You are on page 1of 7

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan

CONTOH SURAT PERJANJIAN KERJA SAMA DALAM BIDANG OLAHRAGA
SURAT PERJANJIAN KERJA SAMA Nomer: ---------------------------------------------------Pada hari ini ------------------ tanggal ( --- tanggal, bulan, dan tahun --- ), kami yang bertanda tangan di bawah ini: 1. ( --- nama perusahaan --- ), produsen ( --- nama produksi --- ) dengan merek ( ------------------------------- ), berkedudukan di ( --- alamat lengkap perusahaan --- ) dalam hal ini diwakili oleh ( --------------------------------------------------- ) selaku ( -------- jabatan --------- ) yang bertindak untuk dan atas nama perseroan terbatas tersebut yang selan utnya disebut PIHAK PERTAMA. ( ----------- nama atlit / olahragawan -------------------- ), ( -------- atlit / olahragawan --------- ), bertempat tinggal di ( --- alamat lengkap atlit / olahragawan --- ), yang selan utnya disebut PIHAK KEDUA.

!.

Dalam rangka membina olah raga ( -------- cabang olahraga --------- ), khususnya di "ndonesia dan untuk men alin serta meningkatkan ker a sama sebaik-baiknya antara PIHAK PERTAMA dengan PIHAK KEDUA, maka kedua belah pihak dengan ini mengadakan per an ian-per an ian dengan syarat-syarat yang diatur dalam 15 (lima belas) pasal sebagai berikut: Pasal 1 PENGERTIAN OLAH RAGA (

cabang olahraga

!

#lah raga ( -------- cabang olahraga --------- ) yang dimaksudkan adalah olah raga ( -------- cabang olahraga --------- ) yang terorganisir dan dii inkan oleh instansi atau organisasi yang berwenang, baik organisasi di "ndonesia maupun di dunia internasional, dalam hal ini ( -------- Induk organisasi olahraga tersebut di Indonesia --------- ) serta ( -------- Induk organisasi olahraga tersebut di Dunia --------- ). Pasal " KE#AJIBAN KE#AJIBAN PIHAK KEDUA ber an i untuk melaksanakan kewa iban-kewa iban yang dibebankan kepadanya, sebagai berikut:

1$Page

persen atau sebesar +(Rp. PIHAK PERTAMA akan memberikan imbalan asa kepada PIHAK KEDUA uang se umlah +(Rp.jumlah uang dalam huruf -----.edua sebesar +(-----.). Pembayaran .) yang dimiliki PIHAK PERTAMA. baik yang menyangkut PIHAK PERTAMA maupun hal-hal yang ter adi di antara kedua belah pihak yang seharusnya patut atau wa ib untuk dirahasiakan.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan 1. dibayarkan +(-------. Pelanggaran atas larangan tersebut akan menyebabkan PIHAK KEDUA dikenakan sangsi atas pelanggaran seperti yang tertulis dalam pasal 1! per an ian ini. terutama kepada %alon-%alon ( -------. Pembayaran Pertama sebesar +(-----. &urut mendidik dan membina %alon-%alon ( -------.( --. ). dengan %ara pembayaran sebagai berikut: 1.). !. !.( --. !. baik di dalam maupun di luar negeri.) .00) (-----. seperti yang diminta atau ditentukan oleh PIHAK PERTAMA se%ara tertulis terlebih dulu.jumlah dalam huruf ---).00) (-----.).cabang olahraga --------. ------------.) tanpa sepengetahuan atau persetu uan tertulis dari PIHAK PERTAMA.) (-----. ------------. $engikuti kegiatan-kegiatan sales promotion dan kegiatan-kegiatan lainnya sesuai petun uk dan pengarahan PIHAK PERTAMA. $elakukan atau mengadakan per an ian lain.jumlah uang dalam huruf -----. bulan setelah !$Page . $enyampaikan hal-hal yang bersi(at rahasia. Pasal & IMBALAN JASA *ntuk imbalan asa. $engikuti pertandingan ( -------.) yang terda(tar serta tergabung dalam ( ----------.). &etap berlatih dengan serius untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan diri. ). baik tertulis maupun lisan. '. dibayarkan setelah penandatanganan per an ian ini. '. persen atau sebesar +(Rp.atlit / olahragawan --------. dengan PIHAK KETIGA berupa per an ian yang sama atau menyerupai per an ian ini selama PIHAK KEDUA masih terikat dalam per an ian ini dengan PIHAK PERTAMA.jumlah waktu dalam huruf -----.00) (-----.) .cabang olahraga --------. Pasal % LARANGAN LARANGAN PIHAK KEDUA ber an i untuk tidak melakukan hal-hal yang terlarang baginya. $engikuti pertandingan ( -------. ------------.).).atlit / olahragawan --------.nama klub olahraga --------.jumlah uang dalam huruf -----. selama masa per an ian ini berlaku. seperti: 1.jumlah dalam huruf ---).

PIHAK KEDUA dapat menga ukan permintaan sarana khusus untuk menun ang peningkatan kemampuan dan keterampilannya.).) dengan merek dan spesi(ikasi sesuai permintaan PIHAK KEDUA.) ( ---.sebanyak +( -----.cabang olahraga --------. persen atau sebesar +(Rp. Peralatan-peralatan tersebut adalah: 1.) setiap ( ---.) setiap ( ---.) (-----. bulan.waktu ---.). bulan setelah pembayaran kedua atau selambat-lambatnya tanggal ( -----. ------------.jumlah waktu dalam huruf -----.waktu ---.) dengan merek dan spesi(ikasi sesuai permintaan PIHAK KEDUA.jumlah ----.waktu ---.) setiap ( ---.) ( ---.sebanyak +( -----.) dengan merek dan spesi(ikasi sesuai permintaan PIHAK KEDUA. !.jumlah uang dalam huruf -----. Pasal ( SARANA KHUSUS 1. Pembayaran . bulan.jumlah dalam huruf ---).sebanyak +( -----. Pasal 5 PEN'EDIAAN SARANA PIHAK PERTAMA akan memberikan semua peralatan ( -------.jumlah waktu dalam huruf -----. dan tahun -----.sebanyak +( -----.jumlah ----. persen atau sebesar +(Rp.) ( ---.waktu ---.) setiap ( ---.) setiap ( ---. ------------------------.( --. '. dan tahun -----.) yang dibutuhkan PIHAK KEDUA selama berlangsungnya per an ian ini.00) (-----.). '.) ( ---.jumlah uang dalam huruf -----. dibayarkan +(-------. ------------------------.) ( ---.waktu ---. ).00) (-----. 1.jumlah ----.waktu ---.jumlah dalam huruf ---).) ( ---.) (-----.) ( ---.tanggal.).) dengan merek dan spesi(ikasi sesuai permintaan PIHAK KEDUA. Pembayaran .) .) setiap ( ---.).sebanyak +( -----.) dengan merek dan spesi(ikasi sesuai permintaan PIHAK KEDUA. ).).eempat sebesar +(-----.) dengan merek dan spesi(ikasi sesuai permintaan PIHAK KEDUA. ------------------------.sebanyak +( -----.).( --. ------------------------. ------------.jumlah ----.jumlah ----. ------------------------. bulan.waktu ---. dan tahun -----.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan ditandatanganinya per an ian ini atau selambat-lambatnya tanggal ( -----tanggal. bulan setelah ditandatanganinya pembayaran ketiga atau selambat-lambatnya tanggal ( -----tanggal.) . /. ------------------------.etiga sebesar +(-----.) setiap ( ---.sebanyak +( -----.jumlah ----. '$Page .) dengan merek dan spesi(ikasi sesuai permintaan PIHAK KEDUA. ------------------------. dibayarkan +(-------.jumlah ----. 0.

Pasal + BIA'A BIA'A PERTANDINGAN 4pabila PIHAK KEDUA mengikuti pertandingan bulutangkis atas petun uk PIHAK PERTAMA. !. PIHAK KEDUA harus memberitahukan masalah itu se%ara tertulis kepada PIHAK PERTAMA selambat-lambatnya +( ------. '. PIHAK PERTAMA berhak menyetu ui atau menolak permintaan PIHAK KEDUA tersebut dengan memberikan alasan maupun saran. 4pabila dipandang perlu oleh PIHAK PERTAMA. 1.). '. 0. dan akomodasi men adi beban dan tanggung awab PIHAK PERTAMA.) PIHAK KEDUA* PIHAK KEDUA akan mendapat bantuan kepelatihan dari PIHAK PERTAMA. Pasal ) BANTUAN KEPELATIHAN DAN PSIKOLOG 1.). PIHAK PERTAMA berhak melarang keikutsertaan PIHAK KEDUA dalam suatu pertandingan dengan mengemukakan berbagai alasan dan pertimbangan yang dapat diterima PIHAK KEDUA. minggu sebelum latihan resmi dimulai. )$Page . 2elama berlangsungnya per an ian ini dan demi meningkatnya kualitas permainan ( -------. PIHAK PERTAMA akan mengutus petugasnya sebagai penanggung awab.). maka biaya penda(taran. Pasal . PIHAK KEDUA wa ib mengikuti dan menuruti saran para pelatihnya dan apabila ditemukan ketidak%o%okan diantara pelatih dan PIHAK KEDUA. ongkos per alanan.nama pelatih -------. PERTANDINGAN KHUSUS 1.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan !. 3iaya latihan resmi men adi beban dan tanggung awab PIHAK PERTAMA dengan ketentuan PIHAK KEDUA menga ukan permintaan anggaran se%ara tertulis kepada PIHAK PERTAMA selambat-lambatnya +( ------. !. PIHAK PERTAMA akan menyediakan tenaga psikolog untuk PIHAK KEDUA. *ntuk pelatih (isik PIHAK KEDUA ditun uk ( -------.cabang olahraga --------.nama pelatih -------.jumlah dalam huruf --.) ( ---.).) ( ---. 3iaya latihan rutin men adi tanggung awab PIHAK KEDUA sendiri. maka PIHAK KEDUA berhak mendapatkan pembiayaan sesuai pasal 1 per an ian ini. baik yang dilangsungkan di dalam maupun di luar negeri. ). uang saku.jumlah dalam huruf --. maka akan diselesaikan se%ara musyawarah dan kekeluargaan dengan melibatkan PIHAK PERTAMA. Penga uan permintaan tersebut dilakukan se%ara tertulis dengan menyebutkan sarana yang diminta se%ara terperin%i dengan memberikan alasan. *ntuk pelatih strategi permainan ditun uk ( -------. '. 4pabila PIHAK PERTAMA menyetu ui permintaan PIHAK KEDUA. /. minggu sebelum pertandingan dimulai. 4pabila PIHAK KEDUA akan mengikuti pertandingan khusus yang tidak dalam agenda yang telah diketahui PIHAK PERTAMA sebelumnya.

&anpa i in dan sepengetahuan PIHAK PERTAMA. '. baik sebagian atau keseluruhannya.jumlah dalam huruf ---). maka PIHAK KEDUA memberi hak penuh kepada PIHAK PERTAMA untuk menggunakan kesempatan kemenangan tersebut untuk alat atau sarana promosi untuk kepentingan PIHAK PERTAMA. diatur sebagai berikut: 1. 4pabila ter adi %idera. 2ehubungan dengan pembatalan per an ian ini maka PIHAK KEDUA melepaskan ketentuan-ketentuan yang termaktub dalam Pasal 1!00 . maka PIHAK PERTAMA berhak untuk membatalkan per an ian ini dan PIHAK KEDUA diharuskan untuk mengembalikan keseluruhan imbalan asa yang didapatnya sesuai Pasal ) per an ian ini se%ara sekaligus ditambah denda sebanyak +( ----. persen dari umlah keseluruhan biaya pengobatan yang dibutuhkan PIHAK KEDUA. Pasal 1HADIAH HADIAH KEJUARAAN 5adiah-hadiah ke uaraan yang diperoleh PIHAK KEDUA dalam keikutsertaannya dengan i in dan sepengetahuan PIHAK PERTAMA. sebanyak-banyaknya +(-----. baik dari PIHAK KEDUA sendiri maupun pihak-pihak lainnya.) . PIHAK PERTAMA akan memberikan bantuan pengobatan ika PIHAK KEDUA mengalami sakit atau %idera akibat pertandingan yang diikutinya.( --.) yang diperoleh PIHAK KEDUA. PIHAK KEDUA tidak diperbolehkan mengikuti pertandingan. 4pabila PIHAK KEDUA tidak memenuhi per an ian ini. 5adiah-hadiah berupa uang dan barang-barang lainnya sepenuhnya men adi hak PIHAK KEDUA. !. %a%at atau kematian yang diakibatkan keikutsertaan PIHAK KEDUA dalam suatu pertandingan.itab *ndang-*ndang 5ukum Perdata. Demikian pula dengan setiap kemenangan dalam rangka perlombaan ( -------cabang olahraga --------.). kali keseluruhan imbalan asa.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan ). maka PIHAK PERTAMA membebaskan PIHAK KEDUA dari segala tuntutan. !. Pasal 11 TUNTUTAN 1. Pasal 1" PELANGGARAN ATAS PERJANJIAN 1.jumlah dalam huruf --.) ( --. ). !. 5adiah-hadiah berupa piala atau piagam harus diserahkan PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA memberi hak penuh kepada PIHAK PERTAMA untuk menggunakan piala ke uaraan tersebut untuk sarana promosi untuk kepentingan PIHAK PERTAMA tanpa sesuatu hak kompensasi. /$Page . PIHAK PERTAMA akan membuatkan duplikat piala untuk PIHAK KEDUA.

PIHAK KEDUA PIHAK PERTAMA + ------------------------. 5al-hal yang belum atau belum %ukup diatur dalam per an ian ini akan diatur berdasarkan kekeluargaan atau musyawarah untuk mu(akat oleh kedua belah pihak.). Pasal 1& HAL HAL LAIN 1. dan tahun -----. kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikannya melalui alur hukum dan kedua belah pihak telah memilih tempat kedudukan hukum yang tetap di ( -----.Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri -----. 2urat per an ian ini dibuat rangkap dua. ditandatangani se%ara bersama dan masing-masing pihak menyatakan dalam keadaan sadar tanpa adanya tekanan atau pengaruh atau uga paksaan dari pihak manapun uga. Pasal 15 PENUTUP 1.) hingga tanggal ( -----. Per an ian ini berlaku mulai tanggal ( -----.FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan Pasal 1% MASA BERLAKUN'A PERJANJIAN 1.. !. 0$Page . !. '. satu pada PIHAK PERTAMA dan yang lainnya ada pada PIHAK KEDUA. Per an ian ini dapat diperpan ang dengan persetu uan tertulis dari kedua belah pihak. '. bulan. 2urat per an ian ini dibuat rangkap ! (dua). bulan. + -----------------------..tanggal.tanggal. 2urat Per an ian ini berlaku se ak ditandatangani bersama. !. 4pabila ayat ! pasal ini tidak ter%apai.). $engenai per an ian ini berikut segala akibatnya bagi kedua belah pihak akan diselesaikan se%ara kekeluargaan berdasarkan musyawarah untuk mu(akat. dan tahun -----. bermaterai %ukup dan masing-masing berkekuatan hukum yang sama.

FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Divisi Perpustakaan 1$Page .