You are on page 1of 14

Permasalahan Biologi dan Solusinya

AFIFAH BINTANG UMARIZKA AZZAHRA
X IPA 1

Permasalahan Biologi adalah permasalah disebabkan unsur biologis maupun bukan. Kanker serviks Human papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab dari kanker serviks. penggunaan pil KB dalam jangka waktu yang sangat lama. kurangnya asupan vitamin terutama vitamin c dan vitamin e serta kurangnya asupan asam folat. melakukan tebang pilih. Pemeriksaan rutin Sejak 50 tahun ke belakang pap smearsudah mengurangi kematian yang berhubungan dengan kanker leher rahim sampai 70%. Kerusakan hutan berdampak buruk bagi kehidupan di dunia. Kerusakan Hutan Kerusakan hutan disebabkan oleh ulah manusia yang menebang pohon sembarangan. ilegal logging. namun berdampak pada unsur . Hutan merupakan paruparu dunia. tidak hanya melalui cairan. Selain itu. apabila hutan rusak akan semakin sedikit lahan resapan dan oksigen yang dihasilkan tumbuhan di hutan pun semakin berkurang.unsur biologi. dapat menjangkit seseorang yang menggunakannya jika tidak membersihkannya dengan baik. kebiasaan hidup yang kurang baik juga bisa menyebabkan terjangkitnya kanker serviks ini. Sebaiknya Pap Smear dilakukan tiga tahun setelah memulai . Contoh permasalahan biologi : 1. menghemat penggunaan kertas dan pensil. Virus ini sangat mudah berpindah dan menyebar. menegakkan perundang-undangan atas penebangan pohon. Kebiasaan buruk lainnya yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan. melakukan hubungan intim dengan pria yang sering berganti pasangan dan melakukan hubungan intim pada usia dini (melakukan hubungan intim pada usia <16 tahun bahkan dapat meningkatkan resiko 2x terkena kanker serviks). penggunaan wc umum yang sudah terkena virus HPV. terlalu sering melahirkan. Solusinya : Melakukan penanaman kembali pada hutan-hutan gundul. 2. tidak melakukan ilegal logging. Faktor lain penyebab kanker serviks adalah adanya keturunan kanker. Sedangkan penyebab banyak kematian pada kaum wanita adalah virus HPV tipe 16 dan 18. menebang secara berlebihan. tapi juga bisa berpindah melalui sentuhan kulit. Seperti kebiasaan merokok. Solusinya : 1. Selain itu.

Gaya hidup sehat Melakukan gaya hidup yang sehat dengan memakan makanan yang sehat serta olahraga secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh kamu terhadab beberapa penyakit 3. Tunda kegiatan seksual Menunda waktu menjadi seorang wanita yang aktif secara seksual. diantaranya: 1. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Air Act yang dibuat oleh pemerintah dan menambah pajak bagi industri yang melakukan pencemaran udara. Mengurangi jumlah partner seks Menurut statistik. Semakin muda seorang wanita memulai hubungan seks. 5. Dan sudah dapat dilakukan sejak usia sembilan tahun. Menghemat Energi yang digunakan. Dan pemeriksaan ini seharusnya dilakukan lagi tiap tahun. semakin banyak seorang wanita memiliki partner seks. apabila sebelumnya sudah rutin melakukan pemeriksaan dan hasilnya negatif. Mengembangkan teknologi yang ramah lingkungan dan dapat diperbaharui diantaranya Fuel Cell dan Solar Cell. Solusinya : Banyak sekali upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi dampak dan mengurangi potensi terjadinya polusi udara. . namun dia tidak sempurna untuk memblokir transmisi HPV. semakin besar kemungkinan perkembangan kanker ini di kemudian hari. atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan.aktivitas seksual atau setelah memasuki usia 21. 4. Mungkin kondom dapat membantu. 2. 3. 3. maka semakin besar pula kemungkinan tertular virus ini. 4. gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan. Vaksinasi HPV Vaksinasi ini sebaiknya dilakukan sebelum wanita aktif secara seksual. Pencemaran Udara Pencemaran udara adalah masuknya. 2. Wanita yang berusia lebih dari 30 tahun dan hanya memiliki satu partner seks dapat melakukan pemeriksaan rutin tiap tiga tahun saja.

6.Gunakan kendaraan yang ramah lingkungan seperti becak. Jika menggunakan mobil atau motor. Berapa pun luas area kosong di rumah atau di tempat kerja kita. 9. mobil ataupun motor. Alat transportasi yang ramah lingkungan seperti sepeda akan sangat membantu untuk mengurangi polusi udara di kota. sepeda. Menanam dan merawat tumbuhan di sekitar lingkungan kita. satu untuk Anda dan satu lagi milik pasangan Anda. Pembuangan limbah industri diatur sehingga tidak mencemari lingkungan atau ekosistem. Ini akan membantu mengurangi jumlah kendaraan yang membuang polusinya setiap hari ke angkasa. kenapa tidak menggunakan satu saja? Anda bisa mengantar jemput pasangan sambil berangkat dan pulang kantor bukan? 12.5. Memperluas gerakan penghijauan. Jika Anda memiliki 2 mobil. dokar atau delman. simpan kendaraan pribadi Anda di rumah dan gunakan transportasi umum yang ada. terlebih dengan bersepeda Anda juga sehat karena aktivitas ini bagus untuk jantung. 13.Ikutlah komunitas bersepeda. 8.Gunakan transportasi umum. 10. seefisian mungkin. Tindakan tegas terhadap pelaku pencemaran lingkungan. Anda bisa memelihara tanaman dalam pot dan meletakkannya atau bisa juga menggantungnya di teras atau beranda rumah. . Menempatkan daerah industri atau pabrik jauh dari daerah perumahan atau pemukiman penduduk. Jika lahan kosong benar-benar tidak ada. Hal ini berguna untuk menyejukkan dan mengurangi jumlah polusi udara di sekitar kita. 11. Pengawasan terhadap penggunaan jenis-jenis pestisida dan zat kimia lain yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan.Gunakan kendaraan bermotor Anda. 7. 14. Jika tidak perlu sekali.Memberikan kesadaran terhadap masyarakat tentang arti lingkungan hidup sehingga manusia lebih mencintai lingkungan hidupnya. tanamilah dengan tumbuhan. sebaiknya selalu lakukan pengecekan supaya mesin kendaraan bagus dan mengurangi polusi udara dengan memastikan emisi pembuangan di kendaraan Anda baik.

Hindari Screen Saver Shut down Komputer anda jika tidak akan digunakan dalam jangka lama. Global warming terjadi karena adanya EFEK RUMAH KACA dimana panas yang diterima bumi dari sinar matahari yang seharusnya di pantulkan kembali ke luar angkasa. Oleh karena itu gunakan kertas se-efektif mungkin misalnya dengan mencetak print out bolak-balik pada setiap kertas. Ingat setiap daya daya listrik yang anda pakai maka anda turut serta menghabiskan sumber daya energi listrik yang kebanyakan berbahan bakar fosil.15. Bila anda nge-print sesuatu yang tidak terlalu penting. Masalah Global warming atau pemanasan global memang sudah tidak asing lagi. 2. Lampu neon ini membutuhkan energi yang lebih sedikit dibanding lampu pijar. 3. penyebabnya tidak lain berasal dari manusia sendiri. Jadi matikan screen saver anda sekarang! 4. Segera ganti bola lampu pijar anda dengan lampu neon. Ganti bola lampu. bahwa setiap anda menggunakan selembar kertas maka anda telah menebang sebatang pohon. matikan screen saver. atau jika anda terpaksa meninggalkan komputer dalam keadaan menyala. 4. 5. dan dalam jangka sepuluh tahun ke depan mungkin bahan bakar jenis ini akan habis. Mengaktifkan screen saver akan memakan energi dan mengeluarkan emisi Co2.Mengurangi pemakaian bahan bakar fosil terutama yang mengandung asap serta gas-gas polutan lainnya agar tidak mencemarkan lingkungan. ban yang kurang angin akan memperlambat laju kendaraan dan akhirnya akan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak. Solusinya : 1. itu malah dipantulkan kembali ke bumi oleh adanya awan polusi. Bahan bakar fosil adalah bahan bakar tak terbarukan. gunakanlah kertas bekas yang dibaliknya masih kosong. Buka jendela lebar-lebar . Batasi Penggunaan kertas Tanamkan di pikiran anda kuat-kuat. Periksa tekanan ban Setiap anda ingin bepergian janagn lupa memeriksa tekanan ban kendaraan anda.

