Perbedaan pada serotype dengue :  Secara klinis menurut penelitian yang dilakukan oleh departemen virologi nicaragua: 1.

DEN-1 lebih sering terjadi kebocoran plasma pada anak-anak usia 10-14 tahun dan menderita trombositopenia yang lebih berat dibandingkan DEN-2, torniquet tes positif dan peteki 2. DEN-2 lebih kepada perdarahan mukosa atau perdarahan dalam (contohnya: hematemesis, melena, menorrhagia, perdarahan gusi, dan epistaksis), gejala-gejala tambahan (seperti nyeri sendi, nyeri retro-orbital, menggigil). DEN-2 dapat mengakibatkan shock hipovolemik yang berat. Dalam penelitian yang dilakukan pada pasien Thailand, Vaughn dkk. menunjukkan bahwa DEN-2 berhubungan dengan index efusi pleura yang lebih masif dibandingkan dengan DEN tipe 1,3,4 pada infeksi sekunder

Secara komposisi asam amino menurut penelitian yang dilakukan oleh Division of Molecular Virology, CEMB Universuty of the Punjab, Pakistan: 1. DEN-2 tidak mengandung asam amino tirosin pada fragment polyproteinnya. DEN-2 kaya akan leusin dan arginin 2. DEN-3 kaya akan leusin dan lisin pada polyprotein fragmennya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful