You are on page 1of 7

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan

CONTOH SURAT PERJANJIANKERJA SAMA DALAM BIDANG BISNIS
SURAT PERJANJIAN KERJA SAMA Nomer: ---------------------------------------------------Pada hari ini ------------------ tanggal ( --- tanggal, bulan, dan tahun --- ), kami yang bertanda tangan di bawah ini: 1. Nama : --------------------------------------------------Peker aan : --------------------------------------------------!abatan : --------------------------------------------------No. "#P $ %&' : --------------------------------------------------(lamat : --------------------------------------------------#elepon : --------------------------------------------------). Nama : --------------------------------------------------Peker aan : --------------------------------------------------!abatan : --------------------------------------------------No. "#P $ %&' : --------------------------------------------------(lamat : --------------------------------------------------#elepon : --------------------------------------------------*. Nama : --------------------------------------------------Peker aan : --------------------------------------------------!abatan : ---------------------------------------------------

1|Page

sebagai berikut: Pa!a 1 STATUS PIHAK PERTAMA mewakili "elompok ( ----------.nama produk ---.) menyetu ui untuk beker a sama dengan PIHAK KEDUA.) dan untuk selan utnya disebut PIHAK PERTAMA..) dan untuk selan utnya disebut PIHAK KEDUA.) hasil produksi "elompok ( ----------.).tanggal.) sesuai surat penun ukkan nomor: ------------------------------------.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan No.tertanggal ( -----.nama kelompok -------------. . "#P $ %&' : --------------------------------------------------(lamat : --------------------------------------------------#elepon : --------------------------------------------------+ertindak untuk dan atas nama ( -------.) produksi "elompok ( ----------.nama kelompok -------------. Pa!a # JENIS BARANG )|Page .) yang tertuang dalam 14 (empat be a!" pa!a . dan tahun -----.nama produk ---. PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA bersepakat untuk mengadakan per an ian ker a sama dalam hal pemasaran ( ---. "#P $ %&' : --------------------------------------------------(lamat : --------------------------------------------------#elepon : --------------------------------------------------+ersama-sama bertindak untuk dan atas nama "elompok ( ----------. Nama : --------------------------------------------------Peker aan : --------------------------------------------------!abatan : --------------------------------------------------No. yang dalam hal ini PIHAK KEDUA ditetapkan sebagai distributor utama atau agen tunggal oleh PIHAK PERTAMA untuk memasarkan ( ---.nama kelompok -------------.nama perusahaan -----.nama kelompok -------------. bulan.

waktu --.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan PIHAK PERTAMA merupakan kelompok pera in yang khusus membuat ( ---.waktu --. *. .waktu --.) !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------"apasitas Produksi : --------------------------------. Pa!a $ SASARAN PANGSA PASAR PIHAK KEDUA bersedia memasarkan ( ---.nama produk ---.per ( --.) produksi PIHAK PERTAMA tersebut ke seluruh wilayah &ndonesia dan ika memungkinkan akan di/oba untuk dipasarkan ke luar negeri (ekspor) melalui rekanan bisnis PIHAK KEDUA di luar negeri dan PIHAK PERTAMA telah menyetu uinya. PIHAK KEDUA memilih pasar &ndonesia selaku prioritas utama dan PIHAK PERTAMA telah menyetu uinya. yang meliputi: 1.per ( --.) .) ).per ( --.waktu --. !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------"apasitas Produksi : --------------------------------.waktu --.). Pa!a 4 %ILA&AH PASAR -ntuk sasaran pangsa pasar seperti yang dimaksud pasal * %urat Per an ian ini.per ( --. %etu u untuk mengadakan ker a sama dengan PIHAK KEDUA untuk memasarkan keseluruhan barang-barang produksi PIHAK PERTAMA.) !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------"apasitas Produksi : --------------------------------.per ( --..) !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------"apasitas Produksi : --------------------------------.nama produk ---. !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------"apasitas Produksi : --------------------------------.. Pa!a ' JANGKA %AKTU *|Page .

nama produk ---. dan tahun -----.nama produk ---.) yang dihasilkan PIHAK PERTAMA. Pa!a * KERJA SAMA DENGAN PIHAK KETIGA %elama masa per/obaan seperti yang dimaksud pasal . %ebagai langkah awal dari ker a sama ini.) ( --. . dengan perin/ian harga sebagai berikut: ). PIHAK PERTAMA bersedia menerima saran. HARGA PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah sepakat untuk menetapkan harga ( ---nama produk ---.) tersebut hingga sampai di tempat PIHAK KEDUA. Pa!a + PENGADAAN PIHAK PERTAMA sepenuhnya akan melayani pemesanan PIHAK KEDUA dan PIHAK PERTAMA bertanggung awab penuh atas pengadaan serta pengiriman ( ---.|Page . dan atau bila memungkinkan. %etelah masa per/obaan tersebut.nama produk ---. PIHAK PERTAMA akan mengarahkan PIHAK KETIGA tersebut untuk membelinya melalui PIHAK KEDUA. PIHAK KEDUA akan selalu memberikan bimbingan dan petun uk serta saran yang bersi2at teknis selama diperlukan atau ika dipandang perlu oleh PIHAK KEDUA mengenai produk ( ---. petun uk serta bimbingan PIHAK KEDUA tersebut demi mengarah pada meningkatnya kualitas dan sesuai dengan permintaan konsumen. maka PIHAK PERTAMA berhak men ual produksinya kepada PIHAK KETIGA. Pa!a ( TEKNIK) BIMBINGAN) PETUNJUK DAN SARAN 1. PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA akan mengadakan evaluasi penilaian bersama sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan ker a sama berikutnya. ). PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat untuk menetapkan batas waktu selama 0( -----. dan tahun -----. bulan.tanggal.) produksi PIHAK PERTAMA tersebut atau PIHAK KEDUA belum memberikan pesanan kepada PIHAK PERTAMA.tanggal.) hingga ( -----.waktu dalam huruf --.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan 1. sebelum PIHAK KEDUA berhasil memasarkan ( ---. dimulai tanggal ( -----.). bulan. %urat Per an ian ini. petun uk serta bimbingan teknis tersebut dan bersedia pula menyesuaikan semua saran.)1 tahun masa per/obaan. belum termasuk biaya pengiriman hingga sampai di tempat PIHAK KEDUA.). Pa!a .

!enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------3arga per buah : 0(Rp. !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------3arga per buah : 0(Rp. -ang 'uka atau Down Payment sebesar 0(-----..)1 bulan berlalu se ak ditandatanganinya %urat Per an ian ini.) ( --.00) (---. ke/uali ika terdapat perubahan ketetapan Pemerintah dalam bidang moneter. ------------. %etelah masa 0( -----.)1 bulan setelah ditandatanganinya %urat Per an ian ini serta tidak dapat berubah.) ( --.) 4 ( --. akan dilakukan penin auan kembali perihal harga awal yang telah disepakati kedua belah pihak tersebut dan ika perlu akan dilakukan penyesuaian kembali dengan harga produksi yang ada. ------------.jumlah uang dalam huruf ---.00) (---. . atas pemesanan barang-barang dengan syarat pembayaran seperti berikut: 1.)1 .waktu dalam huruf --.00) (---.jumlah uang dalam huruf ---.jumlah uang dalam huruf ---. !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------3arga per buah : 0(Rp.)1 ). -ntuk setiap pemesanan.jumlah dalam huruf ---)1 persen. ------------. Pa!a 1PEMBA&ARAN PIHAK KEDUA setu u untuk melaksanakan pembayaran kepada PIHAK PERTAMA.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan 1.00) (---.)1 *.)1 . !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------3arga per buah : 0(Rp.. ------------.)1 3arga-harga tersebut di atas berlaku untuk angka waktu 0( -----.00) (---.jumlah uang dalam huruf ---.|Page .waktu dalam huruf --. PIHAK KEDUA akan mengin2ormasikan kembali harganya kepada PIHAK PERTAMA.jumlah uang dalam huruf ---. !enis produk : ---------------------------------kuran : --------------------------------3arga per buah : 0(Rp. ------------.

) tersebut diterima dengan baik oleh PIHAK KEDUA. (pabila PIHAK PERTAMA dan atau PIHAK KETIGA men ual pada sasaran pasar wilayah pasar seperti yang dimaksud pasal * dan pasal . %urat Per an ian ini. . kerusakan.) 4 ( --.jumlah dalam huruf ---)1 persen akan dibayarkan setelah ( ---.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan ). rusak. maka kedua belah pihak sepakat dan setu u untuk menyelesaikannya di ( -----.jumlah dalam huruf ---)1 persen dari keseluruhan nilai pen ualan. Pa!a 14 PENUTUP ). "ompensasi retribusi tersebut disepakati bersama-sama dan ditetapkan sebesar 0(-----. 5|Page . maka PIHAK PERTAMA tidak dibenarkan untuk memasarkan atau men ual sendiri kepada PIHAK KETIGA manapun uga ke/uali ika pembelian tersebut melalui PIHAK KEDUA. semisal: kesalahan ukuran. maka hal itu akan diperhitungkan sebagai suatu kompensasi retribusi bagi PIHAK KEDUA. Pa!a 1# PENGGANTIAN BARANG Dalam hal pemesanan barang oleh PIHAK KEDUA untuk produksi terdapat kesalahan teknis.nama produk ---.) 4 ( --. PIHAK KEDUA tidak dibenarkan untuk men ual barang-barang produksi lain yang se enis dengan produksi PIHAK PERTAMA sebagaimana yang dimaksud pasal ) %urat Per an ian ini kepada PIHAK KETIGA manapun selain barangbarang produksi PIHAK PERTAMA.. atau penolakan dari konsumen pemakai karena kesalahan produksi. *. Pa!a 1$ PEN&ELESAIAN PERSELISIHAN Dalam hal ter adi perselisihan.Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri -----. mutu berkurang dan lain sebagainya.).LAIN 1/ %etelah PIHAK KEDUA dapat memasarkan barang-barang produksi PIHAK PERTAMA. /a/at. maka PIHAK PERTAMA bersedia untuk menggantinya dengan produksi se enis yang baik kualitasnya sesuai dengan pesanan PIHAK KEDUA. maka PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA sepakat dan setu u untuk menyelesaikannya se/ara kekeluargaan atau musyawarah untuk mu2akat dan apabila hal itu belum atau tidak ter/apai kesepakatan diantara kedua belah pihak. %isa pembayaran sebesar 0(-----. Pa!a 11 LAIN.

1 0 ------------------------. %urat Per an ian ini berlaku se ak ditandatangani bersama. %urat per an ian ini dibuat rangkap ) (dua). ). *. PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA 0 ------------------------.1 0 ------------------------.1 0 -----------------------. bermaterai /ukup dan masing-masing berkekuatan hukum yang sama. satu pada PIHAK PERTAMA dan yang lainnya ada pada PIHAK KEDUA.1 6|Page . %urat per an ian ini dibuat rangkap dua.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan 1. ditandatangani se/ara bersama dan masing-masing pihak menyatakan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan atau pengaruh atau uga paksaan dari pihak manapun uga.