You are on page 1of 10

1

I. PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Pembahasan mengenai tauhid dan akidah merupakan hal paling penting dalam agama Islam dan berperan dalam membentuk pribadi, pribadi yang tangguh. Selain itu juga sebagai inti atau akar dari pada akidah Islamiyah.

1.2. Rumusan Masalah 1. Apa pengertian tauhid? 2. Bagaimana konsep ajaran tauhid? 3. Apa saja sumber akidah? 4. Bagaimana cara menetapkan akidah?

1.3. Tujuan 1. Memahami dan mempelajari pengertian tauhid dan konsep ajaran tauhid 2. Mengetahui tentang akidah, sumbernya dan cara menetapkannya.

II. PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Tauhid Tauhid dilihat dari segi etimologis yaitu Keesaan Allah. Mentauhid berarti mengakui Keesaan Allah. Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, mengesakan berarti mempercayai bahwa Allah SWT adalah satu-satunya pencipta, pemelihara, penguasa dan penagatur semesta. Tauhid adalah keyakinan tentang adanya Allah yang maha esa, tidak ada satupun yang menyamai Nya. Dalam zat sifat atau perbuatan Nya tauhid adalah mengesakan Allah SWT dari semua makhluk Nya dengan penuh penghayatan dan keikhlasan beribadah kepada Nya.

2.2. Konsep Ajaran Tauhid Terkait dengan konsep ajaran tauhid ini, dapat kita lihat ayat-ayat Allah yang sedikit menyinggung ajaran tauhid ini diantaranya : Katakanlah, dialah Allah yang maha esa, Allah tempat meminta segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula di peranakan. (Q.S Al-Ikhlas : 1-4 )

Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia (demikian pula) para malaikat dan orang-orang berilmu yang menegakkan keadilan (Q.S Ali-Imran :18)

Disini dapat kita lihat bahwa beriman kepada Allah SWT terwujud dalam 4 perkara yaitu : 1. Beriman kepda wujud Allah 2. Beriman kepada Rububiyah Allah 3. Beriman kepada Uluhiyah Allah 4. Beriman kepada asma dan sifat Allah.

2.3 Pengertian Aqidah Kata Aqidah diambil dari kata Al-aqdu yaitu Ar-Rabth (ikatan). Al-Ibraam (Pengesahan). Al-Ihkam (Penguatan). Dan Al-Itsbatu (Penetapan). Aqidah artinya ketetapan yang tidak ada keraguan pada orang yasng mengambil keputusan. Sedangkan pengertian Aqidah dalam agama maksudnya adalah berkaitan dengan keyakinan bukan perbuatan. Secara istilah Aqidah yaitu Perkara yang wajib dibenarkan oleh hati dan jiwa menjadi tenteram karenanya. Sehingga tidak tercampuri oleh keraguan dan kebimbangan.

2.4. Sumber Aqidah Sumber Aqidah Islam adalah Al-Qran dan Sunnah, artinya

apasaja yang disampaikan oleh Allah dalam Alquran dan Rasulullah dalam Sunnahnya wajib diimani, diyakini dan diamalkan. Akar pikiran sama sekali bukan sumber AqidahIslam. Tetapi merupakan instrument yang berfungsi untuk memahami yang terdapat di

dalam kedua sumber tersebut dan mencoba membuktikan secara ilmiyah kebenaran yang disampaikan oleh Alquran dan Sunnah. Itupun harus didasari oleh suatu kesadaran penuh bahwa kemampuan akal sangat terbatas.

2.5. Cara Menetapkan Aqidah Allah SWT telah memutuskan dan menetapkan untuk memberikan keterangan di sekitar masalah-masalah yang wajib diimani antara lain : Allah telah menggariskan persoalan tersebut dengan jelas dan menuntut agar manusia mempercayainya. Iman yang dimaksud adalah Itijad dengan kebulatan hati dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Oleh karena itu, para ulama sepakat untuk menetapkan Aqidah berdasarkan 3 macam dalil yaitu : 1. Dalil Aqli 2. Dalil Naqli 3. Dalil Fitrah

2.6. Tingkatan Aqidah 1. Tingkat Taqlid 2. Tingkat Ilmu Yakin 3. Tingkat Ainul Yakin 4. Tingkat Haqqul Yaqin

III. PENUTUP

3.1. Kesimpulan Dari yang telah terurai di atas, dapat kita simpulkan bahwa tauhid dan aqidah merupakan inti pokok agama Islam Terhadap pencipta yang mutlak tidak ada yang di tuju selainNya.

3.2. Saran Berdasarkan uraian tersebut, semoga kita dapat mengambil hikmah betapa pentingnya ajaran ini bagi umat Islam dan merupakan factor terpenting untuk mengembalikan kejayaan Islam.

DAFTAR PUSTAKA

Bakhtiar, Surin. 1979. Terjemah dan Tafsir Alquran. Bandung : Penerbit Fa.Sumatera. Abdul Latief, M. Alu. DR. Abdul Aziz.1998.Pelajaran Tauhid untuk Tingkatan Lanjutan.Jakarta : Darul Haq.

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana atas berkat rahmat dan karunia Nyalah sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Tauhid dan Akidah Sumber Keyakinan dan Ketuhanan. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini belum sempurna oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca guna memperbaiki dan penyempurnaan makalah ini.

Muara Bungo, 23 Desenber 2012

Kelompok 3

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ....................................................................................... i DAFTAR ISI ..................................................................................................... ii I. PENDAHULUAN ................................................................................... 1 1.1. Latar Belakang ................................................................................ 1 1.2. Rumusan Masalah ........................................................................... 1 1.3. Tujuan .............................................................................................. 1

II.

PEMBAHASAN ...................................................................................... 2 2.1. Pengertian Tauhid ........................................................................... 2 2.2. Konsep Ajaran Tahid ....................................................................... 2 2.3. Pengertian Akidah ........................................................................... 3 2.4. Sumber Akidah ................................................................................ 3 2.5. Cara Menetapkan Akidah ................................................................ 4 2.6. Tingkatan Akidah ............................................................................ 4

III. PENUTUP ............................................................................................... 5 3.1. Kesimpulan ...................................................................................... 5 3.2. Saran ................................................................................................ 5

DAFTAR PUSTAKA ....................................................................................... 6

ii

MAKALAH TAUHID DAN AKIDAH SUMBER KEYAKINAN DAN KETUHANAN

DOSEN PENGAMPU : MARYAM S.Ag

DISUSUN OLEH : KELOMPOK III 1. 2. 3. 4. 5. 6. EVA KURNIAWATI TRISNA YUNITA ANGEL PRENKI REZA RORY S SAPRUL ISMAM RENDI HERMAWAN

PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUARA BUNGO 2012

10