Selain megandung kalori yang tinggi. Naik kendaraan umum Saat ini jumlah kendaraan pribadi sudah teramat banyak dan bikin sumpek. Disamping aman. Pupuk yang digunakan kebanyakan petani mengandung unsur nitrogen. 8. jika kita menggunakan kendaran umum maka kita mengurangi emisi gas rumah kaca.7 ton emisi CO2 berasal dari rumah. karena dalam satu kendaraan umum bisa mengangkut puluhan orang. Unutk meminimalkannya ketika dapat mengatur termostat AC dengan suhu udara di luar ruangan. 9. 7. Jangan pakai kantong plastik Di beberapa Negara bagian Amerika. LSM peduli lingkungan mendorong pemerintah Negara setempat unutk melarang penggunaan kantong plastic sebagai kantong belanjaan. Kurangi makan daging sapi Betul. Setiap kilogaram daging sapi yang kita makan. Kemudian bukalah jendela lebar-lebar karena sirkulasi udara yang terjebak dapat mengkonsumsi energi. Plastik ini memang unsur yang sulit terurai. Kebanyakan emisi atau gas buang tersebut berasal dari AC. Jika anda hobi berkebun gunakanlah pupuk organik. Dibandingkan dengan kendaraan pribadi sperti sedan yang hanya mengangkut maksimal empat orang. dan itu sangat hemat energi. 10. Sector transportasi menyumbang sampai 14 % emisi gas rumah kaca ke atmosfer. 6. Gunakan pupuk organik. misal dari kain serat alami. tetapi ternyata pohon atau rumpun bambu mampu menyerap CO2 empat kali lebih banyak dari pohon-pohon lain. yang kemudian berubah menjadi N2O yang menimbulkan efek GRK (Gas Rumah Kaca) 320 kali lebih besar dari pada CO2. setara dengan menyalakan bola lampu 20 watt selama 20 hari. murah pula.Di Amerika . Tanamlah rumpun bambu Pepohonan memang terbukti mampu menyerap CO2. urusan kantong plastik bahkan sampai dibuat undang-undangnya segala. Daging sapi juga menyumbang emisi gas rumah kaca yang cukup signifikan. butuh 1000 tahun untuk mengurainya didalam tanah. Maka beralihlah ke kantong kain. sebagian besar dari 22. kompor gas atau refrigerator. kurangi dari sekarang memakan daging sapi. . Efek Gas rumah kaca yang ditimbulkannya juga cukup besar. kulkas.

kejadian luar biasa penyakit ini sudah ada di tahun 1957 di Toronto. Karena gejalanya mirip flu. Solusinya : PENGOBATAN 1. 3. walaupun ini bukan terminologi yang baku. banyak media cetak yang membuat istilah flu Singapore. PENCEGAHAN Penyakit ini sering terjadi pada masyarakat dengan sanitasi yang kurang baik.Pengobatan suportif lainnya ( gizi dll ) Penyakit ini adalah self limiting diseases yaitu dapat sembuh dengan sendirinya. Berdasar laporan yang ada.5. pasien perlu istirahat karena daya tahan tubuh menurun.Immunoglobulin IV (IGIV). Sejak itu terdapat banyak kejadian di seluruh dunia. Pencegahan penyakit adalah dengan menghilangkan kekumuhan .Cairan cukup untuk dehidrasi yang disebabkan sulit minum dan karena demam . Foot. Istilah Flu Singapore muncul karena saat itu terjadi ledakan kasus dan kematian akibat penyakit ini di Singapura. Kaki. and Mouth Disease (HFMD) atau dalam bahasa Indonesia Penyakit Tangan. Pengobatan spesifik tidak ada. Pasien yang dirawat adalah yang dengan gejala berat dan komplikasi tersebut diatas. Istirahat yang cukup 2.Antiseptik di daerah mulut . Dapat diberikan : .Extracorporeal membrane oxygenation. pada pasien imunokompromis atau neonatus . dalam 7-10 hari.Analgesik misal parasetamol .Penyakit ini sesungguhnya sudah lama ada di dunia. dan saat itu terjadi di Singapura (dan kemudian juga terjadi di Indonesia). 4. Kanada. Flu Singapura "Flu Singapura" sebenarnya adalah penyakit yang di dunia kedokteran dikenal sebagai Hand. Pengobatan simptomatik : . dan Mulut (PTKM). jadi hanya diberikan secara simptomatik saja berdasarkan keadaan klinis yang ada. Di Indonesia sendiri sebenarnya penyakit ini bukan penyakit baru.

