KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN SOAL A 1.

Ciri-ciri bakteri : a) Merupakan organisme uniseluler dengan sel yang berukuran 0,5 – 1 mikron. b) Umumnya tidak memiliki kloroplas. c) Mempunyai lapisan lendir yang berperan sebagai pelindung. d) ada eubacteria dinding selnya tersusun atas peptidoglikan yang merupakan polisakarida, pada membran plasma terdapat en!im yang berperan dalam respirasi. e) "ubacteria umumnya #idup pada kondisi lingkungan yang tidak ekstrim. $. %ima kelompok bakteri berdasarkan &umla# dan kedudukan 'lagelnya a) (trik b) Monotrik c) %o'otrik d) (m'itrik e) ). eritrik : bakteri yang tidak memiliki 'lagel. : bakteri yang #anya memiliki sebua# 'lagel. : bakteri yang memiliki se&umla# 'lagel pada sala# satu u&ung tubu#. : bakteri yang memiliki se&umla# 'lagel pada kedua u&ung tubu#. : bakteri yang seluru# permukaan tubu#nya ditumbu#i 'lagel. : bakteri yang menggunakan sumber energi ca#aya untuk menyusun ba#an organik. b) +. *akteri kemoautotro' : bakteri yang memperole# energi dari oksidasi ba#an kimia anorganik. erbedaan 'ungsi ,akuola makanan dan ,akuola kontraktil -akuola makanan -akuola kontraktil 5. : ,akoula yang berperan dalam proses pencernaan makanan. : ,akuola yang berperan sebagai alat ekskresi.

*akteri autotro' dikelompokkan men&adi $ a) *akteri 'otoautotro'

eranan ganggang keemasan bagi ke#idupan : .el ganggang keemasan k#ususnya diatom yang mati akan mengendap di dasar laut membentuk endapan tana# diatom. /ana# diatom berguna sebagai ba#an penggosok, ba#an pembuat isolasi, penyekat dinamit, pembuat saringan, ba#an alat penyadap suara, ba#an pembuat cat, pernis, dan piringan #itam.

a) *akteri parasit b) +.membuat yog#urt .pembuatan gas bio b) 3lagellata atau mastigop#ora : alat gerak berupa 'lagel atau bulu getar.005 mm. *akteri #eterotro' dikelompokkan men&adi $ .pembuatan asan cuka . $.001 mm – 0. erbedaan 'ugsi pili dan 'lagel : ber'ungsi untuk melekatkan diri ke permukaan benda dan sebagai saluran untuk menyalurkan materi genetika selama kon&ungsi. Ciri-ciri protista : a) /ubu#nya terdiri atas satu sel atau multiselular. : alat gerak berupa rambut atau bulu getar.memberi aroma pada mentega .peng#asil antibiotik .poro!oa ). : tidak memiliki alat gerak. : bakteri yang dapat menyusun ba#an organik dari ba#an anorganik. eranan bakteri bagi ke#idupan manusia : a) *akteri yang menguntungkan : .KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN SOAL B 1. ili 3lagel 5. e) Cara #idup ada yang autotro' dan ada yang bersi'at #eterotro'. b) .arcodina atau r#i!opoda c) Ciliata d) . g) 1idup bebas di laut atau air ta2ar atau parasit di dalam cairan tubu# atau &aringan mak#luk #idup lain. *akteri sapro'it : alat gerak berupa kaki semu. : bakteri yang memperole# makanan dari organisme yang masi# #idup. : ber'ungsi sebagai alat gerak. c) 0eproduksi umumnya dengan membela# diri d) Ukuran tubu#nya berkisar 0.pembuatan ke&u . ') 0espirasi secara aerobik. %ima kelompok bakteri berdasarkan &umla# dan kedudukan 'lagelnya a) .elnya bersi'at eukariotik.

menyebabkan penyakit pada tanaman .menyebabkan penyakit pada manusia dan #e2an .b) *akteri yang merugikan : .membusukkan makanan .meng#asilkan racun .

