You are on page 1of 25

METODOLOGI DESAIN

Apa yang dimaksud desain ?


Desain adalah Proses perancangan / perancangan yang melibatkan kreatifitas manusia yang bertujuan membuat (to create something) sesuatu benda, sistim, dan sejenisnya dan memiliki manfaat bagi umat manusia. Desain merupakan manifestasi umat manusia dalam berkebudayaan yang menjadi ciri bagi peradabannya. Design is detail is God

Desain sebagai kajian keilmuan?


Merupakan bidang keilmuan yang terintegrasi dengan seluruh induk bidang keilmuan. Desain merupakan ilmu meramu / merakit / memodifikasi sesuatu dari dasar-dasar kecabangan ilmu pengetahuan. Desain merupakan ilmu dasar untuk memecahkan masalah (problem solving)

Posisi Desain dalam Induk Keilmuan

Art

Desain
Technology Science

Sosial - Kemasyarakatan

Cabang ilmu baru

Tujuan Metodologi Desain


Tujuan dari metode desain adalah kunci untuk mendapatkan wawasan atau kebenaran esensial yang unik menghasilkan lebih banyak solusi holistik untuk mencapai pengalaman yang lebih baik untuk pengguna dengan produk, jasa, lingkungan dan mengandalkan sistem mereka. Mempelajari landasan teoritis tentang desain serta bagaimana mencapai sasaran tersebut secara metodologis. Pengenalan cara dan urutan mendesain serta membangun metode berpikir yang sesuai dengan proses permasalahan desain, yakni dengan metode pemecahan masalah. Pengembangan kemampuan menganalisa dan membaca gejala secara kritis setiap pergerakan dengan yang terjadi di sekeliling.

METODOLOGI DESAIN

Beberapa pandangan tentang sistematika pendekatan masalah desain

Proses kegiatan desain yang sistematis

Alasan mengapa desain memerlukan metodologi

Metode desain adalah cakupan ilmu dengan wilayah luas yang difokuskan pada:
Divergensi- Menggali kemungkinan dan batasan-batasan berbagai situasi dengan menerapkan warisan pemikiran kritis melalui metode penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk menciptakan pemahaman baru (ruang masalah) ke arah solusi desain yang lebih baik Transformasi - Redefining spesifikasi solusi desain yang dapat jadikan pedoman yang lebih baik secara tradisional dan kontemporer berbagai kegiatan desain (arsitektur, grafis, industri, informasi, interaksi, dan sebagainya) dan / atau membutuhkan respons multidisiplin. Konvergensi - Prototyping berbagai kemungkinan skenario sebagai solusi desain yang lebih baik secara bertahap atau secara signifikan dalam memperbaiki warisan situasi awalnya Keberlanjutan - Mengelola proses, mengeksplorasi, redefining dan prototipe dari solusi desain secara terus menerus. Artikulasi - visual hubungan antara bagian dan keseluruhan.

Methodologi Design sebuah pendekatan sains dari berbagai metoda yang dapat diterapkan dalam pemenuhan solusi sebuah desain Methodology bermakna
Cabang Keilmuan atau metoda pengamatan yang mencakup metoda deskripsi, eksplanasi dan evaluasi. Badan atau kumpulan dari prosedur, metoda, konsep kerja dan hukum hukum yang digunakan dari sebuah keilmuan, seni/art

Apa/Bagaimanakah essensi/intisari sebuah struktur desain ?

Bagaimana pendekatan sebuah proses desain agar didapatkan hasil yang efektif serta efisien ?

efektif : do the things right efisien : do the right things

Metoda Deskriptif desain menjawab pertanyaan pertama > mengurai benang merah dari sebuah metoda yang digunakan dalam desain dengan berdasarkan penalaran struktur analisa dan penelitian empiris, beserta identifikasi hal yang mendukung metoda

Metoda perspektif desain menjawab pertanyaan kedua > metoda normatif, dikembangkan berdasarkan analisa deskriptif kemudian memberikan rekomendasi spesifik metoda untuk permasalahan yang tertentu.

Desain sebagai sebuah proses kreatif ; merupakan pengejewantahan manusia sebagai pribadi-pribadi memiliki peran bagi peningkatan kualitas hidup sebagai mahluk sosial.
DESAIN MANUSIA KREATIF

PROSES KREATIF
KARYA KREATIF Alur diatas memperlihatkan bagaimana pola berpikir desain Dimanfaatkan oleh manusia-manusia kreatif berproses Kreatif untuk menghasilkan karya-karya kreatif, sebagai Bentuk atas berbagai pertanyaan dan permasalahan Dilingkungannya.

