P. 1
Penca Haya An

Penca Haya An

|Views: 0|Likes:
Published by Aulia Mursyida
j
j

More info:

Published by: Aulia Mursyida on Feb 10, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/10/2014

pdf

text

original

Pencahayaan. a. Jumlah penyinaran pada bidang kerja yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif. b.

Intensitas cahaya di ruang kerja minimal 100 lux. c. Agar memenuhi persyaratan kesehatan, perlu dilakukan tindakan sebagai berikut: Pencahayaan alam atau buatan diupayakan tidak menimbulkan kesilauan dan memiliki intensitas sesuai dengan peruntukannya. Penempatan bola lampu dapat menghasilkan penyinaran yang optimum dan bola lampu harus sering dibersihkan. Bola lampu yang tidak berfungsi dengan baik segera diganti.

Pada umumnya pekerjaan memerlukan upaya penglihatan. Untuk melihat manusia membutuhkan pencahayaan. Oleh sebab itu salah satu masalah lingkungan di tempat kerja yang harus diperhatikan adalah pencahayaan. Pencahayaan yang kurang memadai merupakan beban tambahan bagi pekerja, sehingga dapat menimbulkan gangguan performance (penampilan) kerja yang akhirnya dapat memberikan pengaruh terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Hal ini sangat erat kaitannya dan mutlak harus ada karena berhubungan dengan fungsi indera penglihatan, yang dapat mempengaruhi produktifitas bagi tenaga kerja. Berdasarkan baku mutu lingkungan kerja, standar pencahayaan untuk ruangan yang dipakai untuk melakukan pekerjaan yang memerlukan ketelitian adalah 5001000 Lux.

(sumber: uhud, annasyiatul.dkk. 2008. Buku pedoman pelaksanaan kesehatan dan keselamatan kerja untuk praktek dan praktikum. Fakultas kedokteran gigi universitas airlangga: surabaya)

Pedoman Teknis Sarana Dan Prasarana Rumah sakit kelas B. kemkes RI. Prasarana dan Peralatan Kesehatan. Kementrian Kesehatan RI : Jakarta .Tabel Indeks Pencahayaan Menurut Indeks Ruang dan Unit Di Rumah Sakit Sumber: Pusat Sarana. Sekretariat Jenderal. 2010.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->