egetasi perintis karena4. selnya eukariotik e. cara mencari makan b. uniseluler. mengikat 5$ bebas dan pembentukan . a..LATIHAN SOAL-SOAL 1) eranan bakteri Rhizobium leguminosarum dan Acetobacter bagi manusia adala#4. selnya eukariotik. multiseluler.. a. mempunyai pigmen b. mempunyai daya reproduksi yang tinggi *akteri yang berperan pada bidang kedokteran4. trombosit d. selnya prokariotik.. a. uniseluler. bentuk gerak c. Rhizobium e. Azotobacter b. berkembang biak secara aseksual b.. belum diketa#ui reproduksi aseksualnya c. tidak membentuk askus dan basidium . selnya eukariotik. Lactobacillus c. a. ukuran selnya d. Clostridium rotista menyerupai #e2an dikelompokkan men&adi beberapa kelompok berdasarkan4. 'oliose d. selnya prokariotik d. bersi'at #eterotro' $) )) +) 5) :) . multiseluler. a. membuka ke#idupan bagi organisme yang lain e. cara reproduksinya Ciri penting kingdom protista antara lain4.uatu &amur termasuk kelompok 7euteromycota apabila4. a. pembulu# dara# c. leukosit e. tidak memerlukan syarat #idup yang ketat c. selnya prokariotik. belum diketa#ui reproduksi seksualnya d. 'rutikose .itamin 6 d.. mengikat 5$ bebas dan pembuatan asam cuka 7alam tubu# manusia.) <) =) . selnya eukariotik. tumbu# di tempat yang terkontaminasi d. dapat ber'otosintesis c. plasma dara# b. a. krustose c.ianobakteri termasuk . peridokse e. mampu #idup di tempat yang miskin 9$ b. #i'anya tidak bersekat e. suda# diketa#ui reproduksi seksual dan aseksual b. reproduksi aseksual Plasmodium berlangsung di4. berkembang biak secara seksual dan aseksual e. a. berkembang biak secara seksual dan aseksual d.. Streptomyces d.... eritrosit 8ika bentuk talus lic#en menyerupai daun disebut4. uniseluler. mengikat 5$ bebas dan ba#an antibiotik b. berkembang biak secara seksual c. a.ala# satu ciri penting dari bakteri se#ingga dikelompokkan dalam monera bersama dengan cyanop#yta adala#4. membentuk senya2a nitrat dan menyuburkan tana# e. berkembang biak secara seksual dan aseksual . mantrose b. mengikat 5$ bebas dan pembentukan asam laktat c. &umla# selnya e.

paku dan &amur b.. Amanita caecaria b. a.. #iploria d.10) Mana diantara &amur berikut yang beracun > a. mencega# senya2a anorganik men&adi organic c..) #ytopt#ora in'estan menyebabkan pembusukan pada4.elain membentuk "ndospora. @ygospora c. Rhizopus stolonifer d. lumut dan paku c. ketela po#on d.. Cyanophyta d. a. mengikat 5$ dari udara bebas b. alga dan &amur d. a. Phaeophyta b. a. Aspergillus niger b. "leosporium $0) . . menguba# nitrat men&adi nitrit e. Rhizopus oligosporus b. bentuk perta#anan #idup bakteri yang lain adala#4. Spirulina c.tigma e. a. a. usus #alus e. a. Rhizopus oryzae e. Auricularia polytricha 11) Mikori!a merupakan simbiosis antara4. Rhodophyta c. kelen&ar pencernaan c. saluran pencernaan b. 1 &am c. . 6ista .. +5 menit b. $0 menit e.. kapri c. Chaladosporium c. )0 menit 1+) Entamoeba histolytica #idup parasit pada4. a. /er&adi setiap berapa menitka# pembela#an biner biasanya ter&adi4.. @oospora b. Chlorophyta 1=) 7i ba2a# ini merupakan conto# &amur yang tidak diketa#ui alat reproduksi seksualnya. kentang 1<) ?anggang peng#asil asam alginat adala#4. sayur-sayuran b.. Agaricus compestris e. usus besar 15) 8amur apa yang men&adi penyebab roti atau nasi basi4. lumut dan &amur 1$) *akteri nitri'ikasi dapat menyuburkan tana# karena4 a. Anabaena e. 10 menit d.ista d. Curvularia e. a.. scillatoria d. 2ortel e. membantu menamba# kandungan nitrat d. kecuali4. Chrysophyta e. menguba# amoniak men&adi nitrit 1)) ada bakteri bereproduksi secara aseksual dengan pembela#an biner. lambung d. Mucor javanicus c. Agaricus bisporus d. "leocapsa 1. akar tumbu#an dan &amur e. Rhizopus nigricans 1:) Conto# sianobakteri yang digunakan sebagai protein sel tunggal adala#4. !ostoc b. Amanita verna c.

a. badan bua# $)) 3ase genetati' dari Plasmodium ditemukan di4. ba#an penggosok dan isolator dinamit c. a. mineral e.itamin d.. a. a. ba#an penggosok dan petun&uk adanya minyak bumi.. aramaecium caudatum d.. mengatasi lingkungan yang kurang menguntungkan $:) 7i ba2a# ini merupakan conto# &amur yang sapro'it pada kayu yang lapuk adala#4. semua benar c. kumpulan sporangium b. untuk pertukaran gas c. Aspergillus oryzay b... a. %stilago scitaminea b. gula b. ba#an makanan dan petun&uk adanya minyak bumi $5) Mesosum pada bakteri berperan dalam4. mengatur keluar masuknya !at makanan b. miselium d. 7euteromycotina b. Euglena d. Penicillium notatum d. d. @ygomycotina c. udemansiella canarii c. sel #ati manusia e. &amur memperole# makanan berupa4. 'rypanosoma b.. ba#an makanan dan ba#an obat-obatan e.uctoria b. Monilia sitophyta c. Penicillium re$uoforti e. tubu# nyamuk &antan b. Puccinia arachidis $. a. Aspergillus niger $$) 6alau kita mengkonsumsi &amur. #i'a steril e. 7idinium e. mengedarkan sari-sari makanan d.. . Radiolaria . *asidiomycotina d.) *erikut ini merupakan conto# dari ciliata yang memiliki bentuk lon&ong dan dilengkapi dengan trikosis adala#4.$1) 8amur berikut yang meng#asilkan antibiotik adala#4... berperan dalam kon&ugasi e. asam amino $=) ?olongan &amur yang dinding selnya tersusun atas selulosa iala#4. sel-sel dara# mera# d. !octiluca e. 9omycotina )0) 7iantara golongan 'lagellata yang protoplasmanya memiliki !at 2arna #i&au Akloro'il) seperti pada tumbu#an adala#4. a. Leishmania c. askokarp c. a. tubu# nyamuk betina c. .tentor $<) Mikori!a biasanya terdapat bersimbiosis dengan tanaman inang. a. *alantidium coli c. sebenarnya yang kita makan itu adala#4. Auricularia politrica d. petun&uk adanya minyak bumi dan ba#an obat-obatan b. a.. &olvariella volvacea e. sel kulit manusia $+) /ana# globegerina merupakan timbunan rangka protista yang dapat di man'aatkan untuk4. (scomycotina e. .

spiral. am'itrik e. ). yaitu4. peritrik d.. kemoautotro' ))) er#atikan si'at-si'at mikroorganisme berikut ini 1. 3ito'legellata c. dan 5 )5) 8amur di ba2a# ini yang membuat spora dalam basidium adala#4. berkembang biak dengan ski!ogoni dan sporogoni Ciri-ciri plasmodium ditun&ukkan ole#4. a..treptococcus )<) *akteri yang memiliki se&umla# 'lagela pada kedua u&ung tubu# disebut4. kerucut e. bulat. $. batang. bulat. a. 0#i!opoda d. bergerak dengan 'lagel $. Clostridium e. batang c. "sc#eric#ia b. ernyataan diatas merupakan sala# satu ciri pada4. $. makronukleus dan mikronukleusC. a. eukariotik Ciri-ciri 'lagellataditun&ukkan ole# nomor4. bundar. 3lagellata e. a.. bakteri dibedakan men&adi ) macam. bersi'at parasit ). . bentuk tubu# beruba#-uba# +. ). bulat. monotrik b. 1. tidak memiliki alat gerak 5. kerucut d. $. +. anisogami ). a. spiral )$) (rc#aebacteria yang #idup di daera# berkadar garam tinggi adala#4. dan ) d. dan 5 c. 1. 1. dan ) d. . kon&ugasi e. #eterogami b. ). +.) *akteri yang bersi'at aerob adala#4. bentuk tetap $. 1. a.. #alo'ilik d. a. . dan 5 c.. t#ermuasido'ilik c. a. 5itrobacter c. a. #ormogonium c. lo'otrik )=) BMemiliki bentuk tubu# tetap dan dua macam inti sel. pereduksi sul'at b. dan + e. 1. Mucor ):) 0eproduksi generati' pada ganggang dimana sel kelamin &antan dan betina mempunyai bentuk dan ukuran yang sama disebut4. ). ber'lagel ).acc#aromyces d. $. dan 5 )+) er#atikan ciri-ciri mikroorganisme berikut ini 1..poro!oa b. spiral. spiral b. bulat. Ciliata . dan 5 b. atrik c. $. isogami d. batang.)1) *erdasarkan bentuknya.. $. 1. metanogenik e. bersilia +. dan + b. $. 0#i!opus e. dan + e.. kerucut.. ). Candida c. uniseluler 5. (manita b. %actobacillus d.

#aeop#yta +=) Paramecium mempunyai alat gerak berupa4. alat untuk pertukaran gas e. Cyanop#yta c. bulu cambuk e. Clostridium +. penyakit kala a!ar e. C#ytridiomycota b. penyakit sura c. a.. mikrobiologi c. #istologi e. cilia d.. mengandung pigmen 'ikosianin e. a. *akteri apatogen b. Clorop#yta d. 'lagel b. *akteri sapro'it e.. a. di'teri c. penyakit cagas b.. #idup autotro' c. ".. 'otoreseptor yang menerima rangsangan ca#aya d.+0) 7i ba2a# ini merupakan conto# &amur yang menyebabkan roti basi adala#4. *asidiomycota d. Streptococcus termophillus b. inti tidak berselaput +:) .ala# satu man'aat bakteri dalam bidang kese#atan yaitu dapat membantu pencernan makanan dan suplai . kusta +)) . a. penerima atau petun&uk adanya musu# ++) Cabang ilmu biologi yang k#usus mempela&ari &amur adala#4. Chlamydomucor oryzae b. a. *akteri autotro' c. Rhizopus oryzae c.. sarcodina 50) Leismania donovani merupakan penyebab penyakit4. tetanus b. Mucor mucedo d. alat untuk mengara#kan makanan ke dalam mulutnya c.. 0#odop#yta b. (scomycota e.coli d. *akteri parasit d.itamin 6. 7euteromycota c.. kolera e. penyakit kulit d. a.. Rhizopus stolonifer +1) 8amur mangkok A(leuria) merupakan conto# anggota dari di.tigma pada Euglena viridis memiliki 'ungsi sebagai4.. a. a.isi4. Lactobacillus bulgaris c. penyakit keputi#an . Mucor javanicus e. a. kaki semu c. *akteri patogen +<) igmen keemasan pada alga yaitu4. a.. @ygomycota +$) 'reponema pallidum merupakan &enis bakteri yang menyebabkan penyakit4. mikologi +5) ersamaan antara ganggang biru dan bakteri adala#4. si'ilis d. dapat membentuk #i'a d. bakteri tersebut adala#4. sitologi d. Spirulina e.) *akteri yang tidak menimbulkan penyakit pada #ospes disebut4. C#rysop#yta e. #idup berkoloni b. organologi b. upaya untuk menimbulkan arus air b. a.

" $=. C $5. " 1). " )+. C 15. C ). ( $. ( . C 1<.. 7 ):. * $:. C )0. " $+.. * 1+. ( +. ( +. * $0. " )<. C +1. ( $1. * $<. ( 10. ( 50. ( =. ( )). * +=. C ++. 7 +<. " 11. * . C +:. ( ).. C $). " <. * )=.. C )5. C +5. ( +). ( 1:. " 1. * +$. C +0. 7 :. 7 1=.KUNCI JAWABAN 1.. " $. ( )1. ( $$. * 1$. C 5. 7 )$.

ekola# 5ama Ma#asis2a : : 8urusan 5 M : : NO HARI / TGL URAIAN KEGIATAN TANDA TANGAN GURU PAMONG / DPL 7emak. S.Pd CATUR RINI PUSPITASARI ..$00= Mengeta#ui ?uru among raktikkan NOVITA EKA HERAWATI.REKAPITULASI KEGIATAN PPL S1 IKIP PGRI SEMARANG 5ama ..444444.

REKAPITULASI KEGIATAN PPL S1 IKIP PGRI SEMARANG 5ama .ekola# 5ama Ma#asis2a : : 8urusan 5 M : : NO HARI / TGL URAIAN KEGIATAN TANDA TANGAN GURU PAMONG / DPL .

antraks c. a. producing b.SOAL LATIHAN BAB MONERA.egetasi perintis c.) asangan pigmen yang dimiliki cyanobacteria adala#4. absorpsi d. #eterosista e. oksigen +) 6etika mengin'eksi bakteri. reaksi kimia b. lo'otrik e. kecuali4. reblikasi dan sintesis 5) 8ika di kedua u&ung tubu# bakteri terdapat 'lagela. maka bakteri tersebut dinamakan4. a. yaitu4. alga kersik c. a. 'ikoeritrin . dinding selnya 10) Cyanobacteria dipisa#kan dari kelompok alga berdasarkan4.. melindungi diri dari toksin e. #ormogonium =) *akteri dapat dibedakan berdasarkan #al-#al di ba2a# ini. blooming d. 'lagelnya d. diplokokus c. cara reproduksinya e.ibrio dapat memba#ayakan kita karena menyebabkan penyakit4. PROTISTA. a. streptokokus e. ca#aya mata#ari e. a. si'atnya yang autotro' d. alga biru e. kloro'il – 'ikosianin d. a. menyerap 'ungsi-'ungsi makanan b. kloro'il – Danto'il e. amaria d... struktur kloro'ilnya 11) /ana# diatom merupakan #asil endapan dari &enis alga tentu. bentuknya e. sarkina d.. Danto'il – melanin b. alga coklat . pembebasan c... perakitan b. monotrik d. kloro'il – melanin c. 'ag melekatkan diri pada bagian tertentu bakteri di 'ase4.. untuk persiapan dalam perkembang biakan secara aseksual c. DAN JAMUR 1) *akteri bentuk . monokokus b. peranannya sebagai . a. am'itrik b. a... penetrasi e. membuat toksin d. membran nukleusnya c. sta'ilokokus . a. alga #i&au d. koloni c. kolera e. atrik :) 6oloni bakteri yang menggerombol seperti anggur disebut4. diare $) 3ungsi kapsul pada bakteri yang bersi'at patogen adala#4. pe2arnaan gram b.Danto'il <) Melimpa#nya nutrien di perairan dapat menyebabkan ledakan popanasi alga yang disebut4. a. alga mera# b. radang paru-paru b. reaksi kimia dan 'isika c.. peritrik c. a. intinya yang prokariotik b. untuk pembentukan alat gerak )) *akteri kemoautotro' dapat menyusun C9$ men&adi !at organik untuk kebutu#an #idupnya dengan bantuan4. reaksi 'isika d.

absorpsi b. pigmen yang dimilikinya b. 'ikoeritrin e. a..ecara seksual.. kloro'il d.. gas metana c. meng#ancurkan makanan menggunakan mulutnya e. 'ragmentasi d. alga berkembang biak dengan cara4. konsumen 1)) (lga yang digunakan untuk produksi makanan agar-agar berasal dari4. adsorpsi c. inti sel c. . a. gas karbon dioksida e. spora bakteri pinda# ke bakteri lain e.. kloroplas e. karotenoid c.askuler 1.... alga biru 1+) roses trans'ormasi pada bakteri ter&adi &ika4. . kloro'il e..) 1asil 'otosintesis berupa !at organik pada alga akan dikumpulkan dan disimpan dalam4.. kon&ugasi 1=) 9rganel yang berperan dalam kon&ukasi paramecium adala#4. gas tra. plasmodium berkembang biak secara aseksual di dalam4. sitoplasma bakteri pinda# menu&u bakteri lain b. karoten $1) (lga mera# yang memiliki sel yang dapat meng#asilkan 2arna disebut4. pembentukan spora e.. a. 'ogositosis d. mikronukleus d. a. makronukleus e. dekomposer d. gas amonia 1:) ada umumnya proto!oa yang #idup sebagai predator mengambil makanan di sekitar dengan cara4. dua bakteri bertemu 15) 7i perairan yang terdapat banyak alga akan banyak di #asilkan gelembung udara. a. a. alga coklat c. pirenoid c. ?elembung tersebut sebenarnya adala#4. gas nitrogen b. kloroplas d. alga keemasan e. kloro'il b. perenoid b. pigmen d. 'itoplankton c. pembela#an sel b. !ooplankton b. a. produsen e. a. 'ertilisasi c. alga mera# d.. gas oksigen d. a. sel perenkim 1<) . kromosom bakteri pinda# ke bakteri lain c. sel dara# mera# . sel dara# puti# b. makronukleus dan mikronukleus $0) /empat pembentukan amilum pada alga bersel satu disebut4. kromato'ora $$) 7i dalam tubu# manusia. alga #i&au b.akuola non kontraktil b. a.1$) (lga mempunyai kemampuan untuk ber'otosintesis karena memiliki pigmen kloro'il.akuola kontraktil c. a. plasmid bakteri pinda# ke bakteri lain d. eranan alga dalam ekosistem perairan adala# sebagai4.

. merupakan makanan bagi organisme lain *erikut ini pernyataan yang benar mengenai diatom kecuali4. r#i!opus b. penicillium d. a.itamin e. endodermis e. neurospora . semua spesiesnya #idup berkoloni e.$)) $+) $5) $:) $..ariella e. menguba# gula men&adi alko#ol c. 'inea versicolor embentukan spora sporangium berlangsung secara4. gula d.. 'rakmentasi c. korteks 8amur di ba2a# ini yang merugikan manusia adala#4.) $<) $=) )0) )1) c.. epidermis d. meiosis e. deuteromycota b. oomycota d. sel-sel dara# pembeku e.. basidiomycota c. pembulu# pusat b. mesodermis c. menguba# asan cuka men&adi alko#ol b. Penecillium chryzogenum b.. amitosis 8amur yang digunakan untuk pembuatan antibiotik adala#4.. Penicillium camemberti e..eorang sis2a dalam pengamatannya dengan menggunakan mikroskop mengambil ob&ek dari &amur yang tumbu# pada roti. 7ari inangnya &amur mendapatkan4. pembulu# dara# d. a. merupakan materi organik yang tela# mati e. a. memiliki sporangium. plasma dara# rotisma mempunyai peran penting dalam ekologi karena4. semua benar . merupakan 'itoplankton d. semua benar c. a. !igomycota e. ascomycota Mikori!a tidak dapat berkembang biak tanpa tanaman inang. mycobacterium c. bersi'at kosmopolit b. a. memiliki pigmen untuk ber'otosintesis d. epiteka lebi# besar dari pada #ipoteka c. Aspergillus aryzae c. a. menguba# alko#ol men&adi gula d. . Saccharomyces cerevisiae d. Ciri-cirinya #i'a tidak bersekat. . merupakan !ooplankton c. a. a. asam amino b.ol. mitosis d. a. pembela#an b. talus dibagi men&adi #ipoteka dan epiteka b. mineral 6#amir mempunyai kemampuan untuk4. 8amur yang diamati tersebut termasuk kelompok &amur4.. 2arna spora coklat – #itam. menguba# alko#ol men&adi asam cuka "ktomikori!a ter&adi &ika #i'a &amur masuk ke dalam bagian tubu# inang #ingga kebagian4. menguba# asam coklat men&adi karbon dioksida e.

#eterotro' d.. parasit c. ini dipengaru#i ole#4.apro'it dan arasit b. 6emoautotro' dan #eterotro' d. 5itrosococus dan 5itrobacter d.. a. . 5itrosomonas dan 5itrobacter b. a.. Myobacterium tuberculosis b. Clostridium botulinum d. (utotro' e. $) dan 5) b. 1) dan $) d. arasit . spora!oa c.acc#aromyces c.) *akteri nitri'ikasi dapat menyuburkan tana# karena4. membedakan gelap dan terang e. se#ingga cara #idup &amur bersi'at4. membantu menamba# kandungan nitrat d. tempat pembentukan b. 5ocrobacter dan .. 1eterotro' c. r#i!opoda b.. oomycota ))) roto!oa yang #idup pada &aringan usus #alus dan merusak &aringan tersebut serta dapat menyebabkan penyakit disentri adala# proto!oa dari golongan4. berdinding sel 5. alat gerak d. Rhizobium leguminosarum c. a. sumber makanan c. !ygomycota e. deuteromycota c. miDomycota b. a. mempunyai 'lagela $.. a. 5itrosococus dan 5itrosomonas e. bersi'at #eterotro' +. suctoria )+) Mayoritas &amur tidak memiliki kloro'il.. 'lagellata e. memperbaiki derasi tana# )<) *akteri yang dapat meng#asilkan . membantu penguraian senya2a nitrat e. $) dan )) +0) 7i dekat mulut sel "uglena terdapat stigma yang ber'ungsi untuk4. ara# pembela#an d.. )) dan 5) c. Escherichia coli )=) /erdapat ciri-ciri mak#luk #idup sebagai berikut : 1. si'at bakteri e. mengikat 5$ dari udara bebas b. . 1) dan )) e. menelan dan mencerna makanan +1) *erdasarkan cara memperole# makanannya. a. mencega# senya2a anorganik men&adi organik c. bersi'at autotro' "uglenop#yta mempunyai beberapa ciri yang sama dengan tumbu#an yaitu ciri nomor4. ascomycota d.)$) 8ika spesies &amur belum diketa#ui reproduksi seksualnya maka &amur tersebut akan dimasukkan di dalam kelompok4.itamin 6 dalam usus manusia yaitu4. respirasi sel c. sapro'il b. a. komensalisme )5) *akteri mempunyai bentuk yang bermacam-macam 'ariasi bentuk. autotro' e. membuang sisa pencernaan b. a.. Euglena viridis tergolong organisme4. Streptococcus pygenes e. a. a. tipe pembela#an ):) *akteri yang berperan dalam proses nitri'ikasi yaitu4. dapat melakukan 'otosintesis ).acc#aromyces dan Mycoderma ). ciliata d..

produsen d. !igot e. a. Macrocystic pyrifera 9rganisme peng#asil asam alginat yaitu4. oosit c. Rhodymenia palmata e. cara makan d. 9c#romonas dan . C#rysop#yta rosies anggota 0#odop#yta peng#asil iodin yaitu4... a. 'richonympha sp( c. konsumen EE .) +<) rotista yang memiliki 'os'or se#ingga tubu#nya dapat berpendar tergolong dalam 'ilum4.icula dan innularia d. Chara baunii d. 0#odop#yta c. 5a. innularia dan 9c#romonas c. 7ino'lagellata d. ookinet d.. &orticella sp( e. a. bentuk tubu# 7i suatu peraiaran ditemukan mikroorganisme yang berbentuk seperti lonceng dan terdapat silia di sekeliling mulut sel. a. kebutu#an oksigen b. konsumen EEE b.+$) +)) ++) +5) +:) +. 'ripanosoma sp( b. Plasmodium sp( d. konsumen Ec... Paramecium sp( ?ametosit merupakan perkembangan lebi# lan&ut dari4. engelompokkan tersebut berdasarkan pada4. #aeop#yta b. )ydrodictyon sp( c. Cyclotella dan 5a.. sporo!oit roto!oa dalam ekosistem perairan berperan sebagai4.. %aminaria dan (scop#ylum e. mero!oit b. kandungan pigmen c.ynura b. a. edogonium sp( b. alat gerak e. konsumen E e.icula /rypanosoma tergolong dalam !oomastigop#ora. a. 9rganisme tersebut yaitu4. a. "uglenop#yta e.

* 1). ( 5. * +:. * 15. ( =. C ++. 7 1.. ( <. . 7 1$... " 10. ( )5. " )). 50. 7 )+. 7 :. C )=. * +. 7 )0. 7 +<. ( $=. 7 +0. ( +). 7 $0. 7 )1. ( $1. ( )$. * ). 7 1+. " $+. * ):.KUNCI JAWABAN 1. 7 $5. 7 +. 7 $. * +$. * +=.. 7 11. * +5. 7 ). C . * $:. " $. 7 1:. C )<. 7 1=. 7 1<.. * $). * $<. * +1. C $$.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful