P. 1
Perkembangan Transportasi, Komunikasi Dan Industrialisasi Di Indonesia

Perkembangan Transportasi, Komunikasi Dan Industrialisasi Di Indonesia

|Views: 316|Likes:
Published by Muhammad Raa Kinana
Perkembangan Transportasi, Komunikasi Dan Industrialisasi Di Indonesia
Perkembangan Transportasi, Komunikasi Dan Industrialisasi Di Indonesia

More info:

Categories:Types, Presentations
Published by: Muhammad Raa Kinana on Feb 12, 2014
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2015

pdf

text

original

PERKEMBANGAN TRANSPORTASI, KOMUNIKASI DAN INDUSTRIALISASI DI INDONESIA

PERKEMBANGAN TRANSPORTASI

Perkembangan transportasi di Indonesia sudah dimulai sejak zaman Hindia Belanda. Pembangunan jalan raya Anyer-Panarukan pada masa Gubernur Jenderal Daendel (ca. 1808).

Pembangungan tersebut ditujukan untuk pengangkutan barang militer, dalam rangka menjaga tanah Jawa dari serangan Inggris.

3 ribu kilometer.7 ribu kilometer. panjang jalan raya di Indonesia hanya 146. panjang jalan di seluruh wilayah Indonesia mencapai 355. Pada 2000. sekitar 288. Pada 2010. Tahun 1980.9 ribu kilometer. Pada tahun 1990. panjang jalan menjadi 487. panjangnya menjadi dua kali lipat.5 ribu kilometer.    .

PERKEMBANGAN PANJANG JALAN RAYA PER 10 TAHUN 600 500 400 300 200 100 0 Tahun 1980 Tahun 1990 Tahun 2000 Tahun 2010 .

 . Setelah Indonesia merdeka. DAMRI (Djawatan Angkutan Motor Republik Indonesia) berdiri. DAMRI menjadi angkutan publik milik pemerintah. Bersama PPD (Pengangkutan Penumpang Djakarta). tepatnya pada 25 Nopember 1946.

Sampai abad 20. Pertengahan abad 19 menjadi awal dari sejarah kereta api di Indonesia.811 km. kereta api masih diperlukan sebagai kendaraan pengangkut barang atau militer. .    Sampai dengan tahun 1939. panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6. Kereta api semakin dibutuhkan pada masa itu untuk mengangkut hasil dari tanam paksa.

 Setelah kemerdekaan Indonesia. pengelolaan kereta di Indonesia menjadi milik PT Persero KAI (Kereta Api Indonesia). Setelah tiga kali berganti nama.  . pengelolaan kereta api dialihkan kepada pemerintah. terjadi pendieselisasi perkeretaan di Indonesia. dan dibentuk Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).  Pada 1954.

dimana transportasi air menjadi tumpuan. Sebelum datangnya Belanda. Transportasi air di Indonesia memiliki sejarah yang panjang. Indonesia sudah dikenal sebagai negara maritim.  .

 Sebelunya pelayaran Indonesia dikelola oleh maskapai pelayaran Belanda. Sampai 7 tahun setelah Indonesia merdeka.  . Pelni berdiri. Pada 1952. barulah pemerintah Indonesia mengelola pelayaran di Indonesia.

 Pada 1948. Pesawat tipe DC-3 itu dinamai Seulawah.   Industri dirgantara nasional dimulai pada 1949 dipelopori oleh Angkatan Udara RI. Soekarno membeli dua buah pesawat dari Singapura. Pada 1976.   . PT IPTN berganti nama menjadi PT Dirgantara Indonesia. dikukuhkan oleh Abdurrahman Wahid. industri ini berkembang menjadi PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN) yang didirikan oleh BJ. Kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara. Pesawat tersebut dibeli dari dana masyarakat Aceh.Habibie. Pada tahun 2000.

Tahun 1907. Medan Prijaji terbit. . Pada awal abad 20. pers makin berkembang. Bromartani. hubungan pers semakin dekat dengan pergerakan nasional. Mingguan ini berfokus pada berita lokal dan ekonomi sekitar Surakarta.    Kemudian. media cetak milik pribumi mulai berkembang.PERKEMBANGAN KOMUNIKASI  Pada akhir abad 19. mingguan berbahasa jawa terbit pada 1855.

Cina dan Indonesia dibredel. Pada masa Penjajahan Jepang. seperti Asia Raja.  Surat kabar yang terbit hanyalah dari pemerintah Jepang. . pers berbahasa Belanda.

Kedaulatan Rakjat. Soeara Rakjat. Beberapa surat kabar nasionalis seperti Merdeka. Setelah kemerdekaan Indonesia. Soeara Merdeka. pers berkembang dengan semangat revolusi. Kualitas isi ditekankan daripada keuntungan.   . Sinar Baroe. Warta Indonesia.

 Pada masa Demokrasi Liberal.  . pers juga bersifat liberal. Pada masa Demokrasi Terpimpin. penerbitan surat kabar menjadi sulit.

pers menjadi media penyampai program dan kebijakan pemerintah. seperti Detik. Banyak media yang dibredel. kebebasan pers dipasung dengan alasan keamanan. juga memberitakan situasi masyarakat. Tempo dan Editor. kebebasan pers kembali menggema.   . pada masa ini. persatuan dan kesatuan bangsa. Namun. Pada masa Reformasi. Pada masa Orde Baru. Berakibat menjamurnya berbagai media cetak.

 Pada masa kemerdekaan. penyiaran radio menjadi salah satu media untuk menyampaikan berita proklamasi. Digunakan pula oleh Bung Tomo untuk membakar semangat Rakyat Surabaya melawan tentara sekutu. Konten berita sangat revolusioner. Tanggal 11 September 1945.   . Radio Republik Indonesia (RRI) didirikan.

 Beberapa radio amatir yang ada kemudian menjadi radio komersial. radio amatir berkembang. Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (ORARI) dibentuk. . Sejak than 1966. Pada 1967.

Kemudian SCTV dan TPI. untuk menyiarkan kegiatan Asian Games di Jakarta. banyak lahir stasiun televisi swasta.    Pertengahan tahun 2000-an. jumlah stasiun TV swasta makin banyak. Padatahun 1962. Yang pertama ialah RCTI. Di penghujung tahun 1980-an. . TVRI dibentuk. Sejak era Reformasi. mulai menjamur stasiun TV lokal.

berkembang pada abad 20.  . Solo.  Industrialisasi masuk ke Hindia-Belanda pada akhir abad 19. Demak.  Masih terkonsentrasi di Jawa Tengah atau Timur.PERKEMBANGAN INDUSTRIALISASI Indonesia termasuk negara yang terlambat terkena dampak Revolusi Industri Eropa karena jarak yang jauh. seperti batik. seperti Semarang.  Masih berupa industri rumah tangga.

dalam rangka Politik Pembangunan (Developmentalism). pemintalan. Pada masa Orde Baru (1980an) industrialisasi digalakkan. seperti pariwisata. Program politik ini disebut Pelita (Pembangunan Lima Tahun). terutama industri manufaktur: industri baja. otomotif. Industri besar mendapat perhatian besar dari pemerintah. .   Pemerintah juga menaruh perhatian terhadap industri non-manufaktur. pertambangan dan pertanian.

 Efek industrialisasi sangat terasa meliputi modernisasi (teknologi dan informasi) dan pembangunan:  Pertumbuhan ekonomi naik.  Pembangunan sarana dan prasarana publik.  Pendidikan dimajukan. .  Meningkatnya kesejahteraan rakyat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->