Gambar Skematik: Logika dan Metoda Berpikir (Bernard.E.Burdek) LOGIKA

LOGIKA FORMAL METODA LANGKAH-LANGKAH INTELEKTUIL

METODOLOGI

FALSAFAH LOGIKA METODA LANGKAH-LANGKAH

FISIS
KONSEP BERPIKIR PRAKTIS

METODA EPISTEMOLOGIS

Contoh: Metoda Fenomenologi; Semiotik; Hermeneutik; Dialektik; Deduktif; Reduktif, dll

Contoh: Metoda Perancangan; Met.Kreatif; Manaj.Industri; Met.Heuristik; Tek.Kerja, dll

BERPIKIR KREATIF
Berawal dari kebutuhan menuntun manusia untuk berbuat sesuatu yang lebih baik guna meningkatkan Standar dan berbagai kebutuhan manusia.
INVENSI

INOVASI

DAYA KREATIF

MODIFIKASI

BAGAIMANA BERPIKIR DESAIN ?


Siklus desain : bermula dari permasalahan, tumbuhnya
Kebutuhan, pemecahan desain, proses produksi, pasar, Dipergunakan oleh masyarakat konsumen, kembali menjadi Permasalahan baru, dan seterusnya berputar.

Permasalahan Kehidupan Sosial

Kebutuhan Desain

Pemecahan Desain

Masyarakat / Konsumen

Diserap Pasar

Proses Produksi

Metodologi sebagai langkah dasar menjawab kebutuhan


Memahami pasar, teknologi dan kendala-kendala yang mungkin timbul dari sebuah masalah. Menantang masalah-masalah tersebut menjadi salah satu cara untuk mengetahui dasar masalah, tetapi yang penting adalah memahami persepsi yang ada saat ini.
Mengamati orang-orang dalam situasi kehidupan yang sebenarnya untuk menemukan apa yang membuat mereka bertingkah laku seperti itu : apa yang membingungkan mereka, apa yang mereka sukai, apa yang mereka benci, apa kebutuhan utama mereka yang tidak terpenuhi saat ini.

Memvisualisasikan konsep-konsep ; memvisualisasi pengalaman-pengalaman obyek dengan berbagai macam pendekatan karakter dan skenario >>> Curah pendapat (brain storming/mind mapping) Mengevaluasi dan menyempurnakan prototipe secara berulang-ulang dan cepat. Jangan terpaku hanya pada satu prototipe karena pasti akan mengalami perubahan-perubahan, tetap perlu untuk mengamati apa yang jalan dan apa yang tidak, apa yang membingungkan, apa yang disukai, dan secara bertahap memperbaiki prototipe tersebut. Menerapkan konsep baru tersebut untuk disosialisasikan. Hasil akhir konsep dan gagasan berhasil tidaknya bergantung kepada kredibilitas semua kerja kreatif pada tahap sebelumnya.

The Process of Design Method


Craig Rusbult, Ph.D

Methods and the design process Tentukan secara bersama mengenai metode desain yang hendak digunakan untuk merumuskan sebuah masalah. Hal ini bertujuan untuk melihat jalan/pola dan kaitannya pada proses mendesain

Mengapa menetapkan metode? Metode adalah bagian yang terintegrasi pada proses mendesain. Hal ini ditujukan untuk menetapkan struktur proses desain; Memudahkan tim untuk saling berkomunikasi, berbagi ide dan kemampuan, strategi sinergi keahlian, saling apresiasi dan persepsi mengenai metode tiap individu dalam mengidentifikasi, membuat kondisi berkreasi lebih cair dan tidak kaku.

Perbedaan Metode menunjukkan Tingkatan Perbedaan: Inspiration - ideas, insights, new things Validation - testing, feedback, development Evaluation - effectiveness, impact, completion Setiap metode membantu untuk menetapkan tahapan proses yang akan dilakukan. Berikut proses aktivitas yang sering dilakukan sebagai fase awal: Having ideas-Selecting ideas-Understanding users-Running workshopsResearching Information-Analysing research-Prototyping

Friedrich Hegel
untuk mendapatkan kebenaran yang murni tidak dapat dilihat dari satu sisi saja, yaitu sisi proses berfikir untuk mengerti, tetapi juga harus dilihat kondisinya, bagaimana bermula timbulnya gejala itu dan berkembangnya atau sejarah gejala itu sendiri ilmu Fenomenologi Jiwa ("Phnomenologie des Geistes"). Suatu model berfikir yang melibatkan berbagai unsur terjadinya sebuah gejala: prosesnya, dinamikanya, ia tidak melihat suatu gejala sebagai sesuatu yang statis, kesemuanya selalu melalui proses, pada mulanya ada "these" kemudian secara dialektis timbullah antithese" dan keduanya bertemu lagi menjadi "synthese.

Gambar Skematik: Hegel, these anti-these

Synthese Anti-These These Synthese Anti-These These

Proses berpikir semacam ini ditemui pada metodologi desain yang dikembangkan Siegfried Maser dengan Kybernetische Methode (Metoda Kibernetik), metoda ini adalah penjabaran falsafah Hegel.

Gambar Skematik: 2 Metoda Desain Don Koberg / Jim Bagnall. A Companion for those on Problem-Solving Journeys and a Soft System Guide book to The Process of Design. 1972

Ada beberapa buku menarik yang bisa dijadikan acuan.

Sarwono, Jonathan dan Lubis, Hary. (2007). Metode Riset untuk Desain. Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit Andi Uyung Sulaksana, Integrated Marketing Communication, Pustaka Pelajar, 2003.