panitia mengundang semua anggota Tim (3 mahasiswa) ke Jakarta.com pada tanggal 22 November 2013.osnpertamina. c. c. 3. TAHAPAN SELEKSI 1. 2.doc 7. dan d. Di Babak Final Tingkat Nasional setiap tim wajib membawa: a. untuk menentukan 10 Tim dengan nilai terbaik tiap bidang. print out formulir pendaftaran dan disatukan dalam satu amplop besar. Presentasi online menetapkan 5 (lima) tim terbaik yang akan mewakili setiap bidang untuk mengikuti Babak Final Tingkat Nasional. 10 Tim yang terpilih harus segera mempersiapkan bahan presentasi proposal dan akan diundang pada tahap presentasi online melalui teleconference pada tanggal 25-26 November 2013. ke alamat Panitia Provinsi (PIC) OSN PERTAMINA 2013 atau ke Panitia Pusat. luaran hasil karya cipta. 4. Pengusul wajib membuat poster proposal dan membawanya serta menampilkannya pada acara pembukaan seleksi provinsi tanggal 21 November 2013 pada acara poster session untuk mengikuti pememilihan 1(satu) Poster Terfavorit tiap provinsi. 6. 5.

dan tanda tangan pengesahan. 3) Lembar pengesahan ditandatangani oleh Dosen Pembimbing. Poster Session (untuk menentukan poster terfavorit provinsi) 4. 2. tujuan. – 18 November 2013 21 November 2013 21 . Presentasi online untuk menentukan lima wakil setiap bidang ke Babak Final Tingkat Nasional 7. 5) Tempat dan tahun Penulisan. Babak Final Tingkat Nasional 30 Sept. b. dan kesimpulan. Masa pengiriman berkas proposal 3. sesuai dan tepat dengan masalah yang akan diselesaikan dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda. lengkap dengan stempel Perguruan Tinggi. 2) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan. metode penelitian. studi posisi topik penelitian di literatur ilmiah. 4) Logo dan nama asal perguruan tinggi peserta ditulis dengan jelas. berisi informasi latar belakang dan motivasi yang mendasari pemilihan topik penelitian. – 11 November 2013 30 Sept. Halaman Judul (mengikuti contoh Lampiran) 1) Judul proposal: hendaknya ekspresif. Masa pendaftaran (registrasi) peserta 2. TANGGAL PENTING 1. c. Sistematika Penulisan Susunlah proposal berdasarkan sistematika penulisan sebagai berikut: 1. Lembar Pengesahan (mengikuti contoh Lampiran) 1) Lembar pengesahan memuat judul. nomor peserta. Seleksi Proposal (desk evaluation) 5. tidak lebih dari 300 kata yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis. Bagian Inti a. 2) Bidang: pilihlah bidang yang sesuai dengan tema dan luaran proposal yang diajukan. 3) Nomor peserta tim dan nama (Ketua dan Anggota) ditulis dengan jelas. Pendahuluan.XI.22 November 2013 22 November 2013 25 .26 November 2013 9 – 13 Desember 2013 XII. Abstrak (atau ringkasan). interpretasi hasil. nama ketua dan anggota tim. ATURAN PENULISAN PROPOSAL A. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |8 . Pengumuman hasil Seleksi Proposal lolos ke tahapan presentasi online 6. mulai dari latar belakang. dan Dekan fakultas tempat asal ketua tim. Bagian Awal a.

manfaat dan keutamaan topik. dan tanggal lahir. dan outcome sesuai dengan indikator yang ingin dicapai. sbb. mencakup data lengkap masing-masing anggota tim. hasil pendahuluan. 3. Daftar Pustaka. dgn. algoritma. tujuan. b. nama. tsb. Metode Penelitian. tempat. bahan dan alat yang digunakan. (maksimum 2 halaman) c. (font 12. yg. dan teknik analisis data. (maksimum 3 halaman) b. b. pendekatan desain. Pernyataan Pengusul (mengikuti contoh Lampiran).5 spasi pada kertas berukuran A4.permasalahan yang akan diteliti atau diselesaikan. Jika dianggap perlu dapat disertakan lampiran yang dapat mendukung kredibilitas proposal. terkait langsung dengan topik dan digunakan di penulisan proposal. menjelaskan secara sistematis metodologi penelitian yang akan dilakukan. c. meliputi: pendekatan atau jenis penelitian yang dilakukan (perancangan alat. tahapan eksperimen/ teknik perancangan. Proposal dijilid soft cover berwarna hijau. 2. pembuatan produk. dll. berisi daftar tinjauan kepustakaan yang mendukung. (maksimum 4 halaman) d. output. tempat penelitian. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 |9 . Lampiran-lampiran. berisi uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep ilmiah yang mendasari masalah yang diteliti dan studi literatur yang terkait dengan topik yang diteliti. karya-karya ilmiah yang pernah dibuat. 2) Samping kanan 3 cm. Judul setiap Bab ditulis dengan huruf besar dan diletakkan rapat ke kiri. Di sini harus disertakan juga bagan alir tahapan kegiatan penelitian mencakup input. Proposal ditulis dengan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan dan tidak menggunakan singkatan seperti: tdk. 3. teknik pengujian/ pengumpulan data. modeling. d. penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih. simulasi. 3) Batas atas dan bawah masing-masing 3 cm. B. dan hipotesa. dll. Batas pengetikan: 1) Samping kiri 4 cm. percobaan di laboratorium. riwayat pendidikan. percobaan di lapangan. process. c. misalnya: disain alat. Aturan Penulisan 1. nomor telepon. Tata Letak: a. Bagian Akhir a. alamat tempat tinggal. programing. Proposal diketik 1. Times New Roman). Daftar Riwayat Hidup. Proposal diberi nomor halaman dan diletakkan di ujung kanan bawah setiap halaman. Kajian Pustaka. serta dilampiri dengan pas foto warna ukuran 3×4 di pojok kanan atas halaman.). dll.