Pencemaran Tanah & Gangguan Kesehatan Oleh Limbah Plastik Limbah plastik merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. plastik yang cukup banyak didaur ulang adalah jenis HDPE dan botol-botol plastik. plastik dibuat plastik yang bio. Waktu yang diperlukan plastik agar terurai yaitu 1000 tahunan. Pasien sebenarnya tak perlu diasingkan karena ekskresi virus tetap berlangsung beberapa minggu setelah gejala hilang. Beberapa pembangkit listrik menggunakan batu bara yang dicampur dengan beberapa persen ban bekas. pemisahan (sortir). Akan tetapi. Limbah plastik merupakan limbah terbanyak yang terdapat di bumi. Penyakit ini belum dapat dicegah dengan vaksin (Imunisasi) 6. Solusinya : 1. khususnya sehabis berdekatan dengan penderita. Bila perlu anak tidak bersekolah selama satu minggu setelah timbul rash sampai panas hilang. pembakaran sebenarnya menimbulkan masalah baru. handuk yang memungkinkan terkontaminasi. sehingga dapat digunakan sebagai sumber tenaga untuk pembangkit listrik. hal itu tampaknya tidak mudah dijalankan. Limbah plastik mempunyai nilai kalor yang tinggi. kebersihan (Higiene dan Sanitasi) lingkungan maupun perorangan.dan kepadatan lingkungan. Akan tetapi. Plastik tidak dapat terurai dengan cepat. Incinerasi Cara lain untuk mengatasi limbah plastik adalah dengan membakarnya pada suhu tinggi (incinerasi). yaitu pencemaran .atau fotodegradable dan juga dibakar pada suhu yang sangat tinggi. Proses daur ulang melalui tahap-tahap pengumpulan. dan pembentukan ulang. Daur Ulang Penanganan limbah plastik yang paling ideal adalah dengan mendaur ulang. Kedua tahapan ini akan lebih mudah dilakukan jika masyarakat dengan disiplin ikut berpartisipasi. 2. yang penting menjaga kebersihan perorangan. yaitu dengan mendaur ulang sampah. yaitu ketika membuang sampah plastik. Cara yang paling gampang dilakukan adalah misalnya membiasakan selalu cuci tangan. pelelehan. Dewasa ini. mainan. desinfeksi peralatan makanan. Tahapan paling sulit adalah pengumpulan dan pemisahan. Limbah tidak dapat dihilangkan tetapa dapat dikurangi dengan banyak cara.

ataupolypropylene. gunakanlah hanya sekali pakai dan segera dihabiskan karena . gunakanlah yang berbahan silikon. menghindari bahaya keracunan akibat penggunaan plastik: 1. plastik jenis ini lebih mahal dan kelihatannya masyarakat enggan untuk membayar lebih. sangat baik jika dapat dibuat plastik yang bio. jika makanan/minumam bau plastik jangan digunakan. Jangan membuang sampah plastik sembarangan. Untuk dot. Cegah penggunaan botol susu bayi dan cangkir bayi (dengan lubang penghisapnya) berbahanpolycarbonate.atau fotodegradable. Untuk itu.polypropylene.ataupolyethylene. Hal itu telah diupayakan dan telah dipasarkan. Plastik Biodegradable Sekitar separo dari penggunaan plastik adalah untuk kemasan. Pembakaran ban bekas menghasilkan asap hitam yang sangat pekat dan gas-gas yang bersifat korosif. 4. tidak dapat dicegah. sehingga dapat didaur ulang. Gunakan kemasan makanan yang lebih aman.udara. Sampah plastik harus dipisahkan dengan sampah organik. 3. Hindari penggunaan botol plastik untuk menyimpan air minum. Untuk mengurangi pencemaran plastik : 1. 4. Gunakan penciuman. 5. pembakaran harus dilakukan dengan pengontrolan yang baik untuk mengurangi polusi udara. Jika penggunaan botol plastik berbahan PET (kode 1) dan HDPE (kode 2). Kurangi penggunaan plastik 2.po lyethylene. cobalah pilih dan gunakan botol susu bayi berbahan kaca. 2. 3. seperti gelas. Polusi yang paling serius adalah dibebaskannya gas dioksin yang sangat beracun pada pembakaran senyawa yang mengandung klorin seperti PVC. Gas-gas korosif ini membuat incinerator cepat terkorosi. Pembakaran plastik seperti PVC menghasilkan gas HCl yang bersifat korosif. 3. Sayangnya. Oleh karena itu. Sampah plastik jangan dibakar. Kebanyakan plastik biodegradable berbahan dasar zat tepung. Janganlah menyimpan air minum atau pun makanan dalam keadaan panas. Gunakanlah cangkir bayi berbahan stainless steel. karena tidak akan mengeluarkan zat karsinogenik sebagaimana pada dot berbahanlatex.

yang dapat mengakibatkan zat kimia yang terdapat pada plastik tersebut terlepas dan bereaksi dengan makanan lebih cepat. jaga kesehatan diri dengan makan makanan bergizi dan olahraga teratur untuk meningkatkan sistem imun dan mencegah serangan penyakit malaria! . Cara Pencegahan  Biasanya pemerintah melakukan foging (pengasapan) di tempattempat endemik malaria. Solusinya : Tidak ada vaksin yang efektif untuk melawan malaria. Nyamuk Anopheles penyebab penyakit malaria ini banyak terdapat pada daerah dengan iklim sedang khususnya di benua Afrika dan India.pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu. 7. Cegahlah memanaskan makanan yang dikemas dalam plastik. Termasuk juga di Indonesia. Pada negaranegara endemik cara pencegahannya adalah dengan menjauhkan nyamuk dari manusia dengan memakai obat nyamuk atau jaring nyamuk. Namun kita juga bisa melakukan pencegahan seperti berikut:  Menghindari gigitan nyamuk dengan memakai baju tertutup  Menggunakan krim anti nyamuk  Memasang kelambu anti nyamuk  Jika Anda akan bepergian ke tempat di mana banyak nyamuk malaria mengancam. konsultasikan dulu dengan dokter  Jangan keluar rumah setelah senja  Menyemprotkan obat nyamuk di kamar tidur dan isi rumah  Jangan lupa. khususnya pada microwave oven. 7. 6. Bungkuslah terlebih dahulu makanan dengan daun pisang atau kertas. Malaria Malaria adalah penyakit menular akibat infeksi parasit plasmodium yang ditularkan melalui gigitan nyamuk malaria yang bernama Anopheles. Bahan alternative yang dapat digunakan adalah botolstainless steel atau kaca. Hal ini pun dapat terjadi bila kemasan plastik digunakan untuk mengemas makanan berminyak atau berlemak.

misalnya kebun binatang. tumbuhan. Jenis obat tergantung dari daerah geografis tempat plasmodium tersebut hidup. Obat-obatan dapat diperoleh dari hewan dan tumbuhan. Media tempat menumbuhkan sel tumbuh (jaringan) dikenal dengan . tanah dan air. 8. biasanya dilakukan oleh dokter hewan di suatu lembaga pelestarian. Hilangnya beberapa jenis hewan dan tumbuhan dapat memengaruhi kehidupan. Inseminasi buatan ini biasa dilakukan pada hewan mamalia terutama yang hampir punah karena jumlahnya di alam bebas yang semakin sedikit. Malaria ringan dapat diberikan obat oral. Sedangkan malaria berat yang mempunyai gejala klinis perdarahan harus di observasi di rumah sakit dengan pengobatan intra vena. Membuat cagar alam sebagai tempat perlindungan dan pelestarian hewan. Solusinya : Menetapkan suakamargasatwa sebagai tempat untuk melindungi hewan tertentu terutama yang sudah langka. Hal tersebut disebabkan adanya plasmodium yang sudah resisten terhadap beberapa obat pada daerah daerah tertentu. Tidak semua orang dapat melakukan inseminasi buatan. Kepunahan Spesies Tumbuhan dan Hewan Hewan mengalami kepunahan karenapemanfaatan bagian tubuh hewan tanpa memperhatikan kelestarian hewan itu sendiri. Kultur Jaringan Kultur jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan cara memperbanyak sel tumbuh (jaringan) menjadi tumbuhan baru. Membuat hutan lindung sebagai tempat untuk melindungi air/daerah resapan air karena dihutan dengan tumbuhan yang menutupinya jika terjadi hujan maka air akan tertahan dan diserap tanah Inseminasi Buatan Inseminasi buatan adalah perkembangbiakan pada hewan dengan cara menyuntikkan sperma dari hewan jantan pada hewan betina.Cara Pengobatan Ada tiga faktor yang harus diperhatikan dalam pengobatan malaria yaitu : jenis plasmodium yang menginfeksi. keadaan klinis pasien (usia dan kehamilan) dan jenis obat yang cocok untuk plasmodium penginfeksi. Hewan dan tumbuhan harus dijaga agar terhindar dari kepunahan. Setiap jenis hewan dan tumbuhan memiliki peran dalam menjaga keseimbangan lingkungan.

9. Pencemaran Air Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau. sungai. dengan sumber penularan dan penyebaran yang berasal dari peternak unggas. lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Mengurangi intensitas limbah rumah tangga. 10. Cara penanggulangan pencemaran air lainnya adalah melakukan penanaman pohon. Selanjutnya menyebar dengan begitu cepat keseluruh dunia sehingga menjadi masalah global. sungai. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Dengan tingginya angka kematian akibat flu burung. Solusinya : 1. 5. 6. Untuk itu perlu di ambil sejumlah langkah pencegahan secara perorangan maupun lingkungan. Flu Burung Wabah flu burung yang disebabkan oleh virus A subtype H5N1 mulai dikenal pada tahun 1997 di Hongkong. kita perlu mewaspadai agar penyakit ini tidak berkembang.media agar-agar yang telah ditambahkan beberapa unsur hara yang diperlukan tumbuhan. Melakukan penyaringan limbah pabrik sehingga limbah yang nantinya bersatu dengan air sungai bukanlah limbah jahat perusak ekosistem. 4. diakui mampu menyerap air dalam jumlah banyak. Sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar. Tidak membuang sampah ke sungai. 2. Pohon selain bisa mencegah longsor. Pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar. yakni pada unggas yang kemudian menyebar dengan cepatnya kepada manusia. lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Perkembangan flu burung yang terjadi di Indonesia juga sangat cepat sejak ditemukannya virus ini pada tahun 2004. Danau. . 3.

Pada Manusia  Kelompok berisiko tinggi ( pekerja peternakan dan pedagang atau yang bersentuhan dengan produk unggas) § Mencuci tangan dengan desinfektan dan mandi sehabis bekerja. Pada Unggas  Pemusnahan unggas/burung yang terinfeksi flu burung dalam radius tiga kilometer.  Peningkatan kesadaran masyarakat  Pengisian kandang kembali  Pengawasan kasus flu burung  Pengendalian lalu lintas keluar masuk ternak unggas dan produk unggas. (contoh : masker dan pakaian kerja). serta memperoleh vaksinasi.  Masyarakat umum Bagi masyarakat pada umumnya yang perlu dilakukan adalah menjaga higien pribadi dan lingkungan. § Menggunakan alat pelindung diri. § Menjaga daya tahan tubuh dengan memakan makanan bergizi & istirahat cukup.Solusinya : PENCEGAHAN Pencegahan penyebaran penyakit flu burung dapat dilakukan dengan menerapakan tindakan preventif/ atau pencegahan terhadap unggas itu sendiri maupun manusia. § Hindari kontak langsung dengan ayam atau unggas yang terinsfeksi flu burung. yaitu : .Pilih unggas yang sehat (tidak terdapat gejala-gejala penyakit pada tubuhnya) . § Meninggalkan pakaian kerja ditempat kerja. § Imunisasi. b. § Mengolah unggas dengan cara yang benar. § Membersihkan kotoran unggas setiap hari.  Vaksinasi pada unggas yang sehat  Meningkatkan biosekuriti. a. suatu tindakan pengawasan dan pengamanan yang ketat terhadap unggas yang terinfeksi flu burung.

2) Hidrasi dengan pemberian cairan parenteral (infus). 4) Amantadin diberikan pada awal infeksi . sedapat mungkin dalam waktu 48 jam pertama selama 3-5 hari dengan dosis 5 mg/kg BB perhari dibagi dalam 2 dosis. Bila berat badan lebih dari 45 kg diberikan 100 mg 2 kali sehari.Memasak daging ayam sampai dengan suhu ± 800C selama 1 menit dan pada telur sampai dengan suhu ± 640C selama 4. 3) Pemberian obat anti virus oseltamivir 75 mg dosis tunggal selama 7 hari. .. Pengobatan dilakukan dengan : 1) Oksigenasi bila terdapat sesak napas.5 menit. PENGOBATAN Tata laksana pengobatan bagi penderita flu burung adalah rawat inap di rumah sakit pada ruang isolasi untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang sesuai. karena sifat penyakit yang ganas.