You are on page 1of 5

Pengertian Alat Ukur Elektronika Alat ukur elektronika dapat didefinisikan sebagai suatu alat yang dapat mengetahui

besarnya nilai yang digunakan dalam sebuah alat ukur elektronika berdasarkan tingkat ketelitian tertentu. Mengukur pada hakekatnya membandingkan suatu besaran yangbelum diketahui besarannya dengan besaran lain yang diketahui besarnya. Untuk keperluan tersebut diperlukan alat ukur.Pekerjaan pengukuran, memerlukan alat ukur yang baik. Alat ukuryang baik setidak-tidaknya mengandung informasi besaran-besaran yang diukur yang sesuai dengan kondisi senyatanya. Akan tetapi didalam proses pengukuran terdapat kekeliruan-kekeliruan. Ada 2kelompok kekeliruan, yaitu kekeliruan sistematik (berkaitan denganalat ukur, metode pengukuran, dan faktor manusia dan kekeliruan a!ak (berkaitan dengan faktor non teknis"sistematik .Pada prinsipnya memilih alat ukur listrik adalah upaya untuk mendapatkan alat ukur yang sesuai dengan besaran-besaran listrik yang hendak diketahui nilai besarannya. #al ini berkaitan dengan upaya untuk menentukan nilai kuantitas besaran listrik yang hendak diketahui. Ada 2 besaran listrik yang esensial yang hendak diketahui nilai besarannya, yaitu arus dan tegangan. $agam, jenis, tanda gambar, tanda huruf, prinsip kerja, penggunaan, daerah kerja, danpenggunaan daya. %enis-jenis Alat Ukur Elektronika %enis-jenis alat ukur elektronika yang akan kita bahas dalam sub bab ini adalah sebagai berikut & ' Amperemeter ' (oltmeter ' )hmmeter ' Multimeter ' )siloskop ' *apasitor

Amperemeter Amper-meter adalah alat pengukuran untuk mengukur arus listrik baik untuk listrik +, maupun A, Alat amper-meter ini mempunyai simbol A m, A-m, atau A'm dalam satuan -., dan dapat berupa alat ukur analog (jarum, untuk model lama maupun alat ukur digital (untuk yang baru dan yang lebih akurat . Untuk jenis analog, amper-meter ini menggunakan kekuatan magnit yang biasanya tidak bisa mengukur se!ara tepat. Apabila dalam pengukuran arus menggunakan A/ometer,maka sele!tor harus ditempatkan pada posisi +!mA jika menggunakan A/o analog,maka !ara memba!a hasil pengukuran adalah batas ukur dibagi dengan penyimpangan skala penuh klemudian dikalikan dengan penunjukan jarum,atau dapat ditulis dengan rumus & #A-.0 1 batas ukur 2 penunjukan & -impangan skala penuh Amper meter dapat dibuat atas susunan mikroamperemeter dan shunt yang berfungsi untuk deteksi arus pada rangkaian baik arus yang ke!il, sedangkan untuk arus yang besar ditambhan dengan hambatan shunt.

.0empengan luar berperan sebagai anoda sedangkan yang ditengah sebagai katoda. Arus yang mengalir pada kumparan yang selimuti medan magnet akan menimbulkan gaya lorent3 yang dapat menggerakkan jarum amperemeter. . )hmmeter )hm-meter adalah alat pengukur hambatan listrik. (oltmeter Merupakan alat atau perkakas untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik.tegangan A.(.maka sele!tor harus ditempatkan pada posisi A+( atau A. -emakin besar arus yang mengalir maka semakin besar pula simpangannya.4ahkan pada jaringan distribusi maupun transmisi sampai ratusan kilo/olt.. Multimeter Multimeter sering disebut A()meter atau multitester. -emakin besar arus listrik yang mengelir maka semakin besar penyimpangan jarum yang terjadi. Alat ohm-meter ini menggunakan gal/anometer untuk mengukur besarnya arus listrik yang le<at pada suatu hambatan listrik ($ .Umumnya tabung tersebut berukuran 56 7 58 !m ( tinggi 7 diameter .+ituliskan dalam rumus & #asil 1 batas ukur 2 penunjukan & -impangan skala penuh +an apabila yang digunakan A/o digital maka tinggal memba!a angka pada layar.ada dua jenis A() meter yaitu analog dan digital. Alat ini biasa dipakai untuk mengukur harga resistensi (tahanan . 4esarnya satuan hambatan yang diukur oleh alat ini dinyatakan dalam ohm.Amperemeter bekerja sesuai dengan gaya lorent3 gaya magnetis.Alat ini terdiri dari tiga lempengan tembaga yang terpasang pada sebuah 4akelite yang dirangkai dalam sebuah tabung ka!a atau plastik.4agian-bagian multimeter analog seperti di tunjukan gambar di ba<ah ini & .ara pemakaian (oltmeter harus dipasang pararel terhadap instrument dari alat pemakai. (Alternating !urrent .aya magnetik akan timbul dari interaksi antar medan magnet dan kuat arus.ke!uali alat-alat pemakai dan pada laboraturium listrik bisa menggunakan mili/olt sampai kilo/olt.228 /olt serta 9:8 /olt. yang kemudian dikalibrasikan ke satuan ohm.aya magneti! tersebut akan mampu membuat jarum alat pengukur /oltmeter bergerak saat ada arus listrik.yaitu batas ukur dibagi penyimpangan skala penuh kemudian dikalikan dengan penunjukan.*elayakan batas ukur dalam masyarakat pada umumnya 558 /olt. dan arus +. yaitu daya untuk menahan mengalirnya arus listrik dalam suat konduktor. . (+ire!t !urrent .Adapun !ara memba!anya sama seperti pada pemba!aan pada pengukuran arus .tegangan +. Apabila dalam pengukuran tegangan menggunakan A/o meter.

4attery didalam meter untuk menyediakan skala pengukuran resistansi. >ungsi dari multimeter adalah sebagai berkut & ' +igunakan untuk mengukur resistansi ' +igunakan untuk mengukur tegangan +.dan untuk skala ohmmeter posisi jarum nol di bagian kanan. )siloskop )siloskop adalah alat ukur besaran listrik yang dapat memetakan sinyal listrik. (a Multimeter digital Meter-meter Analog mengambil sedikit tenaga dari rangkaian yang diuji untuk mengoperasikan jarum penunjuknya. #anya saja yang mahal. Pada dasarnya pengukuran dengan menggunakan multimeter digital ataupun analog hamper sama. Alat harus bersensiti/itas tinggi setidaknya 28k "( atau memposisikan pembenahan pemba!aan untuk rangkaian yang diuji. grafik yang ditampilkan memperlihatkan bagaimana sinyal berubah .( posisi jarum nol di bagian kiri.+.ermati pada sesi diba<ah ini sensiti/itas untuk telitinya.( atau A. %ika belum tepat harus diatur dengan memutar sekrup pengatur kedudukan jarum penunjuk meter ke kiri atau ke kanan dengan menggunakan obeng pipih (. Pada kebanyakan aplikasi.mA.ke!il. ' +igunakan untuk mengukur arus +. akan habis dalam masa tahunan tetapi membiarkan meter pada skala pengukuran resistansi akan membuat batteray terus bekerja sampai habis.Multimeter digital Multimater analog Adapun !ara pemakaian multimeter adalah pertama-tama jarum penunjuk meter diperiksa apakah sudah tepat pada angka nol pada skala +. . -kala rata-rata multimeter analog seperti digambarkan& (=ilai tegangan dan arus adalah nilai maksimum setiap jangka ukur (b Multimeter analog Multimeter digital menggunakan peraga bilangan digital sehingga dapat mempermudah kita dalam pemba!aan. selain itu besaran ukur dasar tegangan yang dikon/ersi ke sinyal digital semakin membuat kita !epat dalam melakukan sebuah pengukuran. ' +igunakan untuk mengukur tegangan A.

A-m. +e<asa ini se!ara prinsip ada dua tipe osiloskop. dengan arus +. b Mengukur frekuensi sinyal yang berosilasi. Untuk itulah di sini akan ditinjau karakter masingmasing tipe osiloskop tersebut. )siloskop terbagi menjadi dua ma!am yaitu. (oltmeter & untuk mengukur besar tegangan listrik dalam suatu rangkaian listrik. 4eberapa fungsi osiloskop adalah sebagai berikut & a Mengukur besar tegangan listrik dan hubungannya terhadap <aktu.. e Menge!ek noise pada sebuah rangkaian listrik dan hubungannya terhadap <aktu.terhadap <aktu. osiloskop analog dan osiloskop digital. dll. yaitu daya untuk menahan mengalirnya arus listrik dalam suat konduktor. yakni tipe analog (A$? . *esimpulan Alat ukur elektronika adalah suatu alat yang dapat mengetahui besarnya nilai yang digunakan dalam sebuah alat ukur elektronika berdasarkan tingkat ketelitian tertentu. dengan !ara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Para insinyur.analog real time os!illos!ope. dan arus +. *apasitor & alat yang dapat menyimpan energi di dalam medan listrik. Amperemeter & Untuk mengukur arus listrik baik untuk listrik +. dan dapat berupa alat ukur analog. osiloskop merupakan instrumen ukur yang memiliki posisi yang sangat /ital mengingat sifatnya yang mampu menampilkan bentuk gelombang yang dihasilkan oleh rangkaian yang sedang diamati.digital storage os!ilos!ope .. maupun A. masing-masing memiliki kelebihan dan keterbatasan. )hmmeter & alat pengukur hambatan listrik. +alam bidang elektronika. d Membedakan arus A. (+ire!t !urrent . dan tipe digital (+-) . )siloskop & alat ukur besaran listrik yang dapat memetakan sinyal listrik. ! Menge!ek jalannya suatu sinyal pada sebuah rangakaian listrik. Multimeter & untuk mengukur harga resistensi (tahanan . Alat amper-meter ini mempunyai simbol A m.tegangan +. teknisi maupun praktisi yang bekerja di laboratorium perlu men!ermati karakter masing-masing agar dapat memilih dengan tepat osiloskop mana yang sebaiknya digunakan dalam kasus-kasus tertentu yang berkaitan dengan rangkaian elektronik yang sedang diperiksa atau diuji kinerjanya.. -aran .tegangan A. atau A'm dalam satuan -. 4eberapa !ontoh alat-alat elektronika adalah sebagai berikut & ' Amperemeter ' (oltmeter ' )hmmeter ' Multimeter ' )siloskop ' *apasitor Masing-masing dari alat tersebut mempunyai kegunaan " fungsi yang berbeda-beda. (Alternating !urrent .

html .org"<iki"Multimeter http&""id.janganlah pernah takut untuk melakukan sebuah pengukuran menggunaakan alat ukur elektronik.Mengukur menggunakan alat ukur elektronik mungkin menjadi sesuatu yang menakutkan bagi sebagian orang.<ikipedia.#al-hal seperti ini harus dihilangkan karena hal tersebut dapat menjadi kendala pada saat kita melakukan pengukuran.org"<iki")hm-meter Anam.<ikipedia.maka hasilnya pun akan sesuai dengan apa yang kita harapkan.blogspot.Pasuruan Modul alat ukur elektronika Uni/ersitas =egeri @ogyakarta +iposkan oleh 4asytyan * Pratama di 5A&5: http&""!omputer!orp.Apabila dalam melakukan suatu pengukuran kita telah melaksanakannya sesuai prosedur.!om"288A"8B"alat-ukur-elektronika. +A>?A$ PU-?A*A http&""id.org"<iki"elektronika http&""<<<.<ikipedia.!hoirul Mo!h. Mengukur tidaklah susah jika kita tidak membuatnya susah. Mudah-mudahan makalah ini bisa menjadi suatu referensi untuk kita untuk mulai men!oba melekukan pengukuran menggunakan alat ukur elektronik.@an harus kita perhatikan ketika ingin memulai suatu pengukuran adalah bagaimana langkah-langkahnya atau prosedur pengukuran tersebut.org"<iki"(oltmeter http&""id.!om"alat ukur elektronik http&""id.<ikipedia. Maka dari itu.288:.google.Elektronika.