2. Judul tabel dituliskan di sisi atas tabel dan judul grafik/gambar dituliskan di sisi bawah grafik atau gambar. a. ATURAN PEMBUATAN POSTER 1. Huruf/font yang digunakan adalah jenis Arial disarankan berukuran 20 atau lebih. e. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 | 10 .15 spasi. Pedoman tipografi: disarankan teks rata kanan dan kiri (justify). ditempatkan di bawah/depan poster. gunakan ukuran font sub-judul dengan ukuran lebih besar dari teks (dapat juga memberi garis bawah/menggunakan bold). g. dan warna seperti layaknya poster ilmiah dan menarik bagi pembaca. gambar. Pada poster session masing-masing peserta tim mempromosikan ide karyanya untuk mendapatkan respon sebaik mungkin melalui penilaian yang dilakukan oleh peserta teori untuk menentukan Poster Terfavorit di Provinsi. b. Isi poster terstruktur dan di dalamnya terdapat : 1) Judul Poster 2) Nama anggota tim 3) Asal PT dan logo PT 4) Abstrak 5) Latar belakang (singkat dan tepat pada permasalahan) 6) Metode 7) Hasil 8) Kesimpulan 9) Daftar Pustaka(maksimal 4 dan terkait permasalahan) c. XIV. Poster dapat dibuat dengan menggunakan perangkat lunak aplikasi misalnya Corel Draw. 2. laminasi. Ukuran produk/ prototype/replika (bila sudah ada) dapat ditampilkan dengan dimensi maksimal 1m. Katagori Pemenang Poster Terfavorit 1. b. f. Pedoman Pembuatan Poster a. KRITERIA PENILAIAN A. Masing-masing Tim wajib membuat poster proposal dan harus dipresentasikan pada Poster Session di seleksi provinsi. plastik dan sejenisnya). Bentuk dan ukuran poster: 1) Bentuk Ex-Banner (ukuran 60 x 160 cm) atau 2) Print-out pada kertas dengan ukuran A1 (60 x 85 cm) dengan layout orientation portrait. Powerpoint dan lain-lain.XIII. d. Desain layout poster harus proporsional antara text. Setiap Tim Proyek Sains harus membuat satu poster dan mengikuti Poster Session di tingkat Provinsi pada tanggal 21 November 2013. Poster di pasang vertikal di tempat yang telah disediakan Panitia Provinsi dengan tidak menggunakan bingkai atau bahan penutup lainnya (termasuk kaca.spasi baris 1. Pemasangan Poster dan Produk. Adobe Photoshop.

2. 2. 6. Lima Tim terbaik setiap bidang berhak mendapatkan hadiah piagam dan uang tunai dari panitia. B. Tim terbaik adalah Tim yang memperoleh nilai tertinggi yang dihitung dengan cara menjumlahkan nilai proposal dan nilai presentasi. Kategori Pemenang Proyek Sains 1. Penilaian naskah laporan hasil dan presentasi hasil dilakukan oleh dewan juri. untuk menentukan stan terbaik 4. Peserta Terfavorit berhak mendapatkan hadiah piagam dan uang tunai dari panitia. Penilaian naskah proposal digunakan untuk menyeleksi 10 Tim terbaik setiap bidang yang akan dipanggil guna melanjutkan ke seleksi presentasi online. dan 3 Proyek Sains serta juara stan terbaik Proyek Sains berhak mendapatkan hadiah piagam dan uang tunai dari panitia. dan 3 Proyek Sains serta juara stan terbaik Proyek Sains . 4. 2. C.3. 5. PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 | 11 . Pemenang 1. Penilaian stan proyek sains dilakukan oleh peserta teori dan pengunjung. Kategori Tim lolos Babak Penyisihan 1. Sepuluh Tim yang lolos harus mempresentasikan proposalnya di hadapan dewan juri. 4. 6. 5. Pemenang tingkat Nasional didasarkan pada urutan nilai tertinggi yang diperoleh dari jumlah total nilai naskah laporan hasil (bobot 50%) ditambah nilai presentasi hasil (bobot 50%). 3. Penilaian terdiri atas dua aspek yaitu naskah proposal dan presentasi proposal. Pemenang Tim terbaik setiap bidang wajib menyelesaikan proposalnya dan mengumpulkan hasilnya untuk dikompetisikan di tingkat Nasional. 3. Babak Final Tingkat Nasional menetapkan juara 1. Pemenang Poster Terfavorit adalah tim yang memperoleh jumlah pemilih terbanyak. 2. Seleksi presentasi online digunakan untuk memilih 5 (lima) Tim terbaik setiap bidang yang lolos ke Babak Final Tingkat Nasional. Penilaian terdiri atas dua aspek yaitu naskah laporan hasil dan presentasi hasil.

teknik pengujian/pengambilan data. dan keluasa manfaat bagi masyarakat Kesesuaian disain dan tujuan penelitian. • keberadaan informasi tambahan: data. cakupan. Penilaian Presentasi Skor terbobot No Kriteria Penilaian Butir Penilaian • alur logika materi. Penilaian Proposal Skor terbobot No Kriteria Penilaian Parameter Penilaian Memenuhi aturan penulisan. teknik analisis data Nilai Total 1 Penulisan dan Bahasa Indonesia 10 2 3 4 Inovasi dan Keterbaruan Perumusan Masalah Manfaat 20 20 15 5 Metode Penelitian 35 100 E. sistematika tahapan kerja untuk mencapai hasil. • kesantunan ketika berdiskusi 1 Tampilan materi presentasi 30 2 Sikap presenter 20 PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 | 12 . sistematika tulisan. animasi. dll. video clips. Pemilih poster adalah peserta test Teori dan pengunjung sesi poster.D. tujuan dan dukungan sumber ilmiah Keunggulan. penggunaan bahasa yang baik dan benar Nilai inovasi dan unsur keterbaruan yang diusulkan Kelengkapan abstrak. grafik. gambar. • pemilihan kata/ kalimat saat berbicara. kejelasan masalah. ketepatan dan kejelasan ungkapan. • kejelasan informasi atau tulisan yang ditampilkan. • estetika materi: pemilihan dan harmoni warna. F. • intonasi dan volme suara. tata letak. • kerapian penampilan. kerapihan ketik. Penilaian Proposal Poster terfavorit ditentukan oleh jumlah suara terbanyak pemilih poster. ketaatan pada jumlah halaman. • ekspresi mimik.

Nilai Total 10 4 40 100 Informasi lebih lanjut tentang OSN PERTAMINA 2013 dapat menghubungi panitia atau dapat dilihat di website www.osnpertamina.com PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 | 13 .3 Ketepatan waktu penyampaian presentasi Kemampuan berdiskusi kesesuaian dengan waktu yang ditentukan • kemampuan menanggapi pertanyaan. • kebenaran menjawab pertanyaan. • pemahaman ilmiah terhadap materi yang dibawakan.

... ______________________ 2..Lampiran 1... Tahun 2013 PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 | 14 .. ______________________ 3...... Logo Perguruan Tinggi Science Project OSN PERTAMINA 2013 JUDUL Bidang: Aplikasi Perangkat Lunak (APL) Rancang Bangun (RB) Produk Unggulan (PU) (pilih salah satu) Nama Peserta Tim: 1. Tuliskan Nama Perguruan Tinggi .. ______________________ (Ketua ) (Anggota) (Anggota) Tuliskan Asal Fakultas .

Telepon seluler/HP : _______. Fakultas : 6. Perguruan Tinggi : 7. Alamat email : 9. Judul Proposal : 2. Program Studi : 5. Jenis kelamin : Laki-laki/Perempuan* 4._______________2013 Pembimbing Tim Ketua Tim Nama NIP Nama NPM Menyetujui Dekan Nama NIP PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 | 15 . Alamat rumah : 8. Nama Ketua Tim : 3.LEMBAR PENGESAHAN 1.

PERNYATAAN PENGUSUL Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama : Tempat/Tanggal Lahir: NPM Fakultas/ PT Alamat Rumah : : : dengan ini menyatakan bahwa 1. Proposal Proyek Sains ini belum pernah diikutsertakan dalam lomba ilmiah tingkat nasional/internasional sebelumnya.000. Proposal Proyek Sains yang diusulkan ini belum pernah dikerjakan dan atau sedang dilaksanakan dengan sponsor/biaya dari lembaga lain. 3. Proposal Proyek Sains ini tidak mengandung unsur plagiat. 2. Dibuat di: Pada tanggal: Pembimbing Tim 2013 Yang Membuat Pernyataan (Materai Rp 6. Demikianlah pernyataan ini dibuat dalam keadaan sadar dan tanpa ada unsur paksaan dari siapapun untuk keperluan pengajuan Proposal Proyek Sains OSN PERTAMINA 2013.00) Nama NIP Nama Periset Utama NPM Mengetahui Dekan Nama NIP PANDUAN PROYEK SAINS OSN PERTAMINA 2013 | 